alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016773940/hot-news-indonesia-akhirnya-punya-global-geopark
Cool 
icon-hot-thread
[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark
Supported by:

[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark [HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark


Kamis, 4 Oktober 2012 | 18:58 WIB

[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark

Pengunjung mengamati Gunung Batur dengan teropong di Museum Gunung Api Batur di Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Minggu (3/6/2012). Kawasan Batur kini telah diusulkan menjadi taman bumi (geopark) ke UNESCO. Kekayaan jejak geologi, arkeologi, keragaman hayati, serta kekhasan budaya masyarakatnya menjadi aspek yang menonjol dari kawasan tersebut.


Quote:JAKARTA, KOMPAS.com - Kaldera Gunung Batur Kintamani, Bangli Bali, berhasil ditetapkan sebagai Global Geopark Network atau jaringan taman bumi global oleh UNESCO. Penetapan dilakukan saat Konferensi Geopark Eropa yang ke-11 di Geopark Auroca, Portugal pada 20 September 2012.

"Indonesia baru pertama berhasil memperjuangkan ini setelah selama 4 tahun, satu kali ditolak dan kemarin di Portugal kita berhasil. Dari 11 usulan geopark yang berhasil masuk hanya 4," kata Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif, dan Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Achyaruddin, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (4/10/2012).

Empat negara tersebut, ungkap Achyaruddin, dua dari Eropa dan dua dari Asia. Selain Indonesia, tiga negara lainnya adalah Spanyol, Hongaria, dan China. Achyaruddin mengungkapkan perjuangan selama empat tahun untuk menginisiasi Kaldera Batur sebagai Global Geopark.

"Ini tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Jepang saja sampai tujuh tahun dan tidak lolos. Mereka menjerit histeris, menangis karena tidak masuk," ungkapnya.

Achyaruddin mengungkapkan pengembangan pariwisata di daerah-daerah yang dilakukan pemerintah dalam hal ini Kemenparekraf difokuskan pada pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism).

"Yang dimaksud pariwisata adalah adanya pergerakan manusia. Jika Batur menjadi Global Geopark dan diinformasikan kepada dunia, orang-orang semakin banyak datang," katanya.

Semakin banyaknya wisatawan mancanegara yang datang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain juga pelestarian lingkungan maupun budaya adat masyarakat Batur.

Sementara itu, Badan Geologi Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral Sukhyar menuturkan di Indonesia memang memiliki banyak kaldera dan 127 gunung api. Namun, Danau Batur merupakan kaldera terunik kedua setelah Danau Toba. "Aksesibilitasnya mudah, jadi melihat keunikan kaldera ini tak perlu jauh-jauh, langsung bisa lihat. Di satu site sudah bisa lihat seluruh kaldera," katanya.

Selain itu, proaktif pemerintah daerah Kabupaten Bangli menjadi pertimbangan pemerintah pusat memperjuangkan Kaldera Batur ke UNESCO. Kaldera Batur berada di Kabupaten Bangli.

"Kita sudah identifikasi 33 geopark di Indonesia. Tapi tanpa proaktif pemda tidak mungkin. Apalagi jika suatu kaldera melibatkan lebih dari satu kabupaten, perlu proaktif dari seluru kabupaten dan keterlibatan masyarakat lokal juga penting," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bangli I Made Gianyar berharap dengan Kaldera Batur menjadi GGN, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Kaldera Batur. Selain juga masyarakat dapat teredukasi lebih baik mengenai pelestarian lingkungan maupun pemanfaatan Danau Batur.

Batur Global Geopark terletak di sekitar gunung api aktif di Bali di timur laut Bali, di antara dua kaldera merupakan kawah vulkanik besar yang terbentuk sekitar 22 ribu tahun yang lalu. Gunung api ini bagian dari cincin api Pasifik dan membentuk sebagian dari deretan panjang gunung api aktif serupa di Indonesia.


Daerah ini kaya dengan elemen bentukan tanah vulkanik makro dan mikro yang terbentuk akibat letusan gunung api sejak ribuan tahun yang lalu. Dari segi budaya, Geopark menunjukkan budaya lokal yang berkaitan dengan budaya Hindu Bali.


Sumber


Satu lagi potensi pariwisata Indonesia diakui dunia emoticon-I Love Indonesia semoga membantu perekonomian masyarakat sekitar pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya emoticon-I Love Indonesia

Silakan reserved pejwan gan, insyaallah HT emoticon-Hammer2

Baca juga gan: emoticon-I Love Kaskus
[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark Pemanasan Global Memperkecil Ukuran Ikan <-- HT emoticon-I Love Kaskus (S)
[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark Gletser Papua Terancam Hilang dalam 20 Tahun <-- HT emoticon-I Love Kaskus (S)
[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark Perubahan Iklim Bisa Membunuh Lebih Dari 100 Juta Orang <-- belum HT emoticon-Hammer (S)


14 Cara mengurangi Global Warming

Spoiler for HT:
Thx for info gan emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
wah mantap..emoticon-I Love Indonesia (S)
semoga suatu saat nanti bisa kesana...



gw mejeng di pejwan aja dah...
kata TSnya trit ini bakalan HT....
yeahhh....\emoticon-Big Grin/
tuk agan @thewingi ADA salam dari jaKa Sembung..

Good Luk dah buat Bali, semakin maju terus pariwisata nya





SOLUSI MENGATASI PANAS KETIKA BERSEPEDA MOTOR



MOBIL MURAH TATA NANO
wah semoga aja dengan status barunya makin banyak menarik wisatawan buat melihat kesana,
tapi tetep harus terus dijaga kelestarian alam disana jgn demi keuntungan bisnis semata ampe ngerusak alam.
emoticon-I Love Indonesia (S) jadi kepingin kesono, kek nya enak nih gan
semoga bisa dilestarikan dengan baik emoticon-Angkat Beer






ane juga ikutang mejeng di trid nya TS yang bakal hatehemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By thewingi
post edited


Ente kenapa gan? emoticon-Gila

Gak pake idol2an pun bisa diakui dunia emoticon-Big Grin
emoticon-I Love Indonesia (S)
Wah makasih masih disediain room di pekwan emoticon-Embarrassment
Td ane habis posting langsung jemput pacar yg ngasih les emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By milatherosa
wah mantap..emoticon-I Love Indonesia (S)
semoga suatu saat nanti bisa kesana...



gw mejeng di pejwan aja dah...
kata TSnya trit ini bakalan HT....
yeahhh....\emoticon-Big Grin/


Quote:Original Posted By cewexxx
emoticon-I Love Indonesia (S) jadi kepingin kesono, kek nya enak nih gan
semoga bisa dilestarikan dengan baik emoticon-Angkat Beer






ane juga ikutang mejeng di trid nya TS yang bakal hatehemoticon-Big Grin


Ya gan, yang penting Indonesia semakin terkenal di dunia Internasional bisa menarik para wisatawan untuk menikmati indahnya Indonesia sambil belajar emoticon-I Love Indonesia (S)
bagus2..

namanya juga indonesia : jakarta-jawa-bali, sisanya anak tiri.
itu masih usul ato udah resmi sekarang???????/
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

Sah! Kaldera Gunung Batur Masuk Geopark UNESCO

[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark
Pemandangan di sekitar Gunung batur (Dwi Wisuda Saptarini/dTraveler)

[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark
Hijaunya pepohonan pada gunung Batur dan birunya air danau Batur yang begitu menawan (Adi ps/dTraveler)


Jakarta - Selain jadi tujuan pendakian, Gunung Batur di Kabupaten Bangli, Bali, juga terkenal kalderanya. UNESCO pun akhirnya menetapkan kawasan Kaldera Gunung Batur sebagai taman bumi, bagian dari Global Geopark Network (GGN).

Nama Pulau Bali akan semakin melesat di dunia internasional. Pada 20 September 2012 lalu, kawasan kaldera Gunung Batur didaulat badan PBB United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai bagian dari Global Geopark Network (GGN).

"Butuh perjuangan yang tidak sedikit. Banyak negara yang bertahun-tahun berjuang dan belum bisa masuk ke sini (GGN-red)," tutur Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif dan Event Kemenparekraf, Achyaruddin saat jumpa pers di ruang rapat lantai 14, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2012).

Penetapan tersebut dilakukan pada acara Konferensi Geopark Eropa yang ke-11 di Geopark Auroca, Portugal. Selain Kaldera Gunung Batur, ada 3 geopark lain yang masuk dalam GGN yaitu Balkony-Balaton Global Geopark di Hungaria, Central Catalonia Global Geopark di Sanyol, dan Sanqingshan Global Geopark di China. 4 Geopark ini menang di antara 11 geopark lain yang diajukan oleh 11 negara.

"Ini adalah suatu kebanggaan karena ini pertama kali kita mendapat Global Geopark Network. Kaldera Gunung Batur punya beberapa keunikan. Salah satunya, nggak usah mendaki jauh-jauh untuk melihat seluruh bagian kaldera," kata I Made Gianyar, Bupati Kabupaten Bangli pada kesempatan yang sama.

Kaldera Gunung Batur adalah satu dari 6 calon geopark yang diusulkan Indonesia ke UNESCO di samping Danau Toba, Merangin, Gunung Rinjani, Raja Ampat, dan kawasan karst Sewu.

"Perjuangan Indonesia untuk geopark ini 4 tahun dan akhirnya terpilih. Hongaria juga terpilih setelah 7 tahun memperjuangkan. Jepang juga 7 tahun, tapi nggak kepilih kemarin," tambah Achyaruddin.

Satu keistimewaan kaldera Gunung Batur, lanjut Achyaruddin, adalah adanya endapan surge berumur 5.000 tahun.

"Endapan surge ini jauh lebih kompleks dibanding endapan yang ada di Gunung Krakatau," tambahnya.

Selama 4 tahun ke depan yaitu sampai 20 September 2016, kaldera Gunung Batur akan dinilai UNESCO dari berbagai indikator. Kalau tidak berhasil menerapkan geopark dengan benar, akan digugurkan dari keanggotaan GGN.

"Salah satunya adalah dari sisi pendidikan. UNESCO menilai bagaimana geopark ini diperkenalkan ke sekolah-sekolah, ke para murid, untuk penelitian juga," kata Achyaruddin.

Kaldera Gunung Batur adalah kawah vulkanik besar yang terbentuk sekitar 22 ribu tahun silam. Gunung Batur merupakan bagian dari Cincin Api (Ring of Fire) Pasifik yang kaya dengan elemen bentukan tanah vulkanik. Kalderanya berbentuk danau vulkanik yang dalam.

Dengan masuknya kaldera Gunung Batur dalam Global Geopark Network UNESCO, namanya sekarang menjadi Batur Global Geopark. Selamat!

Sumber
Potensi negri yang membanggakan. emoticon-thumbsup:


Aku sukak poto yang ini :

[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark

Kliatan adhem suasananya. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By batu.merah
bagus2..

namanya juga indonesia : jakarta-jawa-bali, sisanya anak tiri.


Dulu pulau Komodo jg diperjuangkan kok gan, walau jd kontroversi. Ntahlah, skrg sdh jarang terdengar beritanya setelah terpilih mjd 7 keajaiban dunia emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By be42late
itu masih usul ato udah resmi sekarang???????/
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)


Udah gan emoticon-Smilie
Baca berita bawah ente emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By Khoontol
Potensi negri yang membanggakan. emoticon-thumbsup:


Aku sukak poto yang ini :

[HOT NEWS] Indonesia Akhirnya Punya Global Geopark

Kliatan adhem suasananya. emoticon-Smilie


Ya thol, gm klo di sana ya? emoticon-Belo
Makasih sdh komeng di pejwan trit gw emoticon-Cool
yang penting kelanjutannya....
ane aja ampe heran.. Indonesia wisatanya potensinya jauh lebih yahud daripada negara sebelah.. tapi kenapa turis asing mampirnya ke negara sebelah??? tanya kenapa
mantap gan info-nya... emoticon-Blue Guy Cendol (S)

yg lebih penting selain unsur ekonomi n wisata-nya, unsur pendidikannya juga gk kalah penting ya gan... emoticon-Blue Guy Peace

menjadi GeoPark yg diakui UNESCO berarti turut meningkatkan sarana pembelajaran khususnya bidang kebumian bagi siswa di Indonesia... emoticon-I Love Indonesia (S)
asekk...
ada global geopark, sayangnya jauh jadi ane ga bisa ikutan disana
Wah sukses ni bali
setelah sukses dengan subak yang udah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia, skrng giliran kaldera gunung batur jadi global park
nyumbang gambar juga gan pas kemaren maen ke kintamani lewat sini


Spoiler for salah satu sudut pandang gunung batur:
wah bener2 di fokusin pariwisata di bali emoticon-Malu (S)


semoga daerah lain juga di kembangin dan banyak wisatawan asing datang terutama dari negri sakura ......emoticon-Malu (S)

*supaya ane lebih mudah untuk cucimata emoticon-Shutup
alhmdulillh...untuk daerah lain tinggal proaktif mengajukan potensi daerah ke pim.pusat
semoga wisatawan(lokal/asing) banyak yg bisa menikmati pesona wisata indonesia emoticon-Big Grin