alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016709472/cara-agar-negara-kita-ga-berhutang
cara agar negara kita ga berhutang
tau ga negara ngutang kenapa?

1. nilai uang kita dibanding negara orang itu rendah.( semua orang juga tau nilai dolar vs rupiah jauh banget, pertamax seliter aja bandingannya kan?) jadi beli produk luar negeri itu ga mampu, trus beli bensin ga mampu juga kan? 4500 aja lieur kumaha 10700 per liter.

2. negara menganut sistem defisit, artinya lebih banyak beli dari negara lain ( ya agan masih beli mac dari amrik ? sepatu agan dari cibaduyut? yakin ga beli di mall emang? agan belum pake laptop bikininan anak bangsa kan?)

nah sekarang tau ga bagusnya ngutang apa ?

1. agan bisa kredit motor, mobil, rumah , kulkas, tv, hp, makan enak pake CC bayar bulan depan, agan bisa pinjam uang ke bank buat kimpoian agan( jangan boong gan, motor agan cash emang? mobil cash jg emng? rumah emang bisa beli cash 200jt plek-plek?)

sumber dana asing salah satunya adalah World Bank yaitu kumpulan perusahaan BUMN dunia, MITSUI SUMITOMO BANK JAPAN adalah salah satu sumber duit di dunia, yang kedua CITIBANK dari amrik.

2. agan bisa dapetin septau futsal bagus, bisa pake laptop oke, agan pake blackbery, agan beli ipad, makan di sevel, kasur agan merknya king koil apa masih kasur kapuk?, nih agan bisa internetan juga pake modem atau router made in china ( semua yang kita beli itu merek asing gan, pabriknya aja disini, tapi kan yang dapat keuntungan terbesar mereka, agan cuma nerima gaji yang seberapa, trus agan beliin lagi deh gaji agan ke produk mereka).

apa sih kerugian bila kita pinjam dari negara asing ?

Kan kita pinjem, trus kalo orang minjem uang, trus agan kalo minjem uang sama orang, suka ga enak kan?

kasus indonesia mah gini : kita pinjem ke negara orang, terus dimana2 kalo minjem ada jaminan dong ? nah yang dijaminin itu aset kita, dimana2 kalo mau ngasih jaminan tuh harus yang nilainya di atas nilai yang dipinjem, bener ga? aset negara kita lebih gede ko dibanding hutang kita, kalo ngga mah mereka ga mau minjemin kan. please, be logic!!! jangan

nah terusin lagi ya gan, dampaknya ke negara kita adalah SEMUA ASET YANG KITA PUNYA DIAMBIL SAMA NEGARA ORANG!!! betul ko saham migas dimiliki amerika, telekomunikasi sama china n eropa, elektronik dan kendaraan dimiliki sama jepang. agan ngerasa ga pake produk mereka?

gimana sih dampaknya buat kita?

yang pertama :

ya agan cuma kerja aja kan? gaji agan udah lewat 30jt. bulan belon?( kalo yang ngerasa udah lebih dari segitu , ane tanya lagi sekarang agan pinjem dari bank ga? jujur aja gan, ga usah ngerasa so jago).

artinya : ya kita gitu2 aja nunggu sampe semua orang indonesia kerja di mereka, baru deh kita bisa bikin perusahaan besar kaya chevron gitu ( yang ngerasa so jago punya perusahaan sekarang saya tanya, beli produk negara china ga buat komponen produknya? atau agan cuma suply dari negara orang trus didistribusiin dan dijual di negara kita supaya agan kaya?)

yang kedua :

agan punya produk yang dibikin sendiri ( bukan yang bikin negara china agan jual ya)? susah masarin ga? susah mau ekspor? ( yang berhasil ekspor, sekarang saya tanya, produknya udah pake merek agan?( kalo ada yang udah bisa ekspor pake merek disini, saya minta kontaknya soalnya saya pengen belajar)). KITA CUMA EKSPOR BAHAN MENTAH ATAU BAHAN SETENGAH JADI BUKAN PRODUK ASLI NEGARA KITA(apa? indofood? induk perusahaannya di singapur kali. produk made in indo ? liat induk perusahaannya apa trus lokasi nya dimana), HANYA SEGELINTIR PRODUK JADI NEGARA KITA YANG SUKSES DI PASARAN DUNIA( contoh: sampurna itu pun sekarang udah joint sama PHILIP MORIS). DAMPAKNYA ADALAH : KITA GA BISA JUAL PRODUK KITA SENDIRI YANG ARTINYA KITA CUMA DITUMPANGIN AJA BUAT MASARIN PRODUK MEREKA, YANG DAPET UNTUNG PALING GEDE SIAPA ? YANG PUNYA PABRIKNYA!!!!!!!

3. CARA MELUNASI HUTANG NEGARA KITA :

1. AGAN BERSUKUR SAMA KEADAAN AGAN SEKARANG.

ga usah lah agan pengen ngebuktiin ke orang2 kalo mobil agan bagus motor agan nija ata cbr gan. lagian jalan kaki sehat gan. ga usah minjem uang buat beli begituan gan soalnya kalo pinjem tuh kita mendukung hutang negara kita.

agan pastiin semua yang agan pake itu produknya dari negara kita. jangan ngerasa bangga kalo semua barang agan keluaran APPLE. beli sepatu cibaduyut gan, jangan bangga agan pake sepatu nike atau adidas( pabriknya dikita emang, tapi yang punya bukan kita loh!!!)

agan jangan pengen makan praktis, jangan sering makan roti, masak gan, cintai sayur2 negara kita. orang jepang itu kalo siang ga pernah makan di luar, mereka bawa bekel kan? mereka sibuk tapi bisa masak tuh dan SANGAT PRODUKTIF( agan ngerasa lebih pinter dari mereka? yaudah kalo gitu agan bikin jurnal ,bisa ga ?kalo bisa saya minta copy nya buat dipejari, kalo ga bisa ga usah so jago, wawasan mereka lebih dari kita gan, kita pinter jadi orang licik aja, ngaku aja), ramen dari jepang kan? kita punya singkong rebus( yang bilang ga enak berarti mendukung negara kita berhutang, semua ada pengorbanannya gan!)

2. LEBIH BANYAK NABUNG DIBANDING BELANJA

yaaaaa kalo agan belanja mah pasti belanjanya produk luar negeri kan. bangga pake nya?

kalo uangnya ditabung, minimal agan bisa investasi beli emas atau beli tanah, bahkan agan bisa bikin produk( bikin produk kan butuh uang gede, jadi nabung gan). lagian nambahin PDB kita juga kalo nabung( teoritis sih, tapi yaudah lah praktisnya gitu)

sementara, yang paling gampang yang kita bisa lakukan cuma itu aja. belajar pelan2 merubah cara hidup kita agar tidak ketergantungan sama negara lain dengan cara seperti diatas. be wise dalam menyerap informasi.




BUAT YANG MAU NGEBATA SILAHKAN, BUAT YANG BILANG SO TAU SILAHKAN( PIKIRIN DEH BENER APA NGGA OMONGAN ANE).
ini berita atau opini gan.......emoticon-Amazed


Reply to Thread : cara agar negara kita ga berhutang
Tapi gk sebegitu juga kali gan,,
qlo kata kakek ane,, mancing duit itu pake duit.. mau gk mau rela gk rela ya kita mesti utang.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
belum pernah ane nemuin perusahaan yang membiayai produksinya dengan 100% modal sendiri..

dan soal penggunaan produk asing, memang sebagian kita terlalu loyal dengan produk luar dan gk menghargai produk dalam negri..
tapi negara kita gk goblok2 amat kok. ada kok produksi dalam negri yang cukup membanggakan yaa.. baru2 ini yang kita denger itu mobil ESEMKA buatan siswa di SOLO... walaupun beberapa komponenya masih ngambil dari luar.. tapi kan mereka dalam tahap pembelajaran.. siapa tahu diamasa depan mereka membuat dan mengembankan sendiri..

Honda dlu jaman2 awal comot2 produk luar kan?? dan lihat hasilnya sekarang

jangan agan nilai pasar bebas yang sedang teradi diera globalisasi ini dengan pandangan yg sesempit itu..
semua juga kembali lagi ke pribadi dan SDM bangsa kita sendiri..
ambil yang berguna buang yang merugikan emoticon-Cool
Apaan ini sampe bikin klonengan segala? emoticon-Cape d... (S)
Ini opini gan, mending masukin kompasiana aja.
Quote:Original Posted By Graft
Apaan ini sampe bikin klonengan segala? emoticon-Cape d... (S)
Ini opini gan, mending masukin kompasiana aja.


oh iya gan, abis saya nubitol. maklum yah jadi ga tau mesti masukin pikiran saya kemana. yaudah lah yang penting berguna.

iya, berapa kali tulisan saya dimuat di kompasiana, kali di kaskus juga berguna.
ya ga usah pinjem duit aja kalo ga mau punya utang mah.
gitu aja ko repot emoticon-Stick Out Tongue
Cr ny yg plg ampuh adlh ganti smua tu jajaran pemerintahan ny ,negara sampe pny utang gede gt ya karna dana ny d sedot smua tu sm pjabat ny ,korupsi itu kyk ud jd gen org indo ya emoticon-Nohope
mantap gan..yang jelas harus dimulai diri kita sendiri ngutang diperbolehkan asal kepepet..dan jangan membeli nga sesuai kebutuhan..prinsip dasar
nice info gan.. emoticon-Sundul Gan (S)

mantep..

gue suka gaya lo gan..
jujur gw masih berutang..insyaAlloh abis ini kapok deh ngutang..
ada lho negara yg bener2 bebas hutang..noh tetangga kita yg adem tentrem, Brunei Darusalam..jangan bilang "ah mereka kan penduduknya dikit.."kita banyak..klo dibalik.."indonesia pulaunya banyak segede2 gaban,koq kgak kelar2 tuh urusannya.." hahaha..
iya gan. .harusnya ata mapel bersyukur disekolahan ya gan
Opini yang matap sekali..
mungkin yg merasa kesindir bakal kritik agan..
coba gan drapihin lg tritny biar enak dbacany. emoticon-Cape d... (S)
ane setuju sama pendapat agan... emang susah awalnya, terutama di tengah situasi yang menghidupakn konsumerisme begitu tinggi....

cuma kalo ga dimulai ga akan bisa....

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
rada aneh ya... minjem ke jepang.

secara logika :

- jepang di bom atom 1945

- indonesia merdeka 1945

tapi kenapa jepang lebih maju dari negara ini ? sampe bisa ngasih pinjeman gede model gitu ?

1. abis di bom atom kaisar jepang ga mau melanjutkan perang tapi mengumpulkan guru dari seluruh penjuru negeri, para pemuda disuruh belajar, IT dsb, padahal sda jepang lebih sedikit dari indonesia dan banyak bahan baku dari negar ini diolah disana lalu dijual lagi kesini, sungguh ironi...

2. indonesia masih sibuk perang ngelawan sisa2 belanda, PKI, amrik sibuk cari kekayaan alam disini, pejabatnya sibuk import, akhirnya ya sekarang imbasnya

makanya dari dulu rakyat negara ini yang pinter2 ga diberdayakan, dan pendidikan juga cuma orientasi nilai skill ? ah just your dream...
Quote:Original Posted By batu.merah
rada aneh ya... minjem ke jepang.

secara logika :

- jepang di bom atom 1945

- indonesia merdeka 1945

tapi kenapa jepang lebih maju dari negara ini ? sampe bisa ngasih pinjeman gede model gitu ?

1. abis di bom atom kaisar jepang ga mau melanjutkan perang tapi mengumpulkan guru dari seluruh penjuru negeri, para pemuda disuruh belajar, IT dsb, padahal sda jepang lebih sedikit dari indonesia dan banyak bahan baku dari negar ini diolah disana lalu dijual lagi kesini, sungguh ironi...

2. indonesia masih sibuk perang ngelawan sisa2 belanda, PKI, amrik sibuk cari kekayaan alam disini, pejabatnya sibuk import, akhirnya ya sekarang imbasnya

makanya dari dulu rakyat negara ini yang pinter2 ga diberdayakan, dan pendidikan juga cuma orientasi nilai skill ? ah just your dream...




Bisa ko gan. Pada dasarnya, semua negara maju ( amerika, jepang, uni eropa, china) mereka semua mengadakan riset-riset dan penelitian sangat banyak, tidak peduli itu akan dipakai oleh pemerintah atau tidak, tapi yang jelas mereka berpikir dengan mengadakan riset mereka akan mengetahui sesuatu lebih dalam dibanding orang lain yang tidak mengadakan riset.Kalo kita sebagai warga negara mengadakan riset ( riset itu sebenarnya seperti membuktikan kebenaran atas suatu informasi sih gan, bukan sesuatu yang "berat") saya yakin kita semua jadi pinter2 kaya mereka( bukan pinter "licik" kaya kita sekarang). BANGUNLAH INDONESIA DARI SEKARANG!!!!!
Quote:Original Posted By daveeTJ
Cr ny yg plg ampuh adlh ganti smua tu jajaran pemerintahan ny ,negara sampe pny utang gede gt ya karna dana ny d sedot smua tu sm pjabat ny ,korupsi itu kyk ud jd gen org indo ya emoticon-Nohope


kalo buat ane mah gan. masalahnya bukan karena disedot dan pejabatnya harus diganti ( diganti ane setuju). buat ane, kalo tu pejabat diganti tapi tu pejabat lebih "licik" ya lebih parah gan ujung2nya. nah , yang bangsa kita ga punya itu adalah INDIKATOR BAGUS ATAU TIDAK NYA SESEORANG YANG INGIN MENCALONKAN MENJADI WAKIL RAKYAT.

contoh kasus deh : JOKOWI-AHOK----> kita ga tau loh mereka bagus atau ngga, cuma karena ga ada pilihan lain aja kan, soalnya FOKE udah kebuktian gaya kepemimpinannya ga cocok sama warga jakarta. nah , maka harus disamakan persepsinya mengenai INDIKATOR nya. bukan cuma nebak2. ( semua orang yang mau nyalonin diri mah ngebagus2in di awal doang kan?).

ada yang tau INDIKATOR SEORANG PEMIMPIN YANG CAKAP ITU BAGAIMANA?
Quote:Original Posted By Kurani
coba gan drapihin lg tritny biar enak dbacany. emoticon-Cape d... (S)


iya gan, makasih kritiknya, saya bener2 baru nulis di forum dan belum tau harus gimana, mohon arahannya.
Quote:Original Posted By cuwin
Tapi gk sebegitu juga kali gan,,
qlo kata kakek ane,, mancing duit itu pake duit.. mau gk mau rela gk rela ya kita mesti utang.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
belum pernah ane nemuin perusahaan yang membiayai produksinya dengan 100% modal sendiri..

dan soal penggunaan produk asing, memang sebagian kita terlalu loyal dengan produk luar dan gk menghargai produk dalam negri..
tapi negara kita gk goblok2 amat kok. ada kok produksi dalam negri yang cukup membanggakan yaa.. baru2 ini yang kita denger itu mobil ESEMKA buatan siswa di SOLO... walaupun beberapa komponenya masih ngambil dari luar.. tapi kan mereka dalam tahap pembelajaran.. siapa tahu diamasa depan mereka membuat dan mengembankan sendiri..

Honda dlu jaman2 awal comot2 produk luar kan?? dan lihat hasilnya sekarang

jangan agan nilai pasar bebas yang sedang teradi diera globalisasi ini dengan pandangan yg sesempit itu..
semua juga kembali lagi ke pribadi dan SDM bangsa kita sendiri..
ambil yang berguna buang yang merugikan emoticon-Cool


hehehe...sebetulnya dari saya bilang kita ga boleh pinjem itu ada 2 gan :

1. kita ga boleh pinjem kalo untuk kepentingan pribadi( ya itu beli mobil sama beli barang2 konsumtif)
2. kalo pinjem uang untuk usaha, ya jangan untuk kepentingan negara orang( pinjem uang untuk buka franchise MCd misal, kenapa ga kita bikin produk sendiri walau hasilnya sedikit saya kira akan lebih berkah buat negara juga)


oiya, agan pasti tau pasar bebas nih kayanya? gimana tuh gan pendapat agan buat negara kita? bagus ga gan ?
salah kamar gan.. emoticon-Big Grin

emoticon-Bata (S)emoticon-Bata (S)emoticon-Bata (S)emoticon-Bata (S)

kalau mau negara kita gak berutang.. pangkas semua kegiatan kontra-produktif