alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016680450/film-g-30-s-pki-alat-cuci-otak-ala-orde-baru
Film G 30 S/PKI, alat cuci otak ala Orde Baru
Film G 30 S/PKI, alat cuci otak ala Orde Baru

Film ini diawali dengan munculnya logo PPFN (Pusat Produksi Film Negara) dan diiringi suara orkestra. Setelah logo PPFN, deretan huruf muncul yang diiringi suara mesin tik.

Setting lalu bergeser ke Lubang Buaya, lalu terdengar narasi. "Cita-cita perjuangan kami untuk menegakkan kemurnian Pancasila tidak mungkin dipatahkan hanya dengan mengubur kami dalam sumur ini."
Film G 30 S/PKI, alat cuci otak ala Orde Baru

Adegan kembali berganti dengan menampilkan suasana subuh di sebuah desa. Beberapa orang terlihat mengambil celurit yang diselipkan di bilik bambu. Orang itu lalu berlari menuju sebuah masjid dengan membawa celurit dan senjata tajam lainnya.

Saat itu, jemaah masjid kecil tersebut sedang melaksanakan salat subuh. Usai salam, sang imam lalu memimpin doa dan tiba-tiba diserang oleh gerombolan orang bersenjata tadi.

Sang imam salat langsung dianiaya. Para jemaahnya dianiaya dan sebagian memilih menyelamatkan diri saat masjid diserbu tanpa sebab yang jelas itu. Rak berisi kitab suci Alquran dirusak dalam aksi yang digambarkan terjadi pada 13 Januari di Desa Kanigoro, dekat kota Kediri tahun 1965.

Diceritakan juga bagaimana PKI merusak dan menginjak-injak kitab suci Alquran. Beberapa berita kekerasan yang dilakukan oleh PKI juga ditampilkan dalam film tersebut. PKI memang ingin digambarkan sebagai organisasi yang tidak beradab.

Begitulah adegan awal yang digambarkan dalam film G 30 S/PKI. Sejak awal dalam film tersebut memang sengaja dibuat untuk menimbulkan kebencian yang mendalam kepada PKI.

Sejak tahun 1985 film G 30 S/PKI menjadi film yang wajib diputar di semua stasiun TV tanah air setiap tanggal 30 September malam. Film propaganda versi pemerintah Orde Baru ini mengisahkan kebiadaban yang dituduhkan kepada PKI.

Film dibesutan Arifin C Noer itu juga dibintangi oleh beberapa artis terkenal kala itu. Sebut saja Ade Irawan, Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Sofia WD. Ini film pun mampu menjadi alat cuci otak yang dahsyat saat itu.

Film yang diproduksi tahun 1984 ternyata mampu menimbulkan efek yang luar biasa bagi pemirsanya. Akibat film tersebut semua otak penontonnya berpikir bahwa PKI adalah organisasi paling kejam di republik ini.

Efek film tersebut benar-benar memberikan kesan yang mendalam bagi yang pernah menontonnya. Film berdurasi 3 setengah jam itu mampu menggambarkan suasana ketegangan di tahun 1965.

Sang sutradara juga terlihat sangat piawai untuk mengarahkan para pemerannya untuk menunjukkan ketegasan, kesedihan, kemarahan, bahkan kesadisan yang digambarkan di film tersebut.

Aksi PKI menyiksa dan mengubur 7 jenderal juga membakar amarah setiap pemirsanya. PKI digambarkan sebagai organisasi 'haram' yang ingin menguasai republik ini.

Namun ketika orde baru tumbang, film ini pun mulai dipertanyakan kebenarannya. Tak sedikit sejarawan dan saksi hidup yang menyebut film G 30 S/PKI adalah film cuci otak ala orde baru.

"Film G 30 S/PKI itu adalah fiksi dan mengandung pembohongan pada masyarakat karena berangkat dari skenario sutradara Arifin C Noer. Sedangkan monumen Lubang Buaya (monumen Pancasila Saksi) juga sama karena berdasarkan hasil visum tidak ada itu yang namanya jendral disilet-silet oleh Gerwani," ujar korban 65 dan Sastrawan Lekra di masa Orde Lama Putu Oka Sukanta di kantor Kontras, Jakarta, (25/7/2012) lalu.


sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/fil...orde-baru.html
dulu pas sd nontonnya rame2 di bioskop
Udah keduluan sama agan yang lain beritanya mas
benar sekali gan, apa yang terjadi pada 30 september 1965 masih misteri sampai sekarang, tapi faktanya adalah lebih dari 500 ribu orang simpatisan pki dibantai, dan samapai sekarang tidak ada satu orang pemimpin yang mau mengakui kalau pembantaian mirip khemer merah itu juga terjadi di indonesia.
lalu mesti gue bilang waaawwwww getohhh ???
ane inget nih pelem waktu ane SD nontonya pake layar tancap di lapangan..

tapi sayang skarang dah gak tayang lagi yah...
berita si TS = emoticon-Repost, gan.... krn sdh ada disini;

Code:

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16679844
yah maklum lah ... namanya juga pemenang ... emoticon-Big Grin

emang maksud dari orba dulu kan babat habis semua ekstrimis garis kiri dan kanan ... biar mereka takut dan tidak ada celah lagi untuk bangkit ... ini dilakukan pada komunis dan ideologi agama ... emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment

dan terbukti ... gitu orba jatuh ... sayap kanan yang keras mulai bermunculan ... puncaknya ya di pemerintahan sby ... emoticon-Big Grin
Setelah dicuci kok baru sekarang diberi taunya ..... emoticon-Amazed
PKI mah ga ada apa2nya ama NAZI nya opah hitler.... emoticon-Berduka (S)
Nah.. Itu adalah konspirasi penguasa di masa lalu yg akhirnya perlahan2 mulai "terkuak". Tapi, korban2 pembunuhan yg terjadi pada masa itu memang benar terjadi dan bukan rekayasa emoticon-Berduka (S). Rekayasanya ada ditangan si pembuat skenario, siapa yg harus dibunuh, siapa yg harus melaksanakan, dan siapa yg akhirnya "dikambinghitamkan".

Sama seperti kasus2 terorisme di masa sekarang ini. Mereka hanya pion yg sudah dicuci otak tanpa menyadarinya, mereka dijebak utk datang ke tempat penjagalan tanpa pengadilan. Sementara pion lain yg cukup beruntung, mendapat peran dgn memberikan kesaksian kebenaran aksi teror mereka saat "tertangkap". Semuanya udah terskenario dgn baik walaupun dgn penayangan sinetron tingkat amatir. Dimana aroma konspirasi tersebut tercium disana sini emoticon-Hammer (S) .

Ibarat kentut, tercium tp susah untuk dibuktikan, namun seperti halnya konspirasi dimasa lalu, suatu saat pasti akan terbongkar juga emoticon-Big Grin. Hanya berharap, semoga korban dari sinetron amatiran ini tidak bertambah banyak emoticon-Berduka (S).


TSnya repost emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By SherlockHolmess
Nah.. Itu adalah konspirasi penguasa di masa lalu yg akhirnya perlahan2 mulai "terkuak". Tapi, korban2 pembunuhan yg terjadi pada masa itu memang benar terjadi dan bukan rekayasa emoticon-Berduka (S). Rekayasanya ada ditangan si pembuat skenario, siapa yg harus dibunuh, siapa yg harus melaksanakan, dan siapa yg akhirnya "dikambinghitamkan".

Sama seperti kasus2 terorisme di masa sekarang ini. Mereka hanya pion yg sudah dicuci otak tanpa menyadarinya, mereka dijebak utk datang ke tempat penjagalan tanpa pengadilan. Sementara pion lain yg cukup beruntung, mendapat peran dgn memberikan kesaksian kebenaran aksi teror mereka saat "tertangkap". Semuanya udah terskenario dgn baik walaupun dgn penayangan sinetron tingkat amatir. Dimana aroma konspirasi tersebut tercium disana sini emoticon-Hammer (S) .

Ibarat kentut, tercium tp susah untuk dibuktikan, namun seperti halnya konspirasi dimasa lalu, suatu saat pasti akan terbongkar juga emoticon-Big Grin. Hanya berharap, semoga korban dari sinetron amatiran ini tidak bertambah banyak emoticon-Berduka (S).


TSnya repost emoticon-Hammer2

bener, korban pembantaian yang mereka lakukan itu benar adanya

lalu kenapa PKI playing victim di sini?
pengaburan sejarahkah?

TSnya gak googling dulu ya sebelom bikin tret emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By baronkato

bener, korban pembantaian yang mereka lakukan itu benar adanya

lalu kenapa PKI playing victim di sini?
pengaburan sejarahkah?

TSnya gak googling dulu ya sebelom bikin tret emoticon-Cape d... (S)


maap y agan2 emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
emang masih ada yg nayangin nih filem gan emoticon-Amazed

jadi kangen pengen nonton lagi emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Khoontol
Setelah dicuci kok baru sekarang diberi taunya ..... emoticon-Amazed


Kayaknya karena lupa dijemur deh.
Quote:Original Posted By ali_oncom
emang masih ada yg nayangin nih filem gan emoticon-Amazed

jadi kangen pengen nonton lagi emoticon-Big Grin


tuh cari aja di youtube. yang full ada kok. emoticon-Big Grin
wew mo peringatan G30 S ya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By meutuah
Kayaknya karena lupa dijemur deh.


Atau ada yang maling jemuran ya .... emoticon-Ngacir
klo dijaman skrg,
mungkin tar bakalan ada film ttg TERORISME.

sejarah emg dibikin ama jenderal yg sedang berkuasaa,
kroni2nya yg bikin sedemikian rupa emoticon-Big Grin
http://www.youtube.com/watch?v=E1zm4XzXzAo
seruan mana gan sama ini emoticon-Embarrassment