alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016698423/horee-korupsi-di-bawah-rp-5-miliar-tak-ditangani-kpk
HOREE! Korupsi di Bawah Rp 5 Miliar Tak Ditangani KPK
Jakarta Salah satu pasal dalam draf revisi UU KPK yang dianggap melemahkan KPK adalah kasus korupsi di bawah Rp 5 miliar tak lagi ditangani KPK. Angka ini lebih tinggi dibandingkan UU KPK yang berlaku saat ini.

UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK mengatur, dalam melaksanakan tugas KPK berwenang melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi yang menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp 1 miliar. Namun dalam draf revisi UU KPK, KPK hanya menangani pidana korupsi yang nilainya di atas Rp 5 miliar.

Berikut perbandingan antara pasal 11 UU KPK dengan pasal 11 dalam draf revisi UU KPK:

Pasal 11 UU KPK

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf c, Komisi Pemberantasan Korupsi berwenang melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi yang :

a. melibatkan aparat penegak hukum, penyelenggara negara, dan orang lain yang ada kaitannya dengan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum atau penyelenggara negara;

b. mendapat perhatian yang meresahkan masyarakat; dan/atau

c. menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp. 1.000.000.000,00 (satu
miliar rupiah).

Draf revisi Pasal 11 UU KPK

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf c, Komisi Pemberantasan Korupsi berwenang melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana korupsi yang:

a. melibatkan aparat penegak hukum, penyelenggara negara, dan orang lain yang ada kaitannya dengan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum atau penyelenggara negara;
b.mendapat perhatian yang meresahkan masyarakat; dan/atau
c.menyangkut kerugian negara paling sedikit Rp. 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

Selanjutnya kasus korupsi di bawah Rp 5 miliar akan ditangani Kepolisian dan Kejaksaan.

Seiring dengan derasnya tekanan publik menolak revisi UU tersebut, satu per satu fraksi akhirnya tak sepakat terhadap revisi tersebut, seperti F-Gerindra dan F-PKS.

"Menolak revisi UU KPK bukan pencitraan. Penolakan ini dilakukan karena akal sehat, tidak menginginkan UU KPK dibonsai sehingga korupsi semakin merajalela," kata anggota Komisi III DPR dari Gerindra, Martin Hutabarat, kepada detikcom, Minggu (30/9/2012).

SUMBER

=====================================

Maling duit rakyat yg di bawah 5M bakal ber urusan sama sesama maling,
ayo semua beralih jadi koruptor!!

korupsi 4,9M terus bagi2 penyidik dan kejaksaan masing2 1M, 900jt buat urusan sm sipir supaya bisa nge bon keluar sel sesuka hati, sisanya masuk kantong.... emoticon-I Love Indonesia (S)
pertamax, dithread calon HT , Hot Thread di kantor partai masing2
mari kita korupsi Rp. 4,999,999,999,- emoticon-Ngakak

seharusnya KPK kinerjanya jangan dibatasi.
kalo ini mah memang yg bikin UU maunya korupsi emoticon-Big Grin
nanti direvisi lagi jadi 10 miliar, terus jadi 20 miliar emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By fothermucker
Maling duit rakyat yg di bawah 5M bakal ber urusan sama sesama maling,
ayo semua beralih jadi koruptor!!

korupsi 4,9M terus bagi2 penyidik dan kejaksaan masing2 1M, 900jt buat urusan sm sipir supaya bisa nge bon keluar sel sesuka hati, sisanya masuk kantong.... emoticon-I Love Indonesia (S)


wakakkakka...begitu baca judul gw mau ngomen yang elo tulis...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
baca pikiran gw lo ya...emoticon-Mad:



well kalo diliat dari sudut pandang bagusnya sih emang bikin kinerja KPK lebih fokus dan efektif ngurusin kasus2 besar mengingat keterbatasan sumber daya KPK...emoticon-Embarrassment

tapi tetep aja gobloggg....kalo pengen nguatin KPK harusnya ya perkuat tuh Sumber Daya nya...emoticon-Mad:
gedung baru aja kagak dikasi ama nih anggota dewan...kamprettttt....emoticon-Mad:emoticon-fuck3
makin banyak aja dah koruptor. hadehhh
udahh naekk laggi ???

lamma2 kekk pasarr tawarr menawarr harga genne emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Ane rasa bagi tersangka korupsi yang blom tentu korupsi, mending semua ke KPK, buat yang jelas-jelas korupsi lebih seneng ke kejaksaan. Di kejaksaan, yang salah bisa jadi bener, yang bener bisa jadi salah.
Quote:Original Posted By sing4p0r3
Ane rasa bagi tersangka korupsi yang blom tentu korupsi, mending semua ke KPK, buat yang jelas-jelas korupsi lebih seneng ke kejaksaan. Di kejaksaan, yang salah bisa jadi bener, yang bener bisa jadi salah.


aneh lu...
Namanya tersangka itu belum divonis bersalah, alias belum tentu koruptor.
Lu lebih aneh lagi, kalo jelas2 korupsi, ngapain ke kejaksaan? Kalo orang kaya ente aja sok tau mana yg korupsi mana yg engga, buat apa ada pengadilan di Indonesia...ingat, ada praduga tak bersalah

Gua setuju aja kalo KPK dibatasi kewenangannya, hanya untuk kasus >10M saja. Dibawah itu serahkan kpd kepolisian
REVOLUSI is the only solution, dgn demikian pejabat2 perut gendut ini rasa juga azab sengsara yg sudah mereka timpakan ke rakyat
Quote:Original Posted By INCUBATOR
pertamax, dithread calon HT , Hot Thread di kantor partai masing2


bantuin rate makannye om biar HT... emoticon-Big Grin

kaga mungkin HT lah yg model beginian sih... emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By bonbenk
wakakkakka...begitu baca judul gw mau ngomen yang elo tulis...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
baca pikiran gw lo ya...emoticon-Mad:



well kalo diliat dari sudut pandang bagusnya sih emang bikin kinerja KPK lebih fokus dan efektif ngurusin kasus2 besar mengingat keterbatasan sumber daya KPK...emoticon-Embarrassment

tapi tetep aja gobloggg....kalo pengen nguatin KPK harusnya ya perkuat tuh Sumber Daya nya...emoticon-Mad:
gedung baru aja kagak dikasi ama nih anggota dewan...kamprettttt....emoticon-Mad:emoticon-fuck3


kita sehati benk.. emoticon-Kiss

Hati - hati sobat, alesan lo supaya KPK bisa lebih fokus ke kasus besar nanti bisa di contek DPR emoticon-Mad:
revisi ini bisa juga jadi celah memper banyak koruptor, anggota DPR yg tadinya takut korupsi, mungkin mereka bakal nyoba2 buat ngentit dengan nominal yang kecil-kecil emoticon-Cape d... (S)

Gue sendiri masih belum yakin sama POLRI dan kejaksaan, dan gue rasa ketidak yakinan itu bukan ada di gue ajah, mungkin mayoritas orang di sini juga begitu...

Quote:Original Posted By bukanbebek1988
udahh naekk laggi ???

lamma2 kekk pasarr tawarr menawarr harga genne emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


kalo cinta kamu bisa ditawar gak bek? emoticon-Kiss
emoticon-Cape d... hadeeehhh..., DPR ..., DPR... kelaut aja looooo.....



Posted with kaskusBetaQR
gawat ne,tar yg ada ne koruptor ada target maximal buat korupnya emoticon-Big Grin
wah para elit politik di senayan bakal pesta 7 hari 7 malam nh.. selamat anda bakal terbebas dari berurusan dg KPK.. laen kali korupsinya rame" kaya arisan aja, bulan ini si A 4,99 M, bulan depan si B 4,99 M, bulan depannya lg si C juga 4,99 M ampe bulan ke 12 si L korup 4,99 M, nah penghasilan dari korup setahun dibagi sama rata kan asik tu tiap orang g ampe 5M tapi penghasilan total bisa dapat 55 M/tahun.. n emoticon-Big Grin
Susah yak....wakilnya kita justru salah satu yang mensupport praktek koruptif di negeri ini.

KPK semakin lemah (at least direncanakan semakin lemah).
Anjing coklat juga sudah makan duwit.

Kenapa ya orang indo kok SUKA SEKALI DUWIT HARAM?
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Napa seh Koruptor menyebar luas di negara kita emoticon-Bingung
Knpa gak nyontoh ky negara Cina pemerintahannya ??

"Jikalau ada yang korupsi sudah siap 99 peti mati buat mereka yang korupsi 1 peti mati Buat saya kalau korupsi" kata perdana mentri nya sendiri loh itu. ngeri kan lw di negara kita ky gto,pada kabor semua dah wakil rakyat emoticon-Ngakak (S)

percuma deh ky nya di buat lembaga KPK toh korupsi msh ada dmna2, birokrasi negara kita msh sangat lemah emoticon-Hammer2
udh saatnya penggalangan massa...

ke dpr yuk gan bawa pacul... emoticon-Ngacir2
buaakakakakakakemoticon-Ngakak
enak bgt ya emoticon-Ngakak (S)
korupsi 4,99 M ga diurusi KPK emoticon-Cape d... (S)
DPR lagi kebingungan menangani KPK emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin tinggal catat siapa yg mendukung dan siapa yg sibuk mengerjai KPK... emoticon-Ngacir