alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016701155/polri-tak-boleh-sembarangan-tarik-penyidik-di-kpk
Polri Tak Boleh Sembarangan Tarik Penyidik di KPK
Polri Tak Boleh Sembarangan Tarik Penyidik di KPK
Jakarta Penarikan 20 penyidik Polri di KPK sempat menjadi perdebatan karena dikhawatirkan dapat menganggu kinerja KPK. Dalam draf revisi UU No 30 Tahun 2002 tentang KPK, Polri dilarang sembarangan menarik penyidiknya di KPK sebelum bekerja minimal 2 tahun.

Ketentuan ini ditambahkan dalam Pasal 39 tentang penyidik KPK. "Ketentuan Pasal 39 ditambah 1 (satu) ayat, yakni ayat (4)," demikian keterangan tambahan dalam draf revisi UU KPK yang diperoleh detikcom dari anggota Komisi III DPR Eva Kusuma Sundari, Minggu (30/9/2012).

Polri tak bisa lagi beralasan menarik penyidiknya di KPK untuk jenjang karier, kecuali penyidik tersebut minimal telah bekerja selama dua tahun di KPK dan tidak sedang menangani kasus.

"Penyelidik dan penyidik yang menjadi pegawai pada Komisi Pemberantasan Korupsi yang berasal dari instansi Kepolisian dan Kejaksaan tidak dapat ditarik oleh instansi asal kecuali telah bekerja minimal 2 (dua) tahun di Komisi Pemberantasan Korupsi dan tidak sedang menangani kasus," demikian bunyi Pasal 39 ayat (4) draf revisi UU KPK.

Berikut bunyi lengkap Pasal 39 di draf revisi UU KPK:

(1) Penyelidikan dan penyidikan tindak pidana korupsi dilakukan berdasarkan hukum acara pidana yang berlaku dan berdasarkan Undang-Undang yang berkaitan dengan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, kecuali ditentukan lain dalam Undang‑Undang ini.

(2) Penyelidikan dan penyidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan berdasarkan perintah dan bertindak untuk dan atas nama Komisi Pemberantasan Korupsi.

(3) Penyelidik dan penyidik yang menjadi pegawai pada Komisi Pemberantasan Korupsi, diberhentikan sementara dari instansi kepolisian dan kejaksaan selama menjadi pegawai pada Komisi Pemberantasan Korupsi.

(4) Penyelidik dan penyidik yang menjadi pegawai pada Komisi Pemberantasan Korupsi yang berasal dari instansi Kepolisian dan Kejaksaan tidak dapat ditarik oleh instansi asal kecuali telah bekerja minimal 2 (dua) tahun di Komisi Pemberantasan Korupsi dan tidak sedang menangani kasus.

Quote:[URL="http://news.detik..com/read/2012/09/30/141601/2045988/10/polri-tak-boleh-sembarangan-tarik-penyidik-di-kpk?"]SUMBER[/URL]