alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016725316/syarat-dan-cara-mengurus-surat-numpang-nikah
Syarat dan Cara Mengurus Surat Numpang Nikah
Syarat dan Cara Mengurus Surat Numpang Nikah

Surat numpang nikah diperlukan apabila calon pengantin wanita (CPW) dan calon pengantin pria (CPP) ingin menikah diluar domisili tempat yg bersangkutan tinggal misal keduanya tinggal dikota Jakarta trus pengen nikah dikampung halaman yang bersangkutan sedangkan keduanya sudah menjadi penduduk dan ber KTP jakarta. Nah syaratnya supaya bisa nikah dikampung tempat yang dituju mesti ngurus yang namanya Surat Numpang Nikah:

Urutan langkah-langkahnya:

1. Minta surat pengantar dari RT setempat

syarat:

a. Fotocopy KTP yang bersangkutan (buat jaga2 bawa juga Fotocopy KTP pasangan kamu)
b. Fotocopy KK
c. Bawa aja materai 3000/ 6000 buat jaga-jaga soalnya ada beberapa RT yang meminta surat pernyataan dengan materai kalo yang bersangkutan mengenai status yang bersangkutan (Lajang/dah pernah nikah).

setelah dapet pengantar RT, so pasti mesti minta tanda tangan ma RW. di RW gak perlu syarat-syarat apapun tinggal minta tanda tangan RW.

2. Langkah selanjutnya adalah minta surat pengantar ke kekelurahan setempat

syarat:
a. Fotocopy KTP yang bersangkutan (buat jaga2 bawa juga Fotocopy KTP pasangan kamu)
b. Fotocopy KK
c. surat pengantar RT/RW
d. Bawa foto 2x3 n 3x4 masing-masing 2 lembar
e. Bayar biaya adm sekitar Rp. 30,000
f. Bawa juga Fotocopy KTP ortu kamu (buat jaga-jaga daripada bolak balik)

Nah surat pengantar dari kelurahan ini ada 3 yaitu N1, N2 dan N4.

surat N1 ini berisi surat keterangan untuk nikah
surat N2 ini berisi surat keterangan asal-usul
surat N4 ini berisi surat keterangan tentang orang tua


3. Langkah terakhir adalah ke KUA buat minta surat rekomendasi pindah nikah ke tempat tujuan.

syarat:
a. Fotocopy KTP yang bersangkutan (buat jaga2 bawa juga Fotocopy KTP pasangan kamu)
b. Fotocopy KK
c. surat pengantar dari kelurahan ( N1,N2 dan N4)
d. Bawa foto 2x3 n 3x4 masing-masing 2 lembar
e. Bayar biaya adm sekitar Rp. 50,000

Dari KUA ini dapet surat rekomendasi pindah nikah yang diperluin buat daftar ke KUA kampung halaman.

syarat-syarat buat ngedaftar ke KUA yang dituju:
a. Surat rekomendasi pindah nikah dari KUA asal
b. Fotocopy KTP CPW + CPP
c. Fotocopy KK CPW + CPP
d. Foto berwarna 2x3 & 3x4 bawa aja masing-masing 4 lembar
e. Fotocopy ijazah terakhir CPW + CPP
f. Fotocopy Akta lahir CPW + CPP

that's all moga-moga bermanfaat yach buat kalian yang pengen tau syarat-syarat ngurus surat numpang nikah.

SUMBER

UNTUK MENGHARGAI USAHA TS GAN :
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star


Spoiler for Jika Berkenan:
UNTUK MENGHARGAI USAHA TS GAN :
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
UNTUK MENGHARGAI USAHA TS GAN :
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
UNTUK MENGHARGAI USAHA TS GAN :
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
ribet bgt yah prosedur ngentot halal, dan cari koki gratis seumur hidup emoticon-Nohope
ini pindahan ya ?

btw mendingan minta momod gabung sama stiki diatas soal administrasi biar tambah lengkap...
Quote:Original Posted By phonx
ribet bgt yah prosedur ngentot halal, dan cari koki gratis seumur hidup emoticon-Nohope


RIbet emang gan emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By mak.godek
ini pindahan ya ?

btw mendingan minta momod gabung sama stiki diatas soal administrasi biar tambah lengkap...


Boleh juga di gabung biar lengkaap emoticon-Add Friend (S)
UNTUK MENGHARGAI USAHA TS GAN :
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
Wahh.. Ane juga lg proses pengurusan nih.. Hehe
Btw.. Nice share gan.
ane juga ngurusin semuanya sendiri gan, dari rt sampek ke KUA. semuanya sendiri.

asik ko, ada kpuasan sendiri ngurusin sendiri ke KUA
Quote:Original Posted By PandaFumi
Wahh.. Ane juga lg proses pengurusan nih.. Hehe
Btw.. Nice share gan.


Semoga lancar gan urusanya emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By momodgalak
ane juga ngurusin semuanya sendiri gan, dari rt sampek ke KUA. semuanya sendiri.

asik ko, ada kpuasan sendiri ngurusin sendiri ke KUA


sama pas ane ngerasahin sebulan kemaren ga , bener" ada kepuasan tersendiri emoticon-Cendol (S)
nikahnya ribet. kimpoinya gampang
Quote:Original Posted By herodjersey
nikahnya ribet. kimpoinya gampang


hahahaa Emang ribet gan emoticon-Ngakak Klau kimpoi mah jangan di tanya semua orang juga bisa emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
wah, mumpung bahas surat numpang nikah nih gan ane ada pertanyaan :
- surat numpang nikah ada berlakunya? ane rencana juni, tp kmrn januari mau ngurus kok katanya nanti2 aja akhir maret gt ato 2 bulan sblmnya?
- ini rencana akadnya dikota ane (surabaya) calon ane cewek (sidoarjo). apa ane tetep butuh surat numpang nikah mengingat ane msh di kota ane sendiri?

makasih emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By baqiebaka
wah, mumpung bahas surat numpang nikah nih gan ane ada pertanyaan :
- surat numpang nikah ada berlakunya? ane rencana juni, tp kmrn januari mau ngurus kok katanya nanti2 aja akhir maret gt ato 2 bulan sblmnya?
- ini rencana akadnya dikota ane (surabaya) calon ane cewek (sidoarjo). apa ane tetep butuh surat numpang nikah mengingat ane msh di kota ane sendiri?

makasih emoticon-Smilie


Berarti yang membutuhkan surat numpang nikah itu dari pihak wanitanya klau misalnya tempat berlangsungnya akan di pihak ente.Klau bisa sih agan urusnnya 1 bulan sebelum akad biar enak ga begitu mendadak, tapi itu prosesnya 1 hari juga beres semua klau agan mau cape dari RT sampe KUA emoticon-Malu (S)
ternyata banyak juga yah,,ribet banget tuh..
tapi nice info gan..
Quote:Original Posted By JendralKonsleT


Berarti yang membutuhkan surat numpang nikah itu dari pihak wanitanya klau misalnya tempat berlangsungnya akan di pihak ente.Klau bisa sih agan urusnnya 1 bulan sebelum akad biar enak ga begitu mendadak, tapi itu prosesnya 1 hari juga beres semua klau agan mau cape dari RT sampe KUA emoticon-Malu (S)


ah yang bener gan 1 bulan sebelumnya bisa beres.. ? ane si masih bulan oktober, tapi ane rencana mau minta minggu2 ini.. solanya kata nyokap ane, urus di kua nya agak ribet..jadi harus dari jauh2 hari
Quote:Original Posted By lavende


ah yang bener gan 1 bulan sebelumnya bisa beres.. ? ane si masih bulan oktober, tapi ane rencana mau minta minggu2 ini.. solanya kata nyokap ane, urus di kua nya agak ribet..jadi harus dari jauh2 hari


Klau agan mau ngurus bener" mondar mandir sana sini 2 hari juga kelar kok gan ga seribet yg kita banyangkan emoticon-I Love Kaskus (S)