alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016630516/tabrakan-dengan-tanker-feri-tenggelam-di-selat-sunda
Tabrakan dengan Tanker, Feri Tenggelam di Selat Sunda
Tabrakan dengan Tanker, Feri Tenggelam di Selat Sunda


Tabrakan dengan Tanker, Feri Tenggelam di Selat Sunda



Quote:Kapal Motor Bahuga Jaya lintas Merak-Bakauheni tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tanker Noor Gaftar pada Rabu (26/9/2012) sekitar pukul 05.16 WIB. Kapal tersebut tengah menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Dari informasi yang diperoleh Kompas.com, kapal naas itu tenggelam sekitar 4 mil dekat Pulau Rimau Balak, sebelum Bakauheni.

Saat ini sudah dikerahkan para petugas SAR dan kapal-kapal penumpang untuk menolong korban

Sumber


Quote:Tiga Korban Tewas Diangkut Kapal Tongkang

Kapal tongkang TB JFF 1 Cirebon membawa tiga korban meninggal dari KM Bahuga Jaya yang tenggelam setelah tertabrak kapal tanker Norgastar pada Rabu (26/9/2012) sekitar pukul 04.48 WIB.

Tiga korban meninggal yang dipindahkan tersebut terdiri atas satu korban anak-anak perempuan, satu orang perempuan paruh baya, dan seorang laki-laki paruh baya. Sejauh ini korban yang meninggal dunia masih dalam proses identifikasi oleh tim Inafis Polres Lampung Selatan.

"Kita masih melakukan identifikasi untuk korban meninggal yang telah berhasil dievakuasi," ungkap Kapolres Lampung Selatan Ajun Komisaris Besar Tatar Nugroho.

Berdasarkan data terakhir, korban meninggal dunia delapan orang. Dua korban meninggal dibawa ke Pelabuhan Merak, sedangkan enam orang lainnya dievakuasi ke Pelabuhan Bakauheni.

Sumber



Quote:208 Penumpang KM Bahuga Jaya Selamat

Kepala Polda Lampung Brigadir Jenderal (Pol) Jodie Rooseto melakukan peninjauan langsung ke Pelabuhan Bakauheni untuk melihat kondisi penumpang KM Bahuga Jaya yang tenggelam setelah tertabrak kapal tanker Nogastar di perairan Selat Sunda sekitar pukul 04.48 WIB, Rabu (26/9/2012).

Jodie Rooseto mendatangi para penumpang KM Bahuga Jaya yang selamat di Kantor ASDP Pelabuhan Bakauheni. Dia pun terlihat sempat berbincang-bincang dengan beberapa penumpang yang selamat.

Data terakhir yang didapat di lapangan menyebutkan, penumpang yang selamat dan berhasil diangkut ke darat mencapai 208 orang. Masing-masing diangkut dengan kapal Gelis Rawuh 38 orang, kapal Munikline sebanyak 70 orang, kapal Bontang sebanyak 20 orang, kapal Mufida sebanyak 15 orang, kapal Dwitia sebanyak 3 orang, kapal Rajabasa 23 orang, kapal Nusa Agung sebanyak 37 orang, dan kapal Jatra III sebanyak 2 orang.

Pencarian dan pengangkutan korban hingga kini masih terus dilakukan tim gabungan dari Tim SAR dan Polair Polda Lampung.

Sumber


Wah.....mulai lagi kecelakaan pada transportasi massal di Indonesia....
Herannya, Tanker dan Fery kan sama2 besar, kok bisa gak tau kalo bakal bertemu di jalur yang sama??? Bukannya harusnya sudah bisa terlihat dan langsung cari jalan menghindar ya???
kejadiannya semalam


semoga gak banyak makan korban
waduh..... itu trayek ane waktu dulu kuliah tuh.... emang sering banget sih ngeliat kapal tanker yang lalu lalang di selat sunda, tapi biasanya jaraknya selalu jauh dengan kapal fery yang lewat... apa nahkodanya ngantuk ya... bisa gak liat ada kapat tanker lewat...
kecelakaan di laut biasanya antara kapal feri dengan kapal nelayan,
kalau sama tanker emoticon-Matabelo
Eh, beneran yang tabrakan ferry? Ferry roll on roll off atau kapal cepat?

FYI, buat kapal jarak 100 m ntu gak bisa ngerem atau menghindar, jangan samain kayak mobil. Dan seinget ane lalu lintas selat sunda yang padat ntu udah giliran dipakenya, antara yang bergerak timur-barat & utara selatan.
Quote:Original Posted By goed.adit
Eh, beneran yang tabrakan ferry? Ferry roll on roll off atau kapal cepat?

FYI, buat kapal jarak 100 m ntu gak bisa ngerem atau menghindar, jangan samain kayak mobil. Dan seinget ane lalu lintas selat sunda yang padat ntu udah giliran dipakenya, antara yang bergerak timur-barat & utara selatan.


salah satunya gak ngikutin alur dari pusat mungkin emoticon-Amazed
waduh kecelakaan fery lagi emoticon-Berduka (S)

kq sering sekali ya kecelakaan kapal2 di laut?

semoga korbannya ga terlalu banyak
Quote:Original Posted By Ban.N.Dot
kejadiannya semalam


semoga gak banyak makan korban


Bener gan, semoga gak banyak korban..

Quote:Original Posted By goed.adit
Eh, beneran yang tabrakan ferry? Ferry roll on roll off atau kapal cepat?

FYI, buat kapal jarak 100 m ntu gak bisa ngerem atau menghindar, jangan samain kayak mobil. Dan seinget ane lalu lintas selat sunda yang padat ntu udah giliran dipakenya, antara yang bergerak timur-barat & utara selatan.

Bener gan, memang mereka gak bisa ngerem atau menghindar kaya mobil, cuma setau ane, mereka kan didukung oleh navigasi dari pusat, jadi semua jalur seharusnya sudah di pantau sebelum mereka bergerak.... berarti ada human error juga disini...


Quote:Original Posted By mushashi
salah satunya gak ngikutin alur dari pusat mungkin emoticon-Amazed


setuju gan... bisa jadi begitu memang..

Quote:Original Posted By bnzcomp
waduh kecelakaan fery lagi emoticon-Berduka (S)

kq sering sekali ya kecelakaan kapal2 di laut?

semoga korbannya ga terlalu banyak


bener gan, mungkin pihak ASDP harus mengadakan perbaikan kinerjanya nih....
fery dari merak ke bakauheni berarti dari timur ke barat
tankernya dari mana ke mana nih
klo tanker dari selatan ke utara tankernya yang salah
klo tanker dari utara ke selatan ferynya yang salah


kenapa??
semua kapal punya lampu di badan kapalnya di kanan hijau di kiri merah
kalo papasan dan ketemu sisi lampu warna merah maka kapal itu harus nunggu kapal lain lewat dulu
sedangkan kalo hijau baru bebas lewat

nggak tau lagi klo lampunya mati
adakah yang tau, bagaimana kejadiannya sehingga terjadi tabrakan gan, ...
Quote:Original Posted By mushashi


salah satunya gak ngikutin alur dari pusat mungkin emoticon-Amazed


kalo alur uda pasti diikutin mas bro, itu alur uda pasti buat trayek merak-bakauni.
sambil tutup mata jg nyampe.

kayaknya ada miss com antara tanker dan ferry.
ntah radio error atau yang lainnya

*semoga g ada korban jiwa
Sekilas yg gw denger dari berita tadi pagi :
Tekape kcelakaan di skitaran pulau harimau. Posisi kapal feri dari merak ke bakau. Si tanker dari arah sbaliknya dari bakau mau ke merak, posisinya memalang.
Berita tadi pagi sih blom ada kabar korban meninggal. Kejadian tabrakan jam 5 subuh. Kapal feri tenggelam jam 5.20.

Turut berduka buat korban yg meninggal. emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By goed.adit
Eh, beneran yang tabrakan ferry? Ferry roll on roll off atau kapal cepat?

FYI, buat kapal jarak 100 m ntu gak bisa ngerem atau menghindar, jangan samain kayak mobil. Dan seinget ane lalu lintas selat sunda yang padat ntu udah giliran dipakenya, antara yang bergerak timur-barat & utara selatan.


nambahin: kecelakaan pukul 4 pagi, jadi masih gelap [visual g membantu], kemungkinan ada masalah d komunikasi radio antara kapal tanker dan ferry
wah......serem banget ya...kok bisa sama kapal tanker tabrakannya....
kalo sama kapal kecil (Kapal-kapal nelayan) mungkin aja terjadi, karena umumnya kapal nelayan gelap sehingga gak terlihat oleh kapal besar... tapi kalo kapal tanker aneh juga ya..
Quote:Original Posted By The.Dark.Ride
Sekilas yg gw denger dari berita tadi pagi :
Tekape kcelakaan di skitaran pulau harimau. Posisi kapal feri dari merak ke bakau. Si tanker dari arah sbaliknya dari bakau mau ke merak, posisinya memalang.
Berita tadi pagi sih blom ada kabar korban meninggal. Kejadian tabrakan jam 5 subuh. Kapal feri tenggelam jam 5.20.

Turut berduka buat korban yg meninggal. emoticon-Berduka (S)


ada update berita:

BANDARLAMPUNG: PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebutkan delapan tewas dalam kecelakaan kapal feri KMP Bahuga Jaya di perairan Selat Sunda, Rabu subuh.

"Pada pagi ini, tercatat delapan orang penumpang dilaporkan tewas," kata Manajer Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Rabu.

Kapal feri KMP Bahuga Jaya tenggelam dekat Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, sekitar empat mil dari pelabuhan penyeberangan itu, saat berlayar dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Bakauheni.

Kapal tersebut dilaporkan mengangkut puluhan kendaraan roda empat dan dua serta puluhan penumpang.

Heru menyebutkan, kapal feri Bahuga Jaya tenggelam di Selat Sunda sekitar pukul 04.20 WIB, dalam pelayaran dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Mengenai penyebab tenggelam kapal feri itu, ia mengatakan belum bisa memastikannya meski ada yang menyebutkan karena tabrakan kapal feri itu dengan tanker dan kargo.

"Kapal feri itu mengalami robek di bagian lambungnya," ujar Heru.(ANTARA/api)

sumber
berani bener broadcast message yang tmn ane kirim tadi mengenai kapal laut bertabrakan di bakauheni.. emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By Noe21
fery dari merak ke bakauheni berarti dari timur ke barat
tankernya dari mana ke mana nih
klo tanker dari selatan ke utara tankernya yang salah
klo tanker dari utara ke selatan ferynya yang salah


kenapa??
semua kapal punya lampu di badan kapalnya di kanan hijau di kiri merah
kalo papasan dan ketemu sisi lampu warna merah maka kapal itu harus nunggu kapal lain lewat dulu
sedangkan kalo hijau baru bebas lewat

nggak tau lagi klo lampunya mati


wow...bisa detail begini gan, agan anak perkapalan ya...
memang posisi lampu seharusnya ada dimana gan?? Setau ane kalau kapal fery pada umumnya sangat banyak lampu (Terang benderang) jadi mungkin memang agak sulit untuk melihat warna lampu kalo lampu jadi patokan..

Quote:Original Posted By ojuno
kalo alur uda pasti diikutin mas bro, itu alur uda pasti buat trayek merak-bakauni.
sambil tutup mata jg nyampe.

kayaknya ada miss com antara tanker dan ferry.
ntah radio error atau yang lainnya

*semoga g ada korban jiwa

menurut ane juga begitu gan..
gila tuh,,tanker dihajar,,kynya ada miscom antara kapal feri dan tankernya emoticon-Cape d... (S)
padahal sama2 di laut kecepatannya juga rendah masih bisa tabrakan emoticon-Cape d... (S)
iya kasian juga nih denger nya

tadi pagi sempet denger berita di metro tv