alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016718230/darurat-kpk-publik-menolak-pelemahan-kpk-bagaimana-dengan-kaskuser
[DARURAT KPK] Publik Menolak Pelemahan KPK, [BAGAIMANA DENGAN KASKUSER ?]
[DARURAT KPK] Publik Menolak Pelemahan KPK, [BAGAIMANA DENGAN KASKUSER ?]

Meskipun belum berhasil membabat habis korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi dinilai publik tetap merupakan alat paling efektif memberantas korupsi saat ini. Oleh karena itu, publik menolak berbagai upaya untuk membonsai kewenangannya.

Sejak dibentuk pada Desember 2003, KPK diharapkan menjadi senjata ampuh untuk memberantas korupsi di negeri ini. Puluhan aparat birokrasi, politisi, dan pihak swasta pelaku korupsi telah diganjar bui oleh lembaga ini. Kiprah KPK pun diapresiasi publik. Citra positif melekat di tubuhnya. Hasil jajak pendapat Kompas di 12 kota pekan lalu tetap memperlihatkan penilaian tersebut. Sebanyak 71,7 persen responden jajak pendapat memberi penilaian positif terhadap KPK.

Meskipun demikian, publik menyadari ”taring” tajam KPK belum berhasil memberi efek gentar pada para koruptor. Fenomena ”hilang satu tumbuh seribu” di kalangan koruptor dinilai makin nyata oleh publik. Tiga perempat bagian respon- den jajak pendapat memperkuat penilaian itu. Mereka belum sepenuhnya yakin sepak terjang KPK bisa memberantas korupsi hingga ke akarnya.

Pelemahan

Hampir satu dasawarsa berlangsung, di tengah keseriusan KPK mengganjar para koruptor, muncul penilaian bahwa KPK telanjur menjadi lembaga superbodi yang memiliki kewenangan hampir tidak terbatas. Karena itu, sejumlah pihak melakukan langkah-langkah untuk membonsai kewenangannya.

DPR dan kepolisian merupakan dua institusi yang akhir-akhir ini secara kasatmata tidak mendukung keberadaan lembaga itu. Alih-alih memperkuat, keduanya justru berusaha melemahkan lembaga antirasuah itu. Melalui upaya merevisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, para politisi Senayan kembali berupaya memangkas taring-taring tajam kewenangan KPK. Wewenang itu adalah penyadapan dan penuntutan.

Sejumlah pihak menilai, upaya itu adalah jalan masuk untuk melumpuhkan KPK. Aktivis Indonesia Corruption Watch, Danang Widoyoko, bahkan menilai revisi itu merupakan bentuk tindakan balas dendam DPR kepada KPK setelah banyak anggotanya yang korupsi diseret ke meja hijau (Kompas, 25/9/2012).

Langkah pelemahan KPK ternyata tidak dimotori oleh DPR saja, tetapi juga oleh Polri. Indikasi tersebut menguat saat KPK berupaya membongkar praktik korupsi dalam proyek pengadaan simulator kendaraan bermotor di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Ketika diminta memilih mana yang lebih bisa dipercaya publik dalam menuntaskan kasus Korlantas, sebanyak 76,5 persen responden memilih KPK.

Seperti sudah diduga, Polri kemudian bereaksi seperti ”mengabaikan” perintah undang-undang untuk menyerahkan penyidikan kasus kepada KPK. Alih-alih menjadi mitra dalam memberantas korupsi, kepolisian justru tampak menempatkan diri sebagai pesaing yang mengganggu kerja KPK. Indikasi lain juga tampak dari keputusan Mabes Polri menarik puluhan penyidiknya dari KPK. Sebanyak 69 persen responden menilai langkah menyidik sendiri kasus Korlantas oleh Polri sebagai pelemahan KPK.

Sebagaimana hasil jajak pendapat tahun sebelumnya, publik menolak upaya penggembosan KPK. Mayoritas responden jajak pendapat ini menolak langkah DPR menghapus kewenangan penuntutan yang dimiliki KPK.

Retorika

Di samping retorika pemberantasan korupsi yang didengungkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan jajarannya, beberapa peristiwa memberi petunjuk sikap pemerintah yang bertentangan. Kebijakan pemberian remisi kepada koruptor merupakan penanda pelemahan pemberantasan korupsi.

Meskipun pemerintah memiliki hak untuk mengurangi masa tahanan narapidana, dalam praktiknya pemerintah cenderung memberikan remisi lebih banyak kepada koruptor. Dalam catatan Litbang Kompas, banyak koruptor yang menjalani masa tahanan lebih cepat dibanding hukuman yang dijatuhkan sebagai akibat dari remisi itu.

Bagi publik jajak pendapat ini, pemberian remisi kepada koruptor sangat menguntungkan sehingga misi KPK memenjarakan mereka dengan masa tahanan yang lebih lama menjadi mentah. Mayoritas (86,4 persen) responden setuju jika remisi kepada koruptor bisa memperlemah upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK.

Retorika jajaran pemerintah ditangkap publik melalui penilaian terhadap peradilan korupsi selama ini. Dari catatan Litbang Kompas, sepanjang 2011 pengadilan tindak pidana korupsi membebaskan lebih dari 20 terdakwa koruptor, terdiri dari kepala daerah, anggota DPRD, dan swasta.

Vonis itu bukan saja meruntuhkan kerja penyidikan KPK, tetapi lebih dari itu telah melukai rasa keadilan masyarakat. Hampir seluruh responden sepakat, pemberian vonis bebas kepada koruptor merupakan langkah memperlemah kinerja KPK. Demikian pula tuntutan hukuman yang sangat ringan oleh jaksa pengadilan tipikor.

Gambaran di atas memperkuat keyakinan publik bahwa baik pemerintah maupun DPR sama-sama tidak serius memperkuat kinerja KPK. Bahkan secara khusus, publik survei ini menyebutkan, partai penguasa saat ini yang paling gencar berusaha melemahkan KPK. (LITBANG KOMPAS)

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2012....Pelemahan.KPK
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

=========================================================

entah mengapa ketika KASUS upaya penggembosan ini bergulir, kaskuser kurang memberikan respon yang positif, sejujurnya apa yang diharapkan KASKUSER dari KPK ??
sepiiii.. T_T ga ada yang komen... kasus KPK apakah belum menjadi perhatian PUBLIK ?? atau publik masih kurang puas dengan kinerja KPK ??
tak komenin ya kang jata.

Emang udah dari sononya dpr itu korup, sekarang waktunya bagi kita2 untuk mensupport KPK dan berharap para hewan2 di senayan segera masuk bui
Quote:Original Posted By K120NY
tak komenin ya kang jata.

Emang udah dari sononya dpr itu korup, sekarang waktunya bagi kita2 untuk mensupport KPK dan berharap para hewan2 di senayan segera masuk bui



makasih mas krony... ane cuman agak bingung aja... KPK ini lembaga terakhir pembela rakyat... kenapa ga bs dapet sorotan yang benar2 mumpuni disini... apakah ada ikutan yang ketakutan atau ragu dengan kredibilitas KPK ??
ngga tau juga om, tim hore kaskuser yang pake klonengan banyak pun ngga aktif nyundul isu KPK ini...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


btw, kegalauan gw sih agar KPK lebih gesit lagi kerjaannya...
salah satunya di kasus SIM, kok malah yang kebakaran jenggot kasus ini ditangani polisi justru para pengamat emoticon-Amazed
mbok ya KPK minta fatwa ke MA kek, atau perkarain kasusnya ke MK gitu biar kasus ini dihandle eksklusif KPK...emoticon-Nohope
atau ada yang bisa ngasi pencerahan sama kegalauan gw??....emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
KPK itu BADAN AD HOC..

KPK diadakan cuman untuk mewujudkan janji 100 hari pemerintahan SBY-JK jaman dulu..

MANGKANYA KPK selalu dianggap remeh sama institusi LAIN (PUNGLISHIT, jackass dan hakim)

KPK itu ibarat memelihara api dalam sekam yang suatu saat bisa tak terkendali

MANGKANYA KALO PEMERINTAH SERIUS MEMBERANTAS KORUPSI.. KEWENANGANNYA KPK HARUS MUTLAK (disertai pengawasan)
saya tidak bisa berbuat apa2
jalani hidup anda saja [DARURAT KPK] Publik Menolak Pelemahan KPK, [BAGAIMANA DENGAN KASKUSER ?]
kalo kemaren di acara ILC dibilang KPK fungsinya itu empowering untuk kepolisian dan kejaksaan..
tapi ternyata KPK malah sudah bertindak lebih jauh.. emoticon-Big Grin

kalo nurut ane.. kalo mau membersihkan sesuatu.. janganlah pake alat yang kotor.. percumah emoticon-Big Grin

bersihkan dulu kepolisian dan kejaksaan.. baru KPK bisa santai menjalankan fungsi empowering emoticon-Big Grin

dibilang tidak ada sinergi antara KPK, polisi, dan kejaksaan.. yah jelaslah gak bakal sinergis.. lha kepentingannya beda emoticon-Hammer2
emoticon-Request
saya juga PENDUKUNG KPK dan MENOLAK Revisi UU KPK menurut DPR

moga thread ini jadi emoticon-Hot News
biar di blowup ke media dan DPR jadi semakin kelihatan kalo mereka adalah kumpulan para penghianat bangsa
Sebabnya udah jelas ....
para anggota DPR ketakutan setengah mati setiap saat diseret sama KPK. Sama-sama tahulah .... mana ada sih pejabat (anggota DPR) yang gak pengen manfaatin jabatannya !?....... kalau pas lagi enak diatas tiba-tiba disenggol KPK kan repot, bro !....


jadi sebenarnya DPR cuma mau ngetest .... kuatan mana DPR sama KPK ? ...

Klo ini berhasil, next-nya ya .... bubarin KPK deh !....
Quote:Original Posted By Jatafest
makasih mas krony... ane cuman agak bingung aja... KPK ini lembaga terakhir pembela rakyat... kenapa ga bs dapet sorotan yang benar2 mumpuni disini... apakah ada ikutan yang ketakutan atau ragu dengan kredibilitas KPK ??


kalo ngomong ragu dengan kredibelitas kpk sih enggak, cuman expectasi masyarakat belum terjawab tuntas oleh kpk yang terkesan takut bersinggungan dengan penguasa.
stamina ruhani sdh habis,kpk tdk efektif, itu realita.
sudahlah, galakkan saja pemerataan korupsi diseluruh tanah air,semua boleh dan dapat bagian yg merata.emoticon-I Love Indonesia (S)
Siap dukung KPK.
corruptor fight back oleh DPR, Pemerintah, Polisi dan Lawyer hitam..!!

Siap pasang badan DUKUNG KPK..!!

emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By bonbenk
ngga tau juga om, tim hore kaskuser yang pake klonengan banyak pun ngga aktif nyundul isu KPK ini...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


btw, kegalauan gw sih agar KPK lebih gesit lagi kerjaannya...
salah satunya di kasus SIM, kok malah yang kebakaran jenggot kasus ini ditangani polisi justru para pengamat emoticon-Amazed
mbok ya KPK minta fatwa ke MA kek, atau perkarain kasusnya ke MK gitu biar kasus ini dihandle eksklusif KPK...emoticon-Nohope
atau ada yang bisa ngasi pencerahan sama kegalauan gw??....emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


sama gan ane butuh pencerahan... sepertinya terlalu banyak KASUS di KPK yang sudah tertangani tapi apakah yang dibutuhkan rakyat kali ini ?? Lembaga ini jebol, harapan rakyat akan pemerintahan yang bersih akan semakin surut...

Quote:Original Posted By K120NY
kalo ngomong ragu dengan kredibelitas kpk sih enggak, cuman expectasi masyarakat belum terjawab tuntas oleh kpk yang terkesan takut bersinggungan dengan penguasa.


terlebih pada kasus Bank Century kah ??
kite tentu anti korupsi
Quote:Original Posted By Jatafest
[DARURAT KPK] Publik Menolak Pelemahan KPK, [BAGAIMANA DENGAN KASKUSER ?]

Meskipun belum berhasil membabat habis korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi dinilai publik tetap merupakan alat paling efektif memberantas korupsi saat ini. Oleh karena itu, publik menolak berbagai upaya untuk membonsai kewenangannya.

Sejak dibentuk pada Desember 2003, KPK diharapkan menjadi senjata ampuh untuk memberantas korupsi di negeri ini. Puluhan aparat birokrasi, politisi, dan pihak swasta pelaku korupsi telah diganjar bui oleh lembaga ini. Kiprah KPK pun diapresiasi publik. Citra positif melekat di tubuhnya. Hasil jajak pendapat Kompas di 12 kota pekan lalu tetap memperlihatkan penilaian tersebut. Sebanyak 71,7 persen responden jajak pendapat memberi penilaian positif terhadap KPK.

Meskipun demikian, publik menyadari ”taring” tajam KPK belum berhasil memberi efek gentar pada para koruptor. Fenomena ”hilang satu tumbuh seribu” di kalangan koruptor dinilai makin nyata oleh publik. Tiga perempat bagian respon- den jajak pendapat memperkuat penilaian itu. Mereka belum sepenuhnya yakin sepak terjang KPK bisa memberantas korupsi hingga ke akarnya.

Pelemahan

Hampir satu dasawarsa berlangsung, di tengah keseriusan KPK mengganjar para koruptor, muncul penilaian bahwa KPK telanjur menjadi lembaga superbodi yang memiliki kewenangan hampir tidak terbatas. Karena itu, sejumlah pihak melakukan langkah-langkah untuk membonsai kewenangannya.

DPR dan kepolisian merupakan dua institusi yang akhir-akhir ini secara kasatmata tidak mendukung keberadaan lembaga itu. Alih-alih memperkuat, keduanya justru berusaha melemahkan lembaga antirasuah itu. Melalui upaya merevisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, para politisi Senayan kembali berupaya memangkas taring-taring tajam kewenangan KPK. Wewenang itu adalah penyadapan dan penuntutan.

Sejumlah pihak menilai, upaya itu adalah jalan masuk untuk melumpuhkan KPK. Aktivis Indonesia Corruption Watch, Danang Widoyoko, bahkan menilai revisi itu merupakan bentuk tindakan balas dendam DPR kepada KPK setelah banyak anggotanya yang korupsi diseret ke meja hijau (Kompas, 25/9/2012).

Langkah pelemahan KPK ternyata tidak dimotori oleh DPR saja, tetapi juga oleh Polri. Indikasi tersebut menguat saat KPK berupaya membongkar praktik korupsi dalam proyek pengadaan simulator kendaraan bermotor di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Ketika diminta memilih mana yang lebih bisa dipercaya publik dalam menuntaskan kasus Korlantas, sebanyak 76,5 persen responden memilih KPK.

Seperti sudah diduga, Polri kemudian bereaksi seperti ”mengabaikan” perintah undang-undang untuk menyerahkan penyidikan kasus kepada KPK. Alih-alih menjadi mitra dalam memberantas korupsi, kepolisian justru tampak menempatkan diri sebagai pesaing yang mengganggu kerja KPK. Indikasi lain juga tampak dari keputusan Mabes Polri menarik puluhan penyidiknya dari KPK. Sebanyak 69 persen responden menilai langkah menyidik sendiri kasus Korlantas oleh Polri sebagai pelemahan KPK.

Sebagaimana hasil jajak pendapat tahun sebelumnya, publik menolak upaya penggembosan KPK. Mayoritas responden jajak pendapat ini menolak langkah DPR menghapus kewenangan penuntutan yang dimiliki KPK.

Retorika

Di samping retorika pemberantasan korupsi yang didengungkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan jajarannya, beberapa peristiwa memberi petunjuk sikap pemerintah yang bertentangan. Kebijakan pemberian remisi kepada koruptor merupakan penanda pelemahan pemberantasan korupsi.

Meskipun pemerintah memiliki hak untuk mengurangi masa tahanan narapidana, dalam praktiknya pemerintah cenderung memberikan remisi lebih banyak kepada koruptor. Dalam catatan Litbang Kompas, banyak koruptor yang menjalani masa tahanan lebih cepat dibanding hukuman yang dijatuhkan sebagai akibat dari remisi itu.

Bagi publik jajak pendapat ini, pemberian remisi kepada koruptor sangat menguntungkan sehingga misi KPK memenjarakan mereka dengan masa tahanan yang lebih lama menjadi mentah. Mayoritas (86,4 persen) responden setuju jika remisi kepada koruptor bisa memperlemah upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK.

Retorika jajaran pemerintah ditangkap publik melalui penilaian terhadap peradilan korupsi selama ini. Dari catatan Litbang Kompas, sepanjang 2011 pengadilan tindak pidana korupsi membebaskan lebih dari 20 terdakwa koruptor, terdiri dari kepala daerah, anggota DPRD, dan swasta.

Vonis itu bukan saja meruntuhkan kerja penyidikan KPK, tetapi lebih dari itu telah melukai rasa keadilan masyarakat. Hampir seluruh responden sepakat, pemberian vonis bebas kepada koruptor merupakan langkah memperlemah kinerja KPK. Demikian pula tuntutan hukuman yang sangat ringan oleh jaksa pengadilan tipikor.

Gambaran di atas memperkuat keyakinan publik bahwa baik pemerintah maupun DPR sama-sama tidak serius memperkuat kinerja KPK. Bahkan secara khusus, publik survei ini menyebutkan, partai penguasa saat ini yang paling gencar berusaha melemahkan KPK. (LITBANG KOMPAS)

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2012....Pelemahan.KPK
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

=========================================================

entah mengapa ketika KASUS upaya penggembosan ini bergulir, kaskuser kurang memberikan respon yang positif, sejujurnya apa yang diharapkan KASKUSER dari KPK ??


di BP ini hanya kasus BB++ dan gesekan antar agama yang rame gan. Berita adem ayem tentang agama aja bisa di closed gara2 komentar sara para kaskusernya.

sejujurnya terkadang kaskuser bosan juga kalo menyangkut masalah negara seperti sekarang ini, krn emang gak bisa ngapa2in. teriak2 disini toh juga yang disana gak dengar, seandainya dengar pun gak di gubris. wong presiden aja gak repot, yang repot tu justru anggota HEWAN yg nota bene langganan KPK sebagai tahanan. Miris gan, cuma bisa ngelus dada.... emoticon-Berduka (S)








ngelus paha kalo malem emoticon-Genits:





Quote:Original Posted By polisikeren
di BP ini hanya kasus BB++ dan gesekan antar agama yang rame gan. Berita adem ayem tentang agama aja bisa di closed gara2 komentar sara para kaskusernya.

sejujurnya terkadang kaskuser bosan juga kalo menyangkut masalah negara seperti sekarang ini, krn emang gak bisa ngapa2in. teriak2 disini toh juga yang disana gak dengar, seandainya dengar pun gak di gubris. wong presiden aja gak repot, yang repot tu justru anggota HEWAN yg nota bene langganan KPK sebagai tahanan. Miris gan, cuma bisa ngelus dada.... emoticon-Berduka (S)








ngelus paha kalo malem emoticon-Genits:







udah bukan bosen lagi gan , tapi sangat lelah , terlalu sering kita mendengar hal" yg melonggarkan koruptor ataupun berbagai macam konspirasi .
Entahlah kenapa negara ini bisa dimasuki oleh setan" macam di Gedung DPR itu .
Quote:Original Posted By backlist


udah bukan bosen lagi gan , tapi sangat lelah , terlalu sering kita mendengar hal" yg melonggarkan koruptor ataupun berbagai macam konspirasi .
Entahlah kenapa negara ini bisa dimasuki oleh setan" macam di Gedung DPR itu .


Semoga ada yang masuk ke gedung DPR pas rapat buat..

[DARURAT KPK] Publik Menolak Pelemahan KPK, [BAGAIMANA DENGAN KASKUSER ?]
ya kan anggota DPRnya juga doyan korupsi gan emoticon-Big Grin