alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016717753/bandara-cari-uang-tambahan-via-airport-tax-penumpang-yg-gagal-berangkat
Bandara cari uang tambahan via airport tax penumpang yg gagal berangkat :(
Hore! Tiket & Airport Tax Pesawat Garuda Kini Sudah Digabung
Jakarta - Mulai hari ini, penumpang pesawat Garuda Indonesia tak perlu repot membayar airport tax di bandara. Airport tax atau Passenger Service Charge (PSC) itu kini sudah digabung dengan harga tiket pesawat.

Penggabungan airport tax dengan harga tiket tentunya memberi kemudahan bagi wisatawan. Para pelancong kini tak perlu mengantre lagi untuk membayar airport tax, sehingga prosedur naik pesawat pun semakin efisien. Mulai hari ini, Garuda Indonesia menjadi maskapai pertama di Indonesia yang memberlakukan sistem tersebut.

"Hari ini, akan dilaksanakan penandatanganan dengan Angkasa Pura (AP) I dan AP II sebagai pengelola bandara yang akan menerima PSC," kata Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Pujobroto, kepada detikTravel, Senin (1/10/2012).

Direktur Utama AP II, Tri Sunoko dalam keterangan tertulisnya mengaku telah siap memulai pengintegrasian airport tax dengan tiket pesawat Garuda. Setelah Garuda, nantinya juga akan diperluas ke maskapai lainnya.

"Penerapan untuk rute penerbangan internasional maupun pada maskapai selain Garuda akan dilakukan kemudian, menyusul kesiapan dari maskapai masing-masing," papar Tri.

Terkait penggabungan ini, regulator maskapai internasional yakni IATA (International Air Transport Association) belum menerbitkan kode reservasi yang biasa disebut dengan "IATA Reservation Codes". Namun, Tri menegaskan kalau proses penggabungan akan terus berjalan.

"Meski IATA belum mengeluarkan kode reservasi, hal tersebut tidak akan menjadi kendala dalam penerapan penarikan dana PSC oleh Garuda Indonesia kepada pengguna jasa bandara yang dikelola Angkasa Pura II," tambahnya.http://travel.detik..com/read/2012/10/01/120205/2048745/1382/hore-tiket-airport-tax-pesawat-garuda-kini-sudah-digabung?991104topnews
bagaimana kalau transit, apakah harus bayar lagi airport tax??
bagaimana kalau gagal berangkat, apakah airport tax bisa direfund??
namanya juga badan usaha milik negara ... liat aja pemerintahnya sendiri aja rakus ama duit .... emoticon-Big Grin
penyatuan tarif gini menurut gw justru akan membuat urusan check in lebih ringkas..bukannya airport tax yg d gabung gini udah di pakai di bandara2 luar negeri..setau ane di thai, spore sm malaysia udah deh,,

seberapa besar sih org yang gagal berangkat karena alasan pribadi..menurut gw pasti ga terlalu besar, karena bepergian dgn pesawat biasanya org udah merencanakan..jadi kalo di nilai merugikan kayanya harus di buktikan dulu dgn jumlah customer yg batal terbang..baru bisa di liat potensi keuntungan yg di peroleh dari kegagalan terbang customernya dgn alasan pribadi,,.bkn alasan dr maskapainya..