alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016629247/kabar-dari-kota-pecelsdm-kereta-api-kemenhub-bangun-pusat-pelatihan-rp300-milliar
[Kabar Dari Kota Pecel]SDM KERETA API: Kemenhub Bangun Pusat Pelatihan Rp300 Milliar
Quote:[Kabar Dari Kota Pecel]SDM KERETA API: Kemenhub Bangun Pusat Pelatihan Rp300 Milliar

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan RI menggelontorkan anggaran Rp.300 Milliar untuk pembangunan gedung pusat pelatihan dan pendidikan di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di Madiun, Jawa Timur.

Kepala BPSDM Kemenhub Bobby R.Mamahit mengatakan, Lembaga Pendidikan tersebut disiapkan sebagai pusat pelatihan dan pendidikan perkeretaapian di Indonesia, dan sekaligus dalam rangka mendukung menjadikan Madiun sebagai Pusat Industri Perkeretaapian Nasional.

"Tahap awal disiapkan Rp.300 milliar untuk menyelesaikan fasilitas gedung dan prasarana lembaga Akademi Perkeretaapian Indonesia tersebut," ujar Bobby saat menemani Menteri Perhubungan EE.Mangindaan meninjau progres pembangunan gedung API, di Madiun siang hari ini (Selasa 25/9/2012).

Bobby mengatakan,tahapan pembangunan kampus Akademi Perkeretapian tersebut dilaksanakan 2011-2016.

Hingga saat ini, kata dia,yang sudah selesai pada pembangunan kampus itu al: gedung rektorat tiga lantai dengan seluas 864 m2, serta lapangan parkir.

"Tahun 2013 kita akan selenggarakan diklat, dan pada 2014 akan mulai menerima Taruna baru di akademi tersebut," tuturnya.

Kemenhub, kata dia, menargetkan hingga akhir tahun ini akan diselesaikan pembangunan fisik yakni dua unit ruang kelas, asrama, poliklinik, ruang makan dan infrastruktur drainase di sekitar kampus.

Bobby mengatakan, pada 2013-2016 akan dibangun workshop, penambahan gedung kelas, stasiun simulasi, aditorium, menara air, railtrack dan sintelis Kereta Api, perpustakaan, dan ruang rekreasi. (k1/sut)

Kebutuhan SDM operator kereta api RI 2030

Administrasi 2.500

Pemeriksa/perawatan/operator sarana 45.600

Pemeriksa operator prasarana 30.640

Total 78.740


http://www.bisnis.com/articles/sdm-k...-rp300-milliar

Pastinya sekolah ini sangat berguna jika kelak operator-operator swasta bermunculan...
Semoga semakin baik dan profesional per-Sepur-an Indonesia. emoticon-thumbsup:
semoga dapat memenuhi teknisi yang diperlukan oleh KAI
pokoknya kereta dan bus harus smakin baik playanannya
Quote:Original Posted By pastoran
semoga dapat memenuhi teknisi yang diperlukan oleh KAI


Mungkin yang swasta boleh, asal buat rel di bawah tanah (trowongan) ... kalau gak salah di negara sono disebut subway.
Quote:Original Posted By Theist
Mungkin yang swasta boleh, asal buat rel di bawah tanah (trowongan) ... kalau gak salah di negara sono disebut subway.


swasta menjalankan kereta di rel yang sekarang juga boleh, toh rel itu milik kemenhub, gambar di bawah ini contohnya....

[Kabar Dari Kota Pecel]SDM KERETA API: Kemenhub Bangun Pusat Pelatihan Rp300 Milliar

lokomotif dan rangkaian kereta milik PT Tanjung Enim Lestari (PT TEL)


kalau mau bangun sendiri juga boleh, seperti berita dibawah ini, dilakukan oleh Bukit Asam...

http://www.bisnis.com/articles/jalur...mbangunan-2013
Quote:Original Posted By Theist
Mungkin yang swasta boleh, asal buat rel di bawah tanah (trowongan) ... kalau gak salah di negara sono disebut subway.


udah gw edit hehehe

ntar dikirain pertanyaan tendensiun. tp penasaran.

soalnya dulu langanan pakai kapal antar pulau dari kalimantan ke jakarta/ semarang.

ada istilah kapal plat merah didahulukan menyandar didermaga setelah itu baru swasta.

apalagi kereta yang relnya cuman itu doank. dikhawatirkan ada kereta swasta sama kereta negeri pula
akademi, jadi 3 taon lulus emoticon-Smilie
kemungkinan 2015 udah mulai ada corak loko beraneka warna melintas nih emoticon-Big Grin

*2015 juga perkiraan semua jalur udah double track emoticon-Big Grin
kalo ada banyak perusahaan KA mulai bbrp tahun ke depan juga para jurumudinya, bagus lah asal fasilitas lebih diperhatikan
jangan seperti sekarang, naik KA manusia macam ikan pepes di dalamnya bersempit2an ria. emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By rismaastri
kalo ada banyak perusahaan KA mulai bbrp tahun, bagus lah asal fasilitas lebih diperhatikan
jangan seperti sekarang, naik KA manusia macam ikan pepes di dalamnya bersempit2an ria. emoticon-Cape d... (S)


ini kereta jarak jauh apa kereta jarak deket ?

*perasaan ga sebegitunya kalee kecuali KRL emoticon-Embarrassment

meski gw sebenarnya suka naek kereta jarak jauh berdesak desakan sambil liat ibu ibu nyusuin anak emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Khoontol
Semoga semakin baik dan profesional per-Sepur-an Indonesia. emoticon-thumbsup:


seperti TS dan Khoontol emoticon-thumbsup:

Quote:Original Posted By kabei
akademi, jadi 3 taon lulus emoticon-Smilie
kemungkinan 2015 udah mulai ada corak loko beraneka warna melintas nih emoticon-Big Grin

*2015 juga perkiraan semua jalur udah double track emoticon-Big Grin


termasuk selatan dobel trek
itu selatan setau gue ada terowongan deh,ngakalinnya gimana yah?bikin 2 terowongan ?emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By rismaastri
kalo ada banyak perusahaan KA mulai bbrp tahun ke depan juga para jurumudinya, bagus lah asal fasilitas lebih diperhatikan
jangan seperti sekarang, naik KA manusia macam ikan pepes di dalamnya bersempit2an ria. emoticon-Cape d... (S)


kereta apa yg lu naikin tong ?
klo KRL jobedetabek emang iya
wah mantablah itu biar SDM perkeretaapian makin joss

emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By .SEMAR.
seperti TS dan Khoontol emoticon-thumbsup:



termasuk selatan dobel trek
itu selatan setau gue ada terowongan deh,ngakalinnya gimana yah?bikin 2 terowongan ?emoticon-Big Grin




kereta apa yg lu naikin tong ?
klo KRL jobedetabek emang iya


paling muter, kalo bikin terowongan keknya "susah" duitnya........
semoga maju kereta api indonesia

saya tunggu kereta cepatnya emoticon-Add Friend (S)

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By japek
http://www.bisnis.com/articles/sdm-k...-rp300-milliar

Pastinya sekolah ini sangat berguna jika kelak operator-operator swasta bermunculan...


Harusnya tuh pemerintah juga melibatkan swasta buat bikin jalur dan bikin kereta. Cuman, tarifnya harus jelas. Bikin aja kayak tarif listrik kan ada harga belinya. Kalau swasta bikin relnya ya ada harga sewanya ke PT KAI. Gitu aja salah satu saran ane.

Salam Kaskus
Quote:Original Posted By arhammeister
Harusnya tuh pemerintah juga melibatkan swasta buat bikin jalur dan bikin kereta. Cuman, tarifnya harus jelas. Bikin aja kayak tarif listrik kan ada harga belinya. Kalau swasta bikin relnya ya ada harga sewanya ke PT KAI. Gitu aja salah satu saran ane.

Salam Kaskus


sewa rel dibayarkan pada PEMERINTAH alias Kementerian Perhubungan BUKAN pada KAI karena rel sendiri adalah milik Pemerintah dalam hal ini Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan
Quote:Original Posted By japek


swasta menjalankan kereta di rel yang sekarang juga boleh, toh rel itu milik kemenhub, gambar di bawah ini contohnya....

[Kabar Dari Kota Pecel]SDM KERETA API: Kemenhub Bangun Pusat Pelatihan Rp300 Milliar

lokomotif dan rangkaian kereta milik PT Tanjung Enim Lestari (PT TEL)


kalau mau bangun sendiri juga boleh, seperti berita dibawah ini, dilakukan oleh Bukit Asam...

http://www.bisnis.com/articles/jalur...mbangunan-2013


ada pictnya gak gan ? emang seperti apa bedanya ? emoticon-Big Grin