alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016646538/jk-tawuran-terjadi-karena-siswa-tak-hormati-guru
JK: Tawuran Terjadi Karena Siswa Tak Hormati Guru
JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) ikut berkomentar menyusul masih maraknya tawuran antarpelajar belakangan ini. Ia menilai, tawuran terjadi karena siswa tidak disiplin dan tergerusnya rasa hormat pada guru.

"Siswa-siswa jadi tawuran karena kurang menghormati guru. Guru keras sedikit dianggap pelanggaran terus dilaporkan," kata JK usai bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Gedung Kemendikbud Jakarta, Rabu (26/9/2012).

JK menyampaikan, di era sebelumnya para pelajar sangat menghormati guru karena mendapat pendidikan disiplin yang cukup ketat. Tetapi menurutnya, saat ini seperti ada nilai yang bergeser dalam pendidikan nasional karena lebih mendorong anak pada kemampuan kognitif.

Di luar itu, JK juga menyayangkan rancunya hukum yang digunakan untuk menghukum siswa yang kedapatan terlibat dalam tawuran. Padahal sejatinya, segala tindakan kriminal, khususnya yang terbukti dilakukan secara terencana dapat dijerat dengan hukum yang berlaku.

"Sekarang ada anggapan kalau kita rame-rame dianggap tidak akan dihukum, makanya hukum harus ditegakkan jelas supaya angka tawuran bisa ditekan habis" ungkapnya.

Dalam tiga hari ini, dua siswa sekolah di Jakarta kehilangan nyawa karena menjadi korban dalam tawuran antarpelajar. Setelah tawuran Senin lalu antara SMAN 70 dan SMAN 6 hingga menelan nyawa seorang siswa SMAN 6, kemarin siang, Rabu (26/9/2012), tawuran antarpelajar kembali terjadi di kawasan Manggarai, Jakarta Pusat. Seorang siswa dari SMK Yake diketahui tewas dalam tawuran itu.

SUMBER

========================================================

TANYA KENAPA guru koq bisa gak dihormati????
juga karena orang tua ga pernah ngajarin antri, buang sampah pada tempatnya, bilang "terima kasih" dan "maaf" sama orang lain

kalo dari rumah beres, ke sekolah juga ga geblek2 banget lah
Gurunya juga nggak tau cara agar bisa di hormati.
emangnye tiang bendera kudu dihormatin emoticon-Ngacir
itu hanya salah satu faktor penyebab tawuran aja kok...
faktor yg dominan adalah HOBI... emoticon-Big Grin
JK...halah...


ane nunggu Pak marzuki alie aja koemntarnya, yang lain kagak mutu
Quote:Original Posted By INCUBATOR
JK...halah...


ane nunggu Pak marzuki alie aja koemntarnya, yang lain kagak mutu


kalo juki alay pasti komen : tawuran terjadi karena dua sekolah letaknya berdekatan, coba kalo jauh pasti gak bakalan tawuran lagi.
karena kalo keras dikit, disiplin dikit langsung bawa HAM emoticon-Cape d... (S)







.MnNm™ post ©2012
Quote:Original Posted By KolorBerenda
kalo juki alay pasti komen : tawuran terjadi karena dua sekolah letaknya berdekatan, coba kalo jauh pasti gak bakalan tawuran lagi.


itu masih mending gan daripada bilang "Tawuran terjadi karena jam belajar di sekolah kurang" emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By jukaru
JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) ikut berkomentar menyusul masih maraknya tawuran antarpelajar belakangan ini. Ia menilai, tawuran terjadi karena siswa tidak disiplin dan tergerusnya rasa hormat pada guru.

"Siswa-siswa jadi tawuran karena kurang menghormati guru. Guru keras sedikit dianggap pelanggaran terus dilaporkan," kata JK usai bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Gedung Kemendikbud Jakarta, Rabu (26/9/2012).

JK menyampaikan, di era sebelumnya para pelajar sangat menghormati guru karena mendapat pendidikan disiplin yang cukup ketat. Tetapi menurutnya, saat ini seperti ada nilai yang bergeser dalam pendidikan nasional karena lebih mendorong anak pada kemampuan kognitif.

Di luar itu, JK juga menyayangkan rancunya hukum yang digunakan untuk menghukum siswa yang kedapatan terlibat dalam tawuran. Padahal sejatinya, segala tindakan kriminal, khususnya yang terbukti dilakukan secara terencana dapat dijerat dengan hukum yang berlaku.

"Sekarang ada anggapan kalau kita rame-rame dianggap tidak akan dihukum, makanya hukum harus ditegakkan jelas supaya angka tawuran bisa ditekan habis" ungkapnya.

Dalam tiga hari ini, dua siswa sekolah di Jakarta kehilangan nyawa karena menjadi korban dalam tawuran antarpelajar. Setelah tawuran Senin lalu antara SMAN 70 dan SMAN 6 hingga menelan nyawa seorang siswa SMAN 6, kemarin siang, Rabu (26/9/2012), tawuran antarpelajar kembali terjadi di kawasan Manggarai, Jakarta Pusat. Seorang siswa dari SMK Yake diketahui tewas dalam tawuran itu.

SUMBER

========================================================

TANYA KENAPA guru koq bisa gak dihormati????


dulu murid di strap, dijewer, atau dipukul tangannya kntarena kukunya panjang udah biasa... kalau sekarang, nyentil kuping aja guru harus berurusan sama polisi krn tuntutan penganiayaan... jadi wajarlah kalau guru skrg cenderung apatis terhadap pembinaan disiplin dan budi pekerti anak dan hanya concern ke IQ aja krn para ortu sendiri ga menyadari itu
guru itu ketemu murid cuma berapa jam sih sehari, Pak?
walau begitu, guru memang harus jadi teladan

di luar sekolah apa orang tua juga sudah kasih teladan? aturan lalin aja dilanggar dengan bangga, ngga bayar pajak dibanggakan, bisa nipu toko dipamerkan

lalu pelanggar hukum yg sudah mengatasnamakan golongan, partai, massa, dan agama apa ada ditindak?

sudah terlalu kusut untuk mengkambinghitamkan guru
emoticon-Berduka (S)
Saat tawuran, guru juga harus turun ke TKP buat "menindak" siswa-siswanya.... itu baru mantep....
Quote:"Siswa-siswa jadi tawuran karena kurang menghormati guru. Guru keras sedikit dianggap pelanggaran terus dilaporkan," kata JK usai bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Gedung Kemendikbud Jakarta, Rabu (26/9/2012).

emoticon-Ngakak
ya sudah pak, tanyain aja deh ke Kak Seto apa solusinya ? emoticon-Stick Out Tongue
Guru marah diprotes
Guru keras melanggar HAM
Murid jadi bandel (gara2 gk dilarang lg ma guru, ortu yg protes)
emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By moyyo32
Saat tawuran, guru juga harus turun ke TKP buat "menindak" siswa-siswanya.... itu baru mantep....


dulu gw sekolah, jangankan tawuran, ktauan gi ngerokok diluaran aja langsung digampar bolak-balik ma guru ditempat (padahal udah jauh banget dr sekolah cuma karna kebetulan ketemu aja) emoticon-Embarrassment
Klau sekarang gw liat malah didepan sekolahnya aja dah pada berani merokok (karna beralasan dah diLUAR PAGAR sekolah) emoticon-Gila

Klau dulu pernah ketauan tauran, dipanggil ke depan kelas, digampar bolak-balik didepan anak2 trus dijemur di lapangan ditambah push-up+scout-jump 50x emoticon-Busa: emoticon-Frown

tapi pas pulang.... ketemu musuh ya hajar lagi emoticon-Big Grin
guru gak dihormati itu karena budaya konsumtif skrg,makanya kita perlu mengubah pola pikir anak sma...apalagi yg alay tuh,itu juga gak bener...
tawuran terjadi karena ingin di bilang keren gan emoticon-Cape d...
kebanyakan nonton shitnetron kalee pak, trus emang sekarang kecenderungannya guru jadi materialistis jadi ya wajar kalo murid ga menghormati guru lagi emoticon-Big Grin
sorry tidak setuju
tawuran terjadi karena gak takut peraturan ama hukum
coba yang tawuran langsung dikeluarkan dari sekolah dipenjara beberapa hari
diblacklist masuk sekolah negeri, univ negeri, jadi pns
kenapa tawuran antar pelajar lebih terkonsentrasi di daerah ibukota dan sekitarnya ?

apa karena dekat dg pusat kekuasaan yang corrupt ?
berlakukan kembali hukuman DO untuk peserta tawuran

dan gak akan diterima ke sekolah seluruh Indonesia...

emoticon-linux2
tawuran itu karena solidaritas banci'nya yang tinggi. emoticon-Ngacir