alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016685332/dua-pilot-tewas-di-bandung-airshow
Peringatan! 
icon-hot-thread
Dua Pilot Tewas Di Bandung Airshow
Quote:
Pesawat Jatuh di Gudang Logistik Dislitbang TNI AU

BANDUNG, KOMPAS.com — Dua pilot tewas dalam kecelakaan satu unit pesawat aerobatik milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) tipe aircraft AS 202 B Under FASI, Sabtu (29/9/2012) pukul 11.37 WIB, di ajang Bandung Air Show.

Dua Pilot Tewas Di Bandung Airshow

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan menyebutkan, kedua pilot yang tewas adalah Marsma (Purn) Norman dan Tony. Pesawat mereka jatuh saat bermanuver kemudian menabrak bangunan perkantoran di kompleks perkantoran Dislitbang AU. Kompleks itu berada di luar areal bandara, di depan PT Dirgantara Indonesia.

"Laporan yang saya terima, pesawat akrobatik itu demo flight melintas dari arah utara ke selatan runway, lalu kehilangan ketinggian dan jatuh," ujar Bambang.

Dua Pilot Tewas Di Bandung Airshow

Menurut Bambang, terkait dengan peristiwa itu, dikeluarkan Notice to Airman berupa penutupan bandara selama satu jam untuk keperluan evakuasi.

Pesawat manuver yang jatuh di Bandung Air Show 2012 berjenis Bravo 202 milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Pesawat menimpa gudang logistik Dislitbang TNI AU.

Pesawat tersebut jatuh pada pukul 11.30 WIB, Sabtu (29/9/2012). Pesawat ringan itu berwarna merah dan putih.

Korban yang identitasnya belum diketahui berasal dari FASI. Namun sudah dievakuasi ke RS TNI Salamun.

Sebelum jatuh, pesawat sedang bermanuver di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Seorang saksi mata mengaku melihat pesawat bermanuver rendah, namun tiba-tiba menghilang. Hanya asap hitam yang terlihat dari kejauhan.

sumber
sumber


Quote:KRONOLOGI JATUHNYA PESAWAT

BANDUNG, KOMPAS.com — Pesawat Bravo 202 yang jatuh di Bandung Air Show, Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, hanya ada lima menit di udara.

Ketua Penyelenggara PNB Umar Sugeng Haryono menjelaskan, pesawat take off pada pukul 11.37 WIB. Setelah mengudara di depan para penonton Bandung Air Show dan melakukan manuver, pada pukul 11.42 WIB pesawat jatuh.

"Setelah mengudara di depan hadirin, terjadi accident dan pesawat total lost. Dua penerbang dinyatakan meninggal dunia," kata Umar Sugeng dalam jumpa pers di Bandung, Sabtu (29/9/2012).

Dua penerbang itu adalah Marsekal (Purn) Noorman Lubis dan Letkol (Purn) Toni Hartono. Keduanya mantan anggota TNI AU yang sudah bergabung dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

"Keduanya sering melakukan kegiatan ini, olah dirgantara. Setiap Sabtu, Minggu, atau hari libur, atau acara-acara tertentu," jelas Umar.

Menurut Umar, dua menit setelah jatuhnya pesawat di belakang kantor Dislitbang AU, tim penyelamat tiba. Namun, lima menit kemudian, kedua penerbang itu dinyatakan meninggal.

Keduanya lalu dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, untuk diotopsi. Kondisi pesawat hancur di bagian depan, sementara gedung terbakar, tetapi tetap utuh.

sumber



Quote:Original Posted By axeuz
gak ada parasutnya ya gan pesawatya, kayak yg di pesawat2 tempur itu emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By FL410
Inna lillahi wa inna ilahi raji'un

Turut berduka cita untuk korban semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)

Dr Norman T Lubis dulu pernah jadi pimpinan Lakespra, pernah juga di Garuda Sentra Medika, yang pernah medex era 1995-2005 pasti pernah ketemu sama dokter spesialis mata ini, orangnya ramah, baik, tapi tegas, kaget juga tadi siang dapat BBM kecelakaan di BAS setengah gak percaya emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By NejiHolic117
Tadi siang gue nonton Bandung Air Show 2012. Mobil parkir di deket kawasan TNI Angkatan Udara yg nggak jauh dari tempat acaranya, terus ke tempat acaranya naik angkot, angkotnya sesek dan gue duduk di kursi depan berdua sama adek gue. sesampai di tempat acaranya, gue turun dan keliling2 sambil foto2 pesawat dan aksi terjun payung.
setelah 1 jam di sana, keluarga gue memutuskan untuk ke PVJ untuk makan siang. pas masih di tempat acara mau jalan ke gerbang keluar acara, gue dan adek gue jalan sambil nyuting atraksi pesawat di sana. lalu ada atraksi pesawat merah yg sempet direkam sama adek gue, melakukan Manuver rendah ke arah tempat parkir mobil gue, lalu hilang tiba2, tak lama kemudian tiba2 keluar asap hitam besar membumbung ke udara, seisi acara langsung heboh nonton pesawat jatuh ke arah tempat parkir mobil gue. untung mobil gue selamat dan pesawatnya ternyata menabrak sebuah gedung. adek gue sempet ngerekam pesawat tsb saat Manuver sebelum jatuh sampai jatuhnya pesawat tsb.

gila dah, gue jadi takut dan nggak mau datang ke acara Air Show gituan lagi, trauma emoticon-Frown

Turut berduka emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By Kaskus100
Yang meniggal itu pemilik bandung eye center, Dr. Lubis, ane pernah beberapa kali berobat ke beliau.. orangnya baik dan religius.. semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya amiin, untuk keluarga yang ditinggal semoga diberi ketabahan emoticon-Berduka (S)



Turut berduka cita untuk keluarga para korban .........

Haiiiiyyyyaaaaaaaaa......... kenapa bisa begini lhhhoooo ????

apa kurang persiapan terhadap pesawat2 yang dipertunjukkan ???
apakah pesawat cessna lagi ?
turut berduka cita untuk korban emoticon-Berduka (S)
emoticon-Berduka (S) semoga keluarga yang ditinggal di berikan ketabahan
emoticon-Belo menurut saksi juga pesawat bermanuver rendah
Innalillahi wa inna ilaihi raji'un
emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

padahal pilot"nya senior di dunia penerbangan dan juga telah menempuh lebih dari 5000 jam terbang.. juga senior di dunia acrobatic aero...

semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan..

Peringatan! 

Quote:Original Posted By joe_satriyani03
emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

padahal pilot"nya senior di dunia penerbangan dan juga telah menempuh lebih dari 5000 jam terbang.. juga senior di dunia acrobatic aero...

semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan..


kalau kata Tuhan , jatuh tuch pesawat ya maka jatuhlah ........ gak perdui siapa pilotnya gan ........ senioritas jg gak menjamin keamanan ...




Quote:Original Posted By diemydearest
sereeemmmm gan


emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)

ini ada yang upload tapi gak tau kecelakaan yang tadi atau tahun kemarin yah?

videonya gan..

youtube-thumbnail
turut beduka cita,menyedihkan byk musibahemoticon-Berduka (S)
yah, innalilahi .... acarannya tetep berlanjut emoticon-Berduka (S)
wah itu lagi show mereka jatuh emoticon-Belo

sakaratul maut dihadapan banyak orang emoticon-Belo

turut berduka cita buat keluarga yang ditinggalkan emoticon-Berduka (S) emoticon-norose
Ya ampun, bisa0bisanya jatuh, apakah kesalahan teknis atau memang pilotnya yang kurang mahir yah, ane turut berduka emoticon-Turut Berduka
kejadian ini kembali berulang emoticon-Berduka (S).
siapa yg bertanggung jawab dengan kecelakaan ini ya?
mudah2an saja keLuarga korban yg d tinggaLkan di beri kesabaran dan ketabahan..
Amiin
kenapa pesawat bisa jatuh... itulah pertanyaan yang terpikirkan.. apakah pilot yang salah karena human error atau karena pesawat yang tidak memadai.. tidak da yang tahu...

semoga semua bisa dijelaskan ketika sudah menemukan titik terang..

turut berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan emoticon-Berduka (S)
ane abis dari sana gan, udah bad feeling aja tadi, pas mo pulang bener gak jauh dari ane parkirin mobil (lihat dari berita dan foto), ntu pesawat jatuh. Pas kejadian ane dah di jl pajajaran.....
kondisi pesawatnya mengenaskan emoticon-Nohope turut berduka buat pilot emoticon-Turut Berduka

nanti alasannya gara2 cuaca lagi nih? emoticon-Cape d...
tahun 2010 di airshow yang sama pernah kecelakaan juga.

kok bisa ya?

.
turut berduka gan
bentar lagi ht nih
lg liat tv
Kemarin Kapal Perang terbakar....
Hari ini Pesawat jatuh....
Besok ? emoticon-Confused:
turut berduka cita aja emoticon-Berduka (S)

semoga perawatan dari pesawat2 lebih ditingkatin, kasian buat keluarga yang ditinggalin emoticon-Berduka (S)
tahun lalu kejadian serupa....
wah wah wah masa jatoh lagi, pntsn aja jalan macetemoticon-Turut Berduka