alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016703280/dahlan-iskan-menteri-bumn-ternyata-2x-drop-out
Dahlan Iskan (Menteri BUMN) Ternyata 2X Drop Out
DAHLAN Iskan lahir di dukuh Kebondalem, desa Tegalarum, Magetan, Jawa Timur pada 17 Agustus 1951. Dahlan menamatkan sekolah dasar di desa Bukur, desa tetangga Tegalarum, kemudian melanjutkan ke madrasah tsanawiyah dan kemudian madrasah Aliyah di Pesantren Sabilil Muttaqien, di Takeran, Magetan.

Tamat SLA, Dahlan merantau ke Samarinda, ikut kakak sulungnya, Siti Khosiyatun yang pekerjaannya guru madrasah ibtidaiyah di Samarinda. Di Samarinda, Dahlan mencoba kuliah di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel cabang Samarinda, namun drop out pada semester empat. Dahlan juga mencoba kuliah di fakultas hukum Universitas 17 Agustus (Untag) cabang Samarinda tapi juga drop out di tahun kedua.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Okezone, Dahlan mengaku aktif di gerakan mahasiswa, terutama di Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI). Dari situlah Dahlan kemudian menjadi wartawan profesional di sebuah surat kabar kecil di Samarinda yang awalnya didirikan oleh para tokoh IPMI setempat. Selama mendapat pendidikan jurnalistik di LP3ES Jakarta, Dahlan mendapat kesempatan magang menjadi wartawan majalah Tempo di tahun 1975. Setelah pendidikan Dahlan menjadi wartawan Tempo di Kaltim dan dua tahun kemudian menjadi kepala biro Tempo di Surabaya.

Tahun 1982, majalah Tempo membeli surat kabar harian Jawa Pos di Surabaya, dan Dahlan ditunjuk menjadi pimpinannya. Dahlan kemudian menjadi pemegang saham di Jawa Pos dan menjadi CEO sampai tahun 2009.

Setelah menderita sakit kanker hati yang berat, Dahlan menjalani operasi ganti gati (transplantasi) di Tianjin, Tiongkok. Dahlan kemudian berhenti dari Jawa Pos dengan maksud untuk menjalani hari tuanya sebagai guru jurnalistik, menulis buku dan mengurus pesantren keluarga di Magetan. Dahlan mendirikan International Islamic School (IIS) di lingkungan Pesantren Sabilil Muttaqien.

Presiden SBY, kemudian mengangkat Dahlan Iskan menjadi Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang saat itu tengah mengalami krisis yang berat. Hanya 20 bulan menjadi Dirut PLN, Dahlan diangkat menjadi menteri negara BUMN sejak Oktober 2011 sampai sekarang.

Banyak buku yang ditulis oleh Dahlan Iskan dan banyak juga buku tentang Dahlan Iskan yang ditulis orang lain. Buku yang dia tulis sendiri antara lain: Ganti Hati, Pelajaran dari Tiongkok, Model Ekonomi, Tidak ada yang tidak bisa, Dua Tangis Ribuan Tawa dan beberapa lagi. Sedang buku yang ditulis orang tentang Dahlan Iskan antara lain: Habis Gelap Terbitlah Terang, Dahlan Juga Manusia, Sepatu Dahlan dan Seandainya Dahlan Jadi Presiden. (wdi)
http://economy.okezone.com/read/2012...ta-2x-drop-out
=================================

salut buat pak DI..

nasib orang tidak ada yang tahu...

pak DI aja DO gitu bisa sukses, masa orang yang udah megang ijazah universitas tidak bisa sukses minimal seperti beliau ?...
itu dulu, ... kenyataannya sekarang menteri loh gan, ...
kalo udah kerja di level itu, yang lebih diperlukan kemampuan manajerial gan, ... urusak teknis serahkan ke ahlinya, ... banyak kok orang-orang pinter yang bisa dibayar untuk melakukan, ...
Quote:Original Posted By anarsakus
itu dulu, ... kenyataannya sekarang menteri loh gan, ...


makanya itu pemicu bagi orang yang berijazah universitas,...

yang di DO aja bisa jadi menteri, masa orang yang berijazah gak bisa hebat seperti beliau?
akakaka intinya kalo kalian sudah punya gelar sarjana siap2 jadi babunya orang yg engga tamat sekolah...emoticon-Ngakak (S)
wah inspiring sekali nih biografi pak DI
kalo ijazah hasil beli dari ijazah.com, kira2 bisa sukses ga ya? emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By zegler_army
makanya itu pemicu bagi orang yang berijazah universitas,...

yang di DO aja bisa jadi menteri, masa orang yang berijazah gak bisa hebat seperti beliau?


begitulah gan, ... kuncinya adalah "skill" dan "moral", ...
skill tinggi tanpa ijasah bagus, ... lebih bagus lagi skill tinggi, ada ijasah dari sekolahan bermutu tinggi pula, ... apalagi moralnya bagus, ...

mendingan skill rendah tanpa ijasah tapi bermoral baik dibandingkan dengan yang yang berskill rendah tapi punya ijasah plus moral rendah, ...

i love emoticon-I Love Indonesia
gak papa di DO, yang penting ijazahnya tetep asli hehe
Quote:Original Posted By batamchoy
gak papa di DO, yang penting ijazahnya tetep asli hehe


paling beliau cuman punya ijazah sma...

kl gw liat sih beberapa faktor utama kenapa beliau sukses adalah pergaulan (networking), mau belajar dari lingkungan, rendah hati, gak gengsian...
Quote:Original Posted By anarsakus
itu dulu, ... kenyataannya sekarang menteri loh gan, ...
kalo udah kerja di level itu, yang lebih diperlukan kemampuan manajerial gan, ... urusak teknis serahkan ke ahlinya, ... banyak kok orang-orang pinter yang bisa dibayar untuk melakukan, ...


Jadi orang pinter itu untuk di suruh2 ya emoticon-Hammer2
Curhat tiada henti nih orang... besok apa lagi... Pernah menggembalakan Kebo... ? ... emoticon-Ngacir
Ijazah bukan patokan keberhasilan .... Banyak kok konglomerat indo yg cuma lulusan sd ... emoticon-Big Grin

Tp kl dijaman sekarang ... Jangan harap dpt kerjaan dengan imbalan yg bagus kl cuma ngandelin ijazah dengan ip pas"an ... emoticon-Big Grin

sama kaya ane nih, ane juga pernah di DO, semoga ane jadi mentri juga
emoticon-Matabelo
Kalo emng bisa sekolah kenapa engga? Kan tujuannya cari ilmu.
Quote:Original Posted By mynameisrock
Jadi orang pinter itu untuk di suruh2 ya emoticon-Hammer2


ya memang begitu kenyataannya gan...
karena orang2 pintar itu kebanyakan takut ambil resiko, kenapa takut? karena mereka banyak tau..orang yang banyak tau biasanya penakut dan peragu karena banyak pertimbangan, memang cocok untuk hal2 teknis (teknik).....

sedangkan orang2 yang "nakal" di sekolahan itu suka ambil resiko...
orang2 yang sukses dalam bisnis kebanyakan adalah orang2 yang berani ambil resiko,
apalagi nanti keputusannya itu didukung hasil analisis orang2 pintar itu sbagai bawahannya...
gak punya analisa aja berani ambil risiko apalagi kl udah dapat informasi hasil analisa. mekin topcer dia ambil keputusan...
Quote:Original Posted By d137er
Ijazah bukan patokan keberhasilan .... Banyak kok konglomerat indo yg cuma lulusan sd ... emoticon-Big Grin

Tp kl dijaman sekarang ... Jangan harap dpt kerjaan dengan imbalan yg bagus kl cuma ngandelin ijazah dengan ip pas"an ... emoticon-Big Grin


pas2an itu kira2 berapa bang?

ane ngerasa nih emoticon-Malu
emoticon-Ngakak ternyata do juga doi
owh gitu ya, baru tau ane emoticon-Matabelo sesuai bgt sama materi yg lagi ane pelajarin sekarang, btw nice inpo gan emoticon-thumbsup

Mampir Ke Thread Ane yg lain ya gan emoticon-Request

Pernah DO aja Dahlan Iskan bisa jadi menteri, gimana lulus Universitas harusnya lebih dari Menteri
hal gini jgn dtelen bulet2 ama rasio dong. emoticon-Cape d... (S)