alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016663031/ekonom-citi-harga-bbm-subsidi-harus-naik
Ekonom Citi: Harga BBM Subsidi Harus Naik
Quote:Harga BBM subsidi di Indonesia sudah terlalu murah dan menggerus anggaran infrastruktur. Padahal anggaran infrastruktur penting untuk menggenjot perekonomian.

Head of Indonesia Research and Strategy Citi Indonesia Ferry Wong mengatakan, kenaikan harga BBM subsidi dibutuhkan sehingga bisa menstimulus perekonomian.

"Harus ada kenaikan BBM karena positif untuk pasar Indonesia. Utilisasi untuk infrastruktur masih rendah," kata Ferry di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Ferry menambahkan, kebutuhan infrastruktur Indonesia masih tinggi. Untuk itu penting mendorong terlaksananya pembangunan infrastruktur. Bahkan harus dipercepat, dengan cara penambahan anggaran infrastruktur.

"Fundamental ekonomi Indonesia bagus. Investasi asing langsung terus masuk. Terlebih cost of fund masih rendah. Dari hasil pembicaraan dengan beberapa korporasi, mereka masih menganggarkan capital expenditure. Masih terus ekspansi, karena business confidence tinggi," tuturnya.

"Indonesia sudah bergerak ke manufactur job creation. PE (price earning) Indonesia masih 13,6 kali, lebih mahal dari China yang 8-9 kali. Namun China, India sudah mengalami perlambatan ekonomi," ucapnya.

Menurut data pemerintah, 77% dari subsidi BBM yang nilainya ratusan triliun, justru dinikmati orang yang tak berhak, bahkan banyak diselundupkan.

Dalam nota keuangan RAPBN 2013, pemerintah menetapkan besaran subsidi BBM jenis tertentu, LPG tabung 3 kg dan LGV 2013 yang mencapai Rp 193,8 triliun. Sebanyak 46 juta KL BBM subsidi disiapkan pemerintah tahun depan. Jumlahnya bukan menurun malah naik dan menggerus anggaran pemerintah, padahal tidak tepat sasaran.

Anggaran subsidi BBM ini juga bisa dipastikan bakal naik dari anggaran awal, karena kondisinya seperti itu tiap tahun. Di tahun ini saja dari anggaran awal Rp 137,4 triliun, subsidi BBM bakal melonjak sampai Rp 216 triliun.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto pernah mengatakan, subsidi BBM tidak tepat lagi. Harga seliter BBM subsidi yang lebih murah dari 1 botol air mineral, sudah tidak masuk akal.

Menurut Suryo, subsidi energi (BBM dan listrik) yang mencapai hampir Rp 300 triliun dinilai terlalu besar, dan habis hanya untuk dibakar.

"Bayangkan kalau Rp 300 triliun tersebut dialihkan ke infrastruktur dan pendidikan. Banyak yang merasakan dampaknya, seperti pembangunan infrastruktur efeknya akan menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan geliat ekonomi, dan pengusaha pastinya akan memanfaatkannya juga. Bandingkan dengan subsidi BBM dan listrik saat ini, ya yang menikmati kita-kita ini (pengusaha) dan orang mampu," paparnya.

Sebelumnya, menurut laporan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas), seringkali terjadi penyelundupan BBM subsidi yang jumlahnya lumayan. Terakhir, ada sekitar 1.700 KL BBM subsidi diduga yang diselundupkan di Kalimantan. Bahkan ada juga oknum aparat keamanan yang juga membekingi BBM subsidi untuk diselundupkan ke industri.

Bahkan Menteri ESDM Jero Wacik mengakui, selama ini penyelundupan BBM subsidi makin banyak karena harga BBM subsidi yang terlalu murah yaitu Rp 4.500 per liter dibandingkan BBM non subsidi sekitar Rp 9.700 per liter.

Jero Wacik tak menampik adanya penyelundupan BBM subsidi. Bahkan menurut Jero, aksi penyelundupan BBM subsidi makin banyak walaupun sudah banyak yang tertangkap. Hal ini salah satunya disebabkan oleh makin lebarnya perbedaan harga antara BBM subsidi dengan BBM non subsidi.

"Kita sudah tangkap mereka, tapi yang menyelundup makin banyak lagi, semakin banyak akal-akalan mereka", kata Jero.


http://finance.detik.com/read/2012/0...idi-harus-naik

Dari dulu ane sudah berpendapat subsidi BBM terus-terusan hanya menimbulkan masalah kelak....

Naikkan harga BBM, benahi transportasi umum sebaik mungkin biar masyarakat gak rewel...

Pasti yang protes kalau naik ada dari kalangan seperti di bawah ini emoticon-Big Grin

Ekonom Citi: Harga BBM Subsidi Harus Naik
kalau mau subsidi sebaiknya barang produksi dalam negeri bukannya barang impor yang harganya nggak bisa dikendalikan

misalnya gas gitu,cadangan gas melimpah ruah koq malah pake bensin buat kendaraan.

standarisasi aja semua kendaraan dalam negeri masih disubsidi selama pake gas.
abstain, ane pake shell super...
penghapusan subsidi BBM akan mengahasilkan efek baik dan buruk:

baik, karna itu dapat mengurangi kemacetan akibat semakin rendahnya penggunan kendaraan pribadi, APBN tidak akan terbebani oleh anggaran subsidi yg semakin membesar akibat kenaikan harga minyak dunia, dapat mengalokasikan dana subsidi BBM pada sesuatu yg lebih tepat sasaran, peningkatan penggunaan trasnportasi umum..

buruk, karna akan membuat terjadinya inflasi, meningkatkan pengangguran, pendapatan pajak negara menurun, menurunnya pertumbuhan sektor otomotif, menurunya mobilitas masyarakat, level kesejahteraan berkurang, etc.
Orang" pinter di pemerintahan itu kerjanya apa ya ...??

Gampang kok ngakalin kenaikan premium biar masyarakat gk ribut .... Premium oktan 88 dibuat jadi 2 produk ...
1. Turunin oktannya jd 84-86 dgn harga tetap 4500
2. Naikin oktannya jd 90 dgn harga 6500

Beres ... Masyarakat sendiri otomatis akan lsg ngisinya ke premium 90 ... Hanya orang tolol yg ngisi oktan 84 buat kendaraannya ... emoticon-Big Grin
Duid Subsidi BBM larinya ke luar negeri semua, ga berputar di dalam negeri. Sifatnya juga konsumtif, bukan produktif. Efek dominonya dikit emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
Belum lagi kalau kudu ditalangi dari anggaran yang lain emoticon-Cape d... (S)



Udahlah, mending turunin aja subsidi BBM. Kalau pemerintah Bener, efeknya ga bakal meluber ke mana2
Quote:Original Posted By d137er
Orang" pinter di pemerintahan itu kerjanya apa ya ...??

Gampang kok ngakalin kenaikan premium biar masyarakat gk ribut .... Premium oktan 88 dibuat jadi 2 produk ...
1. Turunin oktannya jd 84-86 dgn harga tetap 4500
2. Naikin oktannya jd 90 dgn harga 6500

Beres ... Masyarakat sendiri otomatis akan lsg ngisinya ke premium 90 ... Hanya orang tolol yg ngisi oktan 84 buat kendaraannya ... emoticon-Big Grin


emang tekhnisnya gampang ya gan ?

btw, ane sih setuju2 aja dinaikin
waduh kalo naek lagi efeknya bakalan domino nih, bakalan naek semua ntar kebutuhan2 pokok

lagian kalo bagian rakyat dapat subsidi kq ribut banget sih, yang diributin harusnya kasus2 korupsi tuh, kalo dihitung2 mungkin jumlahnya lebih dari subsidi buat rakyat ya emoticon-Smilie
Sudah seharusnya bbm naik jangan maunya disubsidi terus emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By klonenganku
emang tekhnisnya gampang ya gan ?

btw, ane sih setuju2 aja dinaikin


Lebih gampang ini drpd Migrasi ke pertamax atau pembatasan bbm... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bnzcomp
waduh kalo naek lagi efeknya bakalan domino nih, bakalan naek semua ntar kebutuhan2 pokok

lagian kalo bagian rakyat dapat subsidi kq ribut banget sih, yang diributin harusnya kasus2 korupsi tuh, kalo dihitung2 mungkin jumlahnya lebih dari subsidi buat rakyat ya emoticon-Smilie


Subsidi BBM tahun 2012 137T, Kalau duid yg dikorupsi berapa? Bisa ngasih data?

Kalau program pemerintah bener, BBM naik, perekonomian juga naik. APBN 2012 Rp. 1.418 triliun, itu berapa persen abis buat subsidi salah sasaran ini?
Quote:Original Posted By d137er
Lebih gampang ini drpd Migrasi ke pertamax atau pembatasan bbm... emoticon-Big Grin


gampang lagi tuh ya om, gak usah naikkin gaji PNS terus tiapp tahhun

sekalliann pangkass gajji dpr/mpr emoticon-Embarrassment
ya udah naikin lah premium jadi 6rb perliter emoticon-Big Grin

harga bbm subsidi murah malah makin banyak yg kredit motor ama mobil emoticon-Big Grin
BBM naik harga barang2 ikut naik, mungkin 10% paling banyak..
Tapi uang 216T yang tadinya jadi subsidi dan menggerogoti keuangan negara bakalan mengalir juga ke rakyat, karena pembangunan meningkat, kontraktor2 dapat Job, buruh bangunan bakal banyak kerjaan, omzet industri juga bakal meningkat, gaji bakalan naik juga.. Jadi ujungnya lebih menguntungkan malah karena dapat infrastruktur.. Penurunan kesejahteraan itu cuma sementara aja (ibarat game nge-lag, nanti lancar lagi).. 216T itu bisa buat 21 bandara seukuran soekarno hatta loh..
giliran om ganteng yang bilang pada dengerin emoticon-Stick Out Tongue
Kalo mau naek, langsung naek aja tiba-tiba. Gak usah pake wacana, diskusi, jajak pendapat, rapat dll. Pokoknya kemaren 4500 tau-tau hari ini 6000 tanpa peringatan....

Jadinya orang juga gak sempet demo macem-macem, kalopun demo ya udah telat... Dan gak ngasih kesempatan buat para penimbun juga....
pada kagak setuju yah bbm naek ?emoticon-Confused:
kok rate tritnya bintang 1 ?
bbm subsidi naik pada takut ya nanti ga bisa begaya make motor ato mobil kreditannya ?emoticon-EEK!:

make mobil biar dibilang "wow" tapi minumnya bbm subsidi PATHETIC !!! emoticon-thumbdown
Quote:Original Posted By .SEMAR.
pada kagak setuju yah bbm naek ?emoticon-EEK!:
kok rate tritnya bintang 1 ?
bbm subsidi naik pada takut ya nanti ga bisa begaya make motor ato mobil kreditannya ?

make mobil biar dibilang "wow" tapi minumnya bbm subsidi PATHETIC !!! emoticon-thumbdown:
emoticon-Confused:


generasi tukang nampang mana bisa menerima fakta ini mar emoticon-Big Grin

apalagi ababil-ababil yang suka petentang-petenteng dengan kendaraan ortunya emoticon-Big Grin
salut deh gan ane