alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016627698/gawat-gan-benteng-dan-keraton-jogja-terancam-hilang
Peringatan! 
[GAWAT GAN!] Benteng dan Keraton Jogja Terancam Hilang
[GAWAT GAN!] Benteng dan Keraton Jogja Terancam Hilang

Benteng yang mengelilingi keraton Yogyakarta yang selama ini terhalang oleh rumah-rumah pribadi akan kembali dimunculkan. Wacana ini muncul dalam poin rekomendasi di Peraturan Daerah (Perda) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), yang disahkan DPRD Kota Yogyakarta.

Untuk merealisasikan wacana tersebut, maka satu-satunya jalan adalah dengan membeli rumah- rumah yang saat ini menempel di benteng keraton. Pembersihan bangunan tersebut juga untuk melindungi dan menonjolkan potensi kawasan cagar budaya yang selama ini menjadi aset pariwisata Yogyakarta. "Untuk membuka tembok Keraton rumah atau bangunan di sekitar dinding Benteng akan dibeli Pemerintah Kota (Pemkot)," ujar Sekretaris Komisi C DPRD Yogyakarta, Suwarto, Senin (24/9/2012).

Suwarto yang juga merupakan perumus RDTR tersebut menjelaskan, selama ini Benteng Keraton dihimpit rumah-rumah penduduk. Jika Benteng Keraton tidak dibuka dikhawatirkan keberadaan bangunan cagar budaya tersebut semakin tenggelam. Sebagai tahap awal, rencananya bangunan yang akan dibersihkan adalah bangunan di luar sisi selatan Pojok Benteng Barat dan Timur. Untuk membuka benteng maka keberadaan rumah yang menempel dibenteng harus dibersihkan. "Rumah yang menempel ini nanti dibeli. Harganya menyesuaikan dengan kondisi sekarang," katanya.

Menurut dia untuk merevitalisasi Benteng Keraton tentu butuh anggaran yang cukup besar. Terutama untuk ganti rugi rumah menempel benteng yang akan dibersihkan. Lantaran besarnya biaya yang dibutuhkan maka proses pembersihan dilakukan bertahap. "Misal yang dibuthkan Rp 4 triliun maka pelaksanaannya bertahap tiap tahun menyesuaikan kemampuan anggaran Pemkot Yogyakarta," jelasnya.

Dikatakannya untuk membebaskan Benteng Keraton dari bangunan yang menempel, Pemerintah Kota harus bekerjasama dengan Keraton. Sebab dari sekian bangunan yang menempel ada juga yang menempati tanah Magersari. "Kalau tidak diatur nanti cagar budaya ini semakin amburadul terhimpit bangunan," ucapnya.
Diharapkan pelaksanaan revitalisasi Benteng Keraton bisa dimulai 2013. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai instansi teknis diminta melakukan pemetaan termasuk mana bangunan yang didirikan di tanah Magersari, tanah pribadi dan bangunan liar.

Menurut dia revitalisasi Benteng Keraton penting dilakukan. Hal ini mengingat Benteng Keraton dan Keraton itu sendiri menjadi salah satu aset pariwisata bagi Yogyakarta.
Dikonfirmasi terpisah, Camat Keraton Yuniarno menjelaskan, Benteng Keraton panjangnya 1,4 kilometer. Tiga kelurahan yang dilalui benteng keraton yakni Kelurahan Patehan, Kadipaten dan Panembahan. Menurut dia, sejauh ini pihak kecamatan belum mendata berapa jumlah bangunan yang menempel di Benteng Keraton. Termasuk terkait status tanah lokasi didirikannya bangunan menurut dia belum didata. "Untuk penertiban bangunan ini tentu tidak bisa grusa-grusu. Harus koordinasi dengan keraton karena mungkin ada yang punya surat kekancingan," jelasnya.

Pihak kecamatan katanya yang jelas akan menyesuaikan kebijakan sesuai Perda RDTR untuk melindungi kawasan heritage. "Nanti juga harus ada proses sosialisasi di tiap RT maupun RW terkait rencana pembersihan bangunan itu," ujar Yuniarno. Jika Pemkot kekurangan dana terkait pembersihan bangunan di Benteng Keraton, menurut Ketua DPRD Yogyakarta, Henry Kuncoroyekti bisa jadi keperluan dana bisa minta sharing dari provinsi. Anggaran pelaksanaannya bisa meminta melalui dana keistimewaan.

SUMBER

pemerintah dan masyarakat jogja harus bekerja sama utk melindungi kawasan cagar budaya di daerahnya....emoticon-Matabelo

Silahkan mampir ke Trit Ane yg Lain
Siswi SMP Bogor Ciptakan Pelampung Anti Tsunami
[BERITA RINGAN] Bejiharjo Dinobatkan Jadi Desa Wisata Terbaik
Pohon Kita, Aplikasi Penanaman Virtual di Hutan Koridor Halimun Salak
[BERITA DUKA] Mantan Juara Dunia Tinju Tewas Ditembak
Bukan cuma benteng ama keraton nya aja, kalau bisa semua jawa jawa hilangin aja dari muka bumi, cuma menuh2in indonesia aja, beranak udah kayak kucing, udah gede jadi pengemis, gembel, gepeng, TKI, emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By penjahat.klamin
Bukan cuma benteng ama keraton nya aja, kalau bisa semua jawa jawa hilangin aja dari muka bumi, cuma menuh2in indonesia aja, beranak udah kayak kucing, udah gede jadi pengemis, gembel, gepeng, TKI, emoticon-Cape d... (S)



jgn mancing emosi orang gan.
4 T untuk bebasin lahan, mahal juga ya gan...
Mau diangkut kemana benteng segitu gede?? emoticon-Nohope
=======___
komentar TS nya mana nih?? emoticon-Cape d... (S)
kayaknya yang nempel di sekitar benteng tuh cuman numpang doank, mereka pake sultan ground..jadinya klopun sultan yang dawuh mereka juga bakal mau direlokasi, asal dikasih tempat yg sesuai emoticon-Embarrassment
wah, ane yg sempet belajar multicultural studies menolak rencana ini gan. nanti kesan strukturalisme bagaimana susahnya kehidupan raja2 jawa pada masa kolonial tidak tampak lagi. ini memori kolektif harus djaga biar tetap steril. emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By igoor
kayaknya yang nempel di sekitar benteng tuh cuman numpang doank, mereka pake sultan ground..jadinya klopun sultan yang dawuh mereka juga bakal mau direlokasi, asal dikasih tempat yg sesuai emoticon-Embarrassment

setau gw juga begitu,,
semua tanah yang ada di jogja adalah punya sultan,
dan yang tinggal di atas tanah itu cuma numpang aja,

dengar dari teman yang anak jogja,, katanya tanah disana emang gak di jual beli, tapi rakyat setempat nyewa dari sultan dengan harga Rp. 2000, dan uang ini dianggap sebagai iuran oleh masyarakat setempat,,
gimana nasib ruko yang ada di deket2 benteng yah ?
apakah juga direlokasi dengan lapang dada karena sultan ground atau malah demo merasa tanahnya milik pribadi? emoticon-Big Grin

pengalaman, pernah ditawarin rumah di sultan ground dengan harga < 100jt
cuma yah itu, begitu sultan pgn pake tanahnya musti legowo bebasin tanahnya emoticon-Big Grin
reka reka lahan basah.. kalau sultan yang berkehendak kan beda ceritanya..emoticon-Big Grin

maklum 2014 makin deket emoticon-Big Grin
Berarti sebelumnya sudah ada salah setting, khususnya di pihak tatakota dalam memberikan ijin bangunan (IMB). Sekarang sudah kelihatan dampaknya, mau tak mau pemerintah harus membayarnya emoticon-Frown
Quote:Original Posted By mbahjadul
jgn mancing emosi orang gan.

Mending dilaporin aje itu gan
Judulnya kok gak sesuai
Benteng yang mengelilingi keraton Yogyakarta yang selama ini terhalang oleh rumah-rumah pribadi akan kembali dimunculkan
bukan di hilangkan bentengnya gan

dulu awalnya memang cuman numpang pake sultan ground tapi banyak yang di pindah tangankan/dijual
judul ama isi berita kaga nyambung tong emoticon-Gila
Quote:Original Posted By kelik03
pertamaxnya ane amankan dulu gan


Bentar lagi....lo..end.... emoticon-Mad:

Benteng keraton termasuk cagar budaya....perlu diamankan...agar kelestarian dan keindahan budaya itu nampak..... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kelik03
pertamaxnya ane amankan dulu gan


masih saja ada nubitol nyari pertamax disini emoticon-Gila, tidak baca peraturan ya?
-------------------------------
semoga kebijakan ini terealisasi
uuuuurbanisasi dan tata kota yg terabaikan

sedikit lagi jogja jadi kota metropolitan
Quote:Original Posted By kelik03
pertamaxnya ane amankan dulu gan


emoticon-Ngakak

ente jangan mainan pertamax di mari, pake premium aja gan emoticon-Ngakak

@TS: judulnya menjebak emoticon-Big Grin
ane pikir ancaman untuk benteng ternyata beritanya tentang revitalisasi, upaya menyelamatkan benteng toh emoticon-Big Grin
sbenarnya gak perlu bayar....sultan tinggal bilang,segera menyingkir.....pasti pada manut.gak bakal ada rusuh2...
Quote:@TS: judulnya menjebak emoticon-Big Grin
ane pikir ancaman untuk benteng ternyata beritanya tentang revitalisasi, upaya menyelamatkan benteng toh emoticon-Big Grin

tak baca dari judul dan isinya nggak singkron, ternyata akan ada penggusuran rumah disekeliling benteng,,yah moga-moga dapat ganti biaya bikin rumah lagi yang tergusur