alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016725407/nu-siap-maafkan-dosa-pki
Breaking News! 
NU Siap Maafkan Dosa PKI
NU Siap Maafkan Dosa PKI


Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) As'ad Said Ali, mengungkapkan bahwa NU secara kelembagaan siap memaafkan pihak Partai Komunis Indonesia (PKI) yang disinyalir terlibat langsung dalam pembantaian terhadap para kyai dan santri pada tahun 1965.

Hal itu diungkapkan oleh As'ad dalam acara pembacaan tahlil dan doa untuk Kiai dan Santri korban peristiwa pemberontakan PKI tahun 1948 dan 1965, di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2012).

"NU bisa memaafkan PKI tetapi sama sekali tidak boleh melupakan semua petualangan PKI, agar tidak terjerumus dalam lubang sejarah untuk kesekian kali. Demi membangun Indonesia ke depan yang utuh dan tanpa diskriminasi, NU bersedia memaafkan PKI sejauh mereka meminta maaf," kata As'ad.

As'ad menambahkan, jika memang hendak menciptakan iklim yang damai, maka kedua belah pihak harus bisa saling memaafkan, bukan permintaan maaf sepihak. As'ad menilai bahwa dalam peristiwa tersebut, pihak yang dianggap bersalah adalah PKI.

"Pemahaman sejarah yang hanya membaca potongan-potongan fragmen akan melahirkan pemahaman menyimpang, bahkan bisa memutarbalikan fakta dalam peristiwa. Hal itu terjadi di tengah bangsa ini dalam memahami sejarah pemberontakan PKI," ujarnya.

Menurut As'ad, munculnya peristiwa 1965 masih berkaitan dengan peristiwa pemberontakan PKi pada tahun 1926 di Prambanan, serta peristiwa 1948 di Madiun, Jawa Timur.

"Para pelakunya saling berhubungan. Tujuan utamanya adalah bagaimana mengkomunikasikan Indonesia dengan mengorbankan para ulama dan aparat negara," pungkasnya.

Komentar : Komunis hanya ideologi akar rumput Karl Max, jangan kaitkan dengan anti tuhan. PKI vs NU, hanyalah korban kekuasaan pada waktu itu...Beri Maaf kalau Pki minta maaf!!! emoticon-I Love Indonesia (S)

Sumber : LINK
PBNU Gelar Tahlilan untuk Korban PKI

NU Siap Maafkan Dosa PKI


Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menggelar tahlilan bagi para kiai dan warga NU yang menjadi korban pembantaian yang dilakukan pendukung Partai Komunis Indonesia, terutama saat pemberontakan PKI di Madiun, Jawa Timur pada 1948. Tahlilan digelar di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (1/10) malam.

Acara itu diisi dengan testimoni beberapa aktivis NU seperti KH Saifuddin Amsir, Baidlowi Adnan, dan mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Chalid Mawardi.

Mewakili panitia penyelenggara acara tahlilan itu, Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum PBNU Andi Najmi Fuadi tidak menampik jika acara itu digelar salah satunya terkait dengan adanya desakan kepada pemerintah untuk meminta maaf kepada keluarga PKI korban kekerasan pada 1965.

Selain itu, kata Andi, belakangan ini semakin marak upaya untuk menafsirkan peristiwa 1965 tidak seperti kejadian yang sebenarnya, dengan menempatkan PKI sebagai korban, baik melalui buku, media massa, hingga media jejaring sosial.

"Ini memang wujud kegelisahan kami dengan beredarnya opini, tafsir yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya terjadi. Menurut persepsi kami, yang disampaikan itu tidak utuh, banyak fakta yang tak disampaikan, terutama dalam posisi warga NU sebagai korban," katanya.

Andi mengatakan, peristiwa 1965 tidak bisa dilepaskan dari peristiwa-peristiwa sebelumnya, terutama terkait sepak terjang PKI, di mana warga NU justru menjadi korban dalam berbagai peristiwa tersebut. "Kami punya banyak catatan tentang hal itu," kata mantan anggota DPR RI itu.

Sebenarnya, lanjut Andi, NU sudah tidak ingin mengungkit peristiwa di masa lampau karena masalah itu sudah dianggap selesai. Namun ternyata, masih ada pihak yang mengangkat kembali persoalan itu ke permukaan dengan tidak seimbang.

"Di tingkat bawah, pada kami yang satu generasi, persoalan ini sudah selesai. Peristiwa ini sudah coba kami lupakan, tapi kenapa muncul lagi," katanya.

Terkait desakan agar pemerintah meminta maaf kepada keluarga PKI, Andi mengatakan, kalau pemerintah mau minta maaf itu sudah wilayah pemerintah.

"Tetapi kalau desakan itu ditujukan ke NU tidak akan kami lakukan. Kami hanya akan bicara kalau saling memaafkan," katanya.
pas lebaran ke mana ajja

harusnya begitu, tapi jangan diluapakan
Quote:NU bersedia memaafkan PKI sejauh mereka meminta maaf," kata As'ad.

nah, terus yg mewakili PKI siapa ini untuk meminta maaf ..... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By khan10
nah, terus yg mewakili PKI siapa ini untuk meminta maaf ..... emoticon-Ngakak


didaerah katanya masih ada sinis soal mantan pki??? ya yg membunuh gans?? pki dah bubar total, mungkin personal emoticon-Blue Guy Peace
PKI memang sudah dilarang sejak dahulu, organisasi2 juga sudah dibubarkan, akan tetapi yang masi erlu diwaspadai adalah bahaya laten faham2 komunisne yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa..
Begitu juga Korupsi, tak ubahnya bahaya laten di Indonesia
Quote:Original Posted By INCUBATOR
PBNU Gelar Tahlilan untuk Korban PKI

NU Siap Maafkan Dosa PKI


Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menggelar tahlilan bagi para kiai dan warga NU yang menjadi korban pembantaian yang dilakukan pendukung Partai Komunis Indonesia, terutama saat pemberontakan PKI di Madiun, Jawa Timur pada 1948. Tahlilan digelar di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (1/10) malam.

Acara itu diisi dengan testimoni beberapa aktivis NU seperti KH Saifuddin Amsir, Baidlowi Adnan, dan mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Chalid Mawardi.

Mewakili panitia penyelenggara acara tahlilan itu, Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum PBNU Andi Najmi Fuadi tidak menampik jika acara itu digelar salah satunya terkait dengan adanya desakan kepada pemerintah untuk meminta maaf kepada keluarga PKI korban kekerasan pada 1965.

Selain itu, kata Andi, belakangan ini semakin marak upaya untuk menafsirkan peristiwa 1965 tidak seperti kejadian yang sebenarnya, dengan menempatkan PKI sebagai korban, baik melalui buku, media massa, hingga media jejaring sosial.

"Ini memang wujud kegelisahan kami dengan beredarnya opini, tafsir yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya terjadi. Menurut persepsi kami, yang disampaikan itu tidak utuh, banyak fakta yang tak disampaikan, terutama dalam posisi warga NU sebagai korban," katanya.

Andi mengatakan, peristiwa 1965 tidak bisa dilepaskan dari peristiwa-peristiwa sebelumnya, terutama terkait sepak terjang PKI, di mana warga NU justru menjadi korban dalam berbagai peristiwa tersebut. "Kami punya banyak catatan tentang hal itu," kata mantan anggota DPR RI itu.

Sebenarnya, lanjut Andi, NU sudah tidak ingin mengungkit peristiwa di masa lampau karena masalah itu sudah dianggap selesai. Namun ternyata, masih ada pihak yang mengangkat kembali persoalan itu ke permukaan dengan tidak seimbang.

"Di tingkat bawah, pada kami yang satu generasi, persoalan ini sudah selesai. Peristiwa ini sudah coba kami lupakan, tapi kenapa muncul lagi," katanya.

Terkait desakan agar pemerintah meminta maaf kepada keluarga PKI, Andi mengatakan, kalau pemerintah mau minta maaf itu sudah wilayah pemerintah.

"Tetapi kalau desakan itu ditujukan ke NU tidak akan kami lakukan. Kami hanya akan bicara kalau saling memaafkan," katanya.


mana nich pentolan PKI yang tuir² yang masih selamet atau yang dah ngacir kenegara lain emoticon-Stick Out Tongue

NU aja dah berbuat baik , mau mendoakan mereka yang jadi korban emoticon-Embarrassment

mana minta maafnya emoticon-Smilie

jangan play victim gak jelas gituhhh
Quote:Original Posted By newlogin2
mana nich pentolan PKI yang tuir² yang masih selamet atau yang dah ngacir kenegara lain emoticon-Stick Out Tongue

NU aja dah berbuat baik , mau mendoakan mereka yang jadi korban emoticon-Embarrassment

mana minta maafnya emoticon-Smilie

jangan play victim gak jelas gituhhh


Udah pada Mokat gan emoticon-Smilie ,kalaupun ada pada gak mau pusing2 mikirin masa lalu yang suram. Kebanyakan, Eks PKI udah gak pengen inget2 msa lalu emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By hahaha..
Udah pada Mokat gan emoticon-Smilie ,kalaupun ada pada gak mau pusing2 mikirin masa lalu yang suram. Kebanyakan, Eks PKI udah gak pengen inget2 msa lalu emoticon-Smilie


kenal gak gan sama yang gak pengen inget² masa lalu emoticon-Smilie

kalo kenal kenapa gak coba cari tau dari mereka emoticon-Embarrassment

kan mereka saksi hidup dari sejarah emoticon-I Love Indonesia (S)

coba tanyain kenapa mereka di benci pada masa itu emoticon-Smilie
harus akur ya...
maaf-memaafkan butuh jiwa yang besar.
Semoga tidak terulang lagi.
Mari menatap jauh ke depan....

Ke arah penyelidikan kasus mafia simulator SIM di tubuh Polri emoticon-Big Grin
emang apa hubungan NU sama PKI???

udah jelas2 PKI 47thn yg lalu
karena gak bisa goyang gan emoticon-Malu (S)
Ya baguslah ,



NU dan Pek Ka I.

Sudah saling maap maapan.
Quote:Original Posted By newlogin2
kenal gak gan sama yang gak pengen inget² masa lalu emoticon-Smilie

kalo kenal kenapa gak coba cari tau dari mereka emoticon-Embarrassment

kan mereka saksi hidup dari sejarah emoticon-I Love Indonesia (S)

coba tanyain kenapa mereka di benci pada masa itu emoticon-Smilie


Salah satunya Almarhum Sabandi Rewang Parto, mantan Tokoh pemuda PKI. Meninggal dengan tenang tanpa memikirkan masa lalu emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By hahaha..
Salah satunya Almarhum Sabandi Rewang Parto, mantan Tokoh pemuda PKI. Meninggal dengan tenang tanpa memikirkan masa lalu emoticon-Smilie


tokoh terkenal juga tuh gan emoticon-Smilie

mudah²an deh doi tenang dialam sana emoticon-rose
Quote:Original Posted By newlogin2
mana nich pentolan PKI yang tuir² yang masih selamet atau yang dah ngacir kenegara lain emoticon-Stick Out Tongue

NU aja dah berbuat baik , mau mendoakan mereka yang jadi korban emoticon-Embarrassment

mana minta maafnya emoticon-Smilie

jangan play victim gak jelas gituhhh


Kan doa nya untuk yang jadi korban akibat kekejaman PKI gan, bukannya korban dari PKI nya.....

"Sekejam-kejamnya bangsa lain, masih kejam bangsa sendiri"
Quote:Original Posted By hahaha..
Udah pada Mokat gan emoticon-Smilie ,kalaupun ada pada gak mau pusing2 mikirin masa lalu yang suram. Kebanyakan, Eks PKI udah gak pengen inget2 msa lalu emoticon-Smilie


ah, masa sdh pd mokat, mrk??

Quote:Original Posted By INCUBATOR
didaerah katanya masih ada sinis soal mantan pki??? ya yg membunuh gans?? pki dah bubar total, mungkin personal emoticon-Blue Guy Peace


iya nih, mana nih "perwakilan PKI", mana nih yg sk berkoar-koar sbg playing the victim di masa kini.....?? emoticon-Bingung (S)
sudahlah.... lupakanlah masa lalu dan jadikan pembelajaran yang lebih baik sebagai referensi untuk masa depan yang lebih baik.


simple NU & PKI

bersatu kita teguh bercerai kita runtuh....