alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016729054/pemerintah-tak-berani-hapus-bbm-subsidi-meski-banyak-diselundupkan
Pemerintah Tak Berani Hapus BBM Subsidi Meski Banyak Diselundupkan
Quote:BBM subsidi senilai ratusan triliun, hampir 74% salah sasaran dan tak dinikmati orang miskin, bahkan kerap diselundupkan ke industri. Tapi pemerintah tak mau menghapus subsidi BBM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah berpandangan rakyat masih membutuhkan BBM subsidi.

"Saya tetap beranggapan rakyat harus diberi subsidi BBM," kata Hatta seusai menghadiri rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR yang diadakan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2012).

Menurut Hatta, hingga sampai saat ini rakyat Indonesia masih memerlukan BBM subsidi. "Rakyat Indonesia masih memerlukan subsidi BBM, tetapi kalau BBM itu harusnya kepada rakyat yang memerlukan subsidi, yang tidak boleh itu adalah orang yang tidak berhak menggunakan subsidi," ujar Hatta.

Tapi kenyatannya, saat ini struktur pemberian subsidi masih kurang baik, untuk itu pemerintah akan merestruktur penerima subsidi, jadi nantinya yang boleh menikmati subsidi hanya yang berhak misalnya untuk transportasi umum.

"Yang tidak tepat saat ini adalah merestruktur penerima subsidi, jadi yang tidak berhak malah menikmati subsidi. nanti kedepannya pemerintah akan memperbaiki sturktur penerima subsidi, jadi yang boleh misalnya hanya transportasi umum, serta penggunanya yang tidak mampu itulah yang harus disubsidi," ucapnya.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) pernah menyatakan soal dugaan penyelundupan BBM subsidi sebanyak 1.700 kiloliter (KL) atau kira-kira setara 170 truk tangki BBM di Kalimantan Selatan yang tidak sampai ke SPBU.
Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto pernah mengatakan, subsidi BBM tidak tepat lagi. Harga seliter BBM subsidi yang lebih murah dari 1 botol air mineral, sudah tidak masuk akal.

Menurut Suryo, subsidi energi (BBM dan listrik) yang mencapai hampir Rp 300 triliun dinilai terlalu besar, dan habis hanya untuk dibakar.

"Bayangkan kalau Rp 300 triliun tersebut dialihkan ke infrastruktur dan pendidikan. Banyak yang merasakan dampaknya, seperti pembangunan infrastruktur efeknya akan menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan geliat ekonomi, dan pengusaha pastinya akan memanfaatkannya juga. Bandingkan dengan subsidi BBM dan listrik saat ini, ya yang menikmati kita-kita ini (pengusaha) dan orang mampu," paparnya.

Bahkan Menteri ESDM Jero Wacik mengakui, selama ini penyelundupan BBM subsidi makin banyak karena harga BBM subsidi yang terlalu murah yaitu Rp 4.500 per liter dibandingkan BBM non subsidi sekitar Rp 9.700 per liter.

Jero Wacik tak menampik adanya penyelundupan BBM subsidi. Bahkan menurut Jero, aksi penyelundupan BBM subsidi makin banyak walaupun sudah banyak yang tertangkap. Hal ini salah satunya disebabkan oleh makin lebarnya perbedaan harga antara BBM subsidi dengan BBM non subsidi.

"Kita sudah tangkap mereka, tapi yang menyelundup makin banyak lagi, semakin banyak akal-akalan mereka", kata Jero.


Dari dulu ane sudah merasa mending BBM Subsidi ditiadakan saja, mending duitnya untuk menyediakan serta mensubsidi angkutan umum yang berkualitas dan membangun infrastruktur

mendingan BBM dengan harga subsidi HANYA untuk truck barang, angkutan umum serta kereta api.......

BBM subsidi hanya membuat produsen otomotif keenakan karena bisa terus menjual kendaraan mereka selain itu masyarakat jadi makin manja...

[URL="http://finance.detik..com/read/2012/10/01/150625/2049618/1034/pemerintah-tak-berani-hapus-bbm-subsidi-meski-banyak-diselundupkan"]http://finance.detik..com/read/2012/10/01/150625/2049618/1034/pemerintah-tak-berani-hapus-bbm-subsidi-meski-banyak-diselundupkan[/URL]
Kalau BBM bersubsidi dihapus nanti banyak mahasiswa yg ngamuk-ngamuk karena ongkos buat dugem, hangout, nongkrong, ngapel dan malam mingguan makin mahal emoticon-Malu (S)
emoticon-Forum Music

...BBM naik tinggi, susu tak terbeli

orang pinter tarik subsidi, anak kami kurang gizi...

emoticon-Forum Music
Disitulah perputaran uang besar terjadi gan,kalo sampe ada yg berani kutak-kutik....bisa2 diceburin ke kapal tangker bbm emoticon-Ngakak (S)
Takut popularitasnya turun gan....





waktunya sarapan...
Subsidi adalah kewajiban negara terhadap rakyatnya jadi sah-sah aja negara memberikan subsidi kerakyatnya
untuk kasus BBM seharusnya harga BBM subsidi dengan non subsidi disparitas harganya jangan terlalu tinggi tetapi dengan kualitas BBM subsidi di tingkatkan dari yang sekarang
Quote:Original Posted By japek
Dari dulu ane sudah merasa mending BBM Subsidi ditiadakan saja, mending duitnya untuk menyediakan serta mensubsidi angkutan umum yang berkualitas dan membangun infrastruktur

BBM subsidi hanya membuat produsen otomotif keenakan karena bisa terus menjual kendaraan mereka selain itu masyarakat jadi makin manja...


Ketemu lagi gan...

Kali ini ane setuju sama ente.

Aturan yg begini makin banyak celah untuk hal-hal yang tidak bagus efeknya.

Quote:Contohnya:

Mobil plat merah harus pake pertamax dan mendapatkan uang beli pertamaxnya dari anggaran pemerintah. Disini terdapat celah, anggaran itu dibelikan saja buat ngeborong minyak dari pengecer yg cuma Rp. 5.000,- /liter. Sisanya...??? Jawab aja sendiri...
Quote:Original Posted By faruq.abidin
Ketemu lagi gan...

Kali ini ane setuju sama ente.

Aturan yg begini makin banyak celah untuk hal-hal yang tidak bagus efeknya.


mau gimana lagi coba? disini kan orang-orangnya pinter memuntir aturan....

apalagi masyarakat sensitif banget dengan hal ini....
Quote:Original Posted By japek
mau gimana lagi coba? disini kan orang-orangnya pinter memuntir aturan....

apalagi masyarakat sensitif banget dengan hal ini....


Kalu gak pinter memuntir aturan, mana bisa kaya gan...hehe

Masyarakat mah biarin aja, asal uang ngumpul...
(katanya buat ngembaliin modal plus keuntungan dari modal yg dikeluarkan)
Quote:Original Posted By lonelyandsadkid
Kalau BBM bersubsidi dihapus nanti banyak mahasiswa yg ngamuk-ngamuk karena ongkos buat dugem, hangout, nongkrong, ngapel dan malam mingguan makin mahal emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak
orang2 kek gitu yang harga BBM mo dinaekin Rp1500/ltr aja dah pade teriak sekencang2nya ditambah anarkis, tapi klau ada "gesekan" dengan Malaysia dan Australia sok minta ngajakin perang ? emoticon-Cape d... (S)
naik 1500 aja ngamuk gimana perang ? dimana BBM diprioritaskan buat militer sehingga BBM langka dan harganya mengikuti hukum pasar emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By moyyo32
Takut popularitasnya turun gan....
waktunya sarapan...


padahal apa coba yg ditakutkan ?
2014 dah GAK BISA menjabat lagi
2014 diyakini Demokrat jadi partai gurem

NOTHING TOLOSE tokh ? sayang memang banyak pertimbangannya emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By Uthe18
emoticon-Ngakak
orang2 kek gitu yang harga BBM mo dinaekin Rp1500/ltr aja dah pade teriak sekencang2nya ditambah anarkis, tapi klau ada "gesekan" dengan Malaysia dan Australia sok minta ngajakin perang ? emoticon-Cape d... (S)
naik 1500 aja ngamuk gimana perang ? dimana BBM diprioritaskan buat militer sehingga BBM langka dan harganya mengikuti hukum pasar emoticon-Embarrassment



padahal apa coba yg ditakutkan ?
2014 dah GAK BISA menjabat lagi
2014 diyakini Demokrat jadi partai gurem

NOTHING TOLOSE tokh ? sayang memang banyak pertimbangannya emoticon-Nohope


Mengena banget ulasan ente yg pertama...emoticon-thumbsup:

Namun ulasan kedua bukannya masalah 2014 gak bisa menjabat, tapi dikarenakan kekhawatiran atas status negara kita yg nantinya bisa digunakan oleh pihak2 yg tidak diinginkan untuk coup de taat. Wallahu a'lam..
Quote:Original Posted By Uthe18


padahal apa coba yg ditakutkan ?
2014 dah GAK BISA menjabat lagi
2014 diyakini Demokrat jadi partai gurem

NOTHING TOLOSE tokh ? sayang memang banyak pertimbangannya emoticon-Nohope


atut ibas ga bisa jadi suksesor kali gan emoticon-Shutup emoticon-Confused:
atut ibas jadi gelandangan kali gan emoticon-Shutup
atut ibas didepak ama si alya kali gan emoticon-Shutup
atut ibas diseret ke gedung KPK kali gan emoticon-Shutup


dan berbagai mavam atut2 lainnya emoticon-Ngacir
yah setuju BBM subsidi hanya untuk angkutan umum.. biar mobil pribadi apalagi mobil dines ga usah minum bbm subsidi..

jadi kalau alasan tidak memihak rakyat kecil... kekna yang punya kendaraan pribadi dah masuk golongan menengah atas deh.. sedangkan yang kebawah kemungkinan besar makai angkutan umum or sepeda motor

CMIIw
bensin buat ngebit booo emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By Uthe18
emoticon-Ngakak
orang2 kek gitu yang harga BBM mo dinaekin Rp1500/ltr aja dah pade teriak sekencang2nya ditambah anarkis, tapi klau ada "gesekan" dengan Malaysia dan Australia sok minta ngajakin perang ? emoticon-Cape d... (S)
naik 1500 aja ngamuk gimana perang ? dimana BBM diprioritaskan buat militer sehingga BBM langka dan harganya mengikuti hukum pasar emoticon-Embarrassment



padahal apa coba yg ditakutkan ?
2014 dah GAK BISA menjabat lagi
2014 diyakini Demokrat jadi partai gurem

NOTHING TOLOSE tokh ? sayang memang banyak pertimbangannya emoticon-Nohope

masalahnya "penyelundupan" bbm adalah bisnis yang menggiurkan bagi oknum aparat/pejabat emoticon-Stick Out Tongue

mo dicabut tuh subsidi??trus ntar biaya kampanye dapet darimana?
Wow...selama ini subsidi tidak tepat sasaran tokh......
Udah tau kok gak berbuat apa2 sih?
Quote:Original Posted By Uthe18
emoticon-Ngakak
orang2 kek gitu yang harga BBM mo dinaekin Rp1500/ltr aja dah pade teriak sekencang2nya ditambah anarkis, tapi klau ada "gesekan" dengan Malaysia dan Australia sok minta ngajakin perang ? emoticon-Cape d... (S)
naik 1500 aja ngamuk gimana perang ? dimana BBM diprioritaskan buat militer sehingga BBM langka dan harganya mengikuti hukum pasar emoticon-Embarrassment


padahal apa coba yg ditakutkan ?
2014 dah GAK BISA menjabat lagi
2014 diyakini Demokrat jadi partai gurem

NOTHING TOLOSE tokh ? sayang memang banyak pertimbangannya emoticon-Nohope


bukannya kemaren minta naek juga tuh pemerentah sama demokrat...tapi ditolak DPR ?? cmiiw...emoticon-Confused:
berati pemerintah sangat lemah pengawasannya
Quote:Original Posted By japek
Dari dulu ane sudah merasa mending BBM Subsidi ditiadakan saja, mending duitnya untuk menyediakan serta mensubsidi angkutan umum yang berkualitas dan membangun infrastruktur

mendingan BBM dengan harga subsidi HANYA untuk truck barang, angkutan umum serta kereta api.......

BBM subsidi hanya membuat produsen otomotif keenakan karena bisa terus menjual kendaraan mereka selain itu masyarakat jadi makin manja...

[URL="http://finance.detik..com/read/2012/10/01/150625/2049618/1034/pemerintah-tak-berani-hapus-bbm-subsidi-meski-banyak-diselundupkan"]http://finance.detik..com/read/2012/10/01/150625/2049618/1034/pemerintah-tak-berani-hapus-bbm-subsidi-meski-banyak-diselundupkan[/URL]


Sebenarnya klo BBM subsidi di hapus Ane gak setuju Gan..
Masih byk yg buth Gan..
Mungkin agan2 di atas udah pada punya duit lebih..
Tapi yang lainnya ???
Apa jadinya klo BBM Bersubsidi di hapus ??
Lihat sendiri kan klo BBM naik semua harga pada ikut naik ??
Udah pernah maen ke daerah2 pinggiran Jakarta belum Agan2 yg setuju BBM Subsidi di hapus ??
Udh pernah ngerasain usaha kecil2an dengan modal terbatas belum ???
Udah pernah ngerasain jadi Kuli ato pekerja kasar lainnya belum ?
Orang2 kya gtu yang bergantung bgt sama Subsidi BBM
Klo masalhnya ada penyelundupan berarti yang harus dibasmi dan dihukum itu oknumnya..
Gak mungkin aparat gak bisa tangkap klo serius
Tangkap Teroris aja bisa apalagi cuma kasus penyelundupan..
Klo masalahnya gak tepat sasaran berarti mesti cari akal gmana biar bisa tepat sasaran
Pejabat kan gajinya gede2..pendidikannya tinggi2...Masa gak bisa ?? seharusnya bisa klo niat
emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By japek
Dari dulu ane sudah merasa mending BBM Subsidi ditiadakan saja, mending duitnya untuk menyediakan serta mensubsidi angkutan umum yang berkualitas dan membangun infrastruktur

mendingan BBM dengan harga subsidi HANYA untuk truck barang, angkutan umum serta kereta api.......

BBM subsidi hanya membuat produsen otomotif keenakan karena bisa terus menjual kendaraan mereka selain itu masyarakat jadi makin manja...

[URL="http://finance.detik..com/read/2012/10/01/150625/2049618/1034/pemerintah-tak-berani-hapus-bbm-subsidi-meski-banyak-diselundupkan"]http://finance.detik..com/read/2012/10/01/150625/2049618/1034/pemerintah-tak-berani-hapus-bbm-subsidi-meski-banyak-diselundupkan[/URL]

Hapuskan subsidi di Jawa dan daerah-daerah yang infrastrukturnya sudah bagus.
Kalau di sini mah bercanda kali kalau nuduh masyarakat manja.
*Tinggal di area yang untuk ke jalan raya saja harus jalan 650 meter. Dan jika ingin numpang angkutan umum non ojek, mesti jalan lagi 500 meter.