alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016657576/tingkatkan-nasionalisme-dengan-lomba-pengucapan-pancasila
Inspiratif 
Tingkatkan Nasionalisme dengan Lomba Pengucapan Pancasila
Kamis, 27 September 2012 17:16 WIB
Tingkatkan Nasionalisme dengan Lomba Pengucapan Pancasila

SOLO – Degradasi nasionalisme dinilai terjadi pada generasi muda saat ini. Berbagai cara dilakukan untuk menanamkan kembali ideologi negara, salah satunya dengan lomba pengucapan Pancasila yang digelar Gema Pemuda Merah Putih dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo.
Ketua panitia lomba, Paulus Haryoto, menjelaskan lomba yang diikuti siswa di jenjang SD dan SMP itu merupakan salah satu bentuk keprihatinan pada kondisi nasionalisme saat ini, juga sebagai upaya untuk menanamkan lagi nilai-nilai ideologi pancasila pada siswa. “Kalau mengucapkannya saja tidak hapal, bagaimana bisa menjiwai nilai-nilai pancasila,” jelasnya kepada wartawan di SMPN 1 Solo, Kamis (27/9/2012).

Lomba yang pertama kali digelar itu meliputi dua mata lomba, yaitu lomba pengucapan pancasila dan lomba paduan suara. Lomba pengucapan pancasila diikuti siswa secara individu, sedangkan lomba paduan suara diikuti secara berkelompok dengan anggota 10 orang.

Mengenai jumlah peserta, Kepala Bidang Pemuda Disdikpora Solo, Kelik Isnawan, menjelaskan ada 142 peserta lomba pengucapan Pancasila tingkat SD dan 42 grup lomba paduan suara, sedangkan untuk tingkat SMP diikuti 56 peserta lomba pengucapan Pancasila dan 28 grup lomba paduan suara. Semua peserta melewati babak penyisihan yang digelar Kamis (27/9/2012) dan bagi yang lolos akan masuk babak final yang dilaksanakan di Balai Tawang Arum, Kompleks Balaikota Solo, Sabtu (29/7/2012).

Untuk poin penilaian lomba yaitu meliputi kehafalan, intonasi pengucapan, pemenggalan kata, semangat, penjiwaan dan pembawaan. Juri berasal dari guru-guru SD untuk lomba tingkat SMP, dan guru-guru SMP untuk lomba tingkat SD. “Pemenangnya akan mendapatkan hadiah berupa trofi, sertifikat dan voucher belajar di lembaga pendidikan,” ujar Paulus.

Sementara itu, salah satu peserta lomba paduan suara asal SD Pangudi Luhur, Franciska Christie, menjelaskan grupnya telah berlatih sejak sepekan sebelum babak penyisihan dimulai. Latihan mereka lakukan setelah pulang sekolah. “Target kami tentu saja bisa menang di lomba ini,” jelas siswa kelas VI itu.
sumber :
http://www.solopos.com/2012/09/27/ti...ncasila-333451

bagus nih ada lomba pengucapan pancasila dan lomba paduan suara emoticon-Add Friend (S) dan tambah Nasionalisme lagi emoticon-Add Friend (S) dari pada tauran antar sekolah lebih baik melalukan hal positif.
ane sd lomba kek gini gans, tapi gak menang, gak lancar emoticon-Cape d... (S)
Peningkatan nasionalisme secara simbolis saja emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
ane tantang anggota DPR buat ikut lomba ini gan, terutama si Eko Patrio emoticon-Ngakak
dlu di john pantau si eko disuruh nyebutin pancasila malah kabur dan dgn entengnya blg "saya ini anggota dpr masa ditanya pertanyaan kya gt"
keperibadian terhadap nasionalis memang bagus nya di timbun dari dini mulai dari tingkat dasar emoticon-Smilie
kembangkan nasionalisme emoticon-I Love Indonesia (S)
bagi saya pancasila hanya perjanjian
indonesia hanya tempat tinggal
itu saja, tidak lebih
Waduh Ane udah ga hafal Gan. Maklum dulu pernah jatuh dari motor. emoticon-Berduka (S)
emang penting gitu?

hubungannya hapal dan jago ngucapin pancasila sama nasionalisme apaan? emoticon-Confused:

gw yakin orang macem tan malaka, daud beureuh, amir syarifudin atau kartosoewiryo semua punya nasionalisme setinggi langit, cuma jaman orba yang bilang pancasila = nasionalisme emoticon-Ngacir
Tapi jangan sampe diterusin gini2 aja ya sampe jadi mahasiswa ya, jangan dianggap ini sebagai tindakan KONKRIT waktu jadi mahasiswa, entar jadinya kayak unhas.



Semua ada sisi lucunya, jadi sante aja cuk! ~~~
Quote:Original Posted By muh.a.s
bagi saya pancasila hanya perjanjian
indonesia hanya tempat tinggal
itu saja, tidak lebih


sebagai warga negara yang baik


jangan lkupa belajar PPKN gan

kalo perlu belajar tata negara
Quote:Original Posted By JASA.FULL.BAR
sebagai warga negara yang baik


jangan lkupa belajar PPKN gan

kalo perlu belajar tata negara


ilmu yang hanya menuh menuhin otak
lebih baik di buang
pidato bung TOMO ,pidato dimulai detik 0.43

youtube-thumbnail
persatuan indonesia.. nasionalisme ini mulai pudar ..emoticon-Berduka (S)
mending disuruh nonton anggota dewan debat kali yeee ... lebih melangit emoticon-Ngacir
klo hafalan mah mending jangan pancasila yah
pembukaan undang2 aja sekalian, hihihi emoticon-Ngakak (S)
wah emang ngaruh ya hafal pancasila ama nasionalisme.......emoticon-Roll Eyes (Sarcastic):
jadi inget kata2'a bung karno :
"Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia."
emoticon-thumbsup
part 1 : keuangan yang maha esa.

pancasila, tapi dari awal kemerdekaan sampe sekarang yang diutamain jakarta-jawa-bali.