alexa-tracking

Effek hilangnya PMP (Pendidikan Moral Pancasila)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016616565/effek-hilangnya-pmp-pendidikan-moral-pancasila
Effek hilangnya PMP (Pendidikan Moral Pancasila)
Agan2,
Quote:


Quote:


Saya merasa Prihatin dengan kejadian2 Tawuran Pelajar dan Mahasiswa, Pelecehan-pelecehan moral , dan hilangnya sikap Hormat anak kepada Orangtuanya ( tidak semua anak sih )....

Menurut agan apa lagi hal2 yang dinilai positif / Negatif dengan dihilangkannya Pendidikan PMP apalagi dari tingkat Dasar....
Gak juga sih. Para wakil rakyat kita ... saya kira semuanya pernah belajar PMP di sekolah, tapi kelakuan mereka sama aja koq.
SETUJU
dengan TS,
emang ngaruh banget.
ni pelajaran paling banyak banget kepanjangannya wkt jaman gw sd :

1, PMP = Pren Makan Pren
2. PMP = Presiden Makan Pete
3. Tambahin gan .....
emoticon-Ngakak
Quote:

dari jaman jebot sudah ada tawuran anak SMA kok
berarti pelajaran PMP jaman dulu juga bisa diartikan gagal dong..emoticon-Embarrassment
Ane rasa hilangnya PMP ini pekerjaan kelompok yang pengen jualan ideologinya sendiri yang sebenarnya bertentangan dengan Pancasila.
mungkin ada benarnya juga, pengaruh reformasi yang terlalu kebebasan jadi dihapus deh materi doktrinasi tsb
tapi kalo ndak dihapus tar masi ada produk orba, serba salah
Quote:


wkwkw sebelum ada PMP juga sudah ada tawuran lagi....setidaknya PMP membentuk moral & karakter bangsa Indonesia yg toleran, musyawarah mufakat dll, dan ini perlu diajarkan sejak dini.
bahkan P4 musti diadakan lagi disemua sekolahan emoticon-I Love Indonesia (S)
cerdas cermat p4, penataran p4

sekarang masih ada ngga yah?
Waktu masih ada mata pelajaran PMP Boedoet udah Tawuran tuh


emoticon-Cape d...

Ngakak 

entah kenapa dulu PMP diganti jadi PPKn, trus sekarang gak tau jadi apa.

cuma utk masalah tawuran, saya lebih setuju kalo pramuka diwajibkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler, bukan cuma pake seragam pramuka tiap sabtu
nah di pramuka sudah mencakup semua ttg pancasila, dan diajarkan dengan cara yg menyenangkan
saya yakin doktrin yg kuat di pramuka seperti sikap ksatria, suka menolong, disiplin, dll bisa mencegah nafsu utk tawuran....

ini cuma asumsi pribadi berdasarkan pengalaman waktu sd & smp, bukan berdasarkan penelitian ilmiah emoticon-Big Grin
PMP hilang timbul Pkn. Pelajaran budi pekerti yang katanya pengganti pendidikan moral. Konseling di sekolah. Kenyatannya ga efektif. Pendidikan moral yg paling dasar ya dari lingkungan keluarga.
jaman sekarang sekolahan malah udah jarang ngadain upacara tiap senin pagi paling banter 2 minggu sekali, trus jaman dulu kudu wajib hafal pembukaan UUD1945 kalo tanya anak sekolahan jaman sekarang emoticon-Cape d... (S), jaman dulu bangga setengah mampus kalo kepilih jadi komandan upacara, dan lebih miris lagi waktu gw pulang kampung paskibra sekolah ane udah di bubarin gara2 ga ada anggotanya lagi emoticon-Cape d... (S)
masa sih? kampus ane masih ada mata kulaih PPKn kok, padahal swasta lho~

bukannya kalo di SD PPKn masih wajib yak?
Quote:


sejak gw kelas dua SD,(2006-an)
PPKn jadi PKN sampai sekarang....
tadi baca berita,tahun ajaran depan bakal jadi PPKn lagi...

btw,baca posting atas,
jadi nyesel ninggalin pramuka,
emang seru pramuka itu...
Tawuran jaman sekarang malah ga ada apa2nya sama tawuran jaman dulu gan.. emoticon-Ngakak

dulu temen ane tawuran pake pulpen lawan musuh yg pake clurit yg ukurannya panjang bgt.. emoticon-Ngakak
Effek hilangnya PMP (Pendidikan Moral Pancasila)

hadeh, jadi kangen masa2 SD dulu emoticon-Berduka (S)
Era Reformasi dimulainya Era gak bermoral bangsa ini emoticon-thumbdown
Buset PMP dihapus baru tau ane gan emoticon-Cape d...

Tapi tetap dasar negara bangsa Indonesia adalah Pancasila emoticon-Cool
Walau budaya tawuran telah ada dari jaman dulu, setidaknya pelajarang PMP menanamkan cinta tanah air, moral yg positif thd sesama, dll. jadi tawuran bisa diminimalkan.

Pertanyaannya kenapa pemerintah menghapus PMP?? apakah ini produk orba? Walaupun ini produk orba tapi manfaatnya besar bagi moral generasi muda kenapa g. Apakah penghapusan PMP atas tekanan asing supaya generasi sekarang moralnya menurun, egois, mementingkan dirinya, cinta produk asing. Kalo iy, ya tdk trbayang bbrapa generasi mendatang kelakuan pemuda Indonesia seperti apa.
×