alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016670824/ilmu-film-upin-dan-ipin-jadi-alat-propaganda-malaysia
[ILMU] Film Upin dan Ipin jadi Alat Propaganda Malaysia
Quote:KETUA Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia, Mukhlis PaEni meyakini film kartun Upin dan Ipin menjadi alat propaganda kebudayaan Malaysia. Menurutnya, film animasi itu mengemban visi dan misi untuk menularkan paham dan pemikiran ras Melayu ke pelosok nusantara.

Mukhlis mengatakan strategi politik kebudayaan Malaysia sebagai bentuk dari apa yang disebut Malay World atau Dunia Melayu. "Tanpa kita sadari sesungguhnya sistem pertahanan budaya negeri Jiran Malaysia telah merasuk ke generasi masa kini. Salah satu contohnya adalah, Upin dan Ipin," kata Mukhlis pada acara Seminar Nasional Asosiasi Tradisi Lisan di Hotel Ratu, Kota Jambi, Kamis (27/9).

Mukhlis mengungkapkan bahwa film Upin dan Ipin sangat efektif menjadi dijadikan alat propaganda kebudayaan. Apalagi kata dia, yang ditularkannya adalah semangat persahabatan multi etnis.

"Saat ini bisa kita lihat sendiri, betapa generasi kita, anak-anak kita, cucu-cucu kita telah begitu terbius dengan tokoh Upin-Ipin itu," ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Sejarawan Indonesia itu mengatakan pihaknya tidak bisa mencegah kehadiran film Upin dan Ipin karena tidak ada pelarangan atas penayangannya. Beda dengan film animasi lainnya seperti film Sincan dan Doraemon, Upin dan Ipin muatannya sangat positif. (awa/jpnn)

http://www.riaupos.co/berita.php?act...id=17329&kat=7

Dalam terminologi indonesia, bangsa melayu itu tidak ada, yang ada hanyalah bangsa Indonesia, melayu hanyalah salah satu suku dari bangsa indonesia yang beraneka ragam.....bagaimanakah melayu minang dengan melayu daik, mana yang lebih melayu?...apakah orang nusa tenggara, dayak, ambon, papua juga melayu?....malaysia memperlakukan melayu dengan berkasta-kasta, sehingga hanya orang kerajaanlah (aristokrat) yang memonopoli melayu, hal ini tidak sesuai dengan semangat nasionalisme dan kerakyatan indonesia (pancasila) yang memandang semua manusia adalah mempunyai hak dan kewajiban yang sama..
propaganda nya setidaknya bagus...
banyak nilai posotip dari seri tersebut..
daripada nonton buatan indo, sinetron alay semua, masih smp dah pacaran, anak SD bikin boyband nyanyi lagu cinta2an emoticon-Ngakak
serah aja sih mau pemikiran jawa, ambon atau melayu juga asalkan bagus no problemo tuh emoticon-Stick Out Tongue
kegagalan kita sebagai bangsa dengan budaya besar dalam perang budaya emoticon-Berduka (S)
Emang Parah tuh Film... Masa Ayam Goreng 2 Seringgit... Gak ketemu Gue yang harga segitu...emoticon-Mad:

Teh Openg aja Harganya 1 ringgit 20 Sen... emoticon-Mad:

Dasar Bocah Kembar Botak... emoticon-Mad:
nih orang parno, fasis apa tolol? emoticon-Gila

dari penggunaan kata 'propaganda' aja gue udah ga setuju...
yang gini, justru harusnya kita balas dengan bikin program2 sinetron yang isinya budaya indonesia, bukannya dengan sok2an nasionalis tapi kerjanya omong doang! emoticon-linux2
menurut KBBI

propaganda: penerangan (paham, pendapat, dsb) yg benar atau salah yg dikembangkan dng tujuan meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.
Quote:Original Posted By Psychonirozim
menurut KBBI

propaganda: penerangan (paham, pendapat, dsb) yg benar atau salah yg dikembangkan dng tujuan meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.



kalau begitu, propaganda malaysia memang benar dong?....

malaysia menganut azas bangsa melayu, bukan bangsa malaysia, malaysia adalah "racial state", indonesia adalah "nation state"..apakah kita bisa menerima paham mereka?
Perasaan Sinchan lebih parah deh dari Upin Ipin emoticon-Cape d... (S)

Mendingan nonton Upin Ipin dari pada Tutur Tinular yang 'katanya' bermuatan budaya Indonesia emoticon-Berbusa (S)

Ada tuh yang kartun bagus Culo Boyo Juniol, lebih baik dari pada Upin Ipin.
Muatan budaya lokalnya kental banget dan mendidik emoticon-Cendol (S)
Tapi tak ada dukungan untuk masuk media Nasional
Malah Dufan Defender, film kayak sampah yang bisa masuk Indosiar emoticon-Berbusa (S)
sekarang masih ada nggak sih acara upin ipin disiarin di tv nasional?
gimana dengan naruto, bleach dan doraemon. ada yang merasa propaganda jepang?
Quote:"Tanpa kita sadari sesungguhnya sistem pertahanan budaya negeri Jiran Malaysia telah merasuk ke generasi masa kini.

bukannya justru di Malay ya yg dah ketularan budaya Indo ? emoticon-Stick Out Tongue
kata2 slang di sini pade ikut2an disana, mode busana juga ikut2an disini emoticon-Ngakak (S)

Justru boleh dibilang, Malaysia justru yg jadi Indonesia wannabe emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Ngakak
kayanya gw ngga pernah ngelihat isu sentimentil yang dibawa film ipin upin. Entah mungkin ada yang terlewatkan. Yang jelas insan film kita saat ini miskin kreatifitas dan miskin daya jual. that's it.
Kalau merasa ada propaganda ya balas aja ..
Itu si unyil buatin jadi animasi 3D dan siakan ke Malay sana emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Rusakkkkkkkkkk
gimana dengan naruto, bleach dan doraemon. ada yang merasa propaganda jepang?


apakah indonesia tidak bisa buat film kartun yang menarik dan mengajarkan kebudayaan indinesia untuk anak indonesia ???dan stasiun tv nasional mau menayangkannya
Gw memang antipati ama tu ipin and upin, dan semua yang berbau malaysia. apalagi bahasanya.
emoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabelo

Kartun Fav ane, adalah alat propaganda malaysia emoticon-Hammer2


parno tingkat tinggi emoticon-Ngakak
ni kartun bikin anak ane suseh belajar gan,

emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By Rusakkkkkkkkkk
gimana dengan naruto, bleach dan doraemon. ada yang merasa propaganda jepang?


ini ngena banget, jelas lah propaganda
sekarang budaya jepang yg jelek&bagus juga udah masuk
habis kita ngga ada tontonan anak-anak....

yg ada adalah tontonan dewasa, tapi pemainnya anak anak.............

ga mendidik blas.... gw sih mending mbiarin anak2 nonton upin ipin daripada nonton lenong bocah, ovj junior, atau acara2 dewasa yg di kemas ulang dengan pemain anak anak
×