alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016714971/kpk-hanya-tangani-kasus-di-atas-5-milyar-ruu-kpk-yang-baru
KPK hanya tangani kasus di atas 5 milyar.. RUU KPK yang baru
KPK hanya tangani kasus di atas Rp 5 miliar, tidak masuk akal
Senin, 1 Oktober 2012 10:08:37
Reporter: Nurul Julaikah
KPK hanya tangani kasus di atas Rp 5 miliar, tidak masuk akal
Eva Sundari. ©2012 Merdeka.com/imam buhori
Kategori
Peristiwa
Berita tag terkait
Korupsi Rp 1 miliar, mantan Kapolres Tegal disidangKorupsi asuransi, eks Bupati Batang divonis 1,5 tahun bui

203


Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menuai polemik. Tidak hanya soal wacana penghilangan penuntutan dan penyadapan. Dalam draf revisi undang-undang KPK, rencananya komisi antikorupsi itu hanya akan menangani kasus di atas Rp 5 miliar.

Ide itu langsung menimbulkan pro dan kontra. Anggota Komisi III DPR dari PDIP Eva K Sundari mengatakan, draf itu tidak masuk akal. Jika ide itu nanti jadi kenyataan, maka akan berpengaruh pada pemberantasan korupsi.

"Penggunaan jumlah uang untuk membatasi peran nggak masuk akal, dalam situasi bahwa incidence of corruption yang amat besar sementara produktivitas penanganan kasus korupsi di Polri 500 kasus per tahun dan Kejaksaan 2000 per tahun pada 2010 masih kurang," kata Eva lewat pesan singkatnya, Senin (1/10).

Menurut dia, pembatasan kasus korupsi yang merugikan negara minimum Rp 1 miliar untuk ditangani KPK masih relevan. Jika aturan itu malah dihilangkan, maka itu bukti kalau KPK saat ini sedang dilemahkan.

"Jadi jika ambang batas dinaikkan, akan mengurangi produktivitas. Artinya, kontra produktif bagi upaya percepatan pemberantasan tipikor," katanya.

Eva menegaskan, saat ini tidak perlu UU KPK direvisi karena tindak kejahatan korupsi masih marak. "FPDIP memandang, situasi belum kondusif untuk revisi (apapun isinya)," kata Eva.

Dalam UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK mengatur dalam melaksanakan tugas KPK berwenang melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi yang menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp 1 miliar. Namun dalam draf revisi UU KPK, KPK hanya menangani pidana korupsi yang nilainya di atas Rp 5 miliar.

Berikut perbandingan antara pasal 11 UU KPK dengan pasal 11 dalam draf revisi UU KPK:

Pasal 11 UU KPK

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf c, Komisi Pemberantasan Korupsi berwenang melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi yang :

a. melibatkan aparat penegak hukum, penyelenggara negara, dan orang lain yang ada kaitannya dengan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum atau penyelenggara negara;

b. mendapat perhatian yang meresahkan masyarakat; dan/atau

c. menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Draf revisi Pasal 11 UU KPK

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf c, Komisi Pemberantasan Korupsi berwenang melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana korupsi yang:

a. melibatkan aparat penegak hukum, penyelenggara negara, dan orang lain yang ada kaitannya dengan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum atau penyelenggara negara;
b. mendapat perhatian yang meresahkan masyarakat; dan/atau
c. menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp. 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

Selanjutnya kasus korupsi di bawah Rp 5 miliar akan ditangani Kepolisian dan Kejaksaan.

sumber

____________________________________________________________

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ketauan dah siapa yang pesan ini RUU biasanya Polisi dan jaksa mainya pasti di bawah 5 M karna biasanya hanya untuk pelancar kasus atau peti es kan sebuah kasus...

banagimana menurut agan...
paraaahhhh
makin ngaco aja kumpulan dpr ini ngewakili aspirasi rakyat yang mana
makin terlihat hina aja nih kumpulan orang2 ini
Kalau begitu saya instruksikan anak buah saya KORUPSI 4,99 Milyar saja
lha semua pada korupsi 4.999.999.999 rupiah donk.. emang makin payah nih aturannnya.
trus kalau korupsi dibawah 5M siapa yang menanganinya? 5M tu besar lho..
wah peluang nih buat korupsi di bawah 5M....
ayo budayakan korupsi tapi jangan banyak2 cukup 4M....
4M tapi berjamaah emoticon-Bata (S)



Quote:Original Posted By *Forbidden*17** SENSOR **
DEAL!!! Di bawah 5 Milyar tanpa basa-basi langsung kurung 10 tahun tanpa sidang, di atas 5 M=HUKUMAN MATI, teserah mau rajam, pancung, tembak, penggal



setuju....
jangan lupa dimiskinkan biar dya ga punya kemewahan seperti miranda gultom...
kalo perlu foto wajahnya sebarin biar org ketemu dijalan langsung gebukin...
masa maling motor aja di matiin ini yg korupsi milyar2 ga dhukum ....
kalo kabur keluar santet ajaaa
harusnya peraturannya berapapun nilainya jika korupsi bisa ditindak kpk. Masa pake nominal segala.
jadi kalo mau korupsinya ga kena sama kpk ya harus diusahain di bawah 5 milyar ya

ada2 aja nih, gimana korupsi mau diberantas kalo kewenangan kpk nya aja banyak dikebirinya emoticon-Bata (S)
jadi klo besok korupsi nya 4.999.999.990... berarti aman yah?? emoticon-Bingung

makin aneh aja nih aturan nya
perangnya udah terang-terangan...kaga malu² lagi menyuarakan agenda busuk emoticon-Busa:
wah.. ini semakin mencurigakan.. emoticon-Big Grin

kalo mau menaikkan kenapa tidak dilakukan secara bertahap.. emoticon-Bingung (S)

dari 1M.. naik ke 1,5 M itu mungkin masih relevan.. lha ini naiknya drastis banget emoticon-Ngakak
bahkan KPK saja kualahan menghadapi korupsi dan koruptor2 busuk di negeri ini...... trus apa yg bisa ane lakuin sbagai rakyat kecil yg ga ada artinya di republik ini???? miris....... emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By got.me.blind


setuju....
jangan lupa dimiskinkan biar dya ga punya kemewahan seperti miranda gultom...
kalo perlu foto wajahnya sebarin biar org ketemu dijalan langsung gebukin...
masa maling motor aja di matiin ini yg korupsi milyar2 ga dhukum ....
kalo kabur keluar santet ajaaa


setuju gan langsung santet aja lah, agan punya kenalan tukang santet g? emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By marizzca
jadi klo besok korupsi nya 4.999.999.990... berarti aman yah?? emoticon-Bingung

makin aneh aja nih aturan nya


kalo seluruh anggota hewan di gedung bundar korupsinya segitu berapa kerugian negara jika di total?aturan yg ga masuk akal, bisa2 semua pejabat cm mau terima 4.999.999.990 utk tiap proyek, tapi kalo proyeknya banyak dan yg nerima nya jg banyak yah sami mawon emoticon-Gila
Wah.. kacau Negara kalau dibiarkan lama lama. Yang namanya "KORUPSI" Seratus Perak Pun namanya "KORUPSI". Mentalnya udah bobrok semua. Sekali ketahuan "KORUPSI",harusnya langsung di "GANTUNG" aja.gak peduli besar kecilnya yang dikorupsi.
Korupsi dalam jumlah besar dimulai dari yang kecil, nah kalau udah mahir korupsi yang kecil2 akhirnya ngincar yang gede.. emoticon-Marah
ono2 wae

eakkkkk

Btw, ini kan ndak penting, ngapain anggota DPR dengan menggunakan uang dari rakyat mbahas yang ndak penting2 gini sih..

mending ngapain kek..
Makin aneh aja RUU kpk emoticon-Cape d... (S) Kalo begitu korupsi di bawah 5 milyar bebas gitu? emoticon-Gila
Buset dah ini peraturan makin ada-ada aja. dengan prestasi KPK seperti ini dan makin massive nya tindakan korupsi diberbagai tingkat pemerintahan (dari teri sampe kakap) malah ada baiknya nilai minimalnya diturunkan dibawah 1M, bila perlu berapapun nominalnya harus ditangani KPK. karena sesuatu yang besar bermula dari yang kecil..

tips korupsi buat pejabat

tilap uang 4,9M
biaya buat suap aparat 2M
biaya tak terduga (ex. siram kawan2) 0,9M
laba bersih 2M emoticon-Cape d... (S)
makin banyak aja yg korupsi emoticon-Cape d... (S)
makin parah aja..
keliatan banget jahatnya
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...