alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016743451/ahok-salmon-penerobos-dari-negeri-laskar-pelangi
Ahok, Salmon Penerobos dari Negeri Laskar Pelangi
Ahok, Salmon Penerobos dari Negeri Laskar Pelangi

"Kalau mau jadi pemimpin,
kombinasikanlah antara
Soekarno, Soeharto, Lee Kuan Yew,
Mahatir Mohamad dan gila"
(Pesan Ahok pada Adiknya, Basuri)

PERNYATAAN itu diungkapkan dr Basuri Tjahaya Purnama, adik Ir Basuki Tjahaya Purnama yang lebih dikenal sebagai Ahok saat saya melakukan wawancara untuk sebuah tulisan pada edisi khusus 50 Tahun majalah legendaris INTISARI, Agustus 2012 bertema Tokoh Penerobos Kebuntuan Bangsa. Dalam catatan jurnalistik saya selama hampir 14 tahun di Bangka Belitung, tercatat dua nama penerobos dari Negeri Laskar Pelangi: Ahok dan Andrea Hirata.

Saat edisi khusus INTISARI tersebut terbit, Ahok masih “berkompetisi” merebut suara masyarakat DKI sebagai calon wakil gubernur berpasangan dengan Jokowi menjadi pemimpin sejati rakyat DKI. Basuri mengaku, “Abang saya memang ‘gila’. Saya tidak bisa segila dia. Saya tahu persis, ambisinya melompat-lompat dalam karir politik itu semata-mata ingin mengabdikan diri dan menguasai APBD yang lebih besar bagi rakyat,"

Meninggalkan kursi empuk jabatan Bupati Beltim menuju kursi Gubernur Babel kemudian Anggota DPR RI menuju Wakil Gubernur DKI menurut banyak orang sebuah kerugian besar. "Kerugian pribadi itu merupakan jalan Tuhan," kata Basuri mengutip nasehat dan komen Ahok, abangnya.

Bagi Basuri, Ahok memang penerobos banyak kebuntuan di daerah ya maupun negeri ini. "Budaya bersih, antikorupsi dan transparan hingga kini menjadi budaya yang terus dipertahankan di Beltim, baik di lingkungan eksekutif maupun legislatif," kata Basuri.

Kemenangan Jokowi Ahok pada putaran pertama dan kedua menjungkir-balikkan logika politik dan berbagai survey. Agus Adaw, pejuang provinsi Babel segera mengirimkan SMS begitu hitung cepat menobatkan Jokowi Ahok menang. “Kemenangan Jokowi Ahok merupakan tamparan besar bagi politisi Bangka agar mereka cepat sadar bahwa rakyat butuh pengabdian, bukan penampilan. Ahok pengabdiannya sudah sampai di Monas” tulis Agus Adaw sambil menanyakan; politisi Bangka sampai dimana?

Berbicara lurus, ceplas-ceplos tanpa tedeng aling-aling serta membuat pipi merah dan kuping panas bagi yang terkena kritik, itulah Ahok. Politisi dari Negeri Laskar Pelangi, Belitung Timur Babel itu memang terkenal idealis, bersih, lurus, melawan arus dan paling antikorupsi.

Bagaikan refrain, kepada setiap wartawan Ahok menyatakan dirinya melawan arus. Ahok tidak sama dengan "ikan-ikan" politik lainnya yang memilih ikut arus. Jalan politik yang ditempuh Ahok adalah jalan kehidupan ikan Salmon: jalan politik melawan arus!

Ikan Salmon menetas di perairan sungai yang deras kemudian Salmon kecil itu mengarungi lautan luas untuk menyerap sari-sari kehidupan yang membuatnya menjadi Salmon dewasa. Pada satu titik naluri fase kehidupannya, Salmon dewasa itu terpanggil untuk kembali ke perairan air tawar yang deras untuk bertelur dan berkembang.

Salmon mengarungi arus sungai sejauh 1.400 km dan mendaki setinggi 2.100 km dari lautan menuju tempat di mana mereka dilahirkan. Sesudah menaruh telur-telur buat regenerasi, Salmon itu mati.


sambungan dibawah...
AHOK meninggalkan zona kehidupan nyamannya sebagai pengusaha dan memasuki perjalanan politik melawan arus, melompat-lompat, menghindari batu-batu tajam, sambaran tangan beruang politik, kuku singa laut, atau terkaman burung, berenang terus ke hulu sungai agar ia bisa bertelur menciptakan generasi yang unggul justru dalam "kematian" nya, sebuah risiko tertinggi.

"Di Indonesia, jadi pejabat (salah satunya sebagai bupati), mau tidak mau saya berhadapan dengan budaya dan kebiasaan sekitar yang korup. Jadi ada pilihan untuk saya: mau ikut arus atau melawan? Kadang memang saya berpikir untuk apa melawan arus karena kelihatannya hampir tidak mungkin bisa. Tapi kalau teringat mengapa saya pada awalnya berpolitik, saya tanpa sadar atau tidak , mau tidak mau harus melawan arus," tandas Ahok saat saya beri wawancara.

Sebagai pengusaha di tahun 1995, Ahok mengalami sendiri pahitnya
berhadapan dengan politik dan birokrasi yang korup. "Pabrik saya ditutup karena melawan kesewenang-wenangan pejabat. Saya sempat berpikir mau hijrah dari Indonesia ke luar negeri, tetapi keinginan itu ditolak oleh ayah yang mengatakan bahwa satu hari rakyat akan memilih Ahok untuk memperjuangkan nasib mereka" kata Ahok mengawali kisah hidupnya tatkala ia memilih jalan politik ikan Salmon.

Ayah Ahok, Kim Nam, dikenal sebagai dermawan di kampungnya, Gantung, Belitung Timur. Kim Nam, sang ayah memberikan ilustrasi kepada Ahok ,"Jika seseorang ingin membagikan uang 1 milyar kepada rakyat masing-masing 500 ribu rupiah, ini hanya akan cukup dibagi untuk 2000 orang. Tetapi jika uang 1 milyar tersebut digunakan untuk berpolitik, bayangkan jumlah uang di APBD yang bisa dikuasai untuk kepentingan rakyat. "

Kong Hu Cu juga menginspirasi pilihan hidup dan pilihan politik Ahok. Ajaran Kong Hu Cu bahwa "Orang miskin jangan lawan orang kaya dan orang kaya jangan lawan pejabat" serta keinginan untuk membantu rakyat kecil dalam skala besar tetapi secara pribadi tidak mampu, ditambah kefrustasiannya terhadap kesemena-menaan pejabat yang dialami sendiri, akhirnya Ahok memutuskan untuk masuk ke dunia politik di tahun 2003.

Perjalanan kehidupan Salmon itulah yang membuat seorang Ahok akhirnya 'menjelma' menjadi politikus yang di dalam pribadinya terkandung konfigurasi politikus, pemimpin, wakil rakyat dan pengusaha yang orientasinya adalah menguasai Anggaran Pendapatan Biaya Daerah (APBD) semata-mata demi kesejahteraan rakyat. Di tahun-tahun awal karir politiknya sebagai Anggota DPRD dan akhirnya Bupati Belitung Timur APBD Belitung Timur tahun 2005 mencapai 200 miliar.

“Ikan mati adalah ikan yang ikut arus. Ikan Salmon adalah ikan yang mahal karena berani berani melawan arus. Menguasai APBD bukan untuk mengorupsinya, melainkan menguasai APBD demi menolong dan menyejahterakan rakyat, " tandas Ahok.

Hidup bersih, tidak gila kunjungan kerja untuk mengumpulkan uang namun menggunakan biaya secara at cost dan mengembalikan sisanya ke bendahara DPR RI serta suara-suara vokalnya membuat Ahok cepat dikenal dan menjadi perhatian publik maupun politisi lainnya. Ia termasuk Anggota DPR RI yang tidak lupa pada kulitnya dan terus berjuang melawan arus manakala daerah pemilihannya dizholimi.

"Saya dpt kiriman sms pagi ini dari pendukung. Hari ini Pos Belitung (Harian Kompas Gramedia Group) menegakkan kebenaran atas nama Pak Ahok. Idealisme, kegigihan, dan kebenaran Bpk memerangi kemungkaran sulit dicari padanannya pada diri org lain. Adalah hal yang membanggakan Belitong memiliki seperti Bapak. Belitong, Basuki Tjahaja Purnama, Basuri Tjahaja Purnama (Bupati Belitung Timur, adik Ahok, red), Andrea Hirata (penulis Laskar Pelangi, red) beserta masyarakat dan budayanya! Pasti Singapore takut dengan kekuatan itu!" kata Ahok dalam SMSnya ketika mengkritisi perilaku elit dan pengusaha yang membuat untung tetapi rakyatnya buntung.

Terhadap lompatan-lompatan “politiknya” yang dikesankan orang sebagai " Kutu Loncat" demi kekuasaan itu Ahok yang menghayatinya sebagai "lompatan Salmon” bertutur, "Ini paling sering muncul dan jadi serangan lawan politik saya maupun orang yang belum mengenal saya. Bagi lawan politik saya, mereka sudah tidak bisa menyerang saya dari sisi integritas dan korupsi, maka inilah yang sering digunakan untuk menjatuhkan saya. Tidak masalah. Dua hal penting: pertama masalah ambisi, dan kedua, masalah oportunis.”

Buat Ahok, seorang manusia perlu punya ambisi untuk bisa sukses. “Pertanyaannya, apakah ambisi itu untuk kebaikan orang atau kepentingan sendiri. Tuduhan saya sebagai politisi oportunis menurut saya salah alamat. Secara logis kalau tujuan pegang jabatan adalah untuk mengeruk uang sebanyak-banyaknya dan menikmati hidup, lebih enak jadi bupati dulu 10 thn, kemudian baru jadi gubernur 10 thn, dan DPR/DPD10 tahun, jadi pas pensiunnya,” kata Ahok.

Ia melanjutkan, “Tapi saya masuk ke politik karena punya niat untuk MELAWAN KESEMENA-MENAAN dan PENINDASAN! Ini artinya melawan hampir semua elit. Untuk itu, strategi yang defensif dan menunggu tidak akan beres. Jika saya tidak maju merangsek dan terus melawan ke atas, hari ini saya mungkin sudah sama seperti bupati-bupati lain karena secara tidak langsung saya sudah takut untuk kehilangan jabatan.”

Terhadap bahaya “dijatuhkan atau dibuat repot bawahannya?” Ahok berkata, "Saya menemukan tiga hal. Jika kita berpolitik tanpa cacat, maka tidak ada satu orangpun yang bisa menyandera kita. Sementara itu, bawahan yang korup dan suka ber KKN akan berpikir dua kali untuk macam-macam ketika ada ancaman pemecatan, dan logikanya sederhana: lebih baik dapat sesuatu tapi sedikit daripada tidak dapat apapun. Yang pasti sebagai kepala, perlu menangkan hati rakyat. Ketika rakyat dibelakang kita sebagai kepala, maka kita punya fondasi yang kuat untuk berhadapan dengan siapapun yang merugikan rakyat.”

Ahok dan karir politiknya membawanya ke Ibukota dan menjadi buah bibir saat berpasangan dengan Jakowi menjadi calon gubernur DKI. Warna politik pelangi dan kebangsaan kental mewarnai perjalanan tema-tema kampanyenya. Spirit perubahan ketika bangsa ini galau digelorakan Ahok agar bangsa ini menuju kehidupan yang baru.

"Saya melihat Indonesia betul-betul sudah pada titik persimpangan lagi dan butuh suatu perubahan yang cepat dan menyeluruh. Perlu ada contoh satu provinsi untuk bisa jadi model bagi daerah-daerah lain. Jika di Babel, saya melihat sulit karena Babel terlalu kecil dan nanti dianggap tidak bisa dijadikan contoh. Seperti semua program-program saya di Beltim tidak pernah muncul dan tersosialisasi," katanya saat ditanya kerinduan terdalamnya kenapa menjadi kandidat wakil gubernur DKI.

Ahok melanjutkan, "Ingat hampir 80% pemberitaan media itu terkait kejadian di Ibukota. Saya juga ingin menunjukan bahwa berpolitik tanpa politik uang tapi dengan mengajar dan mendidik masyarakt bisa berhasil di tempat seperti DKI sekalipun dan ini bisa dijadikan model dan standard berpolitik yang baru! Yang tidak kalah pentingnya adalah saya ingin membuat standard baru bagi seorang pemimpin dan ini bisa dilakukan dengan melakukan perlawanan di DKI. Pemimpin harus bersih (bebas korupsi dan berani buktikan harta dan pajaknya), transparan (siap membuka semua anggaran utk publik), dan profesional (bisa diakses langsung dan setiap saat dengan menyediakan nomor HP pribadinya)."

Salmon Ahok akan terus berenang melawan arus politik kotor, melawan arus korupsi yang menghanyutkan dan terus setia melawan primordialisme yang membelenggu bangsa ini. Bagi Ahok Bangsa Indonesia masih memerlukan pembebasan bagi kemerdekaan sejati. Semoga!

Penulis : agus_ismunarno
Editor : andri
Sumber : bangkapos.com
http://bangka.tribunnews.com/2012/09...laskar-pelangi

semoga aja ikan salmon, semakin jauh melawan arus.
Pak Ahok ternyata kayak gue... Hobby Nonton NatGeoWild dan Animal Planet... emoticon-Ngacir
mantap deh ahok....
mudah2an ngga berhenti karir politiknya cuman jadi wagub dki...
Quote:Original Posted By muk4onta

semoga aja ikan salmon, semakin jauh melawan arus.



Hati2... Biasanya Kawanan Beruang Sukak Menghadang Ikan Salmon Loh gan... emoticon-Ngacir

Ahok, Salmon Penerobos dari Negeri Laskar Pelangi

Ahok, Salmon Penerobos dari Negeri Laskar Pelangi
males baca gan dipersingkat lagi aja
Jokowi / Ahok = Satria Piningit emoticon-I Love Indonesia (S)
Trus gw hrus bilang wow gitu ama sikap oportunis / gak amanah

Terlalu banyak dongeng.. dan bias karena pemenng boleh pesen apapu sejarahnya..

ANe mah yg nyata2 aja.. Liat terobosannya deh.. spektakuler gak.. atau malah lemah syahwat krena besar oleh pencitraan
mantep nih bapak ahok, figur kek gini nih yg diperluin sama indonesia
Quote:Original Posted By Bazredd
Trus gw hrus bilang wow gitu ama sikap oportunis / gak amanah

Terlalu banyak dongeng.. dan bias karena pemenng boleh pesen apapu sejarahnya..

ANe mah yg nyata2 aja.. Liat terobosannya deh.. spektakuler gak.. atau malah lemah syahwat krena besar oleh pencitraan


sambil koprol juga yahemoticon-Big Grin

di beltim mongkin memang oke,dijakarta??
kota yang sangat hebat dengan hasil kerukan super dari daerah lain???

belon lagi hotel keluarganya yang sangat mantep dan para centengnya yang suka menggiring opini dan membentur benturkan masalah agama

lihat doloemoticon-army:
Mahatir Mohammad emang gak kalah keren dari Soekarno....
Saia takut ahok menjadi satrio wirang.
Quote:Original Posted By Bazredd
Trus gw hrus bilang wow gitu ama sikap oportunis / gak amanah

Terlalu banyak dongeng.. dan bias karena pemenng boleh pesen apapu sejarahnya..

ANe mah yg nyata2 aja.. Liat terobosannya deh.. spektakuler gak.. atau malah lemah syahwat krena besar oleh pencitraan


ga amanah ?? pffftt .. dia rela ngelepasin jabatan sebagai bupati dan maju sebagai gubernur di bangka belitung itu dengan satu tujuan, buat masyarakat di sana, dan masyarakat di sana tau itu sehingga dia menang .. kalau aja ga di curangi pasti dah jadi gubernur babel dia.

pas bupati :
1. bikin sistem kesehatan secara asuransi utk setiap warga
2. bikin pendidikan gratis, bahkan buat yg berprestasi di kirim ke jakarta buat kuliah
3. jalanan di perbaiki semua
4. pemotongan uang transportasi sendiri untuk di masukkan ke anggaran kesehatan
5. terbuka dan mau menerima tamu

tujuan mo jadi gubernur aslinya adalah karena proposal yang dia buat bersama dengan gubernur lama tidak di terima oleh gubernur yang baru, tau proposalnya apa ? proposal untuk kesehatan warga yang lebih baik lagi ..

Quote:Original Posted By Cloningan MALON


sambil koprol juga yahemoticon-Big Grin

di beltim mongkin memang oke,dijakarta??
kota yang sangat hebat dengan hasil kerukan super dari daerah lain???

belon lagi hotel keluarganya yang sangat mantep dan para centengnya yang suka menggiring opini dan membentur benturkan masalah agama

lihat doloemoticon-army:


kalau gw liat mah, semua problema jakarta ga bisa di atasi dan kalau perlu di pelihara gubernur lama, semoga aja gubernur baru bisa membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga ga ada lagi yang perlu ngemis atau menjual diri buat cari uang.
Quote:Original Posted By vallubee
Saia takut ahok menjadi satrio wirang.


jangan pesimis gan,,
doakan aja biar ahok sukses merubah jakarta dgn berduet sama jokowi
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Pak Ahok ternyata kayak gue... Hobby Nonton NatGeoWild dan Animal Planet... emoticon-Ngacir


pantesan suka loncat2 kalau kasih berita, dulu berita politik sekarang kebanyakan berita selangkangan. ntar loe dimarahin penggemar nasbung lho...emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Bazredd
Trus gw hrus bilang wow gitu ama sikap oportunis / gak amanah

Terlalu banyak dongeng.. dan bias karena pemenng boleh pesen apapu sejarahnya..

ANe mah yg nyata2 aja.. Liat terobosannya deh.. spektakuler gak.. atau malah lemah syahwat krena besar oleh pencitraan


pasti perantau dari luar yang ada di babel.
semoga terus berjaya ko ahok, hebat ente emoticon-I Love Indonesia (S)
maju terus untuk pak ahok!!
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Pak Ahok ternyata kayak gue... Hobby Nonton NatGeoWild dan Animal Planet... emoticon-Ngacir


berarti ente nanti juga bakal jadi wagub dki emoticon-Embarrassment
semoga saja apa yang sudah terjadi dapat diaplikasikan di jakarta, selamat bekerja Pak Jokowi dan Pak Basuki,,,,,
×