alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016727150/humaniora-mpr-tayangan-sinetron-berdampak-negatif-pada-pendidikan
[Humaniora] MPR: Tayangan Sinetron Berdampak Negatif pada Pendidikan
Senin, 01 Oktober 2012 , 16:33:00
MPR: Tayangan Sinetron Berdampak Negatif pada Pendidikan

[Humaniora] MPR: Tayangan Sinetron Berdampak Negatif pada Pendidikan
ilustrasi sinetron


[quote=]
JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)), Melani Leimena Suharli meminta Komisi I DPR segera menyikapi sejumlah tayangan televisi (TV). Menurut Melani, tayangan televisi saat ini sudah memberi dampak negatif terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Utamanya tayangan sinetron, menurut Melani bisa disikapi dari sisi jam tayang dan materi yang disampaikan dalam sinetron-sinetron yang secara kasat mata tidak sesuai dengan nilai-nilai dan budaya Indonesia sebagaimana yang terkandung dalam Pancasila.

"Saya minta Komisi I DPR yang membidangi pertelevisian segera menyikapi sejumlah tayangan televisi yang telah memberi dampak negatif terhadap pendidikan Indonesia," kata Melani Leimena, dalam Dialog Pilar Negara bertema "Menangkal Radikalisme di kalangan Generasi Muda dengan Pemantapan 4 Pilar", di gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (1/10).

Menurut politisi Partai Demokrat itu, berbagai tindakan kekerasan pelajar yang kian hari kian marak bahkan sudah mencemaskan, merupakan salah satu dari sekian banyak efek negatif dari tayangan televisi yang tidak cocok dengan Indonesia.

Demikian juga halnya prilaku anak-anak terhadap sesama teman dan lingkungan keluarganya. Setelah mereka menyaksikan sebuah sinetron, saat itu juga terjadi perubahan prilaku yang sangat merugikan dirinya dan lingkungannya.

Demikian juga halnya dengan sejumlah tayangan iklan di televisi yang terang-terangan tidak masuk akal sehat. "Karena tergiur oleh bayaran produsen, pengelola televisi mengabaikan tanggungjawabnya terhadap keberlangsungan moral anak bangsa ini," tegas Melani Leimena Suharli.(fas/jpnn)

sumber
[/quote]

Shitnetron, infotainment dan acara-acara tivi lain yang ga mutu justru banyak sekali penggemarnya. Stasiun televisi juga pasti ogah kalo disuruh mengganti acara-acara itu karena dari situ duit mengalir melalui iklan. Pemerintah juga susah diharapkan. Jadi filter terakhir agar acara-acara tersebut tidak berpengaruh buruk terhadap anak adalah kontrol orang tua di rumah.

emoticon-Ngacir


Spoiler for ilustrasi:
salah satu pengaruh dari sinetron juga adalah banyaknya urbanisasi gan (bukan cuma ke jakarta loh ya) emoticon-Ngacir
haha KPI kan juga jadi ladang sogok menyogok, kalau ada uang yah tinggal sogok biar shitnetronnya tembus dan bisa tayang di tipi...emoticon-Ngakak (S)

tapi kalo INDOSIAR beda deh, gak tau jga knp, klo kebetulan lgi ganti chanel trus nemu indosiar ga tau knp serasa balik di tahun 2000an awal liat isinya..emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ardya.surya
salah satu pengaruh dari sinetron juga adalah banyaknya urbanisasi gan (bukan cuma ke jakarta loh ya) emoticon-Ngacir


orang2 kampung nonton shitnetron, dan mencontoh, oh ternyata di jakarta itu dandanannya seperti itu yah, oh harus kaya gitu yah, begituyah ini itulah tetek bengek, itu dari kampung begitu masuk ke kotanya jadi rusak pergaulannya hahaha....emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By Pongasi

orang2 kampung nonton shitnetron, dan mencontoh, oh ternyata di jakarta itu dandanannya seperti itu yah, oh harus kaya gitu yah, begituyah ini itulah tetek bengek, itu dari kampung begitu masuk ke kotanya jadi rusak pergaulannya hahaha....emoticon-Ngakak (S)


yep, ga orang muda ga orang tua pada niru artis-artis sinetron semua. tiru bajunya, tiru bbnya, tiru pacarannya. hmm, apa lagi ya?
emoticon-Ngacir


btw, ente pasti suka nonton yg ini kan om?

Spoiler for :
Quote:Original Posted By Rizier
btw, ente pasti suka nonton yg ini kan om?

Spoiler for :



iyah gw ngaku waktu itu cmn nonton sekali....emoticon-Mad:

emoticon-Ngacir

Sedih 

betul tuh terutama indosiar sesuai thread
klo ane sukanya drama korea gan, setting, akting, n critanya lebih natural n berkualitasemoticon-Add Friend (S)
emang udah parah dunia pershitnetronan di Indonesia emoticon-Cape d... (S)
ganti tayangan budaya aj gan



~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~
Quote:Original Posted By Chikashi.Masuda
klo ane sukanya drama korea gan, setting, akting, n critanya lebih natural n berkualitasemoticon-Add Friend (S)


nah..
orang korea aja bisa buat drama yg bagus, bermutu. padahal namanya drama pasti biaya pembuatannya ngga mahal, karena minim efek

kenapa sinetron kita ngga bisa seperti itu???????
isinya banyak TEREAK TEREAK sama NANGISSS
teruss masalah ngga abis abis.. ngelanturrr terus kemana mana

kenapa sih isi sinetron kita isinya orang orang kaya yg ngga perlu kerja, rumah mewah mobil bagus baju keren.. ada orang orang yg tololnya setengah idup..
Kalo mau disurvei lebih lanjut dengan membandingkan kondisi:
1990-1995, 1996-2000, 2001-2005, 2005-skrg dst
sepertinya persentase kasus perceraian & keluarga berantem rebutan warisan meningkat tajam mulai periode 2000 keatas ketika sinetron mulai ga jelas arahnya.

Imho, tayangan buruk macam gini dampaknya lebih besar daripada bencana alam, sebab yang diserang dari sisi budaya dan mental bangsa.

Apalagi yang menjadi target market sinetron adalah orang-orang berpendidikan rendah sehingga kemampuan untuk memilah informasi sangatlah kurang.

Dalam jangka panjang, berantem dan dendam antar keluarga masuk alam bawah sadar dan ditambah himpitan ekonomi ya sudah, pecahlah keluarga. Antar tetangga saling iri dan curiga. kerukunan anggota masyarakat yang dulu lekat (jaman pak harto) seakan musnah.

Semoga pemerintah bisa tegas ngatur indoktrinasi terselubung macam sinetron ini. Deportasi sajalah itu orang-orang yang terlibat di industri sinetron sama film ga jelas.

Sudah cukup lama budaya bangsa Nusantara dirusak orang keling berjiwa seni rendah.
tipi ane cuma buat nongton bola aja... jadi aman. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kaskus.tercinta
ganti tayangan budaya aj gan



~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~


sinetron juga sudah membudaya lho gan di Indonesia
perasaaan semua orang udah tau akan hal ini....terus gimana?
Quote:Original Posted By jojocircus
perasaaan semua orang udah tau akan hal ini....terus gimana?


Betul gan...ane setuju...semua orang udah pada tau dari dulu2. Justru yang kesiangan tuh bapak2 wakil kita di Senayan yang baru nyadari. Lagipula tidak perlu ngoceh ke media nyari pencitraan.....langsung aja panggil2in institusi ato badan2 yang bertanggung jawab untuk pengawasan film2 murahan begitu.
Ada demand ada supply.

Vbot suka juga kan?
gw mau salahin pujabi cs dkk patner and friend

mereka suka bikin sinetron geje... di prime time pula

untung stasiun tv udah banyak. dan ada pilihan tv kabel...
itu kan bentuk kekreatifan anak indonesia. .klo tawuran emg tergantung perhatian org tuanya gan
Ane jarang nontön tipi, emg sih Masih mending tayangan lama kayak unyil, bolang gan.. Indosi*r mah ga ada mutunya,
tunggu om pong buat sinetron aja ntar..........




sinetron keren ..........Pong adventure. the amateur home made video