alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016756942/efek-demo-buruh--pengusaha-mamin-rugi-rp-2-triliun
Inspiratif 
icon-hot-thread
Efek Demo Buruh : Pengusaha Mamin Rugi Rp 2 Triliun
Aksi demo dan mogok massal buruh di banyak kawasan industri di Indonesia juga berdampak bagi industri makanan dan minuman (mamin). Mereka mengklaim merugi hingga triliunan rupiah karena tak bisa produksi.

"Hari ini ada demo, kalau dihitung-hitung ya rugi sekitar Rp 2 triliun," ungkap Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Yusuf Hadi saat ditemui di JIE Kemayoran Jakarta, Selasa (3/10/2012).

Yusuf beralasan, perhitungannya ini berdasarkan dari total produksi industri makanan dan minuman di Indonesia bisa mencapai Rp 700 trilun.

"Anggap aja hari libur kalau sebentar demonya untuk waktu 6-7 jam, kalau waktu lama itu akan merugikan kita baik total produksi maupun untuk penyediaan stok makanan dan minuman," tuturnya.

Ia menegaskan persediaan makanan dan minuman aman untuk 1-2 minggu kedepan. Namun jika kegiatan demo dilakukan dalam waktu yang lama maka persediaan stok makanan dan minuman akan terganggu.

"Asumsi kita aman untuk 1-2 minggu kedepan, tetapi kalau demo nya lama, berarti pabrik tutup lebih lama dan stok bisa terganggu," tutupnya.

Demo Buruh Siapa Rugi?

Efek Demo Buruh : Pengusaha Mamin Rugi Rp 2 Triliun



Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofyan Wanandi menyatakan, rencana unjuk rasa besar-besaran oleh buruh dari berbagai wilayah di Indonesia Rabu 3 Oktoberi 2012 ini akan sangat merugikan pengusaha dan buruh sendiri.

“Bagi pengusaha, pasti bermiliar-miliar hilang karena proses produksi mandeg dalam sehari,” ujarnya, Selasa, 2 Oktober 2012.

Sofyan belum bisa membuat estimasi kerugian sebab masih harus melihat besarnya unjuk rasa. Hanya saja, ia memberi gambaran, unjuk rasa selama sepekan yang puncaknya berupa pemblokiran tol Cikampek pada Januari lalu menimbulkan kerugian di atas Rp 100 miliar.

Selain kerugian materiil, kata Sofyan, unjuk rasa yang sampai menghentikan produksi akan berdampak pada menurunnya kepercayaan konsumen. Sebab, pengiriman barang terhambat. “Kalau kita tidak bisa mengirim barang tepat waktu, bisa jadi mereka tidak mau order lagi kan?” katanya.

Kemungkinan terburuk, kata dia, unjuk rasa sampai menimbulkan huru-hara. Iklim investasi yang selama ini cukup kondusif akan terganggu. Bila sampai terjadi, penyerapan tenaga kerja akan otomatis menurun. “Di titik ini, para buruh itu akan rugi sendiri,” ujar Sofyan.

Sofyan menyesalkan tak tegasnya sikap pemerintah untuk mencegah unjuk rasa. “Di luar negeri, unjuk rasa itu cuma kalau ada yang tidak beres, di sini orang kapan saja bisa demo. Sering sekali,” ujarnya.

Apalagi, saat ada seruan untuk unjuk rasa, para buruh tak punya pilihan untuk tetap bekerja. Sebab, para koordinator lapangannya biasa melakukan sweeping di pabrik-pabrik.

Hari ini ribuan buruh akan berunjuk rasa dengan aksi mogok nasional di puluhan kabupaten dan kota. Mereka menuntut penghapusan sistem outsourcing, kenaikan upah minimum, dan diberlakukannya cakupan universal sistem jaminan sosial nasional serentak pada 2014.

Marzuki Alie: Demo Buruh Ganggu Investasi

Efek Demo Buruh : Pengusaha Mamin Rugi Rp 2 Triliun


Aksi mogok kerja yang dilakukan para buruh bisa berdampak buruk pada iklim investasi di Indonesia. Pasalnya mogok kerja bisa membuat iklim usaha tidak berjalan kondusif.

"Kalau terus dilakukan (demo dan mogok) maka ini sangat tidak baik bagi iklim usaha," kata Ketua DPR Marzuki Alie dalam pesan singkat pada Republika, Rabu (3/10).

Marzuki menyatakan aksi demo maupun mogok kerja sebaiknya dihindari. Soalnya kedua aksi itu malah akan merugikan kaum buruh dan pengusaha.

Dia berharap ada sinergi antara serikat pekerja, pengusaha, dan menteri tenaga kerja dalam penyelesaian masalah buruh. Hal ini penting agar dapat ditemukan solusi yang efektif tanpa perlu mengorbankan iklim dunia usaha yang sudah positif.

"Peran serikat pekerja, pengusaha dan Menakertrans sangat penting dalam menyikapi tuntutan buruh (penghentian outsourcing)," tandas Marzuki.


Komeng : Kalau demo sampai 7 hari tinggal kali aja berapa ruginya, Hidup Buruh untuk Hidup Yang lebih Baik emoticon-I Love Indonesia (S)

Sumber

[url]http://finance.detik..com/read/2012/10/03/131338/2053529/1036/pengusaha-mamin-ngaku-tekor-rp-2-triliun-akibat-demo-buruh[/url]

http://www.tempo.co/read/news/2012/1...ruh-Siapa-Rugi

http://www.republika.co.id/berita/na...nggu-investasi

=========== emoticon-Berduka (S) ==============

Quote of the day....

Sebelumnya, ane bukan kompor2 in, agar diskusi trit ane lebih berkembang dan menambah wawasan ya.....

Quote:Original Posted By bone88
mo koar2 disini jg ga da yg baca buruhnya...
wong buka inet aja setaon sekale, apalagi ngaskus emoticon-Hammer (S)


- kalau gt ngapain agans ngaskus? entah 0,0001 % suara dan pendapat pasti ada yg baca loh gans

Quote:Original Posted By kuskus2000
dimana-mana teknologi itu jadi solusi gan sudah terbukti juga bisa menggantikan fungsi manusia.

Kok bangga amat sih gan jadi buruh?
ga kepikiran buka usaha sendiri?


Malu atuh gan mau penghasilan gede harus mewek dulu


jangan salah ya, liat ke SURABAYA, PABRIK ROKOK SAMPOERNA kalau buat rokok gak pake MESIN, PAKE TANGAN BURUH...

Efek Demo Buruh : Pengusaha Mamin Rugi Rp 2 Triliun

- mesin emang jalan sendiri ya klo on / off emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By Valkyrjur
gak usah ngancem buruh bos emoticon-Big Grin

mesin tuh benda yang kemampuannya terbatas.,kelebihan mesin cuma bisa kerja terus menerus emoticon-Big Grin

sedangkan manusia lebih fleksibel, bisa ini itu, cuma ada batasnya karena dia mahkluk hidup emoticon-Big Grin


buruh merugi?? yang rugi itu perusahaan bos.. 2 triliun, dibelikan mesin, biaya listrik?? biaya suku cadang, maintenance?? resiko mati lampu, generator listrik cadangan, resiko mesin rusak karena bencana alam??

jauh lebih banyak resiko mesin daripada manusia, pengusaha pintar pasti mikir faktor resiko, selain untung dan rugi atau efisiensi.


Quote:Original Posted By qickslvir
udah tau statusnya "buruh"

Pendidikan pas-pasan. mau dapet gaji Sekelas S1

Ngak suka gaji nya kecil? Ganti kerjaan jangan cuman koar2 naek gaji.


- okey kalau alasannya pendidikan, balik lagi dah, yg salah mereka apa sistem pendidikan kita, gembar gembor pendidikan gratis kok masih ada sekolah mahal?

Quote:Original Posted By Alny
Gini deh kalau kebanyakan penduduk + demokrasi kebablasan...
Ntar klo investor cabut semua huru hara lage...
Capedehemoticon-Cape d... (S)


- sudah pernah terjadi kan, RIM BB, kira2 pemerintah salah atau benar?

Quote:Original Posted By anglingkasmala
mau rugi keek, kagak keeek E.G.Pemoticon-Cape d... (S)


- sebagian ortu / sanak saudara / teman kaskuser pasti ada yg jadi buruh gans, thinks it again klo komentar (PEACE DECH emoticon-Blue Guy Peace )

Quote:Original Posted By anto.hood
Harus dicari solusinya tuh biar dapat win-win solution... repot jg klo gini terus2anemoticon-Cape d... (S)


- ada mentrakertrans, kita punya president, punya gubernur, punya dpr, punya penyambung suara gans. bukan kerja paksa zaman kolonial belanda emoticon-Blue Guy Peace

setuju, harus ada win win solutions...buruh happy pengusaha senyum...

Quote:Original Posted By bunuhayam2
kebanyakan demo tapi ga ada hasil gimana tuh?? cape capein diri aja ... ga ada feedback


- ya pasti ada gans, dimana2, diseluruh dunia DEMO ke jalan masih dianggap representatif suara gans, kalau yang anggep demo dah gak zaman, ya mungkin punya jalan pemikiran sendiri soal menyuarakan aspirasi

Quote:Original Posted By topixneplix
sekedar share
ane karyawan dibatam sudah 7 tahun,meski masih sedikit kecap pahit getir jadi buruh tapi sudah cukup untuk beri masukan.

1. jangan salahkan perusahaan tapi salahkan sistem manajemen
=> intinya kalau manajemen mau kasih lebih buat buruh misal perusahaan untung 100M,katakanlah 5M buat bagi2 karyawan,mereka diam gak bakalan usut keuntungan. dan selama ini karyawan dianggap sebagi 100% buruh bukan aset(manajemen cina,malingsia,singapore) berbeda dengan eropa-amerika karyawan dianggap aset.

2. jangan salahkan karyawan juga
=> karyawan juga manusia,punya rasa punya hati. kalau karyawan sudah cukup sejahtera mereka pun tak akan demo lha wong sudah cukup.

3. pergerakan buruh itu sangat ppenting. jika hari ini buruh dibayar murah tapi diam aja maka kedepanya akan dibayar lebih murah dari standar yang seharusnya. tentunya agan nggak mau juga sudah kerja rajin+bagus tapi dibayar murah. munafik kalau bilang nggak apa apa.

kalau agan masih belum pernah bekerja sebagai buruh sebaiknya baca aja n komentar yang baik aja.


guwe demen ama agans ini, kritis dan gak asal komentar
....
nanti kalo perusahaan bangkrut atau minggat gara2 keseringan demo buruh, ntar pada protes gara2 gak dapet pekerjaan...

lingkaran setan...
Tinggal ditunggu aja.. nanti pengusaha mamin pada bertumbangan dari indo, buruh demo lagi.. tapi ni x tuntutannya "kami meminta lapangan pekerjaan" "selamatkan buruh" "sejahterakan buruh" tapi pas ada kerjaan ga ngerti namanya bersyukur. demo doank ampe gila.
Ruginya saja segitu ,

Trus ,

Untungnya berapa tuh .... emoticon-Belo
Tadi lihat di TV ada demo yang tidak beretika.
Pada sweeping ke pabrik ngajakin buruh yang lagi kerja.

Pengen tau sebenarnya yang provokasi dan ngerubuhin pagar itu preman apa buruh ?
Quote:

Efek Demo Buruh : Pengusaha Mamin Rugi Rp 2 Triliun
Numpang Nitip Lapak Ya Gan
Mampir gan ke Lapak ane
Anda ingin tinggi? pengen yang cepat dan simple tanpa efek samping?
HARI INI HARI TERAKHIR PROMO !!
*Klik gambar dibawah ini

Efek Demo Buruh : Pengusaha Mamin Rugi Rp 2 Triliun

Efek Demo Buruh : Pengusaha Mamin Rugi Rp 2 Triliun

knp buruh pada demo?
pasti para buruh merasa tidak puas kan?

yg hrs dibenahin buruh apa sistemnya?
gede juga untungnya kalo buruh nggak demo,, tapi kok bayar tenaga kerjanya murah
wah, alamat potong gaji nih buat para buruh...
sama-sama rugi deh emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By mbia
gede juga untungnya kalo buruh nggak demo,, tapi kok bayar tenaga kerjanya murah


kalo rugi terus lama2 malah gak bayar sama sekali... alias persh gulung tiker emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
kalo mau hidupnya lebih sejahtera ya jangan jadi buruh !!!!!!
Buat usaha sendiri aja sana buruh buruh gak tau rasa bersyukur.
wow emoticon-Bingung
sehari mogok aja ruginya segitu..
kalo seminggu rugi berapa yah??





Double Be
biar menjadi pembelajaran bagi pihak pengusaha maupun buruh..bahwa komunikasi 2 arah itu penting, kalo engga ya macam gini; demo terussss....Hidup kaum proletaremoticon-I Love Indonesia (S)
Dilema nih urusan ini, kalo kontra entar dibilang gak manusiawi lah ini lah itu lah..
anak gue musti sekolah tinggi dan jadi orang pinter, biar gak harus jadi buruh kerja banting tulang bercucuran keringet... emoticon-Big Grin


yang wajar saja lah,
sama2 hormati hak masing2,
pengusaha jangan terlalu rakus
pegawai jangan terlalu malas/itung2an emoticon-Big Grin
jangan pikirin ruginya doank, kesejahteraan pegawai perhatikan lah, akibat peraturan outsource dan honorer yang ditetapkan zaman megatron imbasnya sekarang.

perusahaan ngejar untung, pekerja dapet duit secukupnya, kartel dan tengkulak mainin harga kebutuhan hidup.

gaji tetap kebutuhan meningkat.
hahahahaaaa
namanya juga dulia lingkaran setan emoticon-Ngakak
gimana gak rugi? barang2 dari supplier gw aja cuman dateng 2, buat usaha besok juga uda gak mencukupi, semua karyawan gw nganggur dah besok, gw juga ga dapet duid buat bayar supplier.

demokrasi kebablasan.
Silahkan memperjuangkan nasib.. tpi tlong tepat sasaran..
Jgn sampai perusahaan yg patuh digedor2 dan ikut2an rugi..
Jgn sampai masyarakat yg lbih byk n gak tau menau, ikut2 dirampass hak2nya, terganggu kepentingannya

Tlong jga cari wakil buruh yg rada punya otak, biar bisa nego ama pengusaha plus penerintah.. jdi gak dikit2 ngambek main otot sbg metode perjuangan, maksa org lain panas2an, debu2an.. ngerusak produktifitas n iklim investasi
Quote:Original Posted By Leonaire
gimana gak rugi? barang2 dari supplier gw aja cuman dateng 2, buat usaha besok juga uda gak mencukupi, semua karyawan gw nganggur dah besok, gw juga ga dapet duid buat bayar supplier.

demokrasi kebablasan.



nah... ini contoh imbas demo buruh yg kebablasan, kalo dah gini trus gimana? persh mau bayar karyawan duit dari mana? Karena sifat industri itu ada mata rantai dari hulu ke hilir, kalo di atas supply mampet yg di bawah mati semua...
kok momod TSNYA? emoticon-Belo
ya mod btw,
ntar pada mewek lagi jadi pengangguran emoticon-Big Grin