alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016762740/komnas-ham-dukung-pembatalan-vonis-mati-bagi-pemilik-pabrik-ekstasi
Komnas HAM Dukung Pembatalan Vonis Mati Bagi Pemilik Pabrik Ekstasi
http://images.detik.com/content/2012...915_ifdhal.jpg

Jakarta <detiknews 03-10-2012> - Mahkamah Agung (MA) mengubah hukuman mati terpidana kasus kepemilikan pabrik Narkoba Hengki Samuel, menjadi 15 tahun. Komnas HAM menilai putusan ini menjadi preseden positif dalam penegakkan HAM di Indonesia.

"Apa yang dilakukan MA merupakan preseden yang baik untuk penegakan HAM. Artinya hakim mencoba meletakkan ancaman hukuman mati dari perspektif HAM," kata ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim saat berbincang dengan detikcom, Selasa (2/10/2012).

Namun Komnas HAM buru-buru memberikan penilaian yaitu sebaiknya 'diskon' yang diberikan MA jangan terlalu besar.

"Idealnya hukuman untuk kejahatan luar biasa seperti narkoba, ya seumur hidup. Kalaupun 15 tahun, ya murni 15 tahun. Dalam artian tidak ada remisi," ungkap Ifdhal.

Oleh karena itu dia meminta para hakim agar memvonis para terpidana hukuman mati bukan berasaskan balas dendam. Melainkan berasaskan HAM, karena bagaiamana pun juga setiap manusia mempunyai hak untuk hidup dan memperbaiki kehidupannya.

"Intinya kita harus memberi hukuman dalam konteks edukasi. Jangan dengan rasa dendam," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemilik pabrik ekstasi, Hengky, ditangkap pada 23 Mei 2006 pukul 17.00 WIB di Yani Golf Jalan Gunung Sari Surabaya. Ia dibekuk polisi karena terlibat memproduksi dan mengedarkan ekstasi dalam jumlah besar.

PN Surabaya menjatuhkan hukuman selama 15 tahun penjara kepada Henky. Di tingkat banding, Pengadilan Tinggi Surabaya memperberat hukuman menjadi selama 18 tahun penjara. Di tingkat kasasi hukuman dimaksimalkan menjadi hukuman mati. Tetapi hukuman mati ini dianulir MA dan mengubah hukumannya menjadi 15 tahun penjara.

"Hukuman mati bertentangan dengan pasal 28 ayat 1 UUD 1945 dan melanggar pasal 4 UU No 39/1999 tentang HAM," demikian bunyi PK yang diketok pada 16 Agustus 2011 silam.

>>> sumber: http://news.detik.com/read/2012/10/0...si?nd771108bcj
manusia juga punya hak untuk mati emoticon-Angkat Beer
Angin segar buat para

Produsen dan Pemakai emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By Khoontol
Angin segar buat para

Produsen dan Pemakai emoticon-thumbsup:


kayak gini sich manusia sampah model pengedar narkoba makin senang,,
jangan2 komnas ham juga dibayar kayak hakim....
malah mungkin pemakai narkotika juga,

Komnas ham

Setahu ane yang orang awam hukum, ada UU lain yang memiliki pasal hukuman mati siperti UU Anti Narkotika dan UU Anti Teroris (cmiiw)

Kalo kita merujuk kepada komentar KOMNAS HAM diatas, bagaimana komentar pakar2 HAM tersebut ketika Amrozi cs dihukum mati? Dan pembunuh2 (baca: pembantai) lain yang juga dijatuhi hukuman mati? KOMNAS HAM kemana? kok ketika perodusen Ekstasi hukumannya diturunkan mereka langsung pada tepuk tangan?
Quote:Original Posted By wahyubison
kayak gini sich manusia sampah model pengedar narkoba makin senang,,
jangan2 komnas ham juga dibayar kayak hakim....
malah mungkin pemakai narkotika juga,


Hahahah .... emoticon-Ngakak (S)

Bisa yes , bisa juga no.
Quote:Original Posted By Khoontol
Hahahah .... emoticon-Ngakak (S)

Bisa yes , bisa juga no.


tapi dah jadi rahasia umum sich...
bayangin aja narkoba tuh omsetnya >100 triliun...
masak ga masuk ke kantong aparat ntah Eksekutif, Yudikatif, ato Legislatif....
banyak juga kan aparat yang terlibat suap dan jadi pengguna narkoba.....
sekali lagi saya ga asal tuduh karena dah jadi rahasia umum....
angin segar untuk para pembuat, pengedar narkoba.

semoga tidak ada sanak famili dari angota komnas ham yang terlibat narkoba.
ntah itu bonyoknya, kakak adeknya, istri anaknya.
mungkin tanda tanda mau dilegalisasi...._________emoticon-Ngacir
Komnas HAM T0L0L !!!!
apa mereka yang mengedarkan narkoba enggak termasuk melanggar HAM ???
ane doain semoga keluarga dan anak anak ente semua pemake narkoba biar tahu rasanya bijimane narkoba yang sebenarnya
Inilah Indo, negara yang gagal dari segi hukum, dari segi syariat, dari segi akhlak, dari segi moral, etc...PRACTICALLY EVERYTHING

Gagal di semua bidang, bahkan GAGAL UNTUK PUNYA RASA MALU

Hidup Indonesia ku emoticon-I Love Indonesia (S)
Banyak2 lah membaca buku tentang hukum..
jgn sembarangan komen ngejudge membabi buta gan, ingat prinsip ini: "siapa mendalilkan sesuatu ia harus membuktikan" emoticon-Stick Out Tongue

Perlu agan2 ketahui dari kenyataan sosiologis, tidak ada pembuktian ilmiah yang menunjukkan hukuman mati akan mengurangi tindak pidana tertentu. Artinya hukuman mati telah gagal menjadi faktor determinan untuk menimbulkan efek jera, dibandingakan dengan jenis hukuman lainnya. Kajian Perserikatan Bangsa Bangsa tentang hubungan hukuman mati (capital punishment) dan angka pembunuhan antara 1988-2002 berujung pada kesimpulan bahwa hukuman mati tidak membawa pengaruh apapun terhadap tindak pidana pembunuhan dari hukuman lainnya seperti hukuman seumur hidup. (lihat aja kasus terorisme di Indonesia, udah ada yg dihukum mati, masih ada aja kan terorisnya?)

Sejumlah negara-nagara di Skandinavia mampu membuktikan diri sebagai negara yang bersih dari korupsi tanpa harus menerapkan hukuman mati. Dukungan dan kesadaran yang kuat dari pemerintah, parlemen, penegak hukum dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan negara tersebut dalam upaya penegakan hukum.

Tujuan menghukum itu kalo buat ane pribadi ya untuk mendidik kembali penjahat ke jalan yang benar bukan untuk membalas kejahatan dgn kejahatan. emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By wahyubison
tapi dah jadi rahasia umum sich...
bayangin aja narkoba tuh omsetnya >100 triliun...
masak ga masuk ke kantong aparat ntah Eksekutif, Yudikatif, ato Legislatif....
banyak juga kan aparat yang terlibat suap dan jadi pengguna narkoba.....
sekali lagi saya ga asal tuduh karena dah jadi rahasia umum....


Kalo gitu Yes sajalah , ya Wahyu. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By doloxz
Banyak2 lah membaca buku tentang hukum..
jgn sembarangan komen ngejudge membabi buta gan, ingat prinsip ini: "siapa mendalilkan sesuatu ia harus membuktikan" emoticon-Stick Out Tongue

Perlu agan2 ketahui dari kenyataan sosiologis, tidak ada pembuktian ilmiah yang menunjukkan hukuman mati akan mengurangi tindak pidana tertentu. Artinya hukuman mati telah gagal menjadi faktor determinan untuk menimbulkan efek jera, dibandingakan dengan jenis hukuman lainnya. Kajian Perserikatan Bangsa Bangsa tentang hubungan hukuman mati (capital punishment) dan angka pembunuhan antara 1988-2002 berujung pada kesimpulan bahwa hukuman mati tidak membawa pengaruh apapun terhadap tindak pidana pembunuhan dari hukuman lainnya seperti hukuman seumur hidup.

Sejumlah negara-nagara di Skandinavia mampu membuktikan diri sebagai negara yang bersih dari korupsi tanpa harus menerapkan hukuman mati. Dukungan dan kesadaran yang kuat dari pemerintah, parlemen, penegak hukum dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan negara tersebut dalam upaya penegakan hukum.

Tujuan menghukum itu kalo buat ane pribadi ya untuk mendidik kembali penjahat ke jalan yang benar bukan untuk membalas kejahatan dgn kejahatan. emoticon-thumbsup:


Melihat lemahnya sistem lapas di negara kita, apa bisa menjamin pengedar yang tertangkap bisa tobat? Daripada menyimpan potensi untuk merusak generasi meski dalam penjara, lebih baik tembak mati saja. emoticon-Cool
Salut buat hukum di Indonesia dari hukuman mati jd penjara 15 thn emoticon-thumbsup
lebih baik dia hidup sambil menanggung kesalahan yg diperbuat.
apa gunanya kalo dia mati jg.,
alih profesi ah, dah hukumannya ringan, di penjara bisa hidup mewah dan tetap jadi bos emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By vallubee
Melihat lemahnya sistem lapas di negara kita, apa bisa menjamin pengedar yang tertangkap bisa tobat? Daripada menyimpan potensi untuk merusak generasi meski dalam penjara, lebih baik tembak mati saja. emoticon-Cool


kalau menurut ane yg perlu dirombak adalah sistemnya gan, ane percaya dng kesempatan setiap orang untuk bertobat. Bukannya semua di agama diajarkan untuk memaafkan kesalahan orang yg berbuat jahat? perkara merusak generasi bangsa, kuncinya ada pada pendidikan keluarga yg harus lebih intens lagi membangun mentalitas anak agar siap membentengi diri dalam pergaulan.
bener-bener surga bagi narkoba, nanti bakalan ada lagi pabrik terbesar narkoba didunia yang berada di indonesia, hukumnya ringan banget sich
Quote:Original Posted By doloxz
Banyak2 lah membaca buku tentang hukum..
jgn sembarangan komen ngejudge membabi buta gan, ingat prinsip ini: "siapa mendalilkan sesuatu ia harus membuktikan" emoticon-Stick Out Tongue

Perlu agan2 ketahui dari kenyataan sosiologis, tidak ada pembuktian ilmiah yang menunjukkan hukuman mati akan mengurangi tindak pidana tertentu. Artinya hukuman mati telah gagal menjadi faktor determinan untuk menimbulkan efek jera, dibandingakan dengan jenis hukuman lainnya. Kajian Perserikatan Bangsa Bangsa tentang hubungan hukuman mati (capital punishment) dan angka pembunuhan antara 1988-2002 berujung pada kesimpulan bahwa hukuman mati tidak membawa pengaruh apapun terhadap tindak pidana pembunuhan dari hukuman lainnya seperti hukuman seumur hidup. (lihat aja kasus terorisme di Indonesia, udah ada yg dihukum mati, masih ada aja kan terorisnya?)

Sejumlah negara-nagara di Skandinavia mampu membuktikan diri sebagai negara yang bersih dari korupsi tanpa harus menerapkan hukuman mati. Dukungan dan kesadaran yang kuat dari pemerintah, parlemen, penegak hukum dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan negara tersebut dalam upaya penegakan hukum.

Tujuan menghukum itu kalo buat ane pribadi ya untuk mendidik kembali penjahat ke jalan yang benar bukan untuk membalas kejahatan dgn kejahatan. emoticon-thumbsup:


sekarang saya tanya, biasanya orang masuk penjara akibat jadi pengedar narkotika biasanya ga kapok, tetapi malah ganti tempat dan cara transaksi...
mereka transaksi dari balik jeruji loch malah ngelibatin petugas LP..
contoh noch nusa kambangan.....
ane rasa sich hukuman mati tetap perlu....
kalo orang dah ngebunuh 1 orang ia akan terus membunuh tuk nutupin perbuatannnya....
ini orang malah pemilik pabrik narkoba bukan cuman pengedar...
tolong hitung kerugian yang ditimbulkan....
dari korban mati akibat OD dan para anak muda yang rusak otaknya....
dan pertanyaan terakhir saya mana rasa keadilannya...
emoticon-Cool