alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016770987/harga-hewan-kurban-naik-90-persen
Harga Hewan Kurban Naik 90 Persen
Pekalongan, 4/10 (ANTARA) - Harga hewan kurban jenis sapi di pasaran Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menjelang Hari Raya Idul Adha kini mencapai Rp11 juta per ekor atau naik 90 persen jika dibanding sebelumnya Rp6 juta/ ekor.
Hamzah Nasir, pedagang hewan ternak di Pekalongan, Kamis, mengatakan kenaikan harga hewan ternak kini terus merangkak akibat permintaan hewan kurban cukup ramai.
"Harga kambing semula sekitar Rp900 ribu per ekor kini naik Rp1,3 juta hingga Rp2 juta/ ekor, sedangkan harga sapi semula Rp6 juta/ ekor naik mencapai Rp11 juta/ ekor," katanya.
Ia mengatakan bahwa harga hewan kurban ini diperkirakan akan terus naik lagi saat mendekati perayaan Idul Adha. Sedangkan para pedagang mendatangkan hewan ternak dari sejumlah daerah, seperti Purbalingga, Sukorejo, dan Batang.
"Saat ini permintaan masyarakat pada hewan ternak, seperti kambing dan sapi naik sekitar 50 persen. Akan tetapi kami perkirakan permintaan konsumen pada hewan kurban saat mendekati perayaan Iduladha," katanya.
Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan, Pertanian, dan Kelautan Kota Pekalongan, Ujang Sutarno mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan kurban, Pemkot akan memperketat pengawasan hewan ternak yang dijual para pedagang dan di tempat pemotongan hewan.
"Saat ini, pengawasan pada hewan ternak terus kami pantau, bahkan satu atau dua hari sebelum Iduladha akan dilakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat penemapungan dan pemotongan hewan ternak," katanya.
Menurut dia, pemantauan hewan ternak, antara lain untuk mengamati kesehatan ternak, kelayakan hewan kurban, dan kondisi hewan tersebut.
"Kami akan memberikan surat peringatan pada pedagang yang menjual hewan kurban yang tidak memenuhi syarat kesehatan hewan dijual. Pada perayaan Iduladha tahun sebelumnya kami menemukan 12 ekor kambing dan dua sapi yang terjangkit cacing hati," katanya. (T.KR-KTD/C/B008/B008) (U.KR-KTD/C/B008/B008) 04-10-2012 09:08:27 NNNN

sumber : KLIKK
_______
naiknya mantafff emoticon-Malu (S)
Quote:Harga Hewan Kurban Naik 90 Persen
busseeettt.. naiknya gak kira-kira. emoticon-Frown


In reply to: Harga Hewan Kurban Naik 90 Persen
woahhhh mahal amir, taun ini gagal kurban lagi donk emoticon-Berduka (S)
Harga Hewan Kurban Naik 90 Persen
bukannya dari dulu kambing itu (salah satu hewan kurban alternatif) selalu didapatkan secara lokal?

Kenapa gak dari dulu aja periksa kesehatan kambingnya? Kalo sapi kan udah jelas makin mahal.

Koq mau kurban aja makin dipersulit nih Indonesia ini? Ane bukan muslim, tapi ane kesian aja ama yang biasanya dapet daging kurban dari taon ke taon makin berkurang, plus yang mau kurban juga makin lama makin mahal. Padahal kan kurban sangat membantu yang kekurangan?
sumbernya valid gak nih ? ..
coba TS cek lagi deh ..
×