alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016674191/70-persen-kerusakan-lingkungan-indonesia-akibat-operasi-tambang
70 Persen Kerusakan Lingkungan Indonesia akibat Operasi Tambang
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 70 persen kerusakan lingkungan di Indonesia disebabkan oleh operasi pertambangan.
Bahkan, UU No 32/2009 dianggap sebagai penghambat investasi. Tak heran, undang-undang ini terus diabaikan dan pelan-pelan dipereteli kekuatannya.
-- Priyo Pamungkas Kustiadi


Industri ekstraktif ini dengan mudah melabrak dan mengakali berbagai aturan yang bertentangan dengan kepentingannya, termasuk Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH).

"Bahkan, UU No 32/2009 dianggap sebagai penghambat investasi. Tak heran, undang-undang ini terus diabaikan dan pelan-pelan dipereteli kekuatannya," kata Priyo Pamungkas Kustiadi, Media Communication and Outreach Jaringan Advokasi Tambang (Jatam), di Jakarta, Jumat (28/9/2012).

Hampir 34 persen daratan Indonesia telah diserahkan kepada korporasi lewat 10.235 izin pertambangan mineral dan batubara (minerba). Itu belum termasuk izin perkebunan skala besar, wilayah kerja migas, panas bumi, dan tambang galian C.

Kawasan pesisir dan laut juga tidak luput dari eksploitasi, lebih dari 16 titik reklamasi, penambangan pasir, pasir besi, dan menjadi tempat pembuangan limbah tailing Newmont dan Freeport.

Demikian juga hutan kita, setidaknya 3,97 juta hektar kawasan lindung terancam pertambangan, tak luput keanekaragaman hayati di dalamnya. Tak hanya hutan, sungai kita pun dikorbankan. Jumlah daerah aliran sungai (DAS) yang rusak parah meningkat dalam 10 tahun terakhir.

Dari sekitar 4.000 DAS yang ada di Indonesia, sebanyak 108 DAS mengalami kerusakan parah. ESDM dinilai melakukan pembiaran atas kehancuran ini dan dibayar dengan kematian warga, kerusakan lahan, dan berubahnya pola ekonomi masyarakat.

Melihat kondisi inilah, Jatam menuntut secara tegas agar Energi dan Sumber Daya Mineral tunduk kepada UU No 32/2009 dan tidak mengintervensi Kementerian Lingkungan Hidup, segera menghentikan izin usaha pertambangan dan mengevaluasi perusahaan yang merusak lingkungan, menutup segera tambang di wilayah hutan untuk menahan laju daya rusak tambang.

sumber :http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...perasi.Tambang

sisakanlah untuk anak cucu..
resource dikuasai asing, pembangunan dari pajak doank.

ironi...

denger2 salah satu negara arab yang modal minyak aja bisa lebih baik dari indonesia, padahal yang kekayaan alam negara ini lebih banyak dari arab.
mana nih greenpeace? kok cuman nyikat pabrik kertas kita doang yang saingan berat pabrik kertas bule?
calon thread sepi emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) ,generasi muda sudah hilang cinta lingkungan
Negara ini cuma bisa menikmati, tapi tidak bisa mengelola.
Sayonara...
Quote:Original Posted By masmancung
calon thread sepi emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) ,generasi muda sudah hilang cinta lingkungan


lebih sibuk mikir film kontroversial daripada mikirin negara.
muahahaha.
ternyata iptek yg berkembang berabad2 hanya bisa merusak.
bisa dilihat dari freeport, dari berapa lebarnya lubang galiannya
dan lapindo.
daerah tambang sudah makin parah gan.. .
pengelolaan tambang dan limbah tambangnya gan yg bikin rusak ... plus pejabat terkait yg maen kasih ijin aja tanpa AMDAL, kalo pun ada kebanyakan ecek2
terutama freeport tuh


~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~
buat kemajuan, pasti ada bayarannya..
lalu masalahnya, apakah hasilnya dinikmati anak-cucu sendiri? emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By alterjon
buat kemajuan, pasti ada bayarannya..
lalu masalahnya, apakah hasilnya dinikmati anak-cucu sendiri? emoticon-Embarrassment


kayanya tidak gan emoticon-Big Grin
trs mw tambangnya ditutup gan?
emg smua yg agan pake ga berasal dari tambang???

kan emg rata2 bahan galian adanya d daerah hutan gan, kya misalnya batubara

mgkin yg d mksud tambang yg mrusak lingkungan tsb adalah penambangan yg ilegal
coz byasanya perusahaan yg bru mw buka tambang mereka harus ngurus AMDAL dlu, y smuanya hrus berwawasan lingkungan skrg
toh nnti klo tambangnya sdh habis kn ada kewajiban reklamasi
perusahaan roti itu salah satunya yak?

.
Quote:Original Posted By batu.merah
resource dikuasai asing, pembangunan dari pajak doank.

ironi...

denger2 salah satu negara arab yang modal minyak aja bisa lebih baik dari indonesia, padahal yang kekayaan alam negara ini lebih banyak dari arab.


pemimpin, kacung hingga oknum yang cuma mentingin sendiri itulah Indonesia emoticon-Recommended Seller
si dagumen juga punya andil dong dalam perusakan lingkungan ?

gawat kalo dia sampe jadi presiden .. bisa abis ini negara buat bayarin utangnya si dagu
gitulah kalo pemiliknya asing, dan bangsa kita gampang dibeli
Quote:Original Posted By jojocircus
mana nih greenpeace? kok cuman nyikat pabrik kertas kita doang yang saingan berat pabrik kertas bule?


kan gak ada pesenan gan, jadi gak ikut protes dong emoticon-Big Grin
reformasi birokrasi perlu dijalankan..
perlu ada pengawasan terhadap penambangan yang merugikan..
rusaknya mungkin juga gak bisa diperbaharui lagi...emoticon-Cape d... (S)