alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016661192/whatever-i039m-backpacker---kenapa-harus-backpacker
WHATEVER I'M BACKPACKER - Kenapa Harus Backpacker ?
WHATEVER I'M BACKPACKER - Kenapa Harus Backpacker ?

Ketika untuk pertama kalinya gue nginjekin kaki di bandara Phuket Thailand, mungkin itulah pertama kalinya gue pergi jauh sendiri tanpa satu orang pun yang gue kenal. Thailand menjadi destinasi pertama debut gue sebagai backpacker. Entah gue harus seneng atau sedih bisa ada di negara lain, namun yang pasti, satu-satunya perasaan yang ada dalam hati adalah : Gue bakalan kesasar di negara orang, terus bakal mati dengan tragis gara-gara diperkosa banci.

Banci atau Lady Boy adalah salah satu makhluk yang paling gue takutin dari negara Thailand, as we know, Thailand adalah negara yang paling banyak mencetak para banci yang unggul, kompeten serta berprestasi internasional. Pun begitu dengan bahasa. Satu-satunya bahasa Thailand yang gue ngerti itu cuma Tom Yum. Ok, gue tahu itu nama makanan dan gue tau itu sama sekali gak akan ngebantu ketika lo ditanya mau kemana atau lagi ngapain sama orang Thailand.

Namun, semua kesulitan dan kekhawatiran yang gue takuti selama gue backpacking di Thailand ternyata tidak pernah terjadi. Takut nyasar? Gue akali dengan membawa peta dan bertanya kepada orang-orang lokal. Gak bisa berkomunikasi dengan lancar? Gue akali dengan bahasa tarzan yang lebih menonjolkan gerakan tubuh yang tidak senonoh daripada omongan. Takut diperkosa banci? Nah, ini yang gak bisa gue akalin. Gue pasrah.

Singkat cerita, setelah 8 hari berlalu, akhirnya gue bisa menikmati perjalanan gue di Thailand dan kembali pulang menuju Indonesia. Semua hal yang gue alami selama backpacking pertama kali di Thailand malah menjadi trigger gue untuk terus jalan-jalan dengan budget murah. Terus melakukan hobi baru gue yang dinamakan backpacking !!

WHATEVER I'M BACKPACKER - Kenapa Harus Backpacker ?


Kenapa harus backpacker? Kenapa tidak menjadi pedangdut atau kuli bangunan saja? Mungkin kalian bingung maksud gue apa, dan sama, gue juga bingung apa maksud gue nulis beginian. *dikeplak pembaca*

Jadi gini guys, maksud gue nulis ini, gue mau ngasih tau apa sih backpacker itu? Apa keistimewaannya? Apa artinya? Dan kenapa harus backpacker? Nah, sebelum menjawab semua pertanyaan itu, mari gue jelaskan sedikit apa itu backpacker. Menurut gue, backpacker adalah orang yang melakukan traveling menggunakan ransel (backpack) dengan budget yang minim, bahkan bisa sangat minim. Mandiri tanpa menggunakan travel agent dan sebagainya.

Spoiler for Di Phuket, gue nginep di kamar-nya Leonardo Di Caprio saat shooting film The Beach:


Banyak orang yang suka traveling, baik traveling di dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi dibeberapa tahun terakhir ini banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket-tiket super murah ke berbagai tujuan. Ada yang hanya dibawah Rp. 100.000,- bahkan Rp. 0,- untuk penerbangan dari Indonesia menuju Malaysia, misalnya.

Nah, dikarenakan banyaknya tiket murah yang diberikan maskapai-maskapai penerbangan, secara otomatis juga banyak orang yang membeli tiket itu dan pada akhirnya mereka traveling. Termasuk gue. Lalu, setelah mendapatkan tiket murah, tentunya kita ingin juga melakukan perjalanan dengan murah. Nah, konsep backpacking inilah pilihannya.

Untuk sebagian orang, jalan-jalan itu berarti harus mengeluarkan uang banyak. gue pun begitu dulu, main bareng temen ke Bali, nginep di hotel yang ada AC-nya, kasur empuk, nyewa mobil buat keliling Bali, beli oleh-oleh ini itu dan pas udah pulang ke rumah gue cuma makan nasi sama ikan asin selama seminggu gegara duit gue abis, dan itu nyesek banget. *ngemut asbak*

Awal mula gue ngelakuin backpacking adalah ketika awal tahun 2011. Baru memang, tapi setelah mencobanya sekali, gue jadi bener-bener ketagihan. Hampir setiap bulan gue pergi jalan-jalan, entah itu ke luar negeri maupun dalam negeri, yang penting murah.

Dari awalnya Phuket Thailand, gue langsung mencoba beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapur, Malaysia, Kamboja dan Vietnam. Gak cuma di luar negeri, destinasi Indonesia pun gue sambangi seperti Bali, Lombok, Sumbawa, Lokasado Kalimantan Selatan hingga seluruh kota-kota besar di Kalimantan Timur termasuk pulau cantik bernama Derawan.

Spoiler for Keuntungan lainnya menjadi backpacker adalah, kita mudah bersosialisasi :):


Balik lagi ke pertanyaan, kenapa harus backpacker ? Let me guess, menjadi backpacker berarti harus menjadi orang yang pintar. Pintar dalam hal apapun. Pintar me-menej uang, pintar me-menej waktu, pintar menempatkan diri, hingga pintar bersosialisasi. Menjadi backpacker berarti melakukan perjalanan murah namun tidak murahan. Akan banyak kejadian mengejutkan yang bakal kita alami selama jadi backpacker. Entah itu menyenangkan atau bahkan menyedihkan, namun semua pengalaman itu akan menjadi bumbu pemanis yang akan membuat perjalanan kita semakin memoriable. Semakin dikenang.

Backpacking tidak hanya semata menjelajah suatu destinasi, lebih dari itu, backpacking mengajarkan kita untuk menemukan siapa kita sebenarnya.

Untuk itu, disini gue bakal ngasih tahu lo semua, bahwa untuk bisa traveling tidak usah melulu harus nunggu kaya dan banyak uang. Dengan sedikit uang, akal dan keberanian lo bisa tetap jalan-jalan, guys. Lo bisa jadi backpacker !!

WHATEVER I'M BACKPACKER - Kenapa Harus Backpacker ?
FIND YOURSELF !!


twitter : @takdos
Travel Blog : www.whateverbackpacker.blogspot.com
pertamaaaaaax
manteb gan kata-katanya... jadi pengen nyobain dah emoticon-Traveller
iya sih gan, bener itu kan bikin orang mikir untuk bisa ngatur pengeluaran n kebutuhan
asik ini om takdos yang sering mention2an sama @d_alevi emoticon-Wink
Quote:Original Posted By -=delicious=-
asik ini om takdos yang sering mention2an sama @d_alevi emoticon-Wink


jangan lu modusin del hahahha
Quote:Original Posted By Apeglie
manteb gan kata-katanya... jadi pengen nyobain dah emoticon-Traveller


kata siapa gan? hhehehe...ayo gan coba backpackeran emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By LeafOn
iya sih gan, bener itu kan bikin orang mikir untuk bisa ngatur pengeluaran n kebutuhan


absolutely true gan~

Quote:Original Posted By -=delicious=-
asik ini om takdos yang sering mention2an sama @d_alevi emoticon-Wink


yaaaaah kaskuser jugaa ternyataaah~

Quote:Original Posted By ojanaduh


jangan lu modusin del hahahha


yaampun, aku di skill nih :'(
pengen banget tapi ga punya waktu.....
sibuk gawe n kuliah.....
Ane demen nie semangat agan,..jiwa muda jiwanya backpacker :-)
Quote:Original Posted By fahar1983
pengen banget tapi ga punya waktu.....
sibuk gawe n kuliah.....


semangaaaaaat!!

Quote:Original Posted By p46i
Ane demen nie semangat agan,..jiwa muda jiwanya backpacker :-)


hehe makasih gan emoticon-Big Grin
mantap bin inspirational gan....jadi nyesel dlu jman kuliah gak pernah traveling / backpakeran...emoticon-Frownemoticon-Frown sekarng udah krja jadi tmbah ribet ngatur waktunya...kyaknya emang harus Freelance nih emoticon-Smilie lah curhat.....


Go Find Your Self Folks !!!

matap gan. salam ransel...
mantapp gan...
mantep gan... jadi inspirasi baru buat ane yang backpackeran modal relasi (baca: backpacker tapi ke tempat temen2 ane berada) emoticon-Ngakak
menginspasi banget, saya pun pengen suatu saat... saat anak-anakku sudah bisa mandiri... mudah2an tercapai.. amin...
pengen Banget Backpacker ,,
tapi klo sendirian Bete gak yahh ,, emoticon-Bingung (S)
thanks ya,gan,kata2 agan menginspirasi banget,,
ane juga mengawali misi backpackeran saat awal tahun 2011,awalnya ngerasa pusing juga harus survey dulu,tanya sana-sini,bikin itin sendiri,ngurus akomodasi sendiri,ngaso d tempat ala kadarnya,tapi justru itu malah menjadikan mental baja,mandiri,tangguh d segala medan dan cuaca(niru iklan sepatu boots d tipi),dan semakin ketagihan sampe sekarang
salam ranselemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
congrats agan takdos
sempat liat namanya disalah satu buku di gramed emoticon-Big Grin
hidup backpaker... emoticon-Big Grin
lbh menantang y gan...

www.airpaz.com
Booking tiket pesawat murah & promo dengan mudah
emoticon-Matabelo keren nih emoticon-Smilie