alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016775121/irjen-djoko-tersangka-tren-baru-pemberantasan-korupsi
Irjen Djoko Tersangka, Tren Baru Pemberantasan Korupsi
Irjen Djoko Tersangka, Tren Baru Pemberantasan Korupsi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditetapkannya mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo menjadi tersangka kasus korupsi merupakan tren baru bagi pemberantasan korupsi di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Indonesia Corruption Watch (ICW) pada semester pertama 2012, atau periode Januari hingga Juni 2012, aktor tersangka korupsi tidak ada yang berasal dari aparat penegak hukum. Aparat penegak hukum yang terseret kasus korupsi diperkirakan akan menjadi tren baru korupsi semester II tahun 2012.

"Belum ada penetapan tersangka dari penegak hukum. Ini akan jadi tren korupsi semester dua di tahun 2012," ujar Peneliti ICW Tama S Langkun di kantor ICW, Jakarta Selatan, Kamis (4/10/2012).

Hasil pantauan ICW, pada semester pertama ini sebanyak 597 orang menjadi tersangka kasus korupsi. Di antaranya, sebanyak 283 merupakan pegawai di level pemerintah daerah, disusul tersangka dari pihak swasta atau rekanan sebanyak 122 orang dan direktur atau karyawan BUMN/ BUMD yakni 62 orang.

Dengan demikian, langkah Komisi Pemberantasan Korupsi yang menetapkan jenderal bintang dua menjadi tersangka kasus korupsi pada 27 Juli 2012 itu akan menjadi tren korupsi periode Juli hingga Desember 2012. Hal itu menandakan penanganan kasus korupsi mulai berani menyentuh tubuh institusi penegak hukum seperti Polri dan kejaksaan.

Dalam kasus dugaan korupsi Simulator SIM itu, tak hanya Irjen Djoko yang menjadi tersangka, tapi juga Brigadir Jenderal Didik Purnomo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Teddy Rusmawan, dan Komisaris Polisi (Kompol) Legimo.

Secara umum, dikatakan Tama, banyak terjadi perubahan dalam pemberantasan korupsi, khususnya di daerah. KPK telah cukup banyak menjerat aktor dari elit partai maupun pejabat tinggi negara seperti anggota DPRD, Kepala Daerah, DPR, dan Dewan Gubernur Bank Indonesia. Sementara, untuk kepolisian dan kejaksaan dianggap masih fokus menjerat pegawai kelas teri.

"Paling banyak dihuni oleh pelaku-pelaku dari partai politik seperti Golkar," ujar Tama.

Sumber

----------------------------------------------------

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad berharap Inspektur Jenderal (Pol) Djoko Susilo berkata jujur saat diperiksa penyidik. KPK menjadwalkan pemeriksaan Djoko sebagai tersangka kasus dugaan korupsi simulator berkendaraan ujian surat izin mengemudi (SIM) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri pada Jumat, (5/10/2012) besok.

"Kita berharap Pak Djoko mau berkata jujur sebagai seorang jenderal sehingga kasus ini bisa dibuka," kata Abraham di Jakarta, Kamis (4/10/2012) saat ditanya harapannya dari pemeriksaan Djoko besok.

Dia berharap Djoko mengatakan kebenaran yang terjadi terkait proyek simulator pada SIM 2011 yang diadakan saat Djoko menjabat Kepala Korlantas Polri itu. "Bukan mengenai soal siapa, tetapi dia akan menjelaskan duduk persoalan yang sebenarnya," ucap Abraham.

KPK menetapkan Djoko sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya, yakni Wakil Kepala Korlantas Brigadir Jenderal (Pol) Didik Purnomo serta Budi Susanto dan Sukotjo Bambang yang menjadi rekan pengadaan dalam proyek simulator ini.

Baik Didik, Budi, maupun Sukotjo juga menjadi tersangka di kepolisian. Djoko bersama tiga tersangka lain itu diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan sehingga mengakibatkan kerugian negara atau keuntungan pihak lain. Kerugian negara dalam proyek pengadaan simulator roda dua dan roda empat ini mencapai Rp 100 miliar.

Selain itu, Djoko juga diduga menerima suap miliaran rupiah dari Budi Susanto terkait proyek senilai Rp 198,6 miliar tersebut. Uang suap itu diduga diberikan Budi melalui Sukotjo. Saat ditanya soal kemungkinan keterlibatan pihak lain dalam kasus ini, Abraham mengatakan pihaknya masih terus mendalami. KPK terus melakukan verifikasi barang bukti terkait kasus ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Abraham juga mengatakan KPK siap menahan Djoko. "Besok saya tidak akan bergeser dari tempat duduk saya, dan ruangan saya. Saya hanya menunggu teman-teman penyidik di lantai tujuh dan delapan untuk menyodorkan surat penahanan, dan jika surat penahanan itu ada di meja saya, maka saya tidak akan menolak untuk menandatanganinya," kata Abraham.

Sebelumnya, Abraham juga mengatakan tidak ada kendala bagi penyidik KPK menjemput paksa Djoko jika yang bersangkutan tidak hadir dalam panggilan pemeriksaan besok. Sedianya, Djoko diperiksa sebagai tersangka pada Jumat pekan lalu. Namun, jenderal bintang dua itu tidak hadir dengan alasan meragukan kewenangan KPK dalam menyidik kasusnya.

Pihak Djoko menunggu fatwa Mahkamah Agung (MA) yang diharapkan dapat memutuskan apakah KPK atau Polri yang berwenang mengusut kasus simulator SIM ini. Fatwa yang diajukan ditolak MA.

Secara terpisah, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas yakin Djoko akan memenuhi panggilan pemeriksaan kedua. Meski demikian, menurut Busyro, belum ada konfirmasi kehadiran yang disampaikan Djoko ke KPK.

Sebelumnya, salah satu pengacara Djoko, Hotma Sitompul, mengatakan bahwa Djoko akan memenuhi panggilan KPK. "Sekarang kalau ada ancaman akan dipanggil paksa, siapa yang tidak takut," katanya.

Sumber


nah lo, ketahuan belangnya
makanya kemaren penyidik dari polri ditarik & dikasih naek jabatan
tersangkanya dari polisi sendiri ternyata emoticon-Cape d... (S)

Peringatan! 

SEMAU ORANG SAM ADI MATA HUKUM....!!!
Dari pengemis sampe ke president.....

KPK maju !! pantang mundur
hukum ibarat uang tidak mengenal kawan maupun lawan emoticon-Big Grin
Maju Terus KPK!!!!!
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
DS gak usah sok belagu, ente macam2 rakyat siap menyikat anda emoticon-fuck
banyak penjahat bilang "Penjara itu pedih jenderal emoticon-Big Grin"
pokoknya, KPK musti sidik terus itu kasus simulator sim di POlri, hingga tuntas ke akar2 nya.... emoticon-thumbsup:
dukung KPK....dukung samad!!!
Quote:Original Posted By ketoptrak
SEMAU ORANG SAM ADI MATA HUKUM....!!!
Dari pengemis sampe ke president.....

KPK maju !! pantang mundur


tulasin nya slah slah thu gna... yagn baner thu gnii :

Quote:Original Posted By ketoptrak
SEMUA ORANG SAMA DI MATA HUKUM....!!!
Dari pengemis sampe ke president.....

KPK maju !! pantang mundur
Nah yang pestol akhirnya 'ketembak juga'
itu sekalian proses pembuatan sim yg di daan mogot diselidiki...
kayanya presentase yg buat sim dengan "nembak" jauh lebih banyak daripada yg buat sesuai prosedur "normal"
soalnya yg mau buat sesuai prosedur normal, sering "dibunuh" di ujian teori
jd banyakan yg milih nembak dibanding jujur. efisien waktu emoticon-Big Grin

emoticon-Ngacir
Semoga kebenaran selalu menjadi pemenang
Irjen Djoko Tersangka, Tren Baru Pemberantasan Korupsi
bs di aa kan ni samad emoticon-Takut
ati2 mad..
×