alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016772386/kereta-ekonomi-jarak-jauh-non-komersil-dibuat-ber-ac
Kereta Ekonomi Jarak Jauh non komersil dibuat ber-AC
http://www.inilahjabar.com/read/deta...auh-bakal-naik

membaca ini ane miris gan, sepertinya memang dirut sekarang akan membuat KA menjadi exclusive, mengejar prestasi (baca: keuntungan) semata dan meminggirkan orang2 kelas bawah.

Tarif kereta jarak jauh sekarang:
- Ekonomi non komersil (bersubsidi) range 28 - 40 ribu
- Ekonomi AC non komersil range 80 - 110 ribu (digandeng ke kereta eko non AC)
- Ekonomi AC komersil range 120 - 180 ribu
- Bisnis non AC 120 - 200 ribu
- Eksekutif AC > 200 ribu

Sekarang pengguna kereta ekonomi non komersil rata2 masyarakat bawah yang berpenghasilan minim dan menjadikan kereta ini sebagai andalan karena harga yg murah.
Kalau kereta ini dijadikan AC semua, maka harga yg 2 - 3 kali lipat dr ekonomi biasa tidak terjangkau oleh masyarakat bawah.

Dan kalo tidak salah ane pernah baca berita Pak Dahlan Iskan juga pernah mewawancarai penumpang kereta ekonomi dan menanyakan apakah mereka setuju jika keretanya dipasang AC tapi harga naik, jawaban penumpang adalah tidak setuju. masyarakat penumpang kereta ekonomi tidak terlalu mementingkan AC, toh dirumah juga gak pernah pake AC emoticon-Stick Out Tongue buat mereka yg penting aman,nyaman dan murah.
Tapi gak tau kenapa ya ko' tetep kekeuh utk program ac-nisasinya emoticon-Cape d... (S)

IMO sebaiknya kereta ekonomi tetap dipertahankan seperti sekarang saja, 6 gerbong non AC dan 3 gerbong AC.
Dan kalo memang mau merubah,yang dirubah adalah kereta bisnis dirubah menjadi ekonomi AC saja (seperti kereta fajar utama semarang dirubah menjadi kereta eko AC menoreh), toh ga ada yg istimewa di kereta kelas bisnis hanya tempat duduknya aja yg bisa dibalik.

gimana pendapat agan?
bener nih yg kita butuhkan aman lancar
tongolin beritanya dong ahh

Quote:inilah..com, Bandung - Pengguna kereta api kelas ekonomi bakal merogoh koceknya lebih dalam karena tarif KA kelas ini bakal naik. Namun kenaikan itu dampak dari penerapan fasilitas AC pada KA ekonomi jarak jauh.

"Karena ada fasilitas AC pada kelas ekonomi jarak jauh, tentunya akan ada kenaikan tarif," ujar Direktur Operasional PT KAI Herlianto kepada wartawan usai acara puncak HUT Kereta Api ke-67 di kantor Pusat PT KAI, Jalan Perintis Kemerdekaan 1, Kota Bandung, Jumat (28/9/2012).

Menurutnya, besaran kenaikan tarif tersebut belum dipublikasikan kepada masyarakat. Kewenangan mengusulkan kenaikan tarif berada pada sektor komersial.

"Kenaikan tarif tersebut diusulkan oleh PT KAI sedangkan pengesahannya oleh pemerintah," katanya.

Meski terjadi kenaikan tarif, lanjutnya, pengguna KA kelas ekonomi jarak jauh dipastikan akan mendapat kenyamanan dari fasilitas AC. Seperti diketahui fasilitas ini direncanakan berfungsi pada 2013.

"Okupansi 100% dan ber-AC. Jadi penumpang akan merasa lebih nyaman. Penggunaan fasilitas AC tersebut merupakan bagian dari pengembangan pelayanan PT KAI," ucapnya.

Herlianto mengaku kenaikan tarif tersebut bertujuan untuk menutupi biaya operasional. Sebagai contoh, biaya operasional PSO pada tahun ini mencapai Rp803 miliar atau lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya Rp775 miliar.

"Kemungkinan PSO akan hilang mengingat perusahaan membutuhkan perkembangan. Tapi, yang lokal sih belum," katanya.

Meski terjadi kenaikan tarif, pihaknya menjamin hal tersebut akan beriringan dengan semakin kecilnya angka gangguan kereta api. Jumlah gangguan pada 2012 sekitar 0,04% atau lebih kecil dibandingkan gangguan pada 2011 sekitar 4%.

"Dengan adanya perawatan, maka gangguan pun akan semakin kecil. Gangguan tahun ini hanya sekitar 584 kali," pungkasnya. [ito]


vbot jauh jauh sana emoticon-Mad
lagi kebelet nangguk untung kali gan, kali2 bisa buat ningkatken kesejahteraan karyawan de es beh, ujung2 genjot potensi bisnis yang ade ... kayak sekolahan kite2 yang dah anjrit ongkos nye sekarang emoticon-Hammer
thanks gan udah dibantu nongolin beritanya emoticon-Shakehand2
Kyknya sdh tdk ada kereta ekonomi non ac

Kemaren ane mau beli tiket ekonomi utk ke malang sdh tdk ada,kata petugas kereta api berlaku sejak 9 maret 2013,

Adanya kereta ekonomi ac harganya pun di atas 150 ribu,

Makin mahal aja,tdk bisa naek kereta murah lagi
iya gan semuanya pada naek
asal sesuai dengan servis
oke lahhhh
kata temen ane yang di pasang AC split ya ?? emoticon-Ngakak
Setuju sama TS deh, mode kereta api masih populer buat para pedagang2 dan rakyat kecil emoticon-Big Grin
Lebih baik cuma ada 2 (EKO dan EXA) Bisnis dijadikan EKO AC seperti Menoreh juga bagus sebenernya.. cuman buat saya ternyata lebih nyaman di Senja Utama daripada di Menoreh emoticon-Hammer
KAI makin hari makin gila.. ini BUMN apa perusahaan yg murni nyari untung sih? kasian masyarakat kelas bawah kaya ane yg emang butuh bgt sama kereta ekonomi.. emoticon-Mad
×