alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016754642/kritis-orangutan-di-rawa-tripa-tinggal-300
icon-hot-thread
(KRITIS) Orangutan di Rawa Tripa tinggal 300
(KRITIS) Orangutan di Rawa Tripa tinggal 300

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) menyita seekor orangutan dari salah seorang warga di Desa Simpang Gading, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Senin (23/4). Penangkapan Orangutan di daerah itu terus berlangsung, karena habitat binatang dilindungi di hutan gambut Rawa Tripa tersebut semakin terjepit, akibat penebangan untuk pembukaan lahan kelapa sawit. (ant/paul hilton )


Jakarta (ANTARA News) - Populasi orangutan Sumatera (Pongo Abelii) di sekitar Rawa Tripa terus menurun dan kini hanya 300 orangutan yang tersisa di kawasan yang berada di pantai barat Provinsi Aceh itu.

"Masih ada sekitar 300 orangutan Sumatera yang masih bisa diselamatkan di sekitar Rawa Tripa, di sepanjang Taman Nasional Gunung Leuser," kata Direktur Eksekutif Yayasan Ekosistem Leuser (YEL), Dr Ian Singleton.

Saat memaparkan program "Save Tripa, Save Indonesia Forest" di Jakarta, Rabu, ahli orangutan dunia itu menyatakan populasi orangutan Sumatera di seluruh wilayah Sumatera menurun drastis sejak tahun 1990.

Ia menjelaskan, tahun 1990 masih ada sekitar 3.000 orangutan Sumatera di Rawa Tripa namun perburuan liar, pembukaan lahan dan perusakan hutan telah membuat populasi orangutan menyusut menjadi sekitar 200 sampai 300 orangutan.

"Jika ini tidak segera diselamatkan, habitat mereka akan hilang dan orangutan Sumatera akan punah pertengahan tahun depan," ujar dia.

Sementara jumlah orangutan Sumatera yang tersebar di seluruh Pulau Sumatera, menurut dia, sekarang sekitar 6.700 orangutan.

"Sebagian besar habitat orangutan Sumatera terdapat di kawasan ekosistem Leuser, sepanjang pesisir barat Sumatera merupakan ibu kota orangutan Sumatera," ujar dia.

Ia menjelaskan, orangutan Sumatera merupakan jenis yang berbeda dari orangutan Kalimantan.

Orangutan Sumatera memiliki warna kulit yang lebih terang dan rambut yang lebih halus dibandingkan orangutan Kalimantan. Orangutan Sumatera juga lebih sosialis dibandingkan dengan orangutan Kalimantan.

"Hutan di Aceh masih bagus sekali. Jika hutan dirusak dan dijadikan lahan perkebunan sawit maka semua keanekaragaman hayati akan hilang. Saat ini mencari kadal dan serangga saja sulit," ujar dia.

-------------------------------

Hutan gambut Rawa Tripa yang rusak akibat pembukaan lahan kelapa sawit, betul-2 menghambat sampai titik nadir populasi orangutan, mungkin tahun depan tinggal kenangan foto-2 saja bahwa tempat ini pernah jadi hunian orangutan.

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :
peduli apa pemerintah ama hewan, ama manusia aja mereka kadang nggak perduli emoticon-Busa:
mana peduli itu pengusaha & pemerintah kpd orang utan ?

yg penting duit masuk kantong, ga peduli kalo utan sumatera dibabat abis
wah parah-[arah
epemrintah ga peduli masyrakat arah
Melindungi orang utan bukan hanya melindungi hewan juga, tapi melindungi habitat. Kalo habitat orangutan terjaga, masyarakat sekitar yang paling merasakan manfaatnya. Sumber air masih terjaga, udara masih terjaga, dan ikan-ikan pun masih banyak yang bisa ditangkap.
emang kasihan nih liat nasib orang utan,
udah rumahnya digusur ama kebon sawit, kadang mereka juga diburu kayak hama.
Andai bangsa Indonesia terlahir sebagai bangsa yang pintar & cerdas di muka bumi,... emoticon-Blue Guy Peace

Smile 

ayo kita lestarikan orang utan.. jangan sampe punah gan.. yuk gan dukung terus pelestarian orang utan..
begini kalo duit diutamakan, mw ntar lagi planet lenyap peduli apa
duit..duit..duit..kalo bsa dijual smua dijual
ntah kemana lembaga hidup di negara ini
kadang sungguh aneh liat pemerintah. Kekayaan fauna sendiri ga dihiraukan. Sampe-sampe orang asing rela datang ke Indonesia jadi relawan buat lestarikan ini orang utan. emoticon-Cape d... (S)
taro page one dong gan video dari greenpeace nihhh di mana di babat abis hutan kitaaa sama orang2 yang tidak bertanggung jawab

hutan kita abissssssss emoticon-Frown(

youtube-thumbnail
Quote:Original Posted By mancesc
peduli apa pemerintah ama hewan, ama manusia aja mereka kadang nggak perduli emoticon-Busa:



siap siap aja gan kita kena dampaknya emoticon-Big Grin pemerintah klw udah kena dampaknya baru nyahoo dahhhh
Quote:Original Posted By mancesc
peduli apa pemerintah ama hewan, ama manusia aja mereka kadang nggak perduli emoticon-Busa:


bener gan kita berdoa aja yang terbaik untuk anak cucu kita biar bisa liat orang utan jangan sampe punah tar cucu ane ga bisa liat orang utan cuman ada di google doang lagi emoticon-Frown(

Quote:Original Posted By kuuga007
mana peduli itu pengusaha & pemerintah kpd orang utan ?
yg penting duit masuk kantong, ga peduli kalo utan sumatera dibabat abis


klw kata buku orang utan yang di buat oleh ragina safitri gini kutipannya
"Isi bumi ini cukup untuk kebutuhan semua manusia tapi tidak cukup untuk 1 manusia serakah"

Quote:Original Posted By sampangetek
Melindungi orang utan bukan hanya melindungi hewan juga, tapi melindungi habitat. Kalo habitat orangutan terjaga, masyarakat sekitar yang paling merasakan manfaatnya. Sumber air masih terjaga, udara masih terjaga, dan ikan-ikan pun masih banyak yang bisa ditangkap.


hutan kita punah orang hutan pun punah karena rumahnya udah ga ada emoticon-Frown(

Quote:Original Posted By pakmomon
emang kasihan nih liat nasib orang utan,
udah rumahnya digusur ama kebon sawit, kadang mereka juga diburu kayak hama.



kita menghitung mundur gan tunggu waktu yang menjawab akibat keserakahan
emoticon-Berduka (S) Orangutan diabisin demi kelapa sawit ..
Tapi produksinya masih kalah sama malaysia yg lahannya jauh lebih sedikit. emoticon-Cape d... (S)
Gara gara Kebo migrasi ke Istana ,

Dia sudah lupa sama saudaranya yang kritis. emoticon-Metal:



Dasar Kebo ,
Nggak tau diri. emoticon-Mad:
berita kaya gini cuma muncul beberapa detik di tv kemudian menguap bgitu saja emoticon-Frown emoticon-Frown

cuma bisa membantu lewat greenpeace ane emoticon-Berduka (S)

========
Btw di Solo ada bayi orang utan yg baru lahir yg diberi nama Jokowi emoticon-Belo emoticon-Hammer
Quote:"Jika ini tidak segera diselamatkan, habitat mereka akan hilang dan orangutan Sumatera akan punah pertengahan tahun depan," ujar dia.

sangat di sayangkan binatang asli indonesia emoticon-Mewek

emoticon-Turut Berduka harus kita selamatkan mereka semua gan emoticon-Mewek
save orang utan !

mungkin ini juga dampak dari peluasan lawan sawit


emoticon-Cape d... (S)
jaman sskrg pemimpin emg udah ga ada yg bnr gan emoticon-Cape d...