alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016670838/pelajaran-ipa-amp-ips-tak-dihapus-hanya-ganti-nama
Pelajaran IPA & IPS Tak Dihapus, Hanya Ganti Nama
Quote:Pelajaran IPA & IPS Tak Dihapus, Hanya Ganti Nama

JAKARTA - Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menghapuskan pelajaran IPA dan IPS di tingkat sekolah dasar tentu menuai kontroversial dari berbagai kalangan. Tapi, Pengamat Pendidikan Dharmaningtyas menegaskan, tidak akan ada penghapusan kedua mata pelajaran tersebut

Dharmaningtyas menyebutkan, kedua mata pelajaran tersebut tetap ada namun hanya berganti nama. "Bukan menghapuskan pelajaran IPA dan IPS tapi nama atau istilahnya saja yang dihapus. Nantinya digabung jadi Ilmu Pengetahuan Umum (IPU) tapi tetap mengandung ada standar kompetensi IPA dan IPS," ujar Dharmaningtyas ketika dihubungi Okezone, Jumat (28/9/2012).

Menurut Dharmaningtyas, pelajaran IPA dan IPS memiliki peran penting bagi pendidikan anak-anak sejak dini sehingga tidak mungkin akan dihapuskan. "Tidak mungkin dihapus kedua mata pelajaran itu dihapus karena akan menjadi dasar berpikir secara keilmiahan bagi pelajar. Jika dihapus, bagaimana meletakkan dasar-dasar berpikir keilmiahan kepada anak?" tukasnya.

Dia menyatakan, dengan adanya kebijakan ini, nantinya pemberian materi pelajaran tersebut diserahkan kepada para guru. "Otoritas diberikan kepada guru. Namun sesuai dengan kurikulum standar kompetensi yang dibuat pemerintah. Jadi guru pun tidak bisa seenaknya," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Khairil Anwar menyebutkan, perubahan ini terkait dengan revisi kurikulum pendidikan nasional yang sudah tidak mengikuti perkembangan zaman serta maraknya aksi tawuran pelajar. Dia menjelaskan, kurikulum pembentukan sikap ini akan memakan korban penghapusan pelajaran IPA IPS di SD. Penghapusan kedua mata pelajaran ini juga sebagai akibat pengurangan jam belajar karena pelajaran pembentukan sikap ini tidak lagi terkait dengan transfer ilmu Sains.(mrg)


SUMBER :
http://kampus.okezone.com/read/2012/...nya-ganti-nama
Quote:Sebelumnya diberitakan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Khairil Anwar menyebutkan, perubahan ini terkait dengan revisi kurikulum pendidikan nasional yang sudah tidak mengikuti perkembangan zaman serta maraknya aksi tawuran pelajar.


atas dasar ape berani bilang ketinggalan jaman emoticon-Belo

berape persen seh anak SD yang tawuran emoticon-No Hope



joko sembung gowo embung melendung dung emoticon-Hammer
strategi test the water

test the water/waters
to try to discover what people think about an idea before you do anything about it, or to try to discover what a situation is really like before you become very involved in it


begitu reaksi ga menguntungkan segeralah ubah kebijakan anda emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
^^ strategi yang masuk akal... jempol

tapi menurut diriku wacana yg benar2 aneh..
seharusnya ditelaah dan dianalisa dulu sebelum mewacanakan kebijakan seperti ini kepada umum. Pasti akan banyak yg kontra dengan kebijakan seperti ini, meskipun hanya diganti nama (yg seharusnya tidak perlu) kan tinggal dikurangi jamnya buat nambah Mata Pelajaran Baru, gitu aja kok repot2 bikin wacana yg menyesatkan to. kembali lagi ke komentar diatas diriku.

PPKN+Agama juga belum bisa memantu banyak dalam membentuk sikap siswa, ditambah lagi mata pelajaran bersikap. hahahaha capedeh
ganti nama itu proyek looh emoticon-Embarrassment

kayak dulu SMP jadi SLTP, SMA jadi SLTA, lalu dibalikin lagi... penting? ya enggak emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By eugen
ganti nama itu proyek looh emoticon-Embarrassment

kayak dulu SMP jadi SLTP, SMA jadi SLTA, lalu dibalikin lagi... penting? ya enggak emoticon-Nohope


berarti sebenernya ini penggantian nama mata pelajaran IPA sama IPS gak penting dong gan? kan materi tetep sama emoticon-Nohope
nggak jadi seneg dehh
IPU = Ilmu Pengetahuan Umum emoticon-Belo


awas ntar gede nya jadi Tukang Ipu emoticon-Ngakak
jadi IPA dan IPS digabung dalam satu pelajaran yang namanya IPU, terus di pelajaran itu bakalan menghubungkan sejaran dengan science.. pasti keren tuh. emoticon-Belo
makin gak masuk akal aja ini orang2 ...

pendidikan akhlak rasanya ndak ada hubungannya sama IPA dan IPS emoticon-Hammer
cuma menghapal menghpal dan menghapal itulah sekolah di indonesia

:fuck
Quote:Original Posted By eugen
ganti nama itu proyek looh emoticon-Embarrassment

kayak dulu SMP jadi SLTP, SMA jadi SLTA, lalu dibalikin lagi... penting? ya enggak emoticon-Nohope


yang penting anggaran pelaksanaannya cair..............emoticon-Ngacir
wah kalo digabung gitu ipa sama ips jadi ipu yang ada malah jadi stress tuh anak sd kacau dah pemerintah
×