alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016787078/karena-kecanduan-game-remaja-ini-harus-dirawat-di-rumah-sakit-jiwa-grogol
Karena Kecanduan Game, Remaja Ini Harus Dirawat di Rumah Sakit Jiwa Grogol
Jumat, 05/10/2012 15:01 WIB
Jakarta, Dengan emosi yang masih labil, remaja rentan mengalami gangguan jiwa. Bukan hanya asmara, hobi bermain game juga bisa membuat jiwanya terganggu. Di Rumah Sakit Jiwa Grogol misalnya, sudah 4 remaja yang dirawat karena kecanduan game selama 2012.

Salah satunya kini masih dirawat di Instalasi Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja RSJ Soeharto Heerdjan, atau yang lebih dikenal dengan nama RSJ Grogol karena terletak di kawasan Grogol, Jakarta Barat.

Remaja tersebut, sebut saja namanya Andi sebenarnya anak yang berprestasi di sekolahnya. Masalahnya hanya satu, remaja berusia 17 tahun ini tidak pernah bisa lepas dari permainan video games yang memang sudah menjadi kegemarannya sejak masih kecil.

Belakangan saking asyiknya memainkan video games, Andi mulai menarik diri dari pergaulan dan sering bolos sekolah. Orangtua yang merasa khawatir berusaha melarang, namun ketika video gamesnya diambil maka Andi mulai kehilangan kontrol lalu ngamuk-ngamuk.

"Pandangan matanya jadi hostile (memusuhi) kalau dilarang main video game. Tatapannya memusuhi," tutur dr Suzy Yusna Dewi, SpKJ(K), Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja RSJ Grogol saat ditemui dalam kunjungan media di tempat kerjanya, Jumat (5/10/2012).

Kecanduan games tidak bisa dianggap sepele, terutama kalau sudah mempengatuhi perilaku. Menurut dr Suzy, gangguan jiwa psikotis yang ditandai dengan cara berpikir yang mulai kacau bisa juga berawal dari kecanduan games yang tidak ditangani dengan baik.

Ditambahkan oleh dr Suzy, kasus Andi sudah termasuk gangguan jiwa psikotis karena sampai ngamuk-ngamuk kalau dilarang orangtuanya. itu berarti keinginannya untuk selalu bermain video games telah mengganggu perulaku dan membuatnya gelisah sepanjang waktu.

"Perlu treatment itu kalau sudah mengganggu fungsi sehari-hari, misalnya nggak mau sekolah. Nggak mau sekolah itu merupakan kedaruratan psikiatri utama pada anak dan remaja," tambah dr Suzy.

Treatment atau penanganan yang diberikan di RSJ Grogol antara lain mencakup terapi perilaku dan kalau diperlukan juga akan diberikan obat-obatan antipsikotik. Andi termasuk bagus dalam merespons terapi, sehingga dalam 3 minggu masa perawatan perilakunya sudah lebih terkontrol dan dalam waktu dekat bisa kembali ke rumah orangtuanya lagi.

[url]http://health.detik..com/read/2012/10/05/145414/2055577/1301/karena-kecanduan-game-remaja-ini-harus-dirawat-di-rumah-sakit-jiwa-grogol[/url]

bujug, gak nyangka game bisa buat gila. kenapa gak dikirim ke TNI aja ya seperti remaja di Korsel yg digembleng oleh tentara supaya gak kecanduan game?
Kasihan juga tuh remaja yang "over dose" main game sehingga diclaim sakit jiwa. Semoga cepat sembuh.
emoticon-Ngakak (S)

serem bener ya kalo consolenya diumpetin emoticon-Takut (S)
sangat di sayangkan, yang seharusnya di bimbing & di kasih pengarahan...
ini malah masuk RSJ emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
salah orang tuanya selama 17 tahun ga membatasi anaknya bermain gameemoticon-Hammer
Quote:Original Posted By fadhlierlanda


bujug, gak nyangka game bisa buat gila. kenapa gak dikirim ke TNI aja ya seperti remaja di Korsel yg digembleng oleh tentara supaya gak kecanduan game?


di korea malah ada yg mati gara2 ngegame
Quote:Lee (28 tahun) - Korea Selatan
Lelaki yang teridentifikasi denan nama keluarga, Lee ini ditemukan meninggal saat bermain game di sebuah warnet di kota Taegu, Korea Selatan. Menurut keterangan polisi, Lee tewas karena tidak tidur dan hanya mengkonsumsi sedikit makanan selama bermain game online. Selain itu, polisi juga menduga bahwa penyebab kematiannya adalah karena gagal jantung akibat dari kelelahan.

kesian

musti di berikan undang undang nih untuk batasan umur di perbolehkan ke warnet dan akses game online..emoticon-Cape d... (S)
yah ampun kasian banget sampe terganggu jiwanya hanya gara2 game emoticon-Berduka (S)
menurut ane salah orang tuanya juga ngebiarin anaknya main game terus
Quote:Original Posted By dmsprasetyoo
sangat di sayangkan, yang seharusnya di bimbing & di kasih pengarahan...
ini malah masuk RSJ emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)


Sudah telanjur parah kali gan. Sudah gak bisa dibimbing cara biasa lagi.
waduh serem jg yak klo gitu, ortu nya dah salah didik klo gini mah...
apa saja kalau berlebihan memang gak baik akibatnya gan
Quote:Original Posted By OmotomO
di korea malah ada yg mati gara2 ngegame


yang mati karena video game sih udah banyak gan, di indonesia aja ada
================


kalo mau maen game yg offline ajalah, cepet bosennya jadi ga terlalu kecanduann
asal jangan kecanduan ngaskus aja lah, ane udah mengidap soalnya emoticon-Hammer (S)
gw sehari maen game 8jam sehat2 aja gan.. wkkwkw
Itu Gan Resikonya Kalau Punya Anak Terlalu Bebas Dengan Dunia Nya, Lupa Dengan Masa Depan Sendir !!!!
emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace
okay...in the case of addiction problem...the right place to put these kid is asylum? emoticon-Amazed

like drugs addiction..these will be a hell of recovery process...emoticon-Cape d... (S)

don't underestimate game though..games got it's own charm and influence..even ideology..and the fools will be sucked by it and turned their personality permanently...like those kids..emoticon-Berduka (S)
temen ane juga dulu ada yg meninggal gara2 lambungnya bocor. hampir sepanjang waktu di depan monitor, cuma mengkonsumsi mie instant dan kopi. RIP my friendemoticon-Berduka (S)
ni bingung deh mau komentar apa..

kasian.. marah.. ntah yg begok siapa ...


hadehh.... addicted iya bener.. tapi ampek jadi introvert gitu.. ya ampun dah emoticon-Cape d... (S)
gak dijelasin gamenya apa ya....