alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016764670/pertamina-pasokan-elpiji-3-kg-aman
Pertamina: Pasokan Elpiji 3 Kg Aman
Sumber

PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan elpiji kemasan tabung 3 kilogram di wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam kondisi aman.



Manajer Media Pertamina Wianda Pusponegoro di Jakarta, Rabu, mengatakan berdasarkan pantauan di lapangan, tabung elpiji 3 kg mudah didapat. "Para pengusaha warteg mengaku tabung elpiji 3 kg mudah didapat," ujarnya.



Ia juga menambahkan, berdasarkan sampling di beberapa warteg dalam wilayah DKI Jakarta, harga elpiji 3 kg berkisar antara Rp14.000 hingga Rp.15.000 per unit. "Bahkan lebih banyak yang membeli dengan harga Rp14.000 per tabung," ujarnya.



Sebelumnya, Koperasi Warteg Nusantara mengeluhkan sulitnya mendapatkan elpiji ukuran 3 kg di wilayah Jabodetabek dan harganya mengalami kenaikan.



Penasihat Koperasi Warteg Nusantara, Mukroni mengatakan, kondisi tersebut sudah terjadi selama satu minggu terakhir. Ia menduga, sulitnya elpiji 3 kg didapat dikarenakan rencana kenaikan harga elpiji kemasan 12 kg.



Pemerintah memang tengah mengkaji usulan Pertamina untuk menaikkan harga elpiji jenis nonsubsidi termasuk kemasan tabung 12 kg. Kajian menyangkut semua aspek sebagai akibat kenaikan harga elpiji tersebut.



Pertamina mengusulkan kenaikan harga elpiji untuk menekan kerugian pendistribusian elpiji nonsubsidi yang diperkirakan mencapai Rp5 triliun pada 2012. Alasan lain, dikarenakan pemakai elpiji 12 kg berasal dari masyarakat golongan mampu.



Sementara, untuk masyarakat tidak mampu sudah disediakan elpiji kemasan 3 kg yang disubsidi pemerintah. Saat ini, konsumsi elpiji nasional mencapai lima juta ton per tahun. Sebanyak 3,6 juta ton di antaranya berasal dari elpiji subsidi dan sisanya 1,4 juta ton per tahun nonsubsidi. (ary)

Pertamina: Pasokan Elpiji 3 Kg Aman
sip gan . . thanks infonya . .
emoticon-2 Jempol
berita yang sangat melegakan emoticon-Big Grin