alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016747750/penyatuan-zona-waktu-pada-28-oktober-2012
Penyatuan Zona Waktu Pada 28 Oktober 2012
Penyatuan Zona Waktu Pada 28 Oktober 2012

"Penyatuan zona waktu Indonesia diusulkan dengan nama Waktu Kesatuan Indonesia GMT +8 atau satu Zona Waktu GMT+8 NKRI atau sebutan lainnya, yang direncanakan akan diterapkan secara nasional melalui Peraturan Presiden pada tanggal 28 Oktober 2012," kata Asisten Deputi Investasi IPTEK sekaligus Deputi Bidang Sumber Daya IPTEK Kemristek, Agus Puji Prasetyono dalam siaran persnya, Minggu (27/5/2012).

Agar penyatuan zona waktu tersebut berjalan dengan baik, Agus Puji Prasetyono menegaskan pentingnya sosialisasi di 33 Provinsi kepada pemerintah, dan masyarakat sebelum dilaksanakannya proses launching.

"Jadi sebelum tanggal 28 Oktober 2012 semua pihak yang terkait sudah harus mensosialisasikannya ke masyarakat luas,” kata Agus.

Kajian Zona Satu Waktu GMT+8 NKRI sudah dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi sejak 2004 – 2008 dengan tema penyesuaian wilayah waktu kaitannya dengan penghematan energi (Listrik). Hal ini berdasarkan isu hangat yang berkembang di masyarakat soal hemat energi, khususnya energi listrik yang kemudian menjadi Instruksi Presiden.

“Pertimbangan penyatuan zona waktu didasarkan pada pertimbangan kondisi geografis, politik, sosial budaya, ekonomi, hankam dan agama. Selain itu juga keuntungan penyatuan zona waktu akan berdampak pada penghematan energi,” kata Tim Kajian Kementerian Riset dan Teknologi, Mohammad Nur Hidayat selaku Tim kajian Kementerian Riset dan Teknologi.

sumber http://www.inilah.com/read/detail/1865386
jadinya bakal ada beneran gak nih? dr kmrn tarik ulur terus..
Sosialisai masih sangat kurang, terkesan terburu2. Hari gini aja masih adem ayem, coba tanya orang awan, pasti dia gak bakalan tau kalo waktu indonesia mau disatuin.
Terburu-buru sekali. Karena dah mau turun jabatan ya?
Biar nanti ditulis dalam sejarah ya? Mr X lah yang menyatukan zona waktu.
hahahah, ga jadi jadi nih. udah dari kapan tau. emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By 050505
jadinya bakal ada beneran gak nih? dr kmrn tarik ulur terus..


tinggal yg tanda tangan kepres atau perpres berani tanda tangan ngga?

kajian udah, usulan udah..... kl ngga berani eksekusi yaaa sama aja kayak kata jokowi : wacana wacana wacana.... akan akan akan.......
jadi atau engga nih, apa apa gak pernah jelas
Quote:Original Posted By jojocircus
jadi atau engga nih, apa apa gak pernah jelas


Ada satu hal yang jelas gan, yaitu keragu"an.
Menyatukan zona waktu kan bukan semudah yg dibayangkan, terkesan buru2 banget kalo ampe tgl 28 bulan ini udah mau dipaksa diaplikasikan..
Banyak bidang yg bakalan terganggu yg pasti...emoticon-Cape d... (S)
kayaknya kemaren udah baca berita yang nyatain batal tp dimana ya emoticon-Bingung (S)
nunggu ada yg komen "klasik" ah, ntar shalatnya gimana, masa mundur ? emoticon-Big Grin
emoticon-siul: emoticon-siul:
Quote:Original Posted By Uthe18
nunggu ada yg komen "klasik" ah, ntar shalatnya gimana, masa mundur ? emoticon-Big Grin
emoticon-siul: emoticon-siul:


itu kan yang komen gitu cuman orang ga pernah sholat tapi sok2 an peduli sama waktu sholat emoticon-Big Grin
mending dibatalkan, cz lbh banyak mudharatnya

referensi here

sebenernya yg bener itu waktu indonesia di bagi 2 aja... GMT +8 dan +9....
kalo satu waktu, waduhhhh... yg di aceh bisa mulai kerja hari masih gelap itu... emoticon-Cape d... (S)

Tapi buat kami yg di indonesia timur, penyatuan zona waktu itu jadi terasa baik... banyak manfaatnya juga, terutama sektor ekonomi... jadi coba lebih obyektif deh....
Quote:Original Posted By Uthe18
nunggu ada yg komen "klasik" ah, ntar shalatnya gimana, masa mundur ? emoticon-Big Grin
emoticon-siul: emoticon-siul:


Itu org yg pikirannya sempit terpatok pada jarum jam, jadinya lupa klo patokan waktu shalat adalah MATAHARI emoticon-Big Grin
28 Okt 2012 ,, yg bener aje . . mana ada sosialisasi nich . . tiba2 ada peraturan . .
ane sih dulu pernah bc berita ttg penyatuan zona waktu jd gmt+8, dan emang dibilang realisasinya sekitar oktober.. bener dong? emoticon-Big Grin

moga sosialisasinya cpt kesebar merata dah
yang jelas untuk saya dan daerah saya ga akan ada poengaruhnya ...
Hah?
Ane aja baru tau infonya dari trid ini, padahal sekrang dah tanggal 3 Okt 2012 emoticon-Hammer Sosialisasinya mane nih?!??????
negara besar sok2 penyatuan zona waktu... bukan melalui kajian tapi nyontoh negara lain.. kalo alasannya peningkatan produktivitas, amerika pake buanyak zona waktu juga gak ada masalah tuh......

emoticon-Hammer

yang mau SARA dengan bawa2 urusan sholat, urusan sama gw...