alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016765467/77-milyar-koq-di-bilang-kecil
Thumbs down 
77 Milyar koq di bilang KECIL
Perjalanan Dinas
Azwar Anggap Penyimpangan Rp 77 Miliar Biasa

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menilai, penyimpangan perjalanan dinas pemerintah pusat dan daerah sebesar Rp 77 miliar semester pertama 2012 relatif kecil. Meskipun demikian, Azwar mengemukakan, diperlukan tindakan disiplin kepada para pelaku supaya ada efek jera.

Hal ini disampaikan Azwar seusai pembukaan Workshop Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, Rabu (3/10) di Jakarta. Dalam sambutannya, Azwar mengatakan, jumlah dana perjalanan dinas yang menyimpang cuma Rp 77 miliar. Ini relatif sedikit ketimbang keseluruhan anggaran perjalanan dinas sebesar Rp 20 triliun. Namun, pelaku harus dicopot dari jabatannya, dimutasi, dan dipaksa mengembalikan uang yang diambil.

Seusai pembukaan, Azwar kembali mengatakan, dirinya tidak terkejut dengan laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Temuan ini disampaikan BPK dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta, Selasa lalu.

Menurut Ketua BPK Hadi Purnomo, dalam pemeriksaan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara semester I tahun 2012 ditemukan 86 kasus perjalanan dinas fiktif dengan kerugian Rp 40,13 miliar. Selain itu, ada 173 kasus perjalanan dinas ganda yang merugikan keuangan negara Rp 36,87 miliar.

Azwar mengakui, masih ada perjalanan dinas yang tidak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Ini jumlahnya cukup besar dan seharusnya bisa dihilangkan. ”Saya mengajak pemerintah dan DPR yang utama (untuk mengurangi anggaran perjalanan dinas),” ujar Azwar.

Untuk mendukung hal itu, Azwar setuju bila DPR memotong anggaran perjalanan dinas pemerintah sampai 30 persen. Pemotongan anggaran bisa dilakukan dengan pengurangan frekuensi perjalanan dinas dan meninjau kembali jumlah pelaksana, biaya, urgensi, serta akuntabilitas sesuai maksud dan tujuannya. Hal tersebut sudah disampaikan kepada semua kementerian/lembaga dan kepala daerah. Surat edaran Menteri PAN dan RB tentang peningkatan pengawasan dalam rangka penghematan penggunaan belanja barang dan belanja pegawai di lingkungan aparatur negara dikirimkan pada 31 Mei 2012.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan belum mengetahui adanya penyimpangan perjalanan dinas di Kemendagri.

Namun, Gamawan menduga, dua kemungkinan dalam penyimpangan perjalanan dinas yang merugikan keuangan negara adalah kesalahan administrasi atau benar-benar membuat laporan keuangan untuk perjalanan fiktif. (INA)

Spoiler for SUMBER:


Spoiler for komen ane:


Spoiler for penting:
Karena kecil dan besar harus dihitung secara proporsional.

Lihat realita, penyimpangan pasti akan ada mau di negara mana pun juga. Yang jadi masalah adalah bagaimana memperkecil penyimpangan tersebut dan jika ada penyimpangan bagaimana hukuman bagi pihak yang menyimpang.

Kalau memang benar penyimpangannya 77 milyar itu bisa dibilang memang relatif kecil dibandingkan dengan jumlah anggarannya. 77 milyar dari 20 trilyun itu kurang dari 1%.

Tapi tetap harus diperkecil lagi di masa depan yaitu dengan adanya punishment bagi yang melanggar.
nilai itu emang kecil jika dibandingkan dengan yang dikorupsi oleh orang2 kelas kakap negeri ini.... emoticon-linux
Quote:Original Posted By siberiantigers
Karena kecil dan besar harus dihitung secara proporsional.

Lihat realita, penyimpangan pasti akan ada mau di negara mana pun juga. Yang jadi masalah adalah bagaimana memperkecil penyimpangan tersebut dan jika ada penyimpangan bagaimana hukuman bagi pihak yang menyimpang.

Kalau memang benar penyimpangannya 77 milyar itu bisa dibilang memang relatif kecil dibandingkan dengan jumlah anggarannya. 77 milyar dari 20 trilyun itu kurang dari 1%.

Tapi tetap harus diperkecil lagi di masa depan yaitu dengan adanya punishment bagi yang melanggar.


secara persentase memang kecil gan,
tapi secara kuantitas, 77 milyar jelas bukan jumlah yang kecil...

saya sangat setuju kalau perjalanan2 dinas seperti itu, di audit,
lalu minta pertanggung jawaban serta pemberlakuan hukuman terhadap
penyimpangan penggunaan uang negara...
77M kalo buat beli kerupuk bakal dapet bnyk.. emoticon-Nohope
berarti kekayaan dari orang yang ngomong 77 milyar kecil lebih gede dong? 1T? 500 M? 900M? emoticon-Cape d...

77 milyar kecil kalau buat beli ferrari 20 biji....emoticon-Cape d...
dia biasa korupsi sampe ratusan miliar gan
jadi kalo segitu masih kecil
Itu mungkin baru yang ketahuan, atau jangan2 ada korupsi yang lebih besar jadi bilang kecil
parah...

emang modus korupsi paling sederhana seluruh PNS di Republik ini ya di Perjalanan Dinas itu gan... 77M dibilang Menpan kecil, karena biasaya sampe hitungan T mgkin...

emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By dasi.item
mentrinya aja gini ya anak buahnya apa lagi emoticon-Big Grin


menurut saya,
pernyataan beliau yang notabene adalah seorang menteri,
sungguh mengecewakan gan...
makanya pejabat sekarang harus diet bicara, jangan sembarangan ngomong kalau ada media. Ya kalau sehari hari biasa ngelola duit triliunan jelas bakal terpengaruh secara psikologis sehingga 77 M terasa kecil. Media sekarang memang sangat literal, sekali salah menggunakan terminologi, dipoles dikit sama wartawan udah deh
anggaran perjalanan dinas 20 triliun ???


anjeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenk buat jalan2 doang 20 triliun, udah bisa bangun segala macem tuh timbang buat jalan2 doang tae
ane punya 3 T aja diem2 gan ;cool

3 T ( Tujuh ribu Tujuh ratus tujuh puluh ribu) emoticon-Hammer2
kecil dari hongkong?!
itu uang rakyat!
otak dengkul!
besar kalo nominal dan kecil kalo melihat persentase
ada baeknya memang diberhentikan lagi penerimaan PNS
masa iya semua rakyat pengen ngelayani rakyat, kalo emang itu niatnya ya
saya luruskan gan, maksud beliau, dari 77 M itu, beliau dapetnya kecil. kan bagi2 emoticon-Ngakak
77 mil bisa buat banyak untuk pembangunan negeri pak.
coba ente jualan sempak sampai untungnya 77 mil bisa dalam sekejab pak ??
udah biasa dapet lebih dari 77M
jadi segitu dikata kecil
idup kaga ada puasnya !
wah itumah bisa buat rumah susun berapa kamar tuh.......dijamin lima tahun warga jakarta punya rumahsemuaemoticon-Matabelo
Menteri koplak, dodol ngga ketulungan,,,,,liat banyak SD yang mau ambruk..jembatan yang tidak layak...trus gw mesti bilang WOW gitu....SBY cocpot tuh menteri koplak ....itu duit rakyat woiiii