alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016739253/rencana-demo-besok-ini-tuntutan-buruh
Breaking News! 
icon-hot-thread
Inilah Tuntutan Para Buruh
Rencana Demo Besok, Ini Tuntutan Buruh

Sebanyak tiga juta pekerja rencananya akan melakukan demonstrasi dan mogok massal di seluruh Indonesia besok, Rabu 3 Oktober 2012. Aksi tersebut dilakukan guna memperjuangkan hak-hak pekerja.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengungkapkan, ada beberapa tuntutan buruh yang akan disuarakan. Antara lain, hapuskan outsourcing, tolak upah murah, jalankan jaminan sosial kesehatan masyarakat pada 2014 dan bukan 2019, serta iuran jaminan kesehatan tetap dibayar pengusaha, serta berantas korupsi.

"Kami juga sudah konsolidasi total. SPSI oleh Andi Gani, saya KSPI sama SBSI dan federasi lain. Massa bisa lebih dari tiga juta orang. Bisa lumpuh total besok Jabodetabek," ujar Said di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa 2 Oktober 2012.

Terkait dengan outsourcing, dia melanjutkan, draf peraturan baru yang mempertegas undang-undang penghapusan aturan itu masih kurang mengakomodasi keinginan buruh, sehingga demonstrasi akan tetap dilakukan.

"Ya, ada draf baru dari Kemenakertrans membingungkan. Tidak to the point bahwa sistem outsourcing yang tidak sesuai UU dicabut," tambahnya.
Pemerintah, menurut dia, melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, meminta waktu satu pekan kepada para pekerja untuk mengurungkan niatnya guna melakukan demonstrasi tersebut.

Namun, dia mengatakan, hal tersebut bisa saja dilakukan jika pemerintah dapat memenuhi permintaan pekerja tersebut. "Tapi, tampaknya tidak mungkin menunda, karena jawaban dari pemerintah belum pasti," ujar Said.

Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, mengatakan, pihaknya dan para pekerja telah menyepakati akan membuat peraturan menakertrans guna mempertegas UU penghapusan outsourcing.
Dalam permen tersebut, dia melanjutkan, outsourcing hanya diperkenankan untuk lima bidang pekerjaan. Yaitu, cleaning service, keamanan, transportasi, catering, kemudian pemborongan pertambangan.

"Sudah ada kesepakatan dengan buruh, itu memang boleh dan diatur UU," tambahnya.
Untuk itu, dia berharap, aksi demonstrasi tersebut diurungkan oleh para pekerja. Muhaimin lebih mengedepankan dialog kedua pihak, jika masih ada masalah yang harus diselesaikan.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, MS Hidayat, menilai tidak ada yang salah dengan rencana buruh melakukan aksi mogok massal tersebut. "Ini negara demokrasi dan mereka berhak untuk berekspresi," ujarnya di tempat terpisah.
Walaupun membebaskan aksi demonstrasi tersebut, Hidayat mengingatkan tidak boleh juga ada paksaan bagi yang tidak ingin berdemo.

Dia juga berpendapat, semua isu yang diangkat oleh buruh selama ini, seperti isu kenaikan upah, badan penyelenggara jaminan sosial, dan outsourcing adalah hal-hal yang bisa diselesaikan di meja perundingan tanpa memerlukan demonstrasi.

"Tapi, karena kita negara penganut demokrasi, mereka punya hak untuk berdemo, itu fair, tidak ada yang melarang," kata Hidayat. (art)


EMBER
Spoiler for curhatan TS:

Quote:Original Posted By caramelized90
ahahahahah 3.5jt / bulan..... nuntutnya ga kira2 om!..... gaji fresh graduate di jakarta aj banyak yang ga sampe 3 / bulannya.....

kalaupun dikasih 3,5/bulan, kualitas kerjanya gmn ?? kalo sama2 aj sh masa depan ente yang bkal bahaya karna, semua investor bkal lari dan lapangan pkerjaan makin berkurang.

daripada nuntut terus mending tingkatin kinerja dulu sampai maksimal, kalau udah maksimal tapi masih ga dihargai baru deh nuntut. jangan karna ini negara demokrasi lantas jadi manja, dikit2 nuntut.. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By lonelicious
kalo ane sih kasih aja 3,5 jt
TAPI
-tunjangan makan dihapus
-tunjangan transport dihapus
-tunjangan lain2 dihapuskan
-gax ada lembur, yang ada loyalitas emoticon-Big Grin

jadi gaji segitu tiap bulan utuh, sama aja bukan??emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By enengmara
3,5JT/bulan hanya trik permintaan aja gan...
buruh minta naik 3,5jt paling dikasih ama APINDO 2JT
buruh minta naik gaji 2jt dikasih ama APINDO 1jt
Jikalau buruh minta naik 100rb , itupun dah nett ama APINDO PASTI DITAWAR LAGI PAKE AFGAN LAGI

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By adif192000
buat agan2.. tolong bicara pake hati nurani.
sebenernya mereke tidak mau menjadi buruh.namun keadaan yg memaksa.mereka tidak punya duit untuk kuliah lagi.
saya pun seorang buruh,kita sharing aja disini.
saya seorang buruh di perusahaan terkemuka yg bergerak dibidang otomotif
banyak temen2 saya yg kerjanya sudah 15~20thn gajinya baru sekitar 2,5jtaan.
umr kita disini didaerah bogor hanya 1,3jt, paling tinggi di bekasi 1,8jt, coba kita lirik ke tetangga sebelah, dimalaysia sudah USD 500 (atau sekitar 4,5jt) , std umr indonesia paling murah se asia tenggara bahkan lebih kecil dari vietnam.
bayangin aja kalo udah punya keluarga dengan gaji selama 20thn segitu,mau beli motor aja ngeredit itupun demi menghemat ongkos naek kendaraan umum,beli rumah hanya mampu membeli type RSSS bgt itupun ngutang selama 15thn.belum untuk menghidupi keluarga,bayar sekolah anak,
segitu perusahaan otomotif , gimana yg kerja di garmen.
nasib kami miris bgt,jauh dr sejahtera, kita tidak ingin bercita2 jadi buruh, namun keadaan yg memaksa kami, apasalahnya kami menuntut kesejahteraan, toh yg kita tuntut pun masih dibawah negara tetangga kita.
Quote:Original Posted By raisaputeri
Seharusnya gaji buruh lebih gede dari PNS,
Quote:Original Posted By cmsonlineshop
sebenarnya sah-sah saja karyawan meminta kenaikan gaji atau peningkatan taraf hidup,

cuma apakah pernah dipikirkan implikasi dari semua itu?

sebagai contoh perusahaan manufacturing motor

(jumlah karyawan 20.000 karyawan)
(jumlah produksi motor = 200.000/bulan)

apabila perusahaan menyetujui kenaikan gaji
misalnya gaji sebelumnya 2jt menjadi 3.5jt jadi ada kenaikan 1.5jt

total sebulan saja perusahaan harus mengeluarkan

1.5jt x 20.000 karyawan = 30.000.000.000


sementara produksi motor tetap (200.000 motor) - karena kenaikan gaji sangat sangat kecil berpengaruh besar terhadap kenaikan produsi perusahaan

jadi total
rp 30.000.000.000 / 200.000 motor

perusahaan harus meningkatkan harga jual 150.000 / motor

itu baru hitungan kasar, pada implementasinya jumlahnya mungkin akan berganda

hal ini akan menyebabkan motor tersebut menjadi mahal dan turun di penjualan, sementara pesaing yang lain mungkin akan merebut pangsa pasar tersebut akibat kenaikan harga jual

dengan lesunya penjualan, akan menyebabkan tingginya tingkat persediaan, yang menyebabkan tingginya biaya produksi

dengan tingginya biaya produksi dan lesunya penjualan dan banyaknya persediaan maka perusahaan mau nga mau melakukan PHK untuk menyesuaikan tingkat produksi mereka

kalau masih tidak ada solusi mungkin mereka akan cabut dari INDONESIA, itulah yang terjadi dengan industri sepatu kita.

Padahal SDM indonesia itu banyak, kalau menganggur nanti tingkat kriminal tinggi dll, biaya sosial tinggi.

padahal belum tentu buka pabrik itu pasti untung, banyak yang tetap mempertahankan pabrik demi alasan hanya untuk membuka lowongan kerja atau hanya BERTAHAN menunggu kesempatan / perubahaan siapa tau suatu saat perekonomian bisa lebih baik.

ane buruh gan
ane dukung perjuangannya gan
tapi jangan ada anarki
jangan ada maen sandera
kasian yg disandera sesama buruh
hati hati ada provokator

ini jalan alternatip kalo agan agan kejebak macet

1. Untuk kendaraan yang akan mengarah ke Cibitung Kawasan Jababeka I - Pertigaan Jababeka II - Bundaran Patung Kuda - Perempatan Pecenongan - Kawasan Jababeka II Blok FF - Jalan Inspeksi Kalimalang - Bundaran Pertamina Tegal Gede - Arah Cibitung via Jalan Inspeksi Kalimalang (atau bisa langsung mengambil alternatif melalui jalur pantura).

2. Untuk kendaraan yang akan mengarah tol via Pintu Tol Cikarang Pusat Kawasan Jababeka I - Pertigaan Jababeka II - Bundaran Patung Kuda - Perempatan Pecenongan - Kawasan Jababeka II Blok FF - Jalan Inspeksi Kalimalang - Tegal Danas - Delta Mas --Pintu Tol Cikarang Pusat

3. Untuk kendaraan yang akan mengarah Lippo Cikarang Kawasan Jababeka I - Pertigaan Pasir Gombong - Perempatan Jurong - Bundaran Jababeka Golf - Pertigaan Movieland - Jalan Cilemahabang - Jalan Inspeksi Kalimalang - Jembatan Cibatu - Bundaran Jalan Sriwikaya Lippo Cikarang.
semoga honor & outsource dihapuskan.

guru-guru honorer yang digaji 150-800/bulan segera diangkat.
info dulu agan....
Selasa, 1 Mei 2012 10:37 wib
"Kami Cuma Minta Gaji Rp3,5 Jt/Bulan"


JAKARTA - Empat kado untuk menaikkan kesejahteraan buruh yang akan diberikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dinilai tidak akan banyak berpengaruh. Buruh menuntut kenaikan gaji minimum Rp3,5 juta per bulannya.

"Kado itu tidak berpengaruh. Karena enggak semua buruh akan mendapatkannya. Kami hanya minta gaji buruh minimal Rp3,5 juta per bulan. Itu saja sudah cukup," ujar ketua Federasi Serikat Buruh Indonesia Obon Tabroni ketika dihubungi Okezone, Selasa (1/5/2012).

Dalam memperingati hari buruh internasional 1 Mei, atau May day, para buruh menggelar aksi di berbagai titik untuk meminta sistem outsourcing dihapus, undang-undang BPJS segera direalisasikan, 1 Mei dijadikan hari libur nasional, dan mencabut permenakertrans nomor 17 tentang kebutuhan hidup.

Sebagai informasi, pemerintah tengah mengkaji empat kebijakan untuk memperbaiki kesejahteraan buruh. Pertama, penghasilan tidak kena pajak (batasannya naik) dari Rp1,3 juta menjadi Rp2 juta.

Kedua, pembangunan rumah sakit untuk para buruh. Ketiga, transportasi murah bagi buruh untuk kawasan industri, dan keempat adalah pembangunan rumah murah untuk buruh.

"Enggak semua orang mendapatkan 'kado' itu, karena itulah kita tersebar diberbagai titik (Bundaran HI, Istana Presiden, Gelora Bung Karno dan rencananya akan ke depan gedung DPR-RI), kita akan tetap menuntut hak kita sebagai buruh,” ungkap Obon.\t (wdi)
sumber :
http://economy.okezone.com/read/2012...rp3-5-jt-bulan

apakah pemerintah memenuhi permintaan buruh
Jangan anarkis dan bikin macet yaaa..


mmuahhh...
rata-rata demo bikin macet sih pasti. dan anarkis juga kayaknya ga bakalan lepas dari kebiasaan mereka. Itu 3,5juta/bulan gede amat gan? emoticon-Cape d... (S)




Spoiler for Powerbank | GLOWSTICK | Aquarium mini | Bookcover Galaxy tab:
ngimpi lo gaji minimal 3,5 juta?
wirausaha rugi lah!
wew gaji 3,5jt sebulan. gaji gw aja ga sampe 3/4 dari itu T_T. trus mau jual brg hasil produksinya brp tuh emoticon-Blue Guy Peace
Woanjiiiiiiiirrrrr....3,5 juta per bulan ???
ini ga lagi ngelawak kan yah tuntutannya ???
nuntut sih nuntut,tapi jangan semena mena begini dong....
pantesan tuntutannya kaga pernah dikabulin,lha wong tuntutannya amazing banget emoticon-Cape d... (S)

noted : ane juga buruh gan emoticon-Peace
melawak emoticon-Ngakak (S) masa minta gaji pegawai bank.
klo berskill udah jadi mandor gaji 3-4 jt an.

yang aneh tuh buruhx2 di tempat bokap gw, ditawarin blajar skillx2 baru ama mandornya supaya dia bisa diangkat jadi mandor untuk training orang baru, udah dibilang bakal di naikin ke gaji mandor, kaga mau dia bilangnya takut salah, lahh.

susah cari orang yang mau blajar emoticon-Cape d... (S)
Kami Cuma Minta Gaji Rp3,5 Jt/Bulan"


itu duit nenek moyangmu apa ? lagian kalo dikasihpun taun depan mereka bakal minta naik lagi......Kalo penanam modal dah pada kabur baru tau rasa.....

Menurut ane itu demonstran yg mau mensweeping buruh yg gak demo supaya ditembak ditempat....demo gak usah memaksa orang lain utk turut serta...emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:Original Posted By masmancung
info dulu agan....
Selasa, 1 Mei 2012 10:37 wib
"Kami Cuma Minta Gaji Rp3,5 Jt/Bulan"


JAKARTA - Empat kado untuk menaikkan kesejahteraan buruh yang akan diberikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dinilai tidak akan banyak berpengaruh. Buruh menuntut kenaikan gaji minimum Rp3,5 juta per bulannya.

"Kado itu tidak berpengaruh. Karena enggak semua buruh akan mendapatkannya. Kami hanya minta gaji buruh minimal Rp3,5 juta per bulan. Itu saja sudah cukup," ujar ketua Federasi Serikat Buruh Indonesia Obon Tabroni ketika dihubungi Okezone, Selasa (1/5/2012).

Dalam memperingati hari buruh internasional 1 Mei, atau May day, para buruh menggelar aksi di berbagai titik untuk meminta sistem outsourcing dihapus, undang-undang BPJS segera direalisasikan, 1 Mei dijadikan hari libur nasional, dan mencabut permenakertrans nomor 17 tentang kebutuhan hidup.

Sebagai informasi, pemerintah tengah mengkaji empat kebijakan untuk memperbaiki kesejahteraan buruh. Pertama, penghasilan tidak kena pajak (batasannya naik) dari Rp1,3 juta menjadi Rp2 juta.

Kedua, pembangunan rumah sakit untuk para buruh. Ketiga, transportasi murah bagi buruh untuk kawasan industri, dan keempat adalah pembangunan rumah murah untuk buruh.

"Enggak semua orang mendapatkan 'kado' itu, karena itulah kita tersebar diberbagai titik (Bundaran HI, Istana Presiden, Gelora Bung Karno dan rencananya akan ke depan gedung DPR-RI), kita akan tetap menuntut hak kita sebagai buruh,” ungkap Obon.\t (wdi)
sumber :
http://economy.okezone.com/read/2012...rp3-5-jt-bulan

apakah pemerintah memenuhi permintaan buruh


hah beneran tuh nuntut gaji 3,5jt perbulan??
masih banyak lulusan s1 di kota2 besar dgn gaji 2,5jt kebawah tpi masih bisa bersukur!!....

sory tpi seandainya dgn gaji 3,5jt/bulan worth it ga dgn kualitas buruh2 tersebut!?

yg ada para pengusaha cabut investasi dari indonesia ke negara yg gaji buruhnya masih kecil, nah kalo dah gitu yg ada malah gigit jari dah buruh disini!!
kerjaannya demo mulu... kapan kerjanya?
Ngawur aja enete2 pada...Kalo ane kagak mau ngasih ente2 mau ape? mw mogok terus? Ane pecat2in semua tuh kalian...
Ane masih bisa makan setaon 2 taon lagi...nah ente?
Quote:Original Posted By LemonPahit
ngimpi lo gaji minimal 3,5 juta?
wirausaha rugi lah!


mampu gan sebenernya pengusaha bayar segitu,,
keknya susah kalo 3,5 jt, tergantung lokasi juga sih...
3,5jt sebulan???....hehe2 jangan heran yah kalo owner pabrik pada kabur karena tuntutan itu....sebenernya ada sih buruh yg udh mencapai 3,5jt sebulan,tp tergantung tingkatan & lemburan yg sebulan full gan emoticon-Big Grin....demo dah sono kalo perlu blokir istana dr berbagai penjuru,ane cuma bilang semoga berhasil lah...dr ane yg mantan buruh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By caddrafter
mampu gan sebenernya pengusaha bayar segitu,,


Gak lah bro, gak mampu!

Programmer fresh graduate aja gajinya segitu, sekitar 3.5 juta, dengan skill yang lumayan. Dan programmer termasuk pekerjaan yang gajinya bagus, dibandingkan dengan pekerjaan-pekerjaan lain.

Banyak teman saya, yang lulusan IT, gajinya masih dibawah 3 juta. Ada juga yang masih dibayar sesuai UMR emoticon-Hammer

Mengapa outsourcing itu buruk bila dihilangkan?
- Perusahaan selama ini menganggap buruh sebagai variable labour cost, yang bisa naik/turun seiring dengan demand produknya. Jadi ya memang masa depan tidak jelas, tapi fleksibel bagi perusahaan.

- Bila dipaksa menjadikan sebagai pegawai tetap, perusahaan mungkin akan lebih memilih untuk melakukan otomatisasi mesin (robot) yang biaya investasinya mahal, tapi bisa lebih murah kedepannya.

- Bila dipaksa sebagai pegawai tetap, perusahaan akan menetapkan standar-standar kerja tertentu yang tinggi, yang belum tentu bisa dipenuhi oleh seluruh buruh. Akan ada banyak buruh yang dipangkas.

- Perusahaan hanya akan memilih buruh yang terbaik, sehingga banyak buruh yang dipangkas, dalam rangka menghemat biaya.

- Labour cost yang tinggi, tidak menarik bagi investor. Ambil saja contoh China, bahkan perusahaan Barat banyak yang mem-produksi di China.

- Harga-harga barang akan meningkat, dan sesuai dengan hukum, pasti demand akan menurun. Demand yang menurun akan mengakibatkan pabrik menurunkan produksi. Penurunan produksi berarti penurunan variable cost, salah satunya adalah labour cost. Solusinya bagi perusahaan? Layoff.
Quote:Original Posted By caddrafter
mampu gan sebenernya pengusaha bayar segitu,,


iya pengusahanya mampu,dengan menaikkan harga barang
3,5jt? kayaknya nggak mungkin deh .. perusahaan bisa gulung tikar semua ... jangan kan naik gaji ... kerjaan bisa nggak ada gan emoticon-Hammer2
×