alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016628875/awas-penjara-15-thn---depo-air-isi-ulang-tak-berijin
Awas Penjara 15 Thn - Depo Air Isi Ulang Tak Berijin
Awas Penjara 15 Thn - Depo Air Isi Ulang Tak Berijin

Awas Penjara 15 Thn - Depo Air Isi Ulang Tak Berijin


Quote:

Nunukan (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur menilai pemilik air kemasan yang tidak berizin dan produksinya tidak memenuhi standar kesehatan dapat dikenakan pidana kurungan.

Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan dan Bencana Dinkes Kabupaten Nunukan, dr M Tololiu, Rabu, menegaskan ditemukannya air kemasan gelas yang beredar di masyarakat tanpa memiliki izin produksi dan airnya tidak memenuhi standar sesuai indikator kesehatan, jelas melanggar Undang-Undang.

Aturan yang dilanggar adalah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan pada Bab III pasal 80 ayat 4 junto pasal 21 ayat 3 menyatakan bagi produsen air minum yang menyalahi aturan kesehatan dapat dikenakan penjara maksimal 15 tahun dan denda maksimal Rp 300 juta, kata Tololiu.

"Pemilik atau produsen air minum yang memproduksi air minum tidak memenuhi standar kesehatan dapat dikenakan pidana penjara maksimal 15 tahun dan denda Rp300 juta," urainya.

Selain itu, pemilik usaha air kemasan ini juga dinyatakan telah melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 pasal 8 yang menyatakan pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak memenuhi atau tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Terkait dengan adanya air minum kemasan yang tidak sesuai standar kesehatan ditemukan beredar di Kabupaten Nunukan, Tololiu mengatakan, pihaknya tidak berkewenangan mendesak pemiliknya untuk memeriksakan produksinya sepanjang pemiliknya sendiri yang mengajukan permohonan untuk dilakukan pengujian mutu air yang diproduksi.

Semestinya, lanjut dia, pengusaha yang harus pro aktif melaporkan kepada Dinkes sesuai jangka waktu yang diatur dalam peraturan yang berlaku atau biasanya sekali dalam tiga bulan.

Masalahnya, kata Tololiu, pengusaha air isi ulang atau kemasan enggan mengajukan permohonan untuk uji kelayakan karena mempertimbangkan biaya yang dibebankan kepadanya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perdagangan RI nomor 651/MPP/KEP/X/2004 tentang Persyaratan Teknis Depot Air Minum pada pasal 6 ayat 4 disebutkan biaya pengambilan sampel produk dan pengujian terhadap mutu air baku dibebankan kepada pengelola depot air minum bersangkutan.

Penjelasan Tololiu ini menanggapi dugaan banyaknya produksi air isi ulang yang tidak layak konsumsi dan tidak sesuai dengan standar kesehatan yang beredar di Kabupaten Nunukan.




Hati-2 ya buat yg mau usaha ini, penuhi syarat-2nya dari pada panjang urusannya, apalagi menyangkut kesehatan masyarakat banyak.
banyak tuh yg gak memenuhi syarat depo air isi ulangnya emoticon-Cape d... (S)

udah tuh main perang harga emoticon-Stick Out Tongue

air isi ulang yg gak memenuhi standart kesehatan , sangat2 berbahaya bagi tubuh . dan terutama untuk balita
Anjuran dan aturan yang baik ,

Demi kesehatan masyarakat juga emoticon-thumbsup:
Dengan adanya sanksi demikian, tentunya ini sangat melindungi konsumen / masyarakat atas produk vital yang dikonsumsi secara rutin ini. Dan diharapkan pihak-pihak terkait senantiasa melakukan pengawasan ketat atas produk air isi ulang.
kek gatau birokrasi disini kek apa aja, ga ada ijin ntar ada sorban knight tereka no halal no halalemoticon-Big Grin
di jogja lebih parah, harga per galon ampir 13-15 rb karna stok kosong.
maklum gan jogja musim kemarau, kalo kayak gini depot air isi ulang bakal untung besar.
padahal kita ga tau itu galon dari depot air isi ulang yg berijin atau ga emoticon-Cape d... (S)
iya sih harusnya tegas dan bener bener diterapkan emoticon-Big Grin

karena yang namanya kesehatan itu mahal harganya gan emoticon-Wink
minum air isi ulang bikin kekebalan alami terbangun kali .... emoticon-Ngakak
jadi nggak gampang sakit, karena udah kebal.
wedew...usaha yg bisa dibilang halal ajah dikurung 15 taon, eh yg koruptor engga ada yg nyampe 10 taon lewat...emang hebat para pembuat UU di negeri ini...
Moga2 di Batam juga bisa dibasmi tuh yang depo isi ulang asal2an



_______________________________________________________
Kunci Pintu Digital com

Wah baguslah.. Supaya pedagang minuman gini gak bs sembarangan..
Karena yg dijual sering airnya kotor
kalo kagak ade tindakan yah ama aje membiarkan emoticon-Big Grin
tipikal beberapa oknum pengusaha indonesia, mau untungnya, nggak mau ngurusin kelayakan usaha maupun izinnya emoticon-Big Grin
hohohooo emoticon-Big Grin
AQUA makin kebakaran jenggot emoticon-Big Grin
pasarnya ancur tergerus ama air isi ulang emoticon-Ngakak (S)


makanya pake jurus pamungkas, nyogok birokrasi utk membuat peraturan yg aneh2 emoticon-Big Grin


btw, tp gw setuju aja sih ama pengetatan ijin emoticon-Big Grin
PDAM harus di tuntut dong....PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM....gmn katanya air minum??? ga memenuhi standard....harusnya ganti dgn perusahaan air aja.....hahhahahha ga ada minumnya
ane pake AQUA buat mandi gan...
berarti pungutan lagi tuh gan emoticon-Big Grin
ane dah ga pernah isi ulang di depot isi ulang gan . .
trauma dulu pernah mules . . Awas Penjara 15 Thn - Depo Air Isi Ulang Tak Berijin
skrang mending minum aer masakan ndiri klo ga beli yg pasti pasti aja Awas Penjara 15 Thn - Depo Air Isi Ulang Tak Berijin
kalau usaha ga ada ijin, tutup paksa aja....minuman kan harus ada pengawasannya
muam... pus .... 15 tahun, ...... ngeri banget ancaman hukumannya,

nggak sebanding dengan hukuman buat para koruptor emoticon-Bingung (S)