alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016777792/kabar-gembira-rumah-di-bawah-tipe-36-boleh-dibangun-lagi
[KABAR GEMBIRA] Rumah di Bawah Tipe 36 Boleh Dibangun Lagi
[KABAR GEMBIRA] Rumah di Bawah Tipe 36 Boleh Dibangun Lagi

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Kalbar menyambut gembira terkait keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP), pasal 22 ayat 3 yang berbunyi luas lantai rumah tunggal dan rumah deret memiliki ukuran paling sedikit 36 meter persegi.

Ketua DPD Apersi Kalbar, Junaedi Abdillah, mengatakan, dalam UU tersebut mengatur batas minimal luas lantai rumah tunggal dan rumah deret, paling sedikit 36 meter persegi. Ketentuan itu yang mendorong pengembang yang tergabung dalam Apersi mengajukan judicial review ke MK. Alasanya, tidak semua masyarakat mampu membeli rumah tipe 36 dan tipe di atasnya sehingga membatasi kemampuan masyarakat membeli rumah yang layak huni.

Dengan adanya keputusan MK yang telah mengabulkan penghapusan aturan pembatasan luas lantai rumah tinggal dan rumah deret minimal 36 meter persegi yang ada pada Pasal 22 ayat 3 UU Nomor 1 Tahun 2011. Apersi yakin permintan rumah tipe di bawah 36 yang sebelumnya tertahan tak bisa dibangun bakal laris diburu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Karena sebelum ada UU ini rakyat bisa membeli rumah di bawah tipe 36. Jadi sekarang ada selisih 15 meter jika rumah yang dibangun adalah tipe 21. Katakanlah harga pokok per meter Rp 1 juta, itu belum level jual. Padahal data BPS tercatat 13,6 juta rakyat tidak mampu membeli rumah. Selain itu, adanya UU ini Pemda tidak berani mengeluarkan IMB sehingga masyarakat semakin sulit mendapatkan rumah," ujarnya kepada Tribun di Sekretariat Apersi Kalbar, Kamis (4/10/2012).

Menurut Junaedi, satu di antara dasar pertimbangan Hakim Agung MK dalam putusan tersebut, karena pembatasan justru menutup peluang masyarakat memiliki rumah. UU PKP juga bertentangan dengan UUD 1945 karena melanggar hak konstitusional, yaitu pemenuhan kebutuhan dasar manusia termasuk penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman yang terdapat didalamnya.

Oleh karena itu, terkait dengan syarat keterjangkauan daya beli masyarakat, terutama masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR). Menurut MK, Pasal 22 ayat (3), UU Nomor 1/2011, yang mengandung norma pembatasan luas lantai rumah tunggal dan rumah deret berukuran paling sedikit 36 meter persegi, merupakan pengaturan yang tidak sesuai dengan pertimbangan keterjangkauan oleh daya beli sebagian masyarakat, khususnya masyarakat yang berpenghasilan rendah tadi, jelasnya.

Kendati Apersi menang judicial review, Junaedi mengemukakan masih diperlukan Peraturan Menteri (Permen) Perumahan Rakyat sebagai dasar hukum pelaksanaan pembangunan perumahan dibawah tipe 36, sebagai dasar mengurus IMB ke Pemda maupun permohonan kredit di perbankan.

"Apersi akan kembali mendorong anggotanya untuk membangun rumah tipe kecil seperti tipe 18, 21, dan 27 untuk memenuhi kebutuhan MBR. Sebab tipe kecil dibawah 36, masih banyak sekali masyarakat yang berminat, dan sejalan dengan program pemerintah agar masyarakat memiliki rumah layak huni," katanya.


SUMBER

ane turut gembira mendengarnya gan....karena fakta yg ada, tidak semua masyarakat kita mampu membeli rumah tipe 36 keatas....sedangkan mereka berhak memiliki rumah yg layak huni....emoticon-I Love Indonesia (S)

Silahkan Mampir ke Trit Ane yg Lain gan...
Gara-Gara Tak Mengurus Badan Hukum, Izin Trayek Metromini Terancam Dicabut
[KASIHAN GAN] Dua Jemaah Haji Asal NTB Tertipu Di Tanah Suci
[Kerjaan Siapa Nih?] Ada Banyak Paku Bertebaran di Jalan Dekat Istana Negara
tipe RSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

Rumah Sangat Sempit Sekali Supaya Semua Suka Sama Suka Sehingga Seluruhnya Sampai Sangat Sempit Sekali Seketika Samapi Sangat Sempitnya Semua Suka

terus rumah dibawah tipe 36 yang dianjurkan itu tipe 2 x 1 ya emoticon-Bingung (S)
Wuaaahh ..... , emoticon-Belo

Keputusannya kok baru keluar ya.



Aku sudah beli kondomunium mewah. emoticon-Hammer
lha dulu yang buat undang2 apa bener wakil rakyat atau cuma kejar target

tipe 30/72 sebenernya juga cukup layak kok meski memang sederhana tapi cukup buat keluarga kecil bahagia

untuk saat ini tipe 36/80 atau 36/90 sebenernya menurut saya sudah mewah dalam hal pembayaran.., harga sudah mahal, bagi karyawan biasa akan kesulitan buat mengangsurnya
Quote:Original Posted By sikiltengen
lha dulu yang buat undang2 apa bener wakil rakyat atau cuma kejar target

tipe 30/72 sebenernya juga cukup layak kok meski memang sederhana tapi cukup buat keluarga kecil bahagia

untuk saat ini tipe 36/80 atau 36/90 sebenernya menurut saya sudah mewah dalam hal pembayaran.., harga sudah mahal, bagi karyawan biasa akan kesulitan buat mengangsurnya


iya gan kalo rumah 36/80 itu sama kayak nyicil,, nanti kalo dah punya duit berubah jadi tipe 80/80 emoticon-Ngakak
siapa yang bahagia tinggal di rumah 6 x 6
Quote:Original Posted By sikiltengen
lha dulu yang buat undang2 apa bener wakil rakyat atau cuma kejar target

tipe 30/72 sebenernya juga cukup layak kok meski memang sederhana tapi cukup buat keluarga kecil bahagia

untuk saat ini tipe 36/80 atau 36/90 sebenernya menurut saya sudah mewah dalam hal pembayaran.., harga sudah mahal, bagi karyawan biasa akan kesulitan buat mengangsurnya


dulu pertimbangannya juga krn kasihan lihat penghuni harus umpel-umpelan dlm rumah bertipe 21-29. sebenarnya yg diperlukan adalah regulasi yg mengatur pengendalian harga bahan bangunan & bunga cicilan, krn ane melihat harga-harga rumah tsb sudah di luar perhitungan normal.
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
ane turut gembira mendengarnya gan....karena fakta yg ada, tidak semua masyarakat kita mampu membeli rumah tipe 36 keatas....sedangkan mereka berhak memiliki rumah yg layak huni....


Betul gan, orang kayak ane memang harus di cendolin gan...qqq
Quote:Original Posted By masih.abu.abu
tipe RSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

Rumah Sangat Sempit Sekali Supaya Semua Suka Sama Suka Sehingga Seluruhnya Sampai Sangat Sempit Sekali Seketika Samapi Sangat Sempitnya Semua Suka

terus rumah dibawah tipe 36 yang dianjurkan itu tipe 2 x 1 ya emoticon-Bingung (S)


Hus!
2 x 1 itu kesempitan gan emoticon-Malu (S) kalo masih idup emoticon-Malu (S)

Yang bener itu 2 kali kuburan, kayak kos kosan gw dulu emoticon-Malu (S)



_______________________________________________________
Kunci Pintu Digital com

Dulu alasannya peraturan itu keluar kenapa ya? Kok ane gak pernah denger...



Opini ane : Mendingan bolehin punya rumah kecil, tapi ada peraturan jumlah penghuni maksimum untuk tiap ukuran rumah....

Misalnya :
- tipe 32 ke bawah, maksimum anak 1
- tipe 34-40, maksimum 2 anak cukup
- dll
(yang diatas asumsi rumah satu lantai)
gw tetep dukung apartmen sbg proyek utama emoticon-Angkat Beer
bikin apartemen murah macem di singapura aja kan enak rapi emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By moyyo32
Dulu alasannya peraturan itu keluar kenapa ya? Kok ane gak pernah denger...



Opini ane : Mendingan bolehin punya rumah kecil, tapi ada peraturan jumlah penghuni maksimum untuk tiap ukuran rumah....

Misalnya :
- tipe 32 ke bawah, maksimum anak 1
- tipe 34-40, maksimum 2 anak cukup
- dll
(yang diatas asumsi rumah satu lantai)


ya biarin orang rumah2nya sendiri buat apa di batasin...

trus kalo lebih dilarang...sisanya suruh tinggal dimana???

masak suruh ikut tetangga emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By moyyo32
Dulu alasannya peraturan itu keluar kenapa ya? Kok ane gak pernah denger...



Opini ane : Mendingan bolehin punya rumah kecil, tapi ada peraturan jumlah penghuni maksimum untuk tiap ukuran rumah....

Misalnya :
- tipe 32 ke bawah, maksimum anak 1
- tipe 34-40, maksimum 2 anak cukup
- dll
(yang diatas asumsi rumah satu lantai)


ini lagi si agan mau bikin pertaturan aneh banget ,tar sisanya mau taruh dimana gan ?
orang yang mampu beli rumah type 36 itu gajinya minimal 3 juta kalo aturan ini gak di anulir MK berarti sama ajah orang yang gajinya di bawah 3 juta gak boleh punya rumah kecuali kalo pemerintah mau ngasih subsidi yang gede tuch rumah type 36 agar masyarakat dengan gaji UMR bisa kebeli tuch rumah
disatu sisi ane seneng dengernya kalau rumah dibawah type 36 bisa dibangun lagi
namun disisi lain, ane sangat pesimis dengan adanya rumah dibawah type 36 bisa memberikan manfaat terutama dari kebersihan mengingat sangat sempitnya lahan yang dipergunakan.
jangankan yang dibawah type 36 , yang type 36 keatas saja masih banyak yang amburadul tata kelola wilayahnya.
yah semoga pesimis ane tidak terjadi emoticon-Smilie
daripada ngontrak, ini bisa jadi solusi meski rumah selonjor saja susah
asal bisa rapi aja mo tipe apapun gpp menurut ane ganemoticon-Embarrassment
Rumah dibawah tipe 36?

ga layak secara psikologis emoticon-Embarrassment

lebih baik bikin apartemen dengan ukuran 30 ke atas ketimbang maksa tinggal di grounded house tapi ukurannya kaya kejepit emoticon-Embarrassment

kembalikan fungsi apartemen sebagai hunian rakyat, bukan sebagai hunian (sok) elit atau gengsi-gengsian doank emoticon-Najis (S)
Hmm, Hunian vertikal kayaknya lebih cocok buat indonesia yang penduduknya banyak...
Quote:Original Posted By jurigkuris
orang yang mampu beli rumah type 36 itu gajinya minimal 3 juta kalo aturan ini gak di anulir MK berarti sama ajah orang yang gajinya di bawah 3 juta gak boleh punya rumah kecuali kalo pemerintah mau ngasih subsidi yang gede tuch rumah type 36 agar masyarakat dengan gaji UMR bisa kebeli tuch rumah


Maksud MK begini kale gan : jika gajinya cuma 2jt padahal dia mau ambil type 36, berarti pemerintah wajib manaikan gaji org tsb minimal 3jt ....emoticon-Ngacir2