alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016631594/dana-talangan-haji-akan-di-stop
Peringatan! 
Dana Talangan Haji Akan Di STOP!!!
Dana Talangan Haji Akan Di STOP!!!


Kementerian Agama kembali melakukan pembenahan dalam pelaksanaan ibadah haji. Kementerian yang dipimpin Suryadarma Ali ini berencana menghentikan praktik dana talangan haji yang diberikan oleh perbankan syariah. Alasannya, praktik tersebut tidak sesuai dengan prinsip haji, yakni untuk mereka yang mampu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Anggito Abimanyu mengatakan, selain tidak sesuai dengan prinsip haji, produk pembiayaan dana talangan haji juga telah membuat daftar antrean untuk naik haji semakin panjang. Dengan fasilitas dana talangan haji, seseorang yang memiliki dana Rp 2 juta sudah dapat memperoleh kursi haji dari Kementerian.

"Akibat penggunaan dana talangan, masyarakat justru yang memenuhi syarat kemampuan secara finansial harus menunggu bertahun-tahun untuk dapat menunaikan ibadah haji," ujarnya.

Namun, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Syariah (Dirut BRI Syariah) Hadi Santoso mengatakan, perseroan selama ini membiayai dana talangan haji bagi nasabah yang mampu secara finansial.

Skemanya, pada tahap awal nasabah menyetor uang muka 5 persen dari nilai pembiayaan haji sebesar Rp 25 juta. Nah, kemudian nasabah mengangsur sisa dana talangan haji melalui tabungan haji hingga mereka melaksanakan ibadah haji. "Dana talangan haji itu untuk booking atau jatah pencatatan nasabah untuk naik haji," imbuh Hadi.

Prinsip ibadah haji bagi mereka yang mampu juga terpenuhi dengan ketentuan bahwa calon anggota jemaah haji wajib melunasi semua kewajibannya ke bank sebelum berangkat ke tanah suci. Jadi, ketika beribadah, mereka benar-benar menyandang status mampu.

Rencana larangan dana talangan haji bagi bank syariah tentunya akan membuat penurunan pada pembiayaan perbankan syariah. Saat ini, pembiayaan talangan haji BRI Syariah mencapai Rp 360 miliar atau sekitar 40 persen dari total dana haji sebesar Rp 800 miliar. "Otomatis pembiayaan akan berkurang," tambahnya.

Direktur Bisnis Bank Negara Indonesia Syariah (Direktur Bisnis BNI Syariah) Imam Teguh Saptono menuturkan, akan ada pengaruh walau penurunannya tidak signifikan. Pasalnya, porsi dana talangan haji hanya sebesar 10 persen dari total pembiayaan perseroan. "Kalau dana talangan haji dilarang, ada penurunan pembiayaan. Namun, penurunan itu tidak signifikan," ungkapnya.

Yang jelas, menurut Imam, pertumbuhan pembiayaan dana talangan haji terbilang menggiurkan. BNI Syariah mencatat kenaikan dana talangan haji sebesar 20 persen-30 persen saban tahun. Saat ini, per 31 Agustus lalu, nilainya mencapai Rp 500 miliar.

Direktur Bisnis Bank Syariah Mandiri (Direktur Bisnis BSM) Hanawijaya mengatakan, pihaknya sudah diundang oleh Kementerian Agama untuk membicarakan rencana tersebut. Sebaliknya, para bankir bank syariah juga sudah memberikan masukan.

Menurutnya, produk dana talangan haji sudah ada fatwanya. Dana talangan haji hanya untuk membeli kursi, bukan untuk membiayai keberangkatan haji. Kalau dihapuskan tidak akan berpengaruh pada bank, tetapi akan tidak adil bagi masyarakat yang tidak berpenghasilan tetap.

"Karena pengguna produk ini adalah mereka yang tidak berpenghasilan tetap," ujar Hanawijaya tanpa menyebutkan besar dana talangan haji BSM.

Source

komentar

sudah antri, talangan ditiadakan, ibadah komersil, payah emoticon-Sorry
kok di tiadakan, lah emak nyokap ane ga berangkat2 dong...2014 bakal ganti MENAG aja..huh......
ijang mampoe ibadahnjah bisa empat taoen lagih antreannjah ...
apa tida tjape noenggoe 4 taoenan bahkan lebih ...
hmm logikanya naek haji emang gak boleh dari utang...

sama aja kayak nyumbang jutaan ke anak yatim, tapi dari duit utang...
pak menag saya minta laporan keuangnan dong dari dana haji tahunan yang disimpak depag itu bunganya yang disimpan dalam bentuk sukuk (kalau tidak salah CMIW) ada dimana?.
terus transparansi biaya haji yang jelas lah, masa 2 orang kena biaya transsport bus 550 rb ? padahal naik bus budiman eksekutif ke jakarta saja 2 orang paling kena 200 an emoticon-Big Grin
INI SOLUSI CERDAS...

kalau mampu baru HAJI....

kalau TALANGAN gak usa HAJI

makanya kok sampai ANTRI, kenyataan di masyarakat banyak yg MISKIN...
bagus tuh. yang belum mampu haji sembari nabung jangan lupa sedekah yg banyak berhubung masih byk orang miskin dan anak2 jalanan ya emoticon-Embarrassment

negeri yg religius harusnya juga peduli sesama, jgn bingung nguber haji aja emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By INCUBATOR
INI SOLUSI CERDAS...

kalau mampu baru HAJI....

kalau TALANGAN gak usa HAJI

makanya kok sampai ANTRI, kenyataan di masyarakat banyak yg MISKIN...


iya setuju, masa harus mennunggu 4 tahun, malah ada daerah yang sampai 12 tahun emoticon-Mad:. terlbih ada orang sudah berkali kali haji pingin berangkat lagi, terlebih kalau orang tsb dari kalangan birokrat (gratis pula)
ngutang untuk naek haji ............

aneh aja sihhh ...

emoticon-Big Grin
YANG HARUS DISTOP TUH JATAH HAJI TIAP TAHUN YANG GRATIS DI KALANGAN KEMENTRIAN xxx...TRUS PERIKSA TUH BUNGA HAJI , KEMANAIN TUH DUIT
Kenapa baru sekarang..emoticon-Bata (S)

Ibadah haji itu kewajiban bagi yang mampu, masa ibadah pake duit riba'...

Kalau belum mampu ya kumpulin dulu... jangan terus bela2in ngutang bayarnya plus bunga.. emoticon-Cape d... (S)
Quote:.....produk pembiayaan dana talangan haji juga telah membuat daftar antrean untuk naik haji semakin panjang. Dengan fasilitas dana talangan haji, seseorang yang memiliki dana Rp 2 juta sudah dapat memperoleh kursi haji dari Kementerian.

y masa mo naik haji ditalangin sih..emoticon-Bingung (S) logika-y sih naik haji itu jika MAMPU..
mampu dalam hal finansial n yang lbh penting dalam hal iman..jgn pergi haji tapi cm jadi pelngkap gelar d nama doang.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By TukangRogohBabu
ada benernya juga, kalo skemanya kaya kredit motor, mending dilarang
kalo ditengah jalan ga sanggup kan rugi sendiri
motor ditarik, ini haji ditarik?


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

kalo motor yang ditarik krn macet nyicil ujung2nya bakal dilelang buat nutupin kerugian pemberi dana.. ini nanti hajinya yang ditarik dilelang juga ?
oooooo, .... rupanya sumber utama penghasilan bank-bank syariah dari tabungan haji toh, ... pantesan tumbuh subur itu perbankan syariah, ... orang nabung bertahun-tahun kagak dikasih bunga/jasa toh, ... bisnis empuk banget tuh, ...

mustinya tabungan dihitung secara "future value" dong, ... misalnya biaya naik haji 35juta, ... tabungannya tidak harus sebesar itu, ... sisanya ditombokin dari bunga/jasa uang yang ditabung selama 5 tahun atw lebih yang dibisniskan oleh bank, ...

itu baru adil, ...
Quote:Original Posted By wongdjadoel
ijang mampoe ibadahnjah bisa empat taoen lagih antreannjah ...
apa tida tjape noenggoe 4 taoenan bahkan lebih ...


Intinja haroes sabar en ikhlas djoeragan, di tempat ijk bahkan haroes toenggoe antrian sampe 10 taoen.

sambil menoenggoe, mengoemandangkan dalam hati:
"Labbaika llahoemma labbaik, labbaika laa sariika laka labbaik, innal hamda wan ni' mata laka wal moelka llaa syariika lak."

semoga tjepat terlaksana dalam memenoehi panggilanNja. Amin
setuju sih gan.....
kasihan ngutang.... untuk haji

beda dengan menabung ......

belom bunga / Riba nya (eh biaya administrasinya kata nya)

baiknya menabung sampai nilai tersebut baru dapat kursi
Quote:Original Posted By maulana317
pak menag saya minta laporan keuangnan dong dari dana haji tahunan yang disimpak depag itu bunganya yang disimpan dalam bentuk sukuk (kalau tidak salah CMIW) ada dimana?.
terus transparansi biaya haji yang jelas lah, masa 2 orang kena biaya transsport bus 550 rb ? padahal naik bus budiman eksekutif ke jakarta saja 2 orang paling kena 200 an emoticon-Big Grin


Kan 350rb lagi untuk administrasi Gan...
Biar semuanya tercatat administrasinya...

emoticon-Hammer (S)
maka berhajilah bila mampu, kalo belom yg tunggu emoticon-Blue Guy Peace
iya jangan ada yg ngutang
apalagi bisa berangkat haji tapi nggak bisa makan pulang dari sana
ujung2 nye di kormesil kan nihemoticon-Cape d... (S)