alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016672579/cara-kampanye-jokowi-patut-ditiru-di-pemilu-2014
Cara Kampanye Jokowi Patut Ditiru di Pemilu 2014
Cara Kampanye Jokowi Patut Ditiru di Pemilu 2014


JAKARTA. KOMPAS.com — Cara berkampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, dianggap telah memberikan warga contoh baru dalam menjaring suara calon pemilih. Cara jitu ini layak diikuti oleh kalangan elite partai politik atau calon presiden dalam Pemilihan Umum 2014.

Koordinator Nasional Komite Pemilih Indonesia Jeirry Sumampow mengatakan, cara kampanye dari Jokowi dan Basuki atau Ahok itu telah menjadi kunci kemenangan kandidat yang diajukkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerakan Indonesia Raya tersebut. Cara kampanye itu berbeda dari cara-cara dari figur ataupun elite partai politik sebelumnya.

"Cara berkampanye Jokowi-Ahok itu efektif. Dia tidak kumpulkan orang, tapi datangi orang. Kampanye jemput bola yang tentu menghemat biaya," ujar Jeirry di Maarif Institute, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Jeirry menjelaskan, kampanye yang biasa dilakukan figur atau elite parpol dengan cara mengumpulkan orang di lapangan terbukti tidak efektif dalam menarik suara pemilih. Hal tersebut disebabkan adanya jarak antara pemilih dan figur yang akan dipilihnya. Selain itu, masyarakat Indonesia telah jenuh dengan cara kampanye di lapangan yang teramat monoton.

Pola kampanye di lapangan itu, menurut Jeirry, dapat dibuat pola, yaitu menyewa lapangan, mengumpulkan massa, mendatangkan public figure, menyampaikan visi-misi, kemudian pulang. Cara tersebut tidak efektif dalam menyampaikan program kerja, visi, dan misi sebab jarak yang dibangun antara pemilih dan yang dipilih searah sehingga tidak memungkinkan timbulnya hubungan timbal balik atau dialektika yang dapat memberikan solusi alternatif terhadap beragam permasalahan pemilih.

"Yang dilakukan Jokowi-Ahok tidak begitu. Mereka berdua tidak menggelar kampanye massal. Mereka masuk gang, keluar gang, lalu menyapa masyarakat dan mendengarkan aspirasi mereka. Itu kampanye yang efektif dan layak dicontoh," ujarnya.

Ia mengatakan, kampanye cara Jokowi dan Basuki tersebut tentunya akan sangat menyerap tenaga. Namun, jika figur serius untuk membawa angin perubahan bagi masyarakat, kampanye tersebut tentunya tidak menjadi kendala yang berarti.

Dalam konteks Pemilu 2014, baik badan legislatif maupun presiden, calon yang serius tersebut setidaknya pada waktu dekat telah mengambil ancang-ancang untuk menerapkan cara Jokowi-Basuki dengan berkeliling Indonesia.

"Kampanye model itu murah, biayanya hanya modal pesawat doang, lalu jalan mendatangi masyarakat di seluruh Indonesia. Yang terpenting, kan, masyarakat mengenal figur siapa yang akan dipilihnya secara langsung, bukan lewat baliho atau foto," kata Jeirry.

Dalam kampanyenya, Jokowi-Basuki tidak menghendaki pemasangan spanduk atau baliho di tempat-tempat keramaian. Pasangan nomor urut ketiga itu juga didukung oleh gerakan relawan dan publikasi melalui media sosial di internet.

http://nasional.kompas.com/read/2012...di.Pemilu.2014


==================================

siapapun bisa meniru cara kampanye jokowi (tapi sayang tau sendiri mental pejabat disini kebanyakn gimana jadinya pencitraan ini kurang optimal) tapi yang gak bisa ditiru adalah mental jokowi sebagai pejabat emoticon-Cool
Yang baik memang layak untuk di tiru.
serius deh, pada ngira hanya dengan kampanye masuk kampung kampung pas pemilu doang itu bisa ngeraih suara dan jadi pemenang ?
Kampanye irit, mending kalau punya duit buat kampenye itu bikin semacam festival musik gitu. Nah kalau perlu soundnya dan alatnya bisa hub ane emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
di bikin francise aja, biar kualitas sama....hi2 :ilove indonesias
Quote:Pola kampanye di lapangan itu, menurut Jeirry, dapat dibuat pola, yaitu menyewa lapangan, mengumpulkan massa, mendatangkan public figure, menyampaikan visi-misi, kemudian pulang.

yg datang ke kampanye kaya gitu hanya massa bayaran saja. datang buat dapat nasi bungkus dengerin dangdut trus pulang deh. emoticon-Ngacir
apa yg diomongin jurkam mana tau mereka. emoticon-Ngacir
menurut instruksi presiden siapa balon presiden yang ente suka ?
menurut instruksi presiden Quote:Original Posted By snowonsummer
serius deh, pada ngira hanya dengan kampanye masuk kampung kampung pas pemilu doang itu bisa ngeraih suara dan jadi pemenang ?


kan udah ane bilang sosok lebih besar pengaruhnya
menurut instruksi presiden syefi amir nih emoticon-Mewek
walau melelahkan dgn mendatangi langsung ke kampung warga,

tapi patut ditiru. karena lain dgn cara yg lama.

bener membawa perubahan bagi demokrasi di Indonesia. emoticon-thumbsup

Tidak kampanye ttg gaji Jokowi lagi, bener2 lain dgn yg lainnya emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
menurut instruksi presiden Quote:Original Posted By yehezkielwarto
Kampanye irit, mending kalau punya duit buat kampenye itu bikin semacam festival musik gitu. Nah kalau perlu soundnya dan alatnya bisa hub ane emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


itumah samimawon ama ngumpuulin masa di lapangan emoticon-Hammer2
menurut instruksi presiden Quote:Original Posted By Khoontol
Yang baik memang layak untuk di tiru.


eh ada sepuh emoticon-Matabelo tapi mentalnya berat buat di tir
menurut instruksi presiden Quote:Original Posted By INCUBATOR
di bikin francise aja, biar kualitas sama....hi2 :ilove indonesias


maksudnya apa gan emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By Khoontol
Yang baik memang layak untuk di tiru.


kan yang ditiru cuma gaya kampanye jokowi tol
bukan prestasinya, gak ngefek
klo prestasi sebelumnya gak ada ya tetep aja gak ngaruh
coba aja anas urbaningrum klo mau nyapres suruh kampanye kayak jokowi
Quote:Original Posted By b4yu70


kan yang ditiru cuma gaya kampanye jokowi tol
bukan prestasinya, gak ngefek
klo prestasi sebelumnya gak ada ya tetep aja gak ngaruh
coba aja anas urbaningrum klo mau nyapres suruh kampanye kayak jokowi


makanya si jeirry itu ga nangkep... Jokowi dipilih bukan karena kampanye, tapi juga karena apa yang dia sudah lakukan sebelum kampanye. Track record!

Kalau cuma sekadar pake baju kotak-kotak sih semua juga bisa. (Udah mulai ada beberapa pilkada lain yang kontestannya ngikut pakai kotak-kotak).
Jauh sebelum jokowi sudah banyak yg mendahului cara berkampanye seperti ini, dan orangnya (dulunya) sangat merakyat. Namun ketika karir semakin naik, perlahan-lahan terjadilah evolusi...

Ane punya data kongkrit beberapa orang dari mereka dan bahkan sudah pernah bermusyawarah dengan mereka. Itu ketika mereka masih menjabat sebagai bupati, dpr/d, walikota. Namun setelah jadi menteri...ane sudah tidak begitu dikenal lagi.

btw...pak harmoko kenal ane gak?!
menurut instruksi presiden Quote:Original Posted By b4yu70
kan yang ditiru cuma gaya kampanye jokowi tol
bukan prestasinya, gak ngefek
klo prestasi sebelumnya gak ada ya tetep aja gak ngaruh
coba aja anas urbaningrum klo mau nyapres suruh kampanye kayak jokowi


barangkali setelah ini mucul juga jokowi2 di daerah lain (banyak yang track recornya bagus sayang kurang terpublikasi)
Jokowi dipilih karena track record yang bagus
kampanye dengan minim baliho, spanduk, dll yang isinya kebohongan belaka.
bahkan tanpa blek kempen

kalau cuma masuk kampung cuma buat ngebual dan acting semua juga bisa, kaya ical emoticon-Wink
Spoiler for enak gak kopinya ??:
kampanye model mewek udah gak laku di pasaran ya gan emoticon-Embarrassment
mulai deh pada niru niru