alexa-tracking

Menemukan 'Dunia Lain' di Lubang Mbah Soero Sawahlunto

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016711104/menemukan-039dunia-lain039-di-lubang-mbah-soero-sawahlunto
Thumbs up 
Menemukan 'Dunia Lain' di Lubang Mbah Soero Sawahlunto
Spoiler for bukti no repost:


Sawahlunto -
Ingin berwisata ke tempat yang berbeda, seram dan menantang? Lubang Mbah Soero di Sawahlunto adalah tempatnya. Dengan peralatan helm dan sepatu boots, Anda akan menelusuri 'dunia lain' dengan penuh batu bara di dalamnya.

Sumatera Barat memiliki banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Selain Bukittinggi dan Pulau Mentawai, Sawahlunto juga memiliki banyak destinasi menarik untuk traveler. Di sana, terdapat Lubang Mbah Soero yang merupakan bekas tambang dari zaman Belanda.

Lubang Mbah Soero berasal dari nama seorang mandor dari Jawa yang dipekerjakan belanda, yaitu Mbah Soerono yang lebih akrab dipanggil Mbah Soero. Selama bekerja, Mbah Soero dikenal sangat rajin bekerja, berperilaku baik dan taat beribadah.

detikTravel pun menelusuri destinasi ini beberapa waktu lalu untuk melihat isi di dalamnya. Inilah bukti kekayaan Sawahlunto dengan batu bara yang melimpah hingga saat ini.

Lubang Mbah Soero terletak di dekat pusat kota Sawahlunto. Dari pinggir jalan, Anda akan melihat Info Box sebagai awal mula perjalanan menelusuri Lubang Mbah Soero. Di sini Anda dapat melihat foto-foto Lubang Mbah Soero di masa lalu. Ada juga foto 'orang rantai', yaitu para tahanan politik Belanda, untuk menggali batu bara di dalam tanah. Merekalah yang bekerja untuk menggali batu bara di dalam lubang ini.

Anda akan membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000 untuk masuk ke dalam Lubang Mbah Soero. Selain itu, ada beberapa peraturan yang harus ditaati, seperti mengenakan sepatu boots dan memakai helm yang disediakan, tidak membawa pemantik api, dan bagi wanita yang sedang haid dilarang masuk.

Perjalanan menelusuri Lubang Mbah Soero pun dimulai. Anda akan melalui tangga tanpa pegangan dengan permukaan yang licin. Hati-hati saat melangkah menuruni tangganya. Udara yang lembab dan tetasan air dari langit-langit pun akan menemani perjalanan Anda.

Pada zaman kolonial Belanda, orang rantai mengangkut batu bara dari dalam lubang dengan menggunakan kereta roli. Selain untuk menambang batu bara, tempat ini juga dipakai untuk membuang mayat-mayat pribumi yang dieksekusi Belanda. Hiii!

Aslinya, lubang ini memiliki panjang hingga puluhan kilometer. Akan tetapi, hanya digunakan 186 meter saja untuk kegiatan wisata. Layangkan pandangan Anda ke sekeliling sudut di dalam lubang ini, di kanan, kiri, dan atas Anda terdapat batu bara berwarna hitam yang khas.

Batu bara tersebut diyakini memiliki energi panas yang lebih bagus daripada batu bara di Kalimantan. Uniknya, batu bara ini masih dapat digunakan hingga sekarang. Akan tetapi, lubang ini lebih disiapkan utnuk menjadi destinasi wisata.

Tenang saja, Anda tidak akan sendirian saat menelusuri Lubang Mbah Soero. Sepanjang perjalanan Anda akan ditemani pemandu yang akan menjelaskan setiap detil dan sejarah Lubang Mbah Soero kepada Anda.

Selain itu, lampu-lampu serta CCTV (kamera pengintai) akan memberikan keamanan selama perjalanan. Di sini juga terdapat ventilasi untuk saluran udara yang memadai.

Menelusuri Lubang Mbah Soero berlangsung sekitar 15 menit. Setibanya di pintu keluar, Anda bisa kembali menghirup udara segar. Lubang Mbah Soero buka setiap hari Selasa-Minggu dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Satu lagi, Anda akan mendapat sertifikat setelah menelusuri Lubang Mbah Soero. Sertifikat tersebut adalah bukti Anda telah berhasil menjelajahi Lubang Mbah Soero. Selamat berkunjung ke tambang batu bara!


Spoiler for Penampakan Lubang:


Spoiler for sumber:
Goa Gudawang di bogor juga menarik gan... emoticon-Big Grin

kayax seru juga tuh jalan" ke daleman goanya emoticon-Blue Guy Smile (S)
KASKUS Ads
tancap gas, segera eksekusi destinasi wisata ini




Ada Pulau Awet Muda di Indonesia Gan
waaahh kayanya seru niih tempat....

wajib dkunjungi emoticon-Traveller
Wah pengalaman baru kayanya kalo jalan ke dalem goa gitu . Belum pernah nyoba soalnya hehe
×