alexa-tracking

[MIRIS] Apoteker Jujur, Lapor Apotek Jual Narkotika Tanpa Izin Dibui 4 Bulan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016637520/miris-apoteker-jujur-lapor-apotek-jual-narkotika-tanpa-izin-dibui-4-bulan
[MIRIS] Apoteker Jujur, Lapor Apotek Jual Narkotika Tanpa Izin Dibui 4 Bulan
Jakarta, Apoteker Yuli Setyorini (32) melaporkan apotek tempat dia bekerja menjual narkotika dan psikotropika tanpa izin. Tindakannya ini malah dipidanakan dan Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Jawa Tengah, menghukum Yuli 4 bulan penjara. Kini Yuli meringkuk di LP Semarang.

"Kasus ini menjadi bencana bagi dunia apoteker. Dengan tuduhan penggelapan bagi Yuli, maka apoteker tidak lagi mempunyai perlindungan hukum dalam menjalankan praktek kefarmasian yang pada akhirnya dapat mengganggu kelancaran pelayanan kefarmasian kepada masyarakat," kata Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) M Dani Pratomo saat mengadukan kasus ini ke Komisi Yudisial (KY), Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2012).

Kasus ini bermula saat apotek tempat Yuli bekerja mendapat teguran dari Dinas Kesehatan Kota Semarang karena menjual narkotika dan psikotropika tanpa izin pada 2010. Lantas, pada 2011 apotek tempat dia bekerja masih menjual barang yang sama.

Maka pada 2012, dia pun berinisiatif melaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Semarang dengan membawa barang bukti narkotika tersebut. Tetapi yang terjadi pihak yang tidak suka melaporan Yuli ke polisi dengan tuduhan penggelapan.

"Kasus ini menampar profesi apoteker sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap obat-obatan. Dan kami mengharapkan pelajaran berharga agar masyarakat dan pemilik modal menghormati kode etik apoteker saat menjalankan profesinya," ujar Dani.

Setelah diproses hukum, Yuli mendapat vonis 4 bulan penjara dari PN Semarang pada 15 Agustus 2012. Majelis hakim memutuskan Yuli menggelapkan barang dalam jabatannya.

"Padahal barang tersebut hanya dititipkan ke Dinas Kesehatan Kota Semarang dan barang tersebut kini telah dikembalikan ke apotek. Sesuai pasal 50 ayat 1 KUHP, seseorang tidak bisa dihukum karena kewajiban perbuatan dari pekerjaannya," ujar kuasa hukum Yulis, Bambang Jaya Supeno, di tempat yang sama.

Menanggapi laporan ini, KY sebagai lembaga yang dibentuk konstitusi untuk mengawasi perilaku hakim berjanji akan melakukan investigasi, apakah ada perbuatan pelanggaran kode etik hakim atau tidak.

"Kami akan menindaklanjuti pengaduan ini. Tapi kami ingatkan ini bisa berjalan cepat atau lambat," ujar komisioner KY Suparman Marzuki.

Selain mengadu ke KY, Yuli dalam kasus ini juga mengajukan perlawanan hukum banding ke Pengadilan Tinggi Semarang.

Maaf cuma mau sharing n mudah-mudahan bisa diambil hikmahnya...

Sumber
Quote:


Tidak menolak emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Harap jangan emoticon-Bata (S)emoticon-Bata (S)

Maaf juga kalo emoticon-Repostrepost
apakah pemilik apoteknya bebas dari jeratan hukum?
Biasanya sang hakim dapat gepokan .
kasian tuh yee


orang jujur di negri ini pasti masuk bui


yang ga jujur bebas dari bui
jadi??? mao pada bikin koin untuk yuli atw gimana nih?
kok malah ditangkap gan si yuli nya
emoticon-Matabelo
Kasihan org2x jujur di negeri ini yg semakin tersingkir dan sulit utk mendapat tempat
jadikan topik ini HT, trending toping di twitter, sebar di fb, BBM dll

emoticon-Angkat Beer
kasusnya si YULI kan udah lama gan emoticon-Bingung (S)
itulah nasib pegawai yang gak punya duit banyak pasti kalah emoticon-Nohope
beuh.....

hukum lagi....ketidak adilan lagi........ emoticon-Embarrassment

Indonesia serba WAH.....emoticon-Embarrassment
ya itu dia gan salah satu bukti lagi kalo hukum kita gak berpihak pada kebenaran. tapi pada siapa yang bayar.

logika orang waras aja ndak bakal nerima keputusan hakim ini...
sepertinya memang hukum itu jadi macam komoditas, dijual dan dibeli, seringnya dijadikan alat memeras... emoticon-Cape d... (S)
nah itu yang jual narkotika gk dipenjara ?
memang narkotika yang dilaorkan ini jenisnya apa emoticon-Thinking
TOL TOT emoticon-Marah

kapan hukum di negeri ini beres?

telembone cuk su!

Kayak kasusnya Susno 2 G nih...hhaha.

Patut dapet Whistle Blower Award..
Quote:



Bikin gerakan 1.000.000 obat untuk Yuli gimana nih?
Kekuatan sosmed unlimited. emoticon-Big Grin
Binatang!!!

HAKIM YANG DZALIM KARENA UANG!!!


_______________________________________________________
Kunci Pintu Digital com
Spoiler for Link Lapak:

bodoh, si apoteker gak tau kalo satu orang benar diantara seratus orang salah ya dia yg jadi salah
Quote:


Seperti pepatah: "Karena nila setitik, rusak susu sebelanga"
Gitu ya maksud agan? emoticon-Bingung
Quote:


Bukan.. yang dia maksud tu "karena nila sebelanga rusak susu setitik" "p