alexa-tracking

Negeriku, Negeri Pengutang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016672055/negeriku-negeri-pengutang
Sedih 
icon-hot-thread
Negeriku, Negeri Pengutang
Pemerintah justru merasa bangga bisa mengambil utang kembali.

Spoiler for BUKA GAN PENTING NIH!:

Mau tahu berapa utang bangsa ini? Jumlahnya ternyata sangat fantastik. Catatan Kementerian Keuangan total utang pemerintah Indonesia hingga Juli 2012 mencapai Rp 1.950,08 trilyun. Jumlah tersebut naik sebanyak Rp 1.46,59 trilyun dibanding akhir 2011 lalu.

Jika dihitung dengan nilai dolar AS, maka jumlah utang pemerintah per Juli mencapai Rp 205,6 milyar dolar AS. Jumlah ini naik dari posisi akhir 2011 sebanyak Rp 198,89 milyar dolar AS.

Utang pemerintah tersebut terdiri atas pinjaman Rp 627,18 trilyun dan surat berharga Rp 1.322,9 trilyun. Sedangkan pinjaman yang diperoleh pemerintah pusat hingga akhir Juli, dari bilateral sebanyak Rp 383,19 trilyun, multilateral Rp 218,44 trilyun, komersial Rp 23,8 trilyun, supplier Rp 440 milyar dan pinjaman dalam negeri sebanyak Rp 1,3 trilyun.

Sementara total surat utang yang telah diterbitkan pemerintah sampai Juli 2012 mencapai Rp 1.322,9 trilyun. Naik dibandingkan posisi di akhir 2011 yang sebesar Rp 1.859,43 trilyun. Jika menggunakan PDB Indonesia yang sebesar Rp 7.226 trilyun, maka rasio utang per Juli 2012 sebesar 26,9 persen.

Bagi masyarakat awam, mungkin tidak pernah terbayangkan nilai uang sebanyak itu. Anehnya, pemerintah justru sangat PD (percaya diri) mampu melunasi utang yang tiap tahun bukan makin menurun, tapi terus melonjak. Apalagi kemudian tahun depan, pemerintah sudah berancang-ancang mencari utang lagi senilai Rp 158,3 trilyun untuk menutup defisit anggaran.

Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto, dengan makin menurunnya rasio utang terhadap PDB (produk domestik bruto dalam lima tahun terakhir menunjukkan kemampuan APBN untuk membayar utang makin besar. Misalnya, pada tahun 2007, rasio utang terhadap PDB masih sebesar 35,1 persen, tetapi pada Maret 2012, rasio utang terhadap PDB sudah mencapai 23,9 persen.

Negeriku, Negeri Pengutang

Tabel. Utang pemerintah pusat dan rasionya terhadap PDB (sumber: kementrian keuangan).


Sementara Direktur Strategi Portopolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang, Kementerian Keuangan, Schneider Siahaan mengatakan, kemampuan pemerintah membayar utang, bisa dilihat dari indikator yakni debt to GDP ratio. Indonesia dalam hal ini relatif lebih rendah dari negara lain. Rasio utang Indonesia terhadap GDP atau PDB sendiri masih kurang dari 25 persen. Padahal Jepang sudah mencapai 200 persen, dan Amerika 70-80 persen. “Jadi bila dilihat dari indikator itu, pemerintah sangat mampu dalam melunasi utang,” ujarnya.

Jika pemerintah beralasan kemampuan APBN makin kuat untuk membayar utang, maka sebenarnya sebatas gali lubang, tutup lubang. Karena pinjaman atau utang luar negeri tersebut hanya sekadar untuk menutup defisit anggaran di APBN. Selain pajak, utang memang menjadi satu cara pemerintah untuk menjalankan roda pemerintahan.

Bahkan LSM Koalisi Anti Utang (KAU) mendesak agar pemerintah tidak lagi mengandalkan dana yang berasal dari utang luar negeri sebagai salah satu sumber untuk membiayai pembangunan di dalam negeri. “Semakin besar kita mengandalkan utang, maka akan semakin besar bahaya yang bisa berdampak pada ekonomi nasional,” kata Ketua KAU, Dani Setiawan.

Anggota DPR RI, Ecky Awal Mucharam juga menilai bukan hanya utang yang harus dibayar, beban pembayaran bunga utang juga makin mengkhawatirkan karena jumlahnya terus meningkat. “Beban bunga utang terus meningkat dan mencapai 10 persen dari total belanja pemerintah pusat,” ujar Ecky.

Pembayaran bunga utang yang sangat besar itu menurut Ecky, telah membebani anggaran negara. Bahkan sudah dalam skala yang makin mengkhawatirkan. Diperkirakan pembayaran bunga utang dalam RAPBN 2013 mencapai Rp 113,2 trilyun.

Jika ditambah pembayaran cicilan pokok utang luar negeri yang mencapai Rp 58,4 trilyun dan refinancing atas pelunasan surat berharga negara (SBN) yang netto-nya mencapai Rp 159,6 trilyun, maka beban yang harus ditanggung makin besar.

Kondisi utang bangsa Indonesia memang sudah sangat mengkhawatirkan. Sebab dengan beban utang yang sangat besar, bangsa ini bukan hanya terbebani untuk membayar utang pokoknya, tapi juga bunga utang yang sangat besar. Artinya, masyarakat akan menanggung utang bunga yang terus berbunga.

Spoiler for BUKA GAN PENTING NIH!:

(mediaumat.com/www.globalmuslim.web.id)


TAMBAHAN
Quote:
dan itu anak cucu kita yang belum lahir sudah dibebani utang negara begitu lahir

. . . . miris . . .
semakin banyak saja hutang negara

yang bayar siapa nanti nya emoticon-Berduka (S)
Quote:


Jika ditambah pembayaran cicilan pokok utang luar negeri yang mencapai Rp 58,4 trilyun dan refinancing atas pelunasan surat berharga negara (SBN) yang netto-nya mencapai Rp 159,6 trilyun, maka beban yang harus ditanggung makin besar.

coba di kalkulasikan berapa uang yang ditanggung setiap orang di indonesia
negara pengutang tapi sekaligus juga ngutangin imf. emoticon-Bingung
lebay amat judulnya emoticon-Nohope

mayoritas negara di dunia juga idup dalam hutang
Quote:


amponn gan ... jangan suruh ane ngitung utang negara ...

ane aja bingung mikirin utang ke orang lain emoticon-Berduka (S)
kalo dikasi utang berarti dipercaya
hayo mana jargon NKRI itu NEGERI YANG KAYA RAYA ..
emoticon-Ngakak
ente belum liat aja jumlah hutang negara-negara lain di dunia..
kalau ente liat bisa terguncang hebat...emoticon-Big Grin
ente mau tau jumlah hutang salah satu negara aja yaa..
USA itu jumlah hutangnya udah hampir 200ribu trilyun...
peringkat dua dipegang inggris dengan hampir 100trilyun hutangnya...
bahkan negara eropa-eropa yang besar disana rata-rata punya hutang yang mencapai puluhan ribu trilyun...emoticon-Big Grin

kayaknya negara punya hutang itu udah biasa demi ekonomi negara tetap stabil...emoticon-Smilie
jangan ngaca diri sendiri terus...coba liat kaca tetangga...emoticon-Peace
Quote:


Quote:


emoticon-Big Grin cobalah pernyataan tolol di atas gak perlu diulangi lagi, emang lo berdua tiap bulan merasa bayar cicilan utang negara? emangnya duit hasil lo dagang atau gaji dipotong sekian % buat bayar utang negara? pajak? itu bukan bayar utang cuy...tapi kewajiban anggota masyarakat, emoticon-Cape d... (S)

Quote:


emoticon-Big Grin itu die...pada nyadar gak berapa sih APBN kita? berapa % buat infrastruktur ?.....gak ada negara yg bebas utang...emoticon-Cape d... (S) yg penting kita awasi bersama pemanfaatan hutang tsb
semoga cepat dan lekas lunas...amiiin
Semua negara ngutang, termasuk USA yang gede banget utangnya.
negara maju rasio utangnya udah > 100% semua nah rasio kita masih < 30% terbaik di ASEAN.
Quote:


eh, beneran nih, gan.... rasio hutang RI thd PDB pd 2012 ini, trmasuk yg terbaik se-ASEAN?? emoticon-EEK!:
Kalo harta semua KORUPTOR negeri ini disita semua. Minimal bisa bayar 20% dari TOTAL hutang negara!
Lebay beritanya......emoticon-Betty (S) klo jaman '98 iya, tp skrg 2012
Yg diliat itu rasio trhdp PDB bukan jumlah utangnya.... semakin kecil rasio trhdp PDB, semakin besar kemampuan negara membayar utang n di ASEAN kita paling kecil rasionya, trus mau dikatakan kita negara gagal... liat tuh investor luar negeri pada pengen masuk Indonesia
kalau sampai madeg ga bisa bayar bunga, akan dikirim debt collector ga yaaa???emoticon-Berbusa (S)
TS nya bener2 sama sekali g ngerti hitung2an dalam ekonomi ya. lain kali pelajari dulu apa yang mau di shared, jangan asal copas aja dari sumber lain.
emang bener, utang negara kita terus bertambah tiap tahunnya. dan negara2 yang ente PIKIR negara MAJU juga utangnya SELALU meningkat kok tiap tahun. malah AS merupakan negara pengutang tertinggi di dunia. dan rasio utang terhadap PDB mereka +/- sebesar 80 %. itung2an rasio utang terhadap PDB itu maksdnya seberapa besar kemampuan negara bayar utang. semakin kecil persentasenya, semakin besar pula kemampuannya. emoticon-Cape d... (S) CMIIW

dan asal ente tau, Indonesia mrupakan rasio utangnya PALING KECIL se ASIA. emoticon-I Love Indonesia (S)

Ga nyangka bisa Page one di thread HT emoticon-Matabelo
Quote:




ane setuju dengan koment agan ini. perlu dibaca tuh TS!!!cemoticon-I Love Indonesia (S)
utang indonesia termasuk kecil kok, tapi itu tren 2012 naik lagi jadi 26% ya emoticon-Hammer