alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016755610/diduga-akibat-pencurian-pipa-minyak-pertamina-meledak
Diduga Akibat Pencurian, Pipa Minyak Pertamina Meledak
Pipa Minyak Pertamina Meledak
Pipa Minyak Pertamina Meledak, 3 Tewas, 19 Luka
Tribunnews.com - Rabu, 3 Oktober 2012 12:05 WIB

Diduga Akibat Pencurian, Pipa Minyak Pertamina Meledak
Pipa Minyak Pertamina Meledak, 3 Tewas, 19 Luka


[quote=] TRIBUNNEWS.COM .COM, BAYUNGLENCIR - Tiga orang tewas dan 19 orang lainnya mengalami luka bakar setelah jalur pipa distribusi pertagas Km 219 Kecamatan Bayunglencir, Kabupaten Musi Banyuasin, meledak pada Rabu (3/10) pukul 06.00.

Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat aksi ilegal tapping yang masih marak terjadi.

Informasi yang didapat Sripoku.com, hingga saat ini, pihak PT Elnusa masih berusaha untuk memadamkan api.

Sedangkan korban yang terkena ledakan api dan yang tewas dibawa ke RSUD Bayunglencir.

sumber
[/quote]


Empat Korban Hangus Terbakar di Lokasi
Tribunnews.com - Rabu, 3 Oktober 2012 16:43 WIB


Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Sebanyak empat orang warga yang mencuri minyak mentah milik pertamina di KM 219, Simpang Bayat, Kecamatan Bayung Lincir Kabupaten Musi Banyu Asin, Sumsel, Rabu (3/10/2012), ditemukan hangus terbakar di lokasi kejadian.

Menurut Manajer Humas PT Pertamina EP, Agus Amperianto, dari data yang didapat pihaknya, ada 18 orang luka bakar, lima orang meninggal dunia. Empat diantaranya meninggal di tempat. Saat ini kata Agus, pihaknya masih melokalisir lokasi kejadian dan melakukan pendataan terhadap para korban. Dikatakannya, kejadian tersebut sering terjadi. Namun, yang memakan korban baru kali ini terjadi.

"Api sudah bisa dipadamkan sekitar pukul 11.50 WIB. Saat ini kita masih melakukan pendataan korban. Nanti dari Pertamina, juga akan membantu para korban, sebagai bentuk tanggungjawab moril kepada para korban," kata Agus.

Secara tegas, Agus mengatakan bahwa peristiwa tersebut bukan dikarenakan pipa Pertamina yang meledak. Karena menurut Agus, pipa tidak bisa meledak, jika tidak ada aktivitas pencurian dengan cara melobangi pipa.

"Yang perlu kita tegaskan, peristiwa ini bukan karena pipanya yang meledak. Karena, pipa itu tidak bisa meledak. Hanya saja, ada aktivitas warga yang melobangi pipa dan memasukkan selang ke pipa. Mungkin ada warga yang merokok atau dari mana, api langsung menyambar. Jadi, bukan pipanya yang meledak," ujar Agus, yang dihubungi via handphone.

Sebelumnya, pipa Pertamina yang berada di Desa Sri Maju, Dusun II Simpang Bayat Kecamatan Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyu Asin, Rabu (3/10/2012) pukul 05.30 WIB, terbakar. Informasi yang didapat, akibat peristiwa itu puluhan warga yang mencuri minyak mentah dari pipa Pertamina, menjadi korban.

Dua diantara korban, dibawa ke Rumah Sakit Mayang Medical Center (MMC). Menurut perawat MMC, dua korban luka bakar tiba ke rumah sakit pukul 08.30 WIB. Dua orang tersebut adalah Agus (25) dan Sauri (36).

sumber


Humas Pertamina: Ledakan Bukan dari Pipa Pertamina
Tribunnews.com - Rabu, 3 Oktober 2012 14:56 WIB


Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Humas Pertamina EP, Agus Amperianto membantah jika ledakan di Bayunglencir yang terjadi Rabu (3/10/2012) berasal dari pipa milik Pertamina.

Agus yang dihubungi melalui ponselnya, Rabu (3/10/2012) siang mengatakan, awalnya api berasal dari minyak yang dicuri masyarakat. Menurutnya, masyarakat sekitar lokasi kejadian diduga melakukan pencurian minyak di pipa milik Pertamina.

Hal ini dibuktikan dengan adanya pipa paralon, dan galon-galon untuk menampung minyak curian tersebut.

"Pipa kita dibolongi, trus dialiri ke paralon dan ditampung di bak penampungan. Terus dimasuki ke dalam galon. Nah diduga saat itu warga yang diduga melakukan pencurian minyak sedang merokok. Diduga api berasal dari warga yang merokok tersebut, dan menyambar minyak yang sudah ditampung tersebut," katanya.

Menurut informasi, hingga siang, korban tewas di jalur pipa distribusi pertagas Km 219 Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin yang meledak tadi pagi berjumlah empat orang.

Berdasarkan keterangan dari Polsek Bayunglencir, belasan korban luka lainnya dibawa ke rumah sakit di Provinsi Jambi dengan lima ambulans.

Di lokasi kejadian, petugas menemukan jeriken dan drum berisi minyak hasil penampungan. Selain itu, juga ditemukan pipa yang berlubang yang diduga dilakukan oleh pelaku tapping.

sumber


Tipikal maling sini, apa-apa diembat tanpa mikir. Rel kereta dimaling, duit rakyat dimaling, sampe jemuran anak kos tetangga juga dimaling. emoticon-Cape d... (S)
maling disini kebanyakan nekad2 gan,
kagag peduli keselamatan diri ama orang lain yang penting bs dapet duit banyak dr barang colongannya.
Baru liat beritanya td di tv oon emoticon-Big Grin....baguslah meledak,tp sayang kurang banyak korban yg tewasnya....harusnya semua yg lagi pada malingin minyak hangus semuanya jangan pake ada acara yg selamet emoticon-Big Grin
padahal biasanya pipa distribusi minyak itu jauh loh tempatnya dari pemukiman warga, dan biasnaya dipagerin,
kalo sampai masuk n ngambil minyak disitu berarti emang niat itu warganya emoticon-Nohope
.
jelaslah ledakannya bukan dari pipa minyak pertamina, secara kalo meledak pasti ya bakalan besar dan gak berenti nyalanya,
minyak itu baru meledak jika uapnya yang bercampur dengan oksigen dalam udara masuk kedalam range pembakaran (dan ini dimungkinkan terjadi kalau minyaknya berasal dari pipa bocor atau sengaja dibocorin) kalo minyak dalam pipa sih anteng2 aja,
.
semoga gak terulang lagi
semoga masyarakat lebih diberi penyuluhan lagi
semoga pembuat berita krosscek lagi ke orang yang kompeten
sehingga next time berita seperti ini judulnya tidak "menyudutkan" Pipa Pertamina emoticon-Smilie
goblokk kok dipelihara emoticon-Ngakak ... rasain lu nyolong kena kamanyaa
Hmm. Kurang kerjaan ni Maling ga kapok-kapoknya. Kemarin ada liat orang lagi bawa las mao motong pagar tanaman dibawah tol. Enga tau pekerja dari dinas pertamanan atau orang lagi mao nyuri besi. Uda malam lagi. Tapi kondisi jalan lagi rame ga ada yang negurin atau nanya.
lagian maling minyak sambil ngerokok, apa ga sekalian aja pake obor buat ngeliat tuh drum udah ke isi apa belom emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By takenouchi
padahal biasanya pipa distribusi minyak itu jauh loh tempatnya dari pemukiman warga, dan biasnaya dipagerin,
kalo sampai masuk n ngambil minyak disitu berarti emang niat itu warganya emoticon-Nohope
.
jelaslah ledakannya bukan dari pipa minyak pertamina, secara kalo meledak pasti ya bakalan besar dan gak berenti nyalanya,
minyak itu baru meledak jika uapnya yang bercampur dengan oksigen dalam udara masuk kedalam range pembakaran (dan ini dimungkinkan terjadi kalau minyaknya berasal dari pipa bocor atau sengaja dibocorin) kalo minyak dalam pipa sih anteng2 aja,
.
semoga gak terulang lagi
semoga masyarakat lebih diberi penyuluhan lagi
semoga pembuat berita krosscek lagi ke orang yang kompeten
sehingga next time berita seperti ini judulnya tidak "menyudutkan" Pipa Pertamina emoticon-Smilie


Tambahan ane sedikit gan...campuran udara dan bahan bakar yang berada dalam range pun tidak akan bisa terbakar (fire) atau meledak (explosive) kalau tidak ada pencetusnya (Ignitor).....ini sesuai dengan prinsip segitiga api (fire triangle).

Koreksi sedikit keterangan dari Humas Pertamina bahwa pipa minyak/gas tidak bisa meledak itu "keliru", karena banyak kejadian pipa migas yang meledak (istilah sononya "pipebursting"). Kejadian terbaru adalah meledaknya pipa minyak di Meksiko tgl 18 September 2012 yll, yang menewaskan 26 orang.

link: http://www.tempo.co/read/news/2012/0...edak--26-Tewas
menurut cerita antah berantah... udah lama n banyak kasus beginian
sekarang aja lagi apes kali.. meleduk..

mungkin dari koordinatornya nanti ngadain training HSE dulu n ada briefing singkat sebelum operasi dilakukan... emoticon-Big Grin
kalo yang mati terbakar itu malingnya syukurlah

Tuhan tidak tidur langsung disamperin tuh maling nya emoticon-Big Grin
menurut ane orang yang nyolong minyak sambil ngerokok emang pantas mati gan... udah mental kriminal, goblognya ga ketulungan lagi...
parah banget tuh, nyolong minyak dengan cara hot tapping ilegal..bener2 udah punya nyawa rangkap 10 emoticon-Cape d... (S)
nyolong minyak emoticon-Nohope
nyolong minyak sambil ngerokok emoticon-Nohopeemoticon-Nohopeemoticon-Nohope

kalo di offshore, kabel bawah laut yg dicolong. dan dijual gitu aja di toko barang bekas deket tempat kejadian emoticon-Nohope
Gitu itu yang mati ,

apa ya di sebut pahlawan ya .... emoticon-Amazed





Pahlawan per-malingan. ...... emoticon-Ngacir
Diduga Akibat Pencurian, Pipa Minyak Pertamina Meledak
salah satu korban yang kritis gan.....
kalo memang meledak karena ulah maling
maka berani berbuat harus berani bertanggungjawab termasuk resikonya emoticon-Cape d... (S)
merokok sambil nyolong minyak?
cerdas

satu dua tiga empat
yang mati malingnya ya? kalo iya sukurin
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

no comment dah gw
indon..indon
Quote:Original Posted By mr.iy
merokok sambil nyolong minyak?
cerdas

satu dua tiga empat


Dikira minyak tanah kali gan... emoticon-Thinking





Thread: Diduga Akibat Pencurian, Pipa Minyak Pertamina Meledak Reply to Thread