alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016655231/biaya-pelantikan-jokowi-ahok-dari-rp-105-m-dipangkas-jadi-rp-499-juta
Biaya Pelantikan Jokowi-Ahok dari Rp 1,05 M Dipangkas Jadi Rp 499 Juta
Jakarta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, akhirnya menurunkan anggaran pelantikan gubernur baru DKI Jakarta menjadi Rp 499.407.000. Angka tersebut didapat setelah rapat antara Sekretaris Dewan (Sekwan) bersama Rapat Komisi A DPRD DKI sebanyak dua kali.

"Kami melakukan rapat dengan Komisi A. Akhirnya kami memangkas anggaran sebesar Rp 551 juta dari Rp 1,05 miliar, sehingga dana yang akan digunakan sebagai anggaran pelantikan menjadi Rp 499 juta," kata Mangara Pardede di gedung DPRD DKI, jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2012).

Mangara menjelaskan, awalnya pelantikan tersebut dianggarkan sebesar Rp 1,05 miliar. Kemudian Komisi Sekwan dan Komisi A menggelar rapat untuk menurunkan biaya tersebut. Akhirnya dilakukanlah pemangkasan sebesar Rp 424 juta.

"Nah, tahap pertama kami melakukan rapat dengan Komisi A. Untuk pertama kalinya, kami memangkas anggaran sebesar Rp424 juta, sehingga dana yang akan digunakan sebagai anggaran pelantikan hanya Rp 626 juta saja," jelasnya.

Anggaran yang dipangkas sebesar Rp 424 juta tersebut terdiri dari, anggaran untuk Paduan Suara sebesar Rp 99 juta, anggaran untuk artis penyanyi senilai Rp 160 juta, anggaran untuk sound system sebesar Rp 75 juta, anggaran untuk dokumentasi dan dekorasi sebanyak Rp 70 juta dan anggaran untuk sewa Keroncong Tugu sebesar Rp 20 juta.

"Jadi anggaran untuk musik, artis, sound system, Keroncong Tugu dan lainnya kita pangkas," kata Mangara.

Namun, angka Rp 626 juta tersebut dinilai masih cukup tinggi. Sekwan pun kemudian menggelar kembali rapat bersama Komisi A DPRD DKI. Akhirnya, pada rapat tahap kedua dilakukan pemangkasan lagi sebesar Rp 127 juta.

"Kami merasa alokasi dana sebesar Rp 626 juta untuk anggaran pelantikan masih terasa besar. Karena itu kami rapatkan kembali dengan Komisi A, dan akhirnya menghasilkan keputusan dilakukan pemangkasan anggaran kembali sebesar Rp127 juta," ujarnya.

Pemangkasan anggaran tahap kedua sebesar Rp127 juta itu terdiri dari, dihilangkannya anggaran snack tamu undangan sebesar Rp 77 juta. Kemudian, konsumsi untuk petugas pengamanan sebanyak 500 orang dikurangi menjadi 250 orang saja, sehingga anggaran yang dihemat untuk konsumsi sebesar Rp 50 juta.

"Konsumsi petugas pengamanan kita kurangi jadi 250 orang saja, yaitu 150 dari aparat kepolisian dan 100 dari Satpol PP DKI. Pengurangan ini dilakukan karena kami melihat Gubernur DKI Fauzi Bowo sudah legowo dengan kekalahannya, sehingga kami prediksikan suasana Jakarta saat pelantikan akan kondusif dan tidak akan terjadi keributan. Jadi kita kurangi kebutuhan petugas pengamanannya," ungkap Mangara.

Alhasil, total pemangkasan anggaran pelantikan gubernur dan wakil gubernur 2012-2017, mencapai Rp 551 juta atau sekitar 52,46 persen dari alokasi anggaran awal sebesar Rp 1,05 miliar.

"Jadinya Rp 499 juta dari Rp 1,05 miliar. Rencananya nanti acara akan digelar tanggal 7 Oktober 2012," terangnya.

[URL="http://news.detik..com/read/2012/09/27/145527/2040423/10/biaya-pelantikan-jokowi-ahok-dari-rp-105-m-dipangkas-jadi-rp-499-juta"]sumber[/URL]

Itu kalo kemaren yang naek bang kumis bakal dikurangi ga ya?? emoticon-Big Grin

Masih Terkait:



Jokowi: Biaya pelantikan gubernur DKI terlalu tinggi

Cagub DKI, Joko Widodo (Jokowi) menilai biaya pelantikan gubernur DKI terlalu tinggi. Sebagaimana diberitakan di media, dana sebesar Rp 822 juta telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta untuk acara pelantikan gubernur terpilih, 7 Oktober mendatang.

Menurut rencana, anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk menjamu tamu undangan yang berjumlah 2.000 orang, serta petugas keamanan yang jumlahnya mencapai 500 orang.

"Yang sederhana saja. Dipakai sepertiganya atau setengahnya saja cukup," ujar Jokowi kepada merdeka.com di Balaikota Solo, Selasa 25/9.

Menurut Jokowi biaya pelantikan sebesar itu terlalu tinggi. Jokowi menegaskan hal-hal seremonial yang tidak perlu, bisa diabaikan.

"Yang seremonial-seremonial bisa nomor tiga atau nomor empatlah," lanjutnya.

Jokowi menyarankan agar biaya pelantikan sebesar itu digunakan seminim dan sesederhana mungkin. Meski tidak setuju dengan biaya pelantikan sebesar itu, Jokowi mengaku tidak bisa menolaknya.

"Ya terserah, saya enggak tau, bukan urusan saya," pungkasnya.

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) melansir alokasi anggaran pelantikan Gubernur DKI Jakarta beserta belanja meubel. Untuk pelantikan, dialokasikan dana sebesar Rp 822.445.000. Angka tersebut dianggap mewah untuk sebuah acara seremonial saja.

"Alokasi anggaran sebesar Rp 822 juta ini sebetulnya terlalu mewah untuk acara pelantikan yang berbentuk kegiatan atau acara seremonial," kata Koordinator FITRA, Uchok Sky Khadafi dalam rilis yang diterima merdeka.com, Minggu (23/9).

Uchok mengatakan, kemewahan lain yang kemungkinan disiapkan untuk pelantikan Gubernur DKI Jakarta adalah pengadaan meubelair untuk ruang sidang dengan alokasi anggaran sebesar Rp 3,7 miliar. Ada juga pengadaan meubelair gedung DPRD DKI Jakarta dengan alokasi anggaran sebesar Rp 25, 8 miliar.

"Jadi, total untuk belanja meubelair pada tahun 2012 ini sebesar Rp 29,5 miliar," ujarnya.

sumber
yang protes, jangan kasih makan apalagi minum, apalagi tisue...
Sisanya bagiin buat modal usaha para faqir miskin..

Udah gan...yang kalah gak usah dibicarakan lagi. Kapan mau damainya sih BP ini..???
Quote:Original Posted By INCUBATOR
yang protes, jangan kasih makan apalagi minum, apalagi tisue...


Quote:dihilangkannya anggaran snack tamu undangan sebesar Rp 77 juta. Kemudian, konsumsi untuk petugas pengamanan sebanyak 500 orang dikurangi menjadi 250 orang saja, sehingga anggaran yang dihemat untuk konsumsi sebesar Rp 50 juta.

Ga usah protes juga dah dipangkas gan... emoticon-Big Grin

btw acara pelantikan ini tamunya berapa orang sih? anggaran snack aja mpe segitu gede. emoticon-Blue Guy Smile (S)
Quote:Original Posted By INCUBATOR
yang protes, jangan kasih makan apalagi minum, apalagi tisue...


emang makannya buat berapa porsi sih ?? ane kog jadi penasaran... hehehehe...
ada yang butuh informasi soal pengadaan makanan yang transparan ?? ^_^
Quote:Original Posted By vallubee
Ga usah protes juga dah dipangkas gan... emoticon-Big Grin

btw acara pelantikan ini tamunya berapa orang sih? anggaran snack aja mpe segitu gede. emoticon-Blue Guy Smile (S)


lah ngapain dipangkas??? klo di estimasi ntar ketemunya juga M / Jetian

hitung aja, makan, minum, dekor, yg nyapu (apa ga dikasih konsumsi) , ngecat, dll

apa mau pelantikan kumuh2 an gt?????
Quote:Original Posted By ina_catering
emang makannya buat berapa porsi sih ?? ane kog jadi penasaran... hehehehe...
ada yang butuh informasi soal pengadaan makanan yang transparan ?? ^_^


kalau ada orang ASING, apa dikasih CIKI 500 an gans???? atau air mineral 2 rebuan???? wkwkwwkwkwkwk...sok krtis, ya ga usa dikasih konsumsi aja, makan tuh IDEALIS

belom lagi yg jaga keamanan, apa mau pelantikan gak dijaga? bisa2 masuk semua tuh orang2 liar
Quote:Original Posted By vallubee
Jakarta
Itu kalo kemaren yang naek bang kumis bakal dikurangi ga ya?? emoticon-Big Grin



makanya ane heran ini ama mereka

yang nentuin dulu siapa emoticon-Big Grin yang protes siapa, yang disalahin ( dikambing hitamkan ) siapa

masa yg disalahin calon nya emoticon-Big Grin , diumunin resmi terpilih aja belum emoticon-Big Grin


cacat banget emoticon-Hammer
bener pak de..jangan kecewain rakyat ...
Quote:Original Posted By INCUBATOR
lah ngapain dipangkas??? klo di estimasi ntar ketemunya juga M / Jetian

hitung aja, makan, minum, dekor, yg nyapu (apa ga dikasih konsumsi) , ngecat, dll

apa mau pelantikan kumuh2 an gt?????


itu dah ane tambahin lagi diatas. emoticon-Big Grin

Menurut rencana, anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk menjamu tamu undangan yang berjumlah 2.000 orang, serta petugas keamanan yang jumlahnya mencapai 500 orang.

Pemangkasan anggaran tahap kedua sebesar Rp127 juta itu terdiri dari, dihilangkannya anggaran snack tamu undangan sebesar Rp 77 juta. Kemudian, konsumsi untuk petugas pengamanan sebanyak 500 orang dikurangi menjadi 250 orang saja, sehingga anggaran yang dihemat untuk konsumsi sebesar Rp 50 juta.

Dari data diatas:

77jt/2000=38.500 khusus buat snack tamu undangan.
50jt/250=200.000 khusus buat konsumsi petugas pengamanan.

emoticon-Big Grin
suruh bawa bekal sendiri aja tuh yang datengnya ... emoticon-Big Grin

btw ... itu ada artis ama orkes tunggal dlm pelantikan gubernur ... ??? kok kayak kimpoian di kampung aje ... ada dangdutannya ... ??? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By d137er
suruh bawa bekal sendiri aja tuh yang datengnya ... emoticon-Big Grin

btw ... itu ada artis ama orkes tunggal dlm pelantikan gubernur ... ??? kok kayak kimpoian di kampung aje ... ada dangdutannya ... ??? emoticon-Big Grin


Tamu dapet makan lah Om. emoticon-Big Grin Anggaran buat snack aja yang diilangin.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By INCUBATOR
kalau ada orang ASING, apa dikasih CIKI 500 an gans???? atau air mineral 2 rebuan???? wkwkwwkwkwkwk...sok krtis, ya ga usa dikasih konsumsi aja, makan tuh IDEALIS

belom lagi yg jaga keamanan, apa mau pelantikan gak dijaga? bisa2 masuk semua tuh orang2 liar


hehehe...emangnya orang asing mesti dikasih apa, kalau mengikuti kemauan mereka malah orang2 asing disini suka makanan dan camilan tradisional ?? kog jadi sampe ciki2an ?? makanya ane mau tanya untuk berapa porsi (prasmanan, snack, dan nasi kotak/box). yang gini2an kalo butuh data bisa ane hitungin kog...dengan keuntungan wajar dan ga pake catut catut ya... yang bikin harga bengkak tuh karena biaya "upeti"-nya yg mahal...
Satu langkah yang baik dari DPRD untuk memangkas anggaran pelantikan.
Semoga yang dipangkaS dapat terserap optimal.
sayang krontjong tugu dicoret juga emoticon-Frown
kita baru sadar yah berapa banyak uang rakyat yang dihamburkan dalam 1 pesta seremonial pemerintahan, ada berapa pesta di negara ini emoticon-Big Grin
DAN ADAKAH RAKYAT YANG MENIKMATI/DIUNDANG KE PESTA PEMERINTAHAN ini? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ina_catering
hehehe...emangnya orang asing mesti dikasih apa, kalau mengikuti kemauan mereka malah orang2 asing disini suka makanan dan camilan tradisional ?? kog jadi sampe ciki2an ?? makanya ane mau tanya untuk berapa porsi (prasmanan, snack, dan nasi kotak/box). yang gini2an kalo butuh data bisa ane hitungin kog...dengan keuntungan wajar dan ga pake catut catut ya... yang bikin harga bengkak tuh karena biaya "upeti"-nya yg mahal...


Nih ada orang catering... emoticon-Big Grin

Kira-kira dari data yang dah ane paparkan diatas wajar ga sih buat ukuran Jakarta? emoticon-Big Grin

77jt/2000=38.500 khusus buat snack tamu undangan.
50jt/250=200.000 khusus buat konsumsi petugas pengamanan.


Yang konsumsi petugas pengamanan asumsinya dapet 2x makan. Sebelum dan sesudah acara. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ina_catering
hehehe...emangnya orang asing mesti dikasih apa, kalau mengikuti kemauan mereka malah orang2 asing disini suka makanan dan camilan tradisional ?? kog jadi sampe ciki2an ?? makanya ane mau tanya untuk berapa porsi (prasmanan, snack, dan nasi kotak/box). yang gini2an kalo butuh data bisa ane hitungin kog...dengan keuntungan wajar dan ga pake catut catut ya... yang bikin harga bengkak tuh karena biaya "upeti"-nya yg mahal...


apalagi kalau bukan konsumsi gans, ane juga kagak tau siapa saja yg diundang!!!

cuman bayangin aja, PARA PENTOLAN PERUSAHAAN BESAR DKI datang, petugas yg estimasi dah keder mau dikasih makan apa, kalau konsumsinya datar datar aja, bisa2 gak dimakan....

gimana kalau NASI KOTAK SEMUA, ADIL KAN??? murah 6 rebu klo di SBYa...


hi2
Quote:Original Posted By INCUBATOR
apalagi kalau bukan konsumsi gans, ane juga kagak tau siapa saja yg diundang!!!

cuman bayangin aja, PARA PENTOLAN PERUSAHAAN BESAR DKI datang, petugas yg estimasi dah keder mau dikasih makan apa, kalau konsumsinya datar datar aja, bisa2 gak dimakan....

gimana kalau NASI KOTAK SEMUA, ADIL KAN??? murah 6 rebu klo di SBYa...


hi2


tapi dengan biaya sebesar itu TIDAK ADA 1 PUN RAKYAT BIASA YANG DIUNDANG KE PESTA itu, padahal konon menurut mitos di buku pelajaran sd dulu sih RAKYAT ADALAH ATASAN PARA WAKIL RAKYAT
Quote:Original Posted By INCUBATOR
apalagi kalau bukan konsumsi gans, ane juga kagak tau siapa saja yg diundang!!!

cuman bayangin aja, PARA PENTOLAN PERUSAHAAN BESAR DKI datang, petugas yg estimasi dah keder mau dikasih makan apa, kalau konsumsinya datar datar aja, bisa2 gak dimakan....

gimana kalau NASI KOTAK SEMUA, ADIL KAN??? murah 6 rebu klo di SBYa...


hi2


Buat tamu, yang dipotong cuman snack doang kok bos. emoticon-Big Grin Kalo bandingin nilai anggaran snack aja dah ampir 40rebu, ga mungkin lah anggaran buat konsumsinya ga mewah. Itu keamanan aja, anggaran konsumsinya dah 200rebu per kepala... emoticon-Big Grin