alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016754083/gus-dur-tidak-pernah-minta-maaf-kepada-pki-soal-tragedi-1965
Gus Dur tidak pernah minta maaf kepada PKI soal tragedi 1965
Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum PBNU, Andi Najmi Fuaidi membantah fakta mantan Presiden RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah meminta maaf kepada korban tragedi 1965 dari pihak PKI. Menurutnya, Gus Dur hanya mengusulkan adanya forum rekonsiliasi.

"Gus Dur tidak pernah meminta maaf. Gus Dur hanya mengusulkan bagaimana ada permintaan saling memaafkan dari kedua belah pihak," ujar Andi kepada wartawan di sela acara tahlil dan doa bersama untuk ulama dan santri korban PKI di Gedung PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta, Senin (1/10).

Andi mengatakan, Gus Dur memang pernah bertemu dengan tokoh PKI untuk membicarakan persoalan rekonsiliasi. Waktu itu, Gus Dur bertemu dengan Pramoedya Ananta Toer yang meminta negara meminta maaf atas pembantaian terhadap PKI.

"Waktu itu, Gus Dur mengiyakan permintaan Pramoedya dengan syarat PKI harus meminta maaf terlebih dulu," tutur Andi.

Andi juga menyatakan, NU tidak akan meminta maaf kepada PKI. Dia bersikeras NU merupakan korban dari PKI.

"Jika ulama didesak untuk meminta maaf, itu tidak akan terjadi. Kami tidak akan meminta maaf karena NU juga korban," tegas dia.

sumber

-----------------------------------------------------------------------
Waspadalah Kader-kader PKI yang bersemayam dipartai Congor Banteng,sedang mencuci otak kaum muda,seakan-akan Mereka yang menjadi korban, padahal antara tahun 1960-65 kaum beragama lah dibantai habis oleh PKI.
bahaya laten komunis....

sangat berbahaya kalau suatu kelak akan ada darah komunis di salah satu PEMIMPIN bangsa....

ini namanya bahaya LATEN KOMUNIS

KOK MIRIP YA ESENSINYA emoticon-Repost

?>? http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16725407
Gusdur seingat saya memang tidak minta maaf pada PKI (Partai Komunis Indonesia), tetapi kepada para korban peristiwa "pembersihan" orang-orang yang dituduh komunis pasca 1965..

selain waspada pada anasir-anasir kominis, kita juga harus waspada terhadap kekader eskrimis sokongan petrodollar aramco.. emoticon-Embarrassment
yep, mestinya diangkat juga kenapa massa bisa dan mau digerakan oleh TNI buat numpas PKI...

--
"sama PKI aja kok takut"
kata Alm. Gus Dur waktu acara Kick Andy emoticon-Big Grin
Kayak nya Pernah Minta Maaf deh... cuma tanpa di sadari... Biasanya Waktu Lebaran kan sering di Ucapkan tuh... Mohon Maaf Lahir dan Batin... emoticon-Ngacir
Quote:
"Gus Dur tidak pernah meminta maaf. Gus Dur hanya mengusulkan bagaimana ada permintaan saling memaafkan dari kedua belah pihak," ujar Andi kepada wartawan di sela acara tahlil dan doa bersama untuk ulama dan santri korban PKI di Gedung PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta, Senin (1/10). Andi mengatakan, Gus Dur memang pernah bertemu dengan tokoh PKI untuk membicarakan persoalan rekonsiliasi. Waktu itu, Gus Dur bertemu dengan Pramoedya Ananta Toer yang meminta negara meminta maaf atas pembantaian terhadap PKI. "Waktu itu, Gus Dur mengiyakan permintaan Pramoedya dengan syarat PKI harus meminta maaf terlebih dulu," tutur Andi.

Andi juga menyatakan, NU tidak akan meminta maaf kepada PKI. Dia bersikeras NU merupakan korban dari PKI.


akhirnya, ada klarifikasi resmi dr pihak PBNU, akhirnya ketahuan bhw Gus Dur dkk hny ingin mengadakan rekonsiliasi, dan permintaan maaf hrs datang dr pihak PKi dkk terlebih dahulu kpd masy RI.... emoticon-thumbsup:
see... minta maaf dulu (lewat keluarganya), ntar ada minta maaf balik (juga dari keluarganya)...
Quote:Waspadalah Kader-kader PKI yang bersemayam dipartai Congor Banteng,sedang mencuci otak kaum muda,seakan-akan Mereka yang menjadi korban, padahal antara tahun 1960-65 kaum beragama lah dibantai habis oleh PKI.

kenapa semuanya jadi abu abu? zaman dulu ada tragedi para ulama kepalanya dipenggal, kata emak gue dulu ada semacam pembantaian, dulu adeknya mbah gue ampe ngumpet dirumah mbah gue yang seorang PNS sebulan. gara gara dia takut, karena dikampung kampung sebelah banyak kiayi dan ulama ketemu kepalanya udah putus tahun 60an..

lalu gue sebagai kaum muda masih meliahat semuanya abu abu.. serius abu abu.. ada user disini yang bisa menjelaskan dan share pengalaman, terutama yang hidup tahun 60an (kalau ada)
Quote:Original Posted By shilumans
yep, mestinya diangkat juga kenapa massa bisa dan mau digerakan oleh TNI buat numpas PKI...


coba baca disini om emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By SSGranadiers

-----------------------------------------------------------------------
Waspadalah Kader-kader PKI yang bersemayam dipartai Congor Banteng,sedang mencuci otak kaum muda,seakan-akan Mereka yang menjadi korban, padahal antara tahun 1960-65 kaum beragama lah dibantai habis oleh PKI.


banyak anggota masyarakat sebelum meletus G30S juga dibantai sehingga menimbulkan bara dendam melihat anggota keluarganya dibunuuh emoticon-Embarrassment
Ketika "wind of change" melanda negeri ini dan PKI menjadi musuh bersama maka para dendamers ini dengan spontan serta senang hati membantu untuk melampiaskan dendam mereka ke anggota2 PKI itu emoticon-Takut (S)

Karena saat itu ada aksi pembiaran dr aparat keamanan makanya terjadilah aksi pembantaian balas dendam secara massal oleh masyarakat yg didukung aparat keamanan emoticon-Smilie

yang jadi masalah kan banyaknya terjadi kesalahan tangan dalam melakukan aksi "pembersihan" itu
Quote:Original Posted By Uthe18
coba baca disini om emoticon-Embarrassment



banyak anggota masyarakat sebelum meletus G30S juga dibantai sehingga menimbulkan bara dendam melihat anggota keluarganya dibunuuh emoticon-Embarrassment
Ketika "wind of change" melanda negeri ini dan PKI menjadi musuh bersama maka para dendamers ini dengan spontan serta senang hati membantu untuk melampiaskan dendam mereka ke anggota2 PKI itu emoticon-Takut (S)

Karena saat itu ada aksi pembiaran dr aparat keamanan makanya terjadilah aksi pembantaian balas dendam secara massal oleh masyarakat yg didukung aparat keamanan emoticon-Smilie

yang jadi masalah kan banyaknya terjadi kesalahan tangan dalam melakukan aksi "pembersihan" itu


well said...

yang fatal juga termasuk orang yang gak ada sangkut pautnya dengan PKI, lalu difitnah dan ikut dibantai..

tapi sama sekali gak menutup fakta bahwa gak ada asap tanpa api...
nggak lagi2 deh ada PKI di negeri ini,,, emoticon-Berduka (S)
jangan ada lagi deh ekstrim2 spt pki
Quote:Original Posted By blue_danube
well said...

yang fatal juga termasuk orang yang gak ada sangkut pautnya dengan PKI, lalu difitnah dan ikut dibantai..

tapi sama sekali gak menutup fakta bahwa gak ada asap tanpa api...


yep mod, ini lah yang menjadi beban sejarah lembaran hitam bangsa saat ini emoticon-Embarrassment
klau ke-2 belah pihak gak ada yg mau saling rekonsiliasi ya susah, hingga kapanpun cuma bisa memperingati dan saling menyalahkan satu sama lain emoticon-Busa:
Di negara ini koq hampir semuanya tdk ada kejelasan ya ?
dari kisah pki,kerusuhan Mei '98, sampai kasus korupsi.
Persis Kentut, jelas Baunya,tp gak jelas dari "pantat" siapa ? emoticon-Berduka (S)
Tragedi lama emang menguak luka.
Penguasa, gimana reaksinya neh?
Tidak ada bukti kuat PKI sangat kejam seperti yg digambarkan ORBA.

Jika PKI sangat brutal, kenapa ketika mereka di bantai tidak punya kekuatan misalnya senjata atau perlawanan? Seharusnya kalau mereka sangat kejam, mereka udah mempersiapkan baik2 senjata untuk membantai tentara saat itu!

Konyolnya lagi, kenapa yg terlibat dalam G30S malah tentara kok! Bukan sipil bersenjata! Tentara juga terlibat dalam gerakan ini, alias clash dalam tubuh AD sendiri.
Quote:Original Posted By evilkyro1986
Tidak ada bukti kuat PKI sangat kejam seperti yg digambarkan ORBA.

Jika PKI sangat brutal, kenapa ketika mereka di bantai tidak punya kekuatan misalnya senjata atau perlawanan? Seharusnya kalau mereka sangat kejam, mereka udah mempersiapkan baik2 senjata untuk membantai tentara saat itu!

Konyolnya lagi, kenapa yg terlibat dalam G30S malah tentara kok! Bukan sipil bersenjata! Tentara juga terlibat dalam gerakan ini, alias clash dalam tubuh AD sendiri.


urusan kekuasaan jangan pake logika, oom...

mengorbankan teman untuk mendapat kekuasaan itu bisa terjadi...
emoticon-Hammer

urusan PKI jangan cuma dipotong starting pointnya pada G30S lah.. apa generasi sekarang sedang diusahakan untuk mengabaikan dan melupakan apa yang sudah dilakukan PKI terhadap orang2 yang gak sejalan? 1926? 1948?
Quote:Original Posted By Uthe18
coba baca disini om emoticon-Embarrassment



banyak anggota masyarakat sebelum meletus G30S juga dibantai sehingga menimbulkan bara dendam melihat anggota keluarganya dibunuuh emoticon-Embarrassment
Ketika "wind of change" melanda negeri ini dan PKI menjadi musuh bersama maka para dendamers ini dengan spontan serta senang hati membantu untuk melampiaskan dendam mereka ke anggota2 PKI itu emoticon-Takut (S)

Karena saat itu ada aksi pembiaran dr aparat keamanan makanya terjadilah aksi pembantaian balas dendam secara massal oleh masyarakat yg didukung aparat keamanan emoticon-Smilie

yang jadi masalah kan banyaknya terjadi kesalahan tangan dalam melakukan aksi "pembersihan" itu

iya, ada banyak juga dimafaatin sama org yg punya masalah pribadi/saingan bisnis misalnya langsung aja teriakin "Antek PKI !!!" emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By blue_danube
well said...

yang fatal juga termasuk orang yang gak ada sangkut pautnya dengan PKI, lalu difitnah dan ikut dibantai..

tapi sama sekali gak menutup fakta bahwa gak ada asap tanpa api...

sejarahnya udah ruwet mod, banyak yang gelap...dalang2nya juga udah pada ga ada, jd gabisa bener2 dirunut..

Quote:Original Posted By evilkyro1986
Tidak ada bukti kuat PKI sangat kejam seperti yg digambarkan ORBA.

Jika PKI sangat brutal, kenapa ketika mereka di bantai tidak punya kekuatan misalnya senjata atau perlawanan? Seharusnya kalau mereka sangat kejam, mereka udah mempersiapkan baik2 senjata untuk membantai tentara saat itu!

Konyolnya lagi, kenapa yg terlibat dalam G30S malah tentara kok! Bukan sipil bersenjata! Tentara juga terlibat dalam gerakan ini, alias clash dalam tubuh AD sendiri.


gak punya senjata ? lha parang ama golok apa ?
ada juga senjata2 dr china daratan yg udh sampe priuk* cuma blm sempet didistribusikan ke para anggotanya.
ngapain juga nuntut dibentuknya angkatan ke 5 ? mau pada kudeta kah ?


sygnya di kudeta duluan sama smiling jendral emoticon-Ngacir

*katanya

Gua harus bilang Wow gitu?

Lupa dengan Kejadian di sumur Ciro Madiun?Krasak?Ngawi?
Lupa dengan Kanigoro?
Banyak anak muda asal njeplak aja ngebela tuh PKI,
Pelajari dulu sejarah, cari sumber dua arah.emoticon-Sorry
bener, yang jadi masalah sbenarnya bukan 'penghabisan' PKI nya tapi apa iya semua yang dibantai itu beneran orang PKI
kalo bukan gimana,
bener harus ada rekonsiliasi terutama buat orang2 yagn sebenarnya ga tau apa2 trus kena fitnah trus dibantai