alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016762395/ini-yg-sebenarnya-terjadi-di-rumah-brigjend-di-pandjaitan-pada-subuh-1-oktober-1965
Ini Yg Sebenarnya Terjadi Di Rumah Brigjend D.I. Pandjaitan Pada Subuh 1 Oktober 1965
Masih ingat dengan film Pengkhianatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI? Selama masa kepresidenan Soeharto, film berkisah penculikan serta pembunuhan tujuh jenderal revolusi itu selalu diputar pada 30 September oleh Televisi Republik Indonesia atau TVRI. Satu korban yang menjadi sasaran pembantaian adalah Brigadir Jenderal Donald Izacus Panjaitan atau D.I. Panjaitan. Dan putrinya, Catherine Panjaitan, menjadi saksi mata penculikan itu.

Pada majalah Tempo edisi 6 Oktober 1984, Catherine menceritakan kejadian malam berdarah itu. Ingatan itu tertuang dalam tulisan berjudul, Kisah-kisah Oktober 1965. Bagi Anda yang sempat menonton filmnya pasti melihat adegan putri D.I Panjaitan membasuhkan darah sang ayah ke mukanya. Tapi benarkah Chaterine melakukan hal itu?

“Saya melihat kepala Papi ditembak dua kali,” Catherine mengisahkan. “Dengan air mata meleleh, saya berteriak, "Papi..., Papi...." Saya ambil darah Papi, saya usapkan ke wajah turun sampai ke dada.”

Kata Catherine, penculikan terjadi sekitar pukul 04.30, pada 1 Oktober 1965. Kala itu, ia tengah tidur di kamar lantai dua. Kemudian terbangun karena teriakan dan tembakan. Catherine mengintip ke jendela. Ternyata telah banyak tentara berseragam lengkap di perkarangan rumah. “Beberapa di antaranya melompati pagar, sambil membawa senapan,” kata Catherine.

Panik, ia lari ke kamar ayahnya. Yang dicari sudah terbangun dari tidur. Mereka pun berkumpul di ruang tengah lantai atas. Kata Catherine, almarhum papinya terus mondar-mandir, dari balkon ke kamar. Dia sempat mengotak-atik senjatanya, semacam senapan pendek.

(Alm) Mayjend TNI (Anumerta) Donald Izacus Pandjaitan

Catherine sendiri sempat bertanya pada ayahnya soal apa yang terjadi. Tapi sang jenderal bergeming. Sedangkan di lantai bawah, bunyi tembakan terus terdengar. Televisi, koleksi kristal Ibu Panjaitan, dan barang lainnya hancur. Bahkan meja ikut terjungkal. “Tiarap…tiarap,” kata Catherine menirukan ayahnya.

Sebelum menyerahkan diri ke tentara, mendiang Panjaitan sempat meminta Catherine menelepon Samosir, asisten Jenderal S. Parman. Usai itu, Catherine menghubungi Bambang, pacar sahabatnya. Tapi belum selesai pembicaraan, kabel telepon diputus.

Berseragam lengkap, kemudian D.I. Panjaitan turun ke ruang tamu. Seorang berseragam hijau dan topi baja berseru, "Siap. Beri hormat," Tapi Panjaitan hanya mengambil topi, mengapitnya di ketiak kiri. Tak diacuhkan begitu, si tentara memukul Panjaitan dengan gagang senapan, hingga ia tersungkur. Setelah itu, kejadian bergulir cepat. Dor! Dor! “Darah menyembur dari kepala Papi,” kata Catherine menceritakan kejadian yang terjadi di rumah yang beralamat di Jl. Sultan Hasanuddin, Blok M (seberang gedung Kejagung).

SUMBER
wah gan kok perasaan mirip dengan di film g-30 s nih..
Film G30 S PKI di remake donk,, trus disiarin lagi tiap tahunnya...
Bahaya laten udah mulai tampak di golongan remaja sekarang,,
Quote:Original Posted By leonosphire
Film G30 S PKI di remake donk,, trus disiarin lagi tiap tahunnya...
Bahaya laten udah mulai tampak di golongan remaja sekarang,,


sama kaya di tred ini
http://www.kaskus.co.id/showthread.p...6746836&page=4

ababil kabehemoticon-Berbusa (S)emoticon-Berbusa (S)
sumbernya ga valid....
Partai politik / ormas yg menggunakan kekerasan utk mecapai tujuan = Bahaya laten negara....

Masyarakat harus sadar dan tanggap..
apapun yang terjadi saat itu dan siapaun yang melakukannya,
tragedi itu sangat biadab, politik memang bisa kejam seperti itu.
liat aja bagaimana ajarannya Machiavelli...


emoticon-No Hope
saat ini yang ngaku ber"agama"pun, bisa lebih sadis dari pki, jadi yang bahaya laten tu yang mana ? emoticon-Bingung
YAKIN gan ?
th 1965 ente sudah lahir ?
ato kata orang ?emoticon-Cape d... (S)
KONSPIRASI YG MENGACAUKAN SEJARAH YG SEBENARNYA, SAMPAI SEKARANG RAKYAT MASIH DIBUTAKAN OLEH KEBENARAN YG SEBENARNYA , MENGAPA PKI DIKORBANKANemoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S) BIARLAH DOSA & PAHALA PENGUASA YG LAMA YG MENANGGUNGNYA...
mungkin CIA bisa ungkap kejadian sesungguhnya, ato mungkin masih ada yang hidup sekarang jadi lum bisa di ungkap, tunggu pada matek..
adegan "komedi"nya adalah,
kenapa SUHARTO ga diincer ya? emoticon-EEK!:
kan dia juga pegang pasukan,
soalnya yg TEWAS semuanya pegang pasukan emoticon-shakehand:


dari "benang merah" itu, kita bisa ambil kesimpulan, siapa sebenarnya yg mendulang di air keruh atas kejadian G30S ini emoticon-Embarrassment

walaupun, PKI memang KUDU DIMUSNAHKAN DARI BUMI PERTIWI emoticon-shakehand
Ane bingung ma kisah ini; kok udah nggak ditayangkan sih?? katanya ada konspirasi pembohongan Sejarah ya?? semoga segala yang benar bisa terungkap
ane bingung jadinya gan..emang yang bener itu jadinya siapa sih ?? pemenang menciptakan sejarahnya sendiri ya
Di balik semua kontroversinya, film yg disutradarai arifin c noer itu the best banget pada masanya, Sekeren the raid di masa kini. Salah 1 scene paling tragis menyayat hati adalah scene Pak D.I Pandjaitan ini,, "paaappppiiiiiiiii"
kalo liat film G30sPKI itu, yg paling mending adalah Panjaitan sptnya.. krn dia ga sempet ngalami penyiksaan...
yg sebenernya gmn sih..? pgn liat lagi film itu diputer lagi.
pernah denger berita kalau pada saat itu otaknya berceceran di lantai..trus diambil oleh anaknya itu dan diusapkan ke wajahnya... benarkah?? CMIIW..

emoticon-Belomatabelo
Ini Yg Sebenarnya Terjadi Di Rumah Brigjend D.I. Pandjaitan Pada Subuh 1 Oktober 1965

Memangnya selama ini gimana?!?

Bukannya emang begitu TS?? emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By auditorat
pernah denger berita kalau pada saat itu otaknya berceceran di lantai..trus diambil oleh anaknya itu dan diusapkan ke wajahnya... benarkah?? CMIIW..

emoticon-Belomatabelo


Klo di film ditembaknya ga di kepala, tp di punggung pas lg berdoa jd darah yg brceceran trus si Christine ini histeris ke tempat ceceran darah td trus ngusapin ke muka n badannya,, sambil meraung "paaaaaaappiiiiiiii"