alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016604975/intelijen-cium-rencana-teroris-incar-borobudur
Kesel 
Intelijen Cium Rencana Teroris Incar Borobudur
Intelijen Cium Rencana Teroris Incar Borobudur

Yogyakarta: Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas, Brigadir Jenderal Adi Widjaja, menuturkan perilaku teror di tempat-tempat di Jawa Tengah seperti Temanggung dan Wonosobo saat ini telah mulai bergeser. “Pergeseran perilaku kini ke wilayah perbatasan seperti Cilacap bahkan Jabodetabek,” kata Adi Widjaja di DPRD DIY, Sabtu, 22 September 2012.

Adi mengatakan data yang dimiliki intelijen TNI AD menunjukkan bahwa rencana untuk melakukan teror seperti tempat umum khususnya obyek wisata yang banyak turis masih ada.

Menurut Adi, intelijen TNI AD sempat mencium rencana jaringan teroris mengincar Candi Borobudur sebagai sasaran aksi berikutnya.

Adi mengatakan, Borobudur sekitar tahun 1985 juga pernah diledakkan kelompok garis keras. Belajar dari pola-pola teror selama ini di tanah air bukan tidak mungkin jaringan teroris mengincar candi itu kembali.

Kendati demikian ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menganggap hal itu sebagai suatu ancaman.

Source

komentar

bener2 bahaya teroris indonesia, dah gak punya otak!!!
Intelijen Cium Rencana Teroris Incar Borobudur

Jangan sampai terulang lagi.
tenang gan, katanya terorisme cuma konspirasi aparat emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for :
kenapa targetnya berubah kan kemaren GEDUNG KURA2 emoticon-Ngacir
buseng mw diancurin juga weleh weleh
21 Agustus 2012
Bom Candi Borobudur

Oleh Imam Mukhlis

Bom Candi Borobudur adalah sebuah peristiwa pemboman terhadap peninggalan bersejarah Candi Borobudur dari zaman Dinasti Syailendra yang terletak di Magelang, Jawa Tengah pada Senin, 21 Januari 1985. Alasan peledakan Borobudur itu adalah karena merupakan lambang pemujaan atau berhala. Ada alasan lain yang lebih politis, yaitu sebagai peringatan kepada Soeharto dan keluarganya, karena candi tersebut akan dibisniskan.[1] Pelakunya adalah Husein Al Habsyi juga ditengarai ikut menyiapkan tim kecil dalam proyek Bom Bali.[2]

Namun ada juga yang menyebutkan bahwa peristiwa ini bermotif “jihad” kedua yang menimpa Indonesia setelah peristiwa pembajakan pesawat Garuda DC 9 Woyla oleh anggota Komando Jihad pada tahun 1981.[3]

Kronologi peristiwa pemboman Candi Borobudur ini berawal dari Abdulkadir dan ketiga kawannya diajak oleh Muhammad Jawad untuk “berkemah” ke Candi Borobudur sebelum kemudian dibujuk oleh Mohammad Jawad untuk mengebom Candi Nusantara bersejarah tersebut.[4]

Peristiwa pengeboman tersebut menghancurkan tujuh stupa pada candi peninggalan Dinasti Syailendra tersebut. Di sana-sini terlihat tubuh-tubuh Budha tergeletak dengan kepala patah. Ada sembilan dari 72 stupa yang ada di candi Borobudur yang diperkirakan menjadi sasaran ledakan. Tujuh stupa yang rusak terkena ledakan terletak di sisi timur. Tiga stupa di lantai 8, dua stupa di lantai 9, dan empat di lantai 10.[5]

Dari sembilan stupa (yang tersusun dari 2.692 blok batu), diperkirakan 60% sampai 70% runtuh. Dua arca Budha yang terletak di teras ketiga rusak amat berat, sedangkan yang lainnya rusak berat. Menurut Gusti Ngurah Anom, kepala Suaka Sejarah dan Sejarah Jawa Tengah, mengungkapkan bahwa dari sudut arkeologis, kerusakan ini sulit dinilai.[6]

Bom yang meledak tersebut terbuat dari trinitrotoluena (TNT) tipe batangan PE 808/tipe Dahana. Tiap bom terdiri dari dua batang dinamit yang dipilin dengan selotip. Abdulkadir dan kawan-kawannya hanya tinggal memasangnya di dalam stupa dan memencet tombol berupa tombol arloji untuk mengaktifkannya.[7]

Dalam pengadilan yang menjadi sorotan masyarakat luas itu, jaksa menuduh bahwa rentetan pengeboman itu merupakan aksi balas dendam terhadap peristiwa Tanjungpriok pada 1983, yang menewaskan puluhan nyawa umat Islam yang anti-azas tunggal Pancasila ditembaki Tentara.[8]

Atas perilakunya tersebut, Abdulkadir kemudian divonis oleh Pengadilan Negeri Malang dengan hukuman penjara selama 20 tahun, karena ia terbukti sebagai pelaku peledak bom itu.[9] Kakak Abdulkadir, yakni Husein bin Ali Al-Habsyi kemudian dihukum penjara seumur hidup di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru, Malang, namun kemudian ia mendapat grasi dari Presiden BJ Habibie pada 23 Maret 1999. Sementara Ibrahim alias Mohammad Jawad alias Kresna yang disebut-sebut sebagai dalangnya, hingga kini makhluk misterius itu tak diketahui batang hidungnya.[10]

[1] Solahudin, NII Sampai JI, Salafy Jihadisme di Indonesia, (Jakarta: Komunitas Bambu, 2011), hlm. 189.

[2] Ibid., hlm. 191.

[3] “Bom Borobudur, 16 Tahun Kemudian”, Majalah Tempo, Edisi 17 Mei 1999.

[4]http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/1999/05/17/INT/mbm.19990517.INT94985.id.html

[5] http://traktorlubis.blogspot.com/201...terungkap.html

[6] Ibid.

[7]http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/1999/05/17/INT/mbm.19990517.INT94985.id.html

[8] Solahudin, “Sejarah Faham Dan Gerakan Jihad Di Indonesia”, Makalah, untuk bahan diskusi, Akar Terorisme: Sejarah, Ideologi dan Jaringan, di Komunitas Salihara, Kamis, 12 Mei 2011, hlm. 10.

[9] Lihat, Pengakuan Abdulkadir Dalam “Candi Borobudur Korban Dari AksiTeror Kedua”, di http;//news.okezone.com, 15 Oktober 2009.

[10] Ibid.

http://www.lazuardibirru.org/jurnalb...ndi-borobudur/
Quote:Original Posted By GPO2A
kenapa targetnya berubah kan kemaren GEDUNG KURA2 emoticon-Ngacir


ga jadi gan, katanya ga punya duit buat itu. emoticon-Ngacir
jangan2 terkait nasib muslim rohingya di birma kali, gan
Quote:Original Posted By robert789
Intelijen Cium Rencana Teroris Incar Borobudur

Jangan sampai terulang lagi.


bakal waspada ne orang yogya...bersatulah!!! emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By Rizier
ga jadi gan, katanya ga punya duit buat itu. emoticon-Ngacir


buh tiwas senang kalau sampai terjadi eh taunya meleng emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Rizier


ga jadi gan, katanya ga punya duit buat itu. emoticon-Ngacir


makanya gan
harus di kasih dana gan
kalo seluruh rakyat Indonesia yang danain, bakal meledak sendiri tuh gedung emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By GPO2A
buh tiwas senang kalau sampai terjadi eh taunya meleng emoticon-Ngacir


kalau jadi, kira2 anggota dewan pindah kemana ya?
sekalian terorisnya dicium juga pak intel, biar kapok emoticon-Genit
Quote:Original Posted By INCUBATOR
kalau jadi, kira2 anggota dewan pindah kemana ya?


KBS boleh juga di kandangin di sono lumayan bisa lempar kacang emoticon-Ngacir
Goblok sekali negeri sendiri mau dihancurkan. Kalau benar2 jagoan sana ke amerika atau luar negeri. Jangan saudara sendiri di lukai.
bener-bener dah teroris ini perusak emoticon-Mad, bawa-bawa nama aja jihad, jihad ko ngeledakin candi,ngelawan polisi, Bodoh! emoticon-Marah
sarap! warisan kebudayaan dunia mo dibom emoticon-Cape d... (S)
knp ga batok kepala para teroris itu aja yg dibom bsnya kan cm buat keonaran emoticon-Ngakak (S)
bah... tambah gak jelas ini emoticon-Gila


seperti vbot yg gak jelas juga emoticon-Hammer
wahai para teroris...

buru2 gih lompat ke kawah merapi
kenapa ya teroris itu kok justru merusak NEGERI sendiri?

kalau ndak seneng amerika atau israel kan jelas itu di mana tentara amerika dan israel berada, ya itu yang diancurin dong ya?

Ngancurin cafe di bali atau candi di ambarawa....apa hebatnya yak?