alexa-tracking

Cegah Tawuran, Jam Pelajaran Agama Ditambah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016644771/cegah-tawuran-jam-pelajaran-agama-ditambah
Cegah Tawuran, Jam Pelajaran Agama Ditambah
VIVAnews - Komisi X DPR dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sepakat untuk menambah jam pelajaran agama untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antar siswa. DPR akan mengundang gubernur yang daerahnya sering terjadi tawuran.

"Jam pelajaran agama dapat meningkatkan akhlak dan karakter bangsa, serta kebudayaan," kata Wakil Ketua Komisi X Syamsul Bahri di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 26 September 2012.

Dalam rapat kali ini, DPR sekaligus menyampaikan usulan agar pemerintah membuat regulasi untuk mengantisipasi gejala tawuran. Regulasi yang dibuat harus jelas dan dapat memperbaiki sistem pendidikan nasional.

"Dan pro aktif melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Kepolisian," tegas dia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga diminta untuk mengevaluasi sekolah-sekolah yang selalu terlibat tawuran dan kekerasan.

Salah satu usulan adalah memberikan reward bagi sekolah yang dapat mereduksi tawuran. "Dan punishment bagi sekolah yang terlibat tawuran dan atau kekerasan," tutur politisi Fraksi Golkar ini. Dalam waktu dekat, Komisi X juga akan mengundang gubernur di seluruh provinsi yang siswanya sering melakukan tawuran.

Tawuran antara dua sekolah unggulan Jakarta, SMAN 6 dan 70 di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan menewaskan satu murid SMAN 6 pada Senin siang. Hari ini, dua tawuran terjadi di Manggarai dan di sekitar Halim Perdanakusuma. Akibat tawuran hari ini, satu siswa tewas dan satu lainnya kritis.

sumber

kalo menurut ane bukan masalah agamanya gan, tapi bagaimana menghargai sesama makhluk hidup, binatang aja bisa menghargai sesama, masa manusia ga bisa?? yang perlu dapat pelajaran agama sebenernya anggota DPR kalo kata ane.
generasi tanpa dongen..
tak pernah mendengar dongeng kancil dan pak tani dll....
maka di dasar benak mereka tak pernah tau baik dan buruk,yg dia tau hanya nilai akhir ujian sekolah bagus...
logika dan nalarnya tewas terpendam di atas tumpukan nilai harian yg harus bagus...emoticon-Ngacir Tubrukan
logika dan moral mereka menyerap dari media...sinetron dll...emoticon-Nohope
agama bagi mereka hanya sebatas nilai saat ujian...agama tak penting kalau cuma di hafal,tanpa dihayati..





—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™
seharusnya mata pelajaran yang harus ditambah itu PMP ( pendidikan moral pancasila ) . emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
Quote:


ngga ngaruh lah kalo liat kurikulumnya sekarang yg semuanya dinilai berdasarkan angka...

-----------------------------

komen utk beritanya:

seandainya memperbaiki moral dan karakter pelajar semudah menambah jam pelajaran agama..emoticon-Berduka (S)
Logika indo yang secara empiris tidak terbukti.

Kalau agama dapat menyelesaikan itu...nggak ada bebunuhan antara orang beragama di muka bumi.

Justru adanya agama sering menjadi akar kerusuhan antar manusia.

Indo, agama jalan terus...korupsi jalan terus...bebunuh antar warganegara juga jalan terus.
Nambah pelajaran Agama sih ok aja, asal pengajarnya juga benar, kalau pengajarnya kek bos ormas sebelah, bakal tambah hancur.

Polisi: "Kenapa kamu memukul anak itu".
Murid: "Karena saya ditantang Pak".
Polisi: "Ditantang bagaimana?"
Murid: "Dia suka lewat jalan depan sekolah kita setiap hari".
Polisi: "Terus nantangnya di mana?"
Murid: "Ya saya sudah bilang ke dia baik2 jangan lewat depan sekolah kita, tetapi masih membandel, apa itu bukan nantang namanya pak? Saya sudah datangi ngomong baik2 tapi ga didengar, dia sengaja provokasi saya pak! Saya korban!"
Polisi: "Tapi dia kan memang harus lewat jalan sekolah adek, kalau ga harus muter jauh."
Murid: "Ya itu saya ga mau tau, pokoknya sudah saya bilangin baik2, jadi saya tidak salah karena dia duluan yang memprovokasi saya."
moga" bisa meminimalisir tawuran
mesti didukung sama materi pelajaran yg bagus dan terarah
kalo materi pelajaran agamanya masih sama kaya 20thn terakhir sih sama aja bohong emoticon-Nohope
bukannya gak ada pengaruh kalo dikasih jam tambahan pelajaran agama?
soalnya anak" kalo pelajaran agama gapernah diperhatiin emoticon-Hammer2
kalo cuma pelajaran aja,g akan bisa menghilangkan tawuran.karena agama itu harus dihayati&di amalkan.kalo di sekolah,mereka hanya menganggap sebagai hal yang wajib dilakukan karena sebagai mata pelajaran.lagipula,di sekolah cuma 8 jam&lebih banyak (16jam) ada di rumah.di sekolah mengajarkan,tapi kalo di rumah engga,ya sama aja boong.
Quote:


ga tau kenapa, tp ane setuju sama agan ini
ko bisa mentri pendidikan dan anggota DPR yg pintar2 itu kasih solusi gak cerdas kayak gini ya???
solusi yg lebih cerdas menurut ane:
1. tambah kurikulum pelajaran olah raga, ato ekstra lainnya yg berkaitan sama hobi kayak komputer, tata boga, menyayi, leadership dll
2. bikin kegiatan2 antar sekolah kayak pekan olah raga antar sekolah, bazaar, pekan seni dll
3. hilangkan permusuhan antar sekolah dgn mengeluarkan siswa2 yg sok jagoan dr sekolah masing2
4. penjarakan siswa2 yg terlibat dlm pembunuhan2
5.tangkap para alumnus2 yg disebut2 menanam kebencian dan memelihara budaya permusuhan

udah ga usah bawa" pelajaran agama buat masalah ini ..
toh ane ga dpt kabar ada ormas yg aktif dalam lembaga agama ikut campur masalah gini yg ada malah ngurusin SARA emoticon-EEK!:
sok ide aje DPR biar di sangka kerja ..
murid bisa di skors 3th alias di DO .. sekolah juga harus kena sanksi tegas .. ga bisa ngatur muridnya . kalo di biarin makin banyak aja penerus murid yg di DO





Cegah Tawuran, Jam Pelajaran Agama Ditambah
[/QUOTE]
Murid sekolah butuh panutan dan guru yang mampu mengarahkan murid untuk

mencapai cita2nya, apapun pelajaranya, tidak harus agama.

Banyak murid yang miskin harapan dan angan2 untuk masa depannya.

Sedangkan guru hanya mengejar jam tayang dan mengajarkan

yang bersifat Pragmatis. Termasuk pelajaran Agama.

Bisa2 malah jadi fundamentalisme yang menggoyang Bhineka Tunggal Ika
Quote:

percakapan di bawah fiktif atau gimana?
emang susah masalah pendidikan anak nih, di rmh & sekolah dididik baik2 eh berteman sm orang2 yg gak bener. jadinya gk bener deh. ato memang kita lg ngalami degradasi moral yah emoticon-Cape d...
Quote:


betul sekali mas gan..
padahal sekolah kan untuk mencari ilmu bukan mencari nilai..

kalo nyatanya seperti itu, keluarga adalah pondasinya, jadi solusinya benahi keluarga, mulai dari keluarga sendiri..
Quote:


baru berasa kan....?!?

makanya doktrin nasionalisme jamannya orde baru ngapain dihapus2 segala... P4 atau penataran ya....... itu bukan diliat nilai tapi menanamkan moral dan nasionalisme...... sibuknya ngutak ngatik kurikulum ......dan naikin nilai kelulusan......
Anak dah gede gitu kalo dah biasa tawuran mang bisa langsung nurut denger pelajaran agama ? Apa anak2 yang sering tawuran ini sering masuk sekolah ? polisi harus turun tangan dan tindak tegas. Karena udah kacau ini, tersangkanya aja ngaku ke mentri pendidikan kalau dia puas bunuh orang laen. Udah ga ada rasa salah lagi
emang bakal ngaruh ya itu gan, itu semua kan tergantung individunya masing-masing juga sih gan emoticon-I Love Indonesia
Quote:


jangan suka mencela dong,, minimal kita ngelihat keseriusan pemerintah buat ngatasin pemerintah,,

ente ga guna sama sekali cuma ngritik2 tanpa ngasih penyelsaian,,
bukan cara yang bagus itu..
lingkungan sekolah dan kemauan dari murid itu sendiri yang bakal ngena ke kita gan ,, pecuma pelajaran agama d tambah tp murid nya goblok plus bego kaya gitu ,

apalagi guru sama murid sama sama ee ..
×